Friday, July 3, 2009

Kehamilan Minggu 9: Usia Janin 7 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Panjang embrio dari kepala sampai bokong yaitu 0,9 inci sampai 1,2 inci (22 sampai 30 mm). Hampir seukuran dengan daun zaitun ukuran sedang.

Embrio pada 9 minggu kehamilan (usia janin—46 sampai 49 hari). Jari kaki terbentuk, dan kaki lebih dapat dikenal. Panjang dari kepala sampai bokong kira-kira 1 inci (25 mm)

Berapa Besar Anda?
Setiap minggu rahim anda makn membesar dengan bayi yang berkembang di dalamnya. Anda mulai melihat ukuran pinggang makin besar saat ini. Uji pelvis akan mendeteksi rahim sedikit lebih besar daripada jeruk yang besar.

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Jika anda melihat ke dalam rahim anda akan melihat banyak perubahan dalam bayi anda. Tangan dan kaki bayi anda makin panjang. Tangan ditekuk di pergelangan tangan dan bertemu di atas daerah jantung. Tangan ini terus berkembang. Jari-jari makin panjang, dan telapak tangan berkembang. Kaki mendekati pinggang tubuh dan cukup panjang untuk bertemu di depan batang tubuh.

Kepala lebih tegak, dan leher lebih berkembang. Kelopak mata hampir menutupi mata. Sampai saat ini, mata tidak ditutupi. Telinga luar tampak dan terbentuk sempurna. Sekarang bayi anda menggerakkan tubuh dan anggota tubuhnya. Gerakan ini terlihat saat uji USG.

Bayi mulai tampak seperti manusia, meskipun masih sangat kecil. Tetapi masih sulit dibedakan laki-laki atau perempuan. Organ eksternal (genital eksternal) laki-laki dan perempuan tampak sangat mirip dan tidak dapat dibedakan selama beberapa minggu.

Perubahan pada Anda

Perubahan Berat Badan
Sebagian besar wanita menarik pada berat badan mereka selama kehamilan; banyak orang yang melihat berat badan mereka secara dekat. Sama anehnya, penambahan berat badan adalah cara penting untuk memonitor kesehatan janin anda. Walaupun, penambahan berat badan anda kecil, tubuh anda berubah.

Bagaimana distribusi berat badan selama kehamilan?

7 pon……….. simpanan ibu (lemak, protein, dan zat gizi lainnya)

4 pon……….. meningkatnya volume cairan

2 pon……….. pembesaran payudara

2 pon……….. rahim

71/2 pon……. bayi

2 pon……….. cairan amniotik

11/2 pon……. placenta (menghubungkan ibu dan bayi; membawa makanan dan membuang bahan buangan) (dimodifikasi dari A.C.O.G. Guide to Planning for Pregnancy, Birth and Beyond; 1990, American College of Obstetricians and Gynecologists).


Meningkatnya Volume Darah

Sistem darah anda berubah dramatis selama kehamilan. Volume darah anda meningkat banyak—sekitar 50% lebih dari sebelum anda hamil. Akan tetapi, jumlah ini tidak sama pada setiap wanita.

Meningkatnya volume darah itu penting. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan rahim anda yang berkembang. Volume darah yang meningkat ini tidak termasuk darah dalam embrio, yang sirkulasinya terpisah (darah janin tidak bercampur dengan darah anda). Ini untuk melindungi anda dan bayi anda dari efek yang membahayakan saat anda berbaring atau berdiri. Juga sebagai pelindung selama persalinan, karena kehilangan darah.

Meningkatnya volume darah diawali pada trimester pertama. Peningkatan terbesar terjadi selama trimester kedua. Kemudian meningkat lebih lambat selama trimester ketiga.

Darah terdiri atas cairan (plasma) dan sel (sel darah merah dan sel darah putih). Plasma dan sel memegang peranan penting dalam fungsi tubuh anda.

Cairan dan sel meningkat pada tingkat yang berbeda. Biasanya peningkatan volume plasma diikuti dnegan meningkatnya sel darah merah. Meningkatnya sel darah merah meningkatkan kebutuhan zat besi pada tubuh anda.

Baik sel darah merah maupun plasma meningkat selama kehamilan; plasma meningkat lebih besar. Peningkatan dalam plasma ini dapat menyebabkan anemia. Jika anda mengalami anemia, khususnya selama kehamilan, anda merasa cepat lelah atau merasa tidak sehat. (Lihat Minggu 22 untuk pembahasan anemia).

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Sauna dan Berendam Air Hangat
Beberapa wanita memperhatikan penggunaan sauna, berendam air hangat, dan spa selama kehamilan. Mereka ingin tahu apa yang terjadi jika mereka beristirahat dengan cara ini.

Bayi anda mengandalkan anda untuk mempertahankan suhu tubuh yang tepat. Jika suhu tubuh anda meningkat tinggi pada waktu yang lama, dapat mengganggu bayi anda jika hal itu terjadi pada saat kritis perkembangannya. Jangan mengambil risiko dengan berendam air hangat atau sauna sampai penelitian medis lebih lanjut menegaskan semua hal itu tidak membahayakan bayi anda.

Selimut Listrik
Masih terjadi kontroversi terhadap penggunaan selimut listrik untuk menjaga anda tetap hangat selama kehamilan. Masih banyak terjadi pertentangan dan pembahasan mengenai keamanannya. Beberapa ahli mempertanyakan masalah kesehatan yang dapat disebabkannya.

Selimut listrik menghasilkan meda elektromagnetik tingkat rendah. Janin yang sedang berkembang akan lebih sensitif daripada orang dewasa terhjadap medan elektromagnetik ini.

Oleh karena para peneliti tidak yakin tentang “tingkat yang dapat diterima” terhadap paparan untuk wanita hamil dan bayinya, alternatif teraman pada saat ini adalah tidak menggunakan selimut listrik selama kehamilan. Banyak cara lain untuk menjaga tetap hangat, seperti selimut dari kapa dan selimut wol. Salah satunya merupakan pilihan yang lebih baik.

Oven Mikrowave
Banyak wanita khawatir dengan keamanan oven mikrowave. Apakah mereka terpapar dnegan radiasi? Oven mikrowave sangat bermanfaat bagi orang yang sibuk untuk mempersiapkan makanan. Akan tetapi, kami tidak tahu bahaya menggunakan mikrowave bagi anda selama kehamilan. Perlu penelitian lebih lanjut.

Penelitian awal menunjukkan jaringan yang berkembang dalam tubuh, termasuk janin manusia, mungkin sensitif terhadap efek mikrowave. Oven mikrowave menghangatkan jaringan dari dalam. Ikuti petunjuk yang disediakan oven mikrowave anda dan jangan berdiri di sebelah atau tepat di depannya saat oven mikrowave digunakan.

Gizi Anda
Buah dan sayur penting selama kehamilan. Karena tersedia menurut musim, anda dapat menambahkan variasi pada diet anda dengan mudah. Buah dan sayur adalah sumber vitamin, mineral, serat. Makan makanan yang berbeda memberikan anda zat besi, asam folat, kalsium, dan vitamin C.

Kunjungan ke Dokter

Phoebe selalu berjemur di matahari. Dia mengatakan bahwa dia tetap melakukan kegiatan itu dengan kunjungan mingguan yang teratur. Dia ingin tahu apakah dia dapat meneruskan kunjungan ini selama kehamilannya. Saya mengatakan kepadanya bahwa kami belum mengetahui efek berbaring di bawah sinar matahari pada janin dari seorang wanita hamil. Hal itu belum diteliti oleh penelitian medis. “Sampai studi medis menunjukkan kegiatan itu aman,” saya memberitahu Phoebe, “yang terbaik adalah menghindarinya selama anda hamil.”


Setiap hari, makan satu atau dua buah yang kaya akan vitamin C dan minimal satu kali sayuran berwarna hijau tua atau kuning tua untuk zat besi ekstra, serat, dan asam folat. Buah dan sayur yang dapat anda pilih dan ukuran penyediaannya, antara lain:
- Anggur—3/4 gelas
- Pisang, jeruk, apel—1 irisan sedang
- Buah kering—1/4 gelas
- Jus buah—1/2 gelas
- Buah kaleng atau masak—1/2 gelas
- Brokoli, wortel, atau sayuran lain—1/2 gelas
- Kentang—1 gelas
- Sayuran berdaun hijau—1 gelas
- Jus sayuran—3/4 gelas

Tanaman Alfalfa

Hati-hati dengan menambhakan tanaman alfalfa ke dalam makanan yang anda makan. Penelitian baru-baru ini menemukan tanaman ini dapat menyebabkan infeksi pada orang dengan sistem imun yang lemah.


Anda Juga Harus Tahu

Memiliki Bayi Membutuhkan Biaya!
Setiap pasangan ingin mengetahui berapa biaya memiliki bayi. Terdapat dua jawaban sesunguhnya pada pertanyaan itu—membutuhkan biaya besar dan bervariasi dari masing-masing negara.

Untuk menentukan berapa biaya untuk memiliki bayi di daerah anda, anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor yang berbeda. Asuransi membuat perbedaan besar. Jika anda tidak memilikinya, anda akan membayar semuanya. Jika anda memiliki asuransi, anda perlu memeriksa beberapa hal. Tanya atasan anda mengenai pertanyaan berikut.
- Jenis jaminan apa yang saya miliki?
- Apakah ada keuntungan ibu? Apa saja?
- Apakah keuntungan ibu mencakup persalinan Cesar?
- Jaminan seperti apa yang ada untuk kehamilan risiko tinggi?
- Apakah saya harus membayar kekurangannya? Jika ya, berapa banyak?
- Bagaimana saya mengajukan tuntutan?
- Apakah ada batasan pada jaminan total?
- Berapa persentasi dari biaya saya yang ditanggung?
- Apakah biaya kelas pendidikan bersalin ditanggung?
- Apakah jaminan saya membatasi jenis akomodasi rumah sakit yang saya pilih, seperti rumah sakit bersalin atau kamar bersalin?
- Apa prosedur yang harus saya ikuti sebelum memasuki rumah sakit?
- Apakah polis saya menjamin bidan?
- Apakah jaminan termasuk obat-obatan?
- Tes apa yang ditanggung selama kehamilan?
- Tes apa yang ditanggung selama persalinan?
- Jenis anestesi apa yang ditanggung selama persalinan?
- Berapa lama saya dapat tinggal di rumah sakit?
- Apakah pembayaran langsung pada dokter saya atau pada saya?
- Kondisi atau pelayanan apa yang tidak ditanggung?
- Jenis jaminan apa yang ada untuk bayi setelah lahir?
- Berapa lama bayi dapat tinggal di rumah sakit?
- Apakah ada biaya tambahan untuk menambahkan bayi pada polis saya?
- Bagaimana saya menambahkan bayi pada polis saya?
- Bisakah kami menggabungkan persentasi biaya dari polis suami saya dan sisanya dari saya?

Asuransi anda menentukan banyaknya biaya dan keputusan bagi anda. Melahirkan bayi membutuhkan biaya yang berbeda. Salah satunya adalah rumah sakit. biaya rumah sakit tergantung pada lama tinggal dan “pelayanan” yang anda gunakan. Pada beberapa kasus, persalinan epidural atau Cesar menambah biaya ini.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment

Post a Comment