Sunday, May 3, 2009

Tips Nyaman Saat Hamil

Saat hamil adalah saat paling menakjubkan. Memanjakan diri sendiri, dan membangun kepercayaan diri menjadi faktor penting menjelang hari persalinan yang dinantikan.

1. Lakukan Riset Kecil-Kecilan
Berita kehamilan bisa jadi membawa perasaan kaget dan terlunjak, atau malah khawatir dan panik. Untuk menenangkan diri, apalagi jika ini adalah kehamilan pertama, carilah buku-buku tentang kehamilan di toko buku atau buka internet.

Carilah pengetahuan sebanyaknya tentang apa yang akan terjadi dari minggu ke minggu selama kehamilan sehingga Anda merasa lebih percaya diri dan terkontrol. Misalnya, apa yang terjadi di tiga bulan pertama seperti otak bayi yang berkembang juga terbentuknya sistem saraf pusat.

2. Fokus pada Hubungan dengan Suami
Saat hamil adalah saat memperkuat hubungan dengan suami. Meskipun kehamilan paling membuat sibuk ibu, calon ayah pun tak kalah sibuknya. Ajaklah suami pergi bersama ke dokter, atau saat memeriksa bayi dengan ultrasound. Jangan lupa meminta print out gambar jabang bayi supaya Anda berdua bisa membuatnya sebagai bahan obrolan sebelum tidur.

Usahakan sering-sering jalan-jalan bersama, pergi berlibur dan bercengkarama. Lakukan olahraga ringan misalnya jalan kaki di hari minggu bersama. Diskusikan nama bayi, dan hal-hal lain saat keluar dari rumah bersama suami untuk santai.

3. Buat Catatan
Membuat catatan mengenai kehamilan sangat penting. Gunakan untuk mencatat kapan memeriksakan diri ke dokter, mengumpulkan hasil-hasil pemeriksaan, dll. Jangan lupa juga menyediakan sebuah box. Box ini gunanya untuk menyimpan segala hal mengenai bayi yang akan lahir ini, termasuk foto Anda saat hamil dan foto bayi saat lahir, supaya mereka bisa mengingatnya saat besar.

4. Lakukan Olahraga
Pada awal kehamilan, terlalu banyak gerak atau terlalu letih memang tidak dianjurkan karena kondisi kandungan yang belum kuat. Tapi biasanya, karena terlanjur malas bergerak, ibu hamil jadi keterusan kurang bergerak. Biasakanlah untuk berolahraga teratur, walaupun dengan intensitas rendah.

5. Tampilkan kecantikan Anda
Tidak ada saat yang paling cantik, seksi dan feminine kecuali saat hamil. Anda tak perlu menutup-nutupinya dengan kaos lebar atau baju pria. Pakailah sesuatu yang nyaman, dan menunjukkan kehamilan Anda. Jangan lupa buat foto pribadi dari bulan ke bulan supaya bisa diingat suatu waktu nanti.

6. Jalani Hidup yang Menyenangkan
Beberapa pasangan justru mendapatkan hubungan suami istri lebih menyenangkan selama kehamilan, terutama setelah usia kehamilan enam bulan. Jika ragu-ragu apakah tidak aman melakukan hubungan seksual dengan suami, konsultasikan ke dokter. Banyak yang percaya, ibu lebih menikmati hubungannya karena darah yang mengalir ke daerah kelamin lebih lancar.

7. Bergabunglah dengan Ibu Hamil Lain
Berkonsultasi dengan sesama teman yang sedang hamil bisa memberi bantuan spirit, sekaligus memberikan solusi jika timbul masalah. Memang lebih baik jika Anda memiliki teman dekat sesama wanita yang telah berkeluarga dan berpengalaman dengan kehamilan yang bisa ditelepon sewaktu-waktu timbul masalah.

8. Manjakan Diri Sendiri
Saat hamil juga waktu yang tepat untuk merawat diri. Pergilah ke salon, lakukan facial, pijatan ringan, pedicure dan menicure atau creambath. Kalau ada dana berlebih, bisa juga belanja bersama teman-teman untuk membeli beberapa buah pakaian hamil yang membuat Anda merasa seksi.

9. Jangan Tinggalkan Sisi Humor Anda
Hamil terdiri dari waktu-waktu yang terkadang memalukan. Tapi, lihatlah dari sisi yang jenaka. Misalnya, bagaimana Anda melihat lucunya tubuh yang membesar. Atau bercerita kepada teman bagaimana Anda memasang wajah memelas saat naik bus yang penuh supaya diberi tempat duduk. Jangan buat kehamilan sebagai beban.

10. Dengarkan Diri Sendiri
Perubahan yang terus menerus selama kehamilan bisa membuat Anda khawatir, tapi banyak juga wanita justru menemukan kepercayaan dirinya selama hamil. Jika anda terlalu letih, cobalah cari waktu untuk tidur sejenak. Jika lelah menghadapi masalah dengan relatif atau keluarga jauh, menjauhlah sejenak dengan diri sendiri. Ada saatnya, Anda merasa ingin sendiri saja.

Inti terpenting adalah memiliki kepercayaan pada diri sendiri. Perasaan Anda selama hamil juga lebih sensitive. Usahakan menghindari rangsangan yang membuat Anda takut, misalnya siaran-siaran atau film televisi yang mengerikan.

No comments:

Post a Comment