Friday, July 3, 2009

Kehamilan Minggu 8: Usia Janin 6 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Dalam kehamilan minggu kedelapan, panjang dari kepala sampai bokong bayi anda yaitu 0,56 sampai 0,8 inci (14 sampai 20 mm). Kira-kira seukuran kacang kecil. Panjang dari kepala ke bokong sekitar 0,8 inci (12 mm). Tangan memanjang dan melipat di bahu.

Berapa Besar Anda?
Rahim anda makin membesar, tetapi belum cukup besar untuk kelihatan, khususnya pada kehamilan pertama anda. anda akan memperhatikan perubahan secara perlahan pada garis pinggang anda dan pakaian anda. Dokter anda akan melihat rahim anda membesar bila anda menjalani uji pelvis.

Bagaimana Pertumbuhan dan Perkembagan Bayi Anda

Bayi anda terus bertumbuh dan berubah dengan cepat selama awal minggu ini. Dapatkah anda melihat perubahan luar biasa?

Kelopak mata terbentuk pada wajah. Ujung hidung telah muncul. Telinga terbentuk, internal dan eksternal.

Dalam jantung, katup aorta dan pulmoner muncul dan jelas. Saluran dari tenggorokan ke fungsi bagian paru-paru bercabang, seperti cabang pohon. Batang tubuh makin panjang dan tampak lurus.

Bahu mulai tampak, dan tangan dan kaki memanjang. Tangan melipat di bahu dan melekuk di atas jantung. Jari tangan dan kaki mulai tampak.

Perubahan pada Anda

Perubahan pada Rahim Anda
Sebelum kehamilan, rahim anda sekuran dengan kepalan tangan anda. Setelah 6 minggu pertumbuhan, ukurannya kira-kira sebesar jeruk besar. Karena rahim anda bertumbuh, anda mungkin merasakan kram atau bahkan akit pada perut bagian bawah atau samping anda. beberapa wanita merasakan pengetatan atau kontraksi rahim.

Rahim mengetat atau berkontraksi selama kehamilan. Jika anda tidak merasakan ini, jangan khawatir. Bila kontraksi disertai dengan perdarahan dari vagina, konsultasikan pada dokter anda.

Sakit Pegal Linu
Banyak wanita mengalami sakit pada bokong dan punggung bawah atau bagian kaki mereka saat kehamilan berlanjut. Ini disebut sakit pegal linu. Sakit pegal linu terjadi di belakang rahim dalam plevis ke bagian kaki. Kami yakin rasa sakit ini disebabkan oleh tekanan saraf dari rahim yang berkembang dan membesar.

Pengobatan terbaik untuk rasa sakit ini yaitu berbaring berlawanan arah. Ini akan membantu mengurangi tekanan pada saraf.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Keguguran
Keguguran terjadi ketika kehamilan berakhir sebelum embrio atau janin dapat bertahan hidup di luar rahim. Hampir setiap wanita hamil berpikir keguguran selama kehamilan, tetapi keguguran hanya terjadi sekitar 15% dari semua kehamilan.

Apa Penyebab Keguguran?
Kita tidak selalu tahu dan sering tidak mampu menemukan penyebab keguguran. Hal yang paling umum ditemukan dalam keguguran awal adalah kelainan perkembangan embrio. Studi menunjukkan lebih dari setengah kasus keguguran mengalami kelainan kromosom.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi embrio dan perkembangannya, seperti radiasi, zat kimia (obat-obatan), dan infeksi. Semua ini disebut teratogen, faktor ini dibahas dalam Minggu 4.

Kami yakin beberapa faktor ibu memgang peranan penting dalam keguguran. Infeksi luar biasam seperti listeriosis, toksoplasmosis, dan syphillis, berpengaruh pada keguguran.

Kunjungan ke Dokter

Ruby, 8 minggu kehamilan, sedih saat datang pada kunjungan prenatal pertamanya. Kehamilan terakhirnya berakhir dengan keguguran pada minggu kedelapan, dan dia takut dia akan mengalami keguguran lagi pada kehamilan saat ini. Saya meyakinkannya bahwa tidak ada indikasi akan terjadi lagi kali ini, dia meninggalkan kantor untuk kunjungan berikutnya, bila dia dapat mendengar detak jantung.


Kami tidak mempunyai bukti kongkrit bahwa kekurangan gizi tertentu atau bahkan kekurangan moderat dari semua gizi menyebabkan keguguran. Wanita yang merokok mempunyai angka keguguran lebih tinggi. Alkohol juga meningkatkan terjadinya keguguran.

Trauma pada suatu kecelakaan atau operasi besar berhubungan dengan meningkatnya keguguran, meskipun sulit dijelaskan. Inkompeten serviks (lihat Minggu 24) adalah penyebab keguguran setelah trimester pertama. Banyak wanita menyalahkan kesedihan emosional atau trauma keguguran, tetapi ini sulit dibuktikan.

Di bawah ini adalah pembahasan jenis dan penyebab keguguran yang berbda. Hal ini untuk memperingatkan anda tentang apa yang harus diperhatkan jika anda mengalami gejala keguguran. Jika anda mempunyai pertanyaan, diskusikan dnegan dokter anda.

Threatened Miscarriage (keguguran yang mengancam)
Keguguran yang mengancam terjadi bila keluar darah dari vagina selama pertengahan pertama kehamilan. Perdarahan bisa berlangsung selama berhari-hari atau bahkan berminggu. Dengan atau tanpa kram atau rasa sakit. rasa sakit terasa seperti kram menstruasi atau sakit punggung ringan. Beristirahat di tempat tidur adalah jalan terbaik, meskipun beraktivitas tidak menyebabkan keguguran.

Keguguran yang mengancam merupakan diagnosis umum karena 20% dari semua wanita mengalami perdarahan selama kehamilan awal tetapi tidak semua keguguran.

Inevitable miscarriage (keguguran yang tidak dapat dielakkan)
Keguguran yang tidak dapat dielakkan terjadi dengan pecahnya selaput, dilatasi serviks dan bekuan darah dan bahkan jaringan. Keguguran hampir selalu terjadi dengan keadaan ini. Rahim biasanya berkontraksi, mengeluarkan janin atau hasil pembuahan (bila tidak ada embrio atau janin).

Incomplete miscarriage (keguguran bersisa)
Dalam keguguran bersisa, seluruh kehamilan tidak keluar serentak. Sebagian kehamilan keluar sementara sebagian lagi tertinggal di dalam rahim. Terjadi perdarahan berat dan terus menerus sampai rahim kosong.

Missed miscarriage (keguguran yang luput)
Keguguran yang luput dapat terjadi dengan retensi panjang embrio yang telah mati. Mungkin tidak ada gejala atau perdarahan. Periode waktu dari kehamilan gagal sampai waktu keguguran diketahui biasanya berminggu-minggu.

Habitual miscarriage (keguguran habitual)
Keguguran yang terjadi berturut-turut pada tiga kehamilan atau lebih.

Tip untuk Minggu 8

Cuci bersih tangan anda, terutama setelah memegang daging mentah atau ke kamar mandi. Aktivitas sederhana ini dapat mencegah infeksi bakteri dan virus.


Jika Anda Mempunyai Masalah

Jika anda mempunyai masalah, segera hubungi dokter anda. Perdarahan biasanya terjadi lebih dulu, diikuti dengan kram. Kehamilan ektopik harus dipertimbangkan. Pengukuran HCG bermanfaat untuk menentukan kehamilan normal, tetapi laporan tes tunggal biasanya tidak membantu. Dokter anda perlu mengulang tes setelah beberapa hari.

USG dapat membantu jika kehamilan anda berusia lebih dari 5 minggu. Anda mungkin terus mengalami perdarahan, tetapi melihat detak jantung bayi anda dan kehamilan yang tampak normal mungkin menenangkan hati. Jika USG pertama tidak menenangkan, anda mungkin diminta untuk menunggu 1 minggu atau 10 hari, lalu mengulangi USG.

Makin lama anda mengalami perdarahan dan kram, makin besar kemungkinan anda mengalami keguguran. Jika semua kehamian anda keluar, perdarahan berhenti, dan kram hilang, masalah anda selesai. Akan tetapi, bila tidak semuanya keluar, perlu dilakukan Dilatasi dan Kuret (D&C) untuk mengosongkan rahim. Anda lebih baik melakukan ini sehingga anda tidak mengalami perdarahan untuk waktu yang lama, berisiko anemia, dan infeksi.

Beberapa wanita diberikan hormon progesteron untuk membantu mereka menjaga kehamilan. penggunaan progesteron untuk mencegah keguguran masih kontroversial. Para dokter tidak setuju dnegan penggunaannya atau keefektifannya.

Sensitivitas Rh- dan Keguguran
Jika anda mempunyai Rh-negatif dan mengalami keguguran, anda perlu menerima Rho-GAM. Ini dilakukan hanya jika anda mempunyai Rh-negatif. RhoGAM diberikan untuk melindungi anda dari pembuatan antibodi pada darah Rh-positif. (Ini dibahas pada Minggu 16.)

Jika Anda Mengalami Keguguran
Satu kali keguguran dapat menajdi traumatik; dua kali keguguran sangat sulit dihadapi. Keguguran yang berulang berhubungan dengan kemungkinan atau “nasib buruk” pada sebagian besar kasus.

Sebagian besar dokter tidak merekomendasikan uji untuk menemukan alasan keguguran kecuali anda mengalami tiga atau lebih keguguran. Analisis kromosom dapat dilakukan, dan tes lain menyelidiki kemungkinan infeksi, diabetes, dan lupus.

Jangan menyalahkan diri anda sendiri atau pasangan anda karena suatu keguguran. Biasanya tidak mungkin melihat kembali semua yang telah anda lakukan, makan, atau terpapar dan menemukan penyebab keguguran.

Gizi Anda
Anda tidak selalu mendapatkan gizi yang anda butuhkan, dalam jumlah yang anda butuhkan. Tabel berikut ini menunjukkan sumber dari berbagai macam zat gizi yang harus anda makan setiap hari. Vitamin prenatal anda bukan pengganti makanan, maka jangan memperhitungkannya untuk persediaan vitamin dan mineral esensial. Makanan juga penting!

Sumber Zat Gizi Makanan

Zat gizi (kebutuhan harian)

Kalsium (1.200mg)

Asam folat (0,4mg)


Zat besi (30mg)


Magnesium (320mg)

Vitamin B6 (2,2mg)

Vitamin E (10mg)


Zinc (15mg)

sumber makanan

produk susu, sayuran berdaun hijau, buncis dan kacang kering, tahu

hati, buncis dan kacang kering, telur, brokoli, padi-padian, jeruk, dan jus jeruk

ikan, hati, daging, unggas, kuning telur, kacang, buncis dan kacang kering, sayuran berdaun hijau, buah kering

buncis dan kacang kering, coklat, seafood, padi- padian, kacang

padi-padian, hati, daging

susu, telur, daging, ikan , sereal, sayuran
berdaun, minyak sayur

seafood, daging, kacang, susu, buncis dan
kacang kering


Anda Juga Harus Tahu

Uji Tes Laboratorium yang Mungkin Diminta Dokter Anda
Pada kunjungan pertama atau kedua anda, tes laboratorium rutin dilakukan. Anda akan menjalani uji pelvis, termasuk Pap smear. Tes lainnya, antara lain penghitungan darah lengkap (complete blood count: CBC), urinalis, dan biakan urin, tes syphilis (VDRL atau ART), dan biakan serviks. Banyak dokter melakukan tes gula darah (untuk menyelidiki diabetes). Mereka juga menguji imunitas anda melawan rubella, golongan darah, dan faktor Rh- anda.

Tes lainnya dilakukan bila diperlukan. Tes tidak dilakukan pada setiap kunjungan; tetapi dilakukan pada awal kehamilan dan bila diperlukan. Tes hepatitis sekarang sudah menjadi standard untuk dilakukan.

Toksoplasmosis
Jika anda mempunyai kucing, anda perlu memperhatikan toksoplasmosis. Penyakit ini disebabkan karena makan makanan mentah, makanan yang terinfeksi atau kontak dengan feses kucing yang terinfeki. Penyakit ini dapat menyeberangi placenta kepada bayi anda. bioasanya infeksi pada ibu tidak mempunyai gejala.

Infeksi selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau bayi yang terinfeksi pada saat lahir. Antibiotik seperti pirimetamin, sulfadiazin dan eritromisin, dapat mengobati toksoplasmosis, tetapi yang terbaik adalah pencegahan. Hiegienis dapat mencegah penularan penyakit itu.

Hindari terpapar dengan feses kucing (minta orang lain membersihkan kotoran kucing). Cuci bersih tangan setelah mengurus kucing anda, dan jauhkan kucing anda dari meja. Cuci tangan anda setelah memegang daging dan tanah, dan masak daging sampai matang.

Tip buat Ayah

Jika anda mempunyai binatang piaraan, ambil alih perawatannya selama pasangan anda hamil. Bersihkan kotorannya (pasangan anda tidak boleh melakukan ini selama kehamilan). Bawa anjing anda jalan-jalan (menarik tali pengikatnya dapat membuat punggung pasangan anda sakit). Beli makan dan kebutuhan binatang piaraan anda lainnya (sekali lagi, lindungi punggungnya dari tegangan mengangkat kantong makanan yang besar). Buat perjanjian dengan dokter hewan.


Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment

Post a Comment