Friday, July 3, 2009

Kehamilan Minggu 7: Usia janin 5 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Bayi anda mengalami pertumbuhan yang luar biasa minggu ini! Pada awal minggu ketujuh, panjang dari kepala sampai bokong adalah 0,16 sampai 0,2 inci (4 sampai 5 mm). Di akhir minggu, bayi anda berukuran lebih dari dua kalinya, 0,44 sampai 0,52 inci (11 sampai 13 mm). Otak bayi anda tumbuh dan berkembang. jantung terbagi atas bilik kanan dan kiri.

Berapa Besar Anda?
Meskipun anda mungkin sedikit gelisah untuk menunjukkan pada orang lain bahwa anda hamil, masih sedikit perubahan yang terjadi. Perubahan akan segera tiba.

Bagaimana Bayi Anda Berkembang dan Bertumbuh

Calon kaki mulai muncul seperti sirip pendek. Calon kaki telah tumbuh lebih panjang; dan telah terbagi menjadi bagian tangan dan bagian bahu. Tangan dan kaki memiliki pelat digital tempat jari-jari tangan dan kaki akan bertumbuh.


Jantung menonjol dari tubuh. Pada saat ini, jantung terbagi atas bilik kanan dan kiri. Bronkus primer trebentuk di paru-paru; bronkus adalah pipa udara dalam paru-paru. Hemisfer otak, yang menyusun otak, juga bertumbuh. Mata dan lubang hidung juga berkembang.

Usus halus berkembang dan usus buntu muncul. Pankreas, yang menghasilkan hormon insulin, juga muncul. Bagian dari usus halus menonjol ke dalam tali pusar. Kelak, dalam perkembangan bayi anda, bagian itu akan kembali ke perut.

Perubahan pada Anda

Perubahan terjadi secara berangsur-angsur. Anda mungkin masih belum “menampilkan” dan orang lain tidak akan tahu anda hamil bila anda tidak memberitahu mereka. Seluruh tubuh anda mungkin mengalami penambahan berat badan, tetapi penambahannya hanya beberapa pon saja pada awal kehamilan anda ini.

Kepala
Jika anda belum mengalami penambahan berat badan atau jika berat badan anda turun beberapa pon, bukan suatu hal yang luar biasa. Penambahan berat akan terjadi minggu-minggu mendatang. Anda masih mengalami morning sickness dan gejala kehamilan muda lainnya.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Penggunaan Preparat dan Obat-obatan Bebas
Banyak orang tidak memperhatikan preparat bebas sebagai obat dan mereka meminumnya bila ingin, hamil atau tidak. Beberapa peneliti yakin penggunaan obat yang tidak diresepkan atau bebas, meningkat selama kehamilan.

Obat dan preparat bebas mungkin tidak aman digunakan selama kehamilan. Gunakan dengan hati-hati seperti obat lainnya! Preparat bebas adalah kombinasi obat-obatan. Contohnya, obat penghilang sakit dapat mengandung aspirin, kafein dan fenacetin. Sirup obat batuk atau obat tidur dapat mengandung alkohol 25%. Ini tidak berbeda dengan meminum anggur atau bir selama kehamilan.

Obat lainnya yang harus diperhatikan adalah ibuprofen, produk yang biasa terdapat dalam resep atau tanpa resep. Pengalaman dengan obat ini selama kehamilan terbatas; tidak tersedia selama itu. Tidak ada manfaat meminum ibuprofen selama kehamilan, dan dilaporkan akan kemungkinan efek yang membahayakan. Mengapa mengambil risiko? Produk ibuprofen antara lain Advil, Motrin, dan Rufen.

Produk bebas populer lainnya antara lain naprosyn (Aleve) dan ketoprofen (Orudis), keduanya digunakan sebagai penghilang rasa sakit atau mengurangi demam. Pengalaman dengan obat-obatan ini selama kehamilan terbatas. Yang terbaik adalah menggunakan obat-obatan ini hanya di bawah pengawasan dokter anda.

Bicarakan dengan dokter anda mengenai konsumsi obat sebelum anda meminumnya! Baca label kemasan dan sisipan kemasan tentang keamanan selama kehamilan—hampir semua obat berisi informasi ini. beberapa antasid mengandung sodium bikarbonat, yang meningkatkan pemasukan sodium (ini penting untuk dihindari jika anda mengalami masalah retensi air) dan dapat menyebabkan konstipasi dan meningkatkan gas. Beberapa antasid mengandung aluminum, yang dapat menyebabkan konstipasi dan mempengaruhi metabolisme mineral lainnya (fosfat). Yang lainnya mengandung magnesium; penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan keracunan magnesium.

Beberapa obat dan preparat bebas dapat digunakan dengan aman selama kehamilan, jika anda menggunakannya dengan bijaksana:
- Asetaminofen (Tylenol)
- Beberapa antasid (Amphojel, Gelusil, Maalox, Milk of Magnesia)
- Lozenge tenggorokan (Sucrets)
- Beberapa dekongestan (Sudafed)
- Beberapa obat batuk (Robitussin)

Jika anda berpikir gejala atau kegelisahan anda makin parah, hubungi dokter anda. Ikuti nasihatnya. Sebagai tambahan, rawat diri anda dengan baik. Berolahraga, makan makanan yang tepat dan jaga sikap mental yang positif tentang kehamilan anda.

Gizi Anda
Produk susu sangat penting bagi anda selama kehamilan. Produk susu ini mengandung kalsium, yang penting bagi anda dan janin anda. baca label makanan untuk informasi kandungan kalsium dari kemasan-kemasan makanan. Beberapa produk susu yang boleh anda pilih, dan ukuran penyajiannya, antara lain:
- Keju lembut—3/4 gelas
- Keju yang diawetkan (Amerika)—2 ons
- Keju keras (Parmesan atau Romano)—1 ons
- Custard atau pudding—1 gelas
- Susu (murni, 2%, 1%, skim)—8 ons
- Keju alami (Cheddar)—11/2 ons
- Yogurt (tawar atau berasa)—1 gelas

Jika anda harus memperhatikan pemasukan kalori anda dan ingin menjaganya tetap rendah, pilih produk susu dengan kandungan rendah lemak. Beberapa pilihan antara lain susu skim, yogurt rendah lemak, dan keju rendah lemak. Kandungan kalsium tidak terpengaruh dalam produk susu rendah lemak.

Apakah Anda Membutuhkan Mineral Ekstra?
Hampir semua makanan yang memberikan jumlah kalori yang cukup untuk penambahan berat badan yang memadai mengandung cukup mineral (kecuali zat besi) untuk mencegah kekurangan mineral. Selama kehamilan, kebutuhan zat besi anda meningkat. Sangat sedikit wanita mempunyai simpanan zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kehamilan. selama kehamilan normal, volume darah meningkat sekitar 50%. Jumlah zat besi yang besar dibutuhkan untuk menghasilkan sel darah tambahan.

Perhatian

Hindari susu yang tidak dipasteurisasi dan makanan yang terbuat dari susu yang tidak dipastuerisasi. Juga hindari keju lembut, seperti Camembert, Brie, feta, dan Roquefort. Produk ini biasanya sumber listeriosis, yang menyebabkan keracunan makanan. Unggas yang tidak dimasak, daging merah, seafood, dan hot dog dapat mengandung listeriosis. Masak semua daging dan seafood dengan sempurna sebelum dimakan.


Kebutuhan zat besi sangat penting dalam pertengahan kehamilan berikutnya. Sebagian besar wanita tidak membutuhkan supplemen zat besi selama trimester pertama. jika diresepkan pada saat ini, mereka dapat memperburuk mual dan muntah.

Zat besi mengandung vitamin prenatal yang dapat mengganggu lambung anda. supplemen zat besi juga dapat menyebabkan konstipasi. Anda mungkin tidak dapat meminum supplemen zat

Vitamin Prenatal

Vitamin prenatal biasanya diresepkan untuk wanita hamil oleh dokter. Beberapa wanita sering mengkonsumsi vitamin prenatal saat mereka mencoba hamil. Supplemen mengandung jumlah vitamin dan mineral harian yang direkomendasikan untuk anda selama kehamilan.

Vitamin prenatal anda berbeda dengan multivitamin biasa karena kandungan zat besi dan asam folat, yang merupakan supplemen terpenting untuk anda selama kehamilan. Vitamin prenatal dapat ditoleransi dengan baik bila anda meminumnya dengan makanan atau pada saat malam sebelum tidur.

Vitamin prenatal mengandung komposisi esensial untuk perkembangan bayi anda dan kesehatan anda. Itulah sebabnya anda harus mengkonsumsi vitamin ini sampai bayi anda lahir. Vitamin prenatal mengandung antara lain:

Kalsium untuk membangun gigi dan tulang bayi, dan membantu kekuatan anda sendiri.

Tembaga untuk mencegah anemia dan membantu pembentukan tulang

Asam folat untuk mengurangi risiko kelainan persarafan dan membantu produksi sel darah

Iodium untuk membantu mengendalikan metabolisme

Vitamin A untuk kesehatan umum dan metabolisme tubuh

Vitamin B1 untuk kesehatan umum dan metabolisme tubuh

Vitamin B2 untuk kesehatan umum dan metabolisme tubuh

Vitamin B3 untuk kesehatan umum dan metabolisme tubuh

Vitamin B6 untuk kesehatan umum dan metabolisme tubuh

Vitamin B12 untuk membantu pembentukan darah

Vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi

Vitamin D untuk memperkuat tulang dan gigi anda, dan membantu tubuh anda menggunakan fosfor dan kalsium

Vitamin E untuk kesehatan umum dan metabolisme tubuh

Zinc untuk membantu keseimbangan cairan dalam tubuh anda dan membantu fungsi saraf dan otot.


Beberapa dokter meresepkan supplemen kalsium. Kalsium penting untuk setiap wanita hamil. Kalsium membantu membangun tulang dan gigi yang kuat dalam bayi dan membantu menjaga tulang wanita tetap sehat. Selama kehamilan, anda membutuhkan 1.200 sampai 1.500 mg per hari. Sekitar 3 sampai 4 gelas susu skim per hari.

Supplemen kalsium membantu mengendalikan tekanan darah dan mengurangi hipertensi dan risiko pre-eklampsia. Beberapa zat mengganggu absorpsi kalsium bayi. Jangan mengkonsumsi garam, makanan berprotein, teh, kafein atau roti tanpa ragi dengan makanan yang mengandung kalsium.

Penelitian menemukan zinc bermanfaat untuk wanita yang kurus atau berat badan kurang selama kehamilan. Kami yakin mineral ini membantu wanita kurus meningkatkan kemungkinan untuk melahirkan bayi yang lebih besar dan sehat.

Manfaat fluorida dan supplemen fluorida dalam wanita hamil tidak jelas. Beberapa peneliti yakin supplemen fluorida selama kehamilan memperbaiki gigi anak; tidak semua orang setuju. Supplemen fluorida dalam wanita hamil tidak terbukti membahayakan bayinya. Beberapa vitamin prenatal mengandung fluoride.

Kunjungan ke Dokter

Andrea sangat sedih pada kunjungan keduanya. Dengan menangis, dia memberitahu saya, “Todd tidak tertarik lagi padaku. Kami belum berhubungan intim sejak saya hamil.” Todd yang bersamanya, berkata itu tidak benar; dia berpikir istrinya lebih cantik daripada sebelumnya. Tetapi dia takut hubungan intim akan melukai bayi.

Saya menjelaskan pada mereka hubungan intim selama kehamilan itu alami dan tidak apa-apa. Tidak akan melukai bayi selama kehamilan Andrea normal dan tidak ada komplikasi.


Anda Juga Harus Tahu

Hubungan Seksual selama Kehamilan
Banyak pasangan bertanya apakan bijaksana atau diperbolehkan berhubungan seksual selama kehamilan. Hubungan seksual boleh dilakukan oleh wanita dengan kehamilan yang sehat dan pasangannya. Akan tetapi, bila keguguran atau persalinan prematur mengancam, hindari hubungan seksual.

Beberapa dokter merekomendasikan tidak melakukan hubungan seksual selama 4 minggu kehamilan terakhir, tidak semua dokter setuju dengan hal ini. Diskusikan dengan dokter anda.

Tip buat Ayah

Belikan hadiah untuk pasangan dan bayi anda

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment