Friday, July 3, 2009

Kehamilan Minggu 6: Usia janin 4 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Panjang dari kepala sampai ke bokong janin anda yaitu 0,08 samapi 0,16 inci (2 sampai 4mm). Pengukuran ini lebih sering dilakukan daripada pengukuran panjang dari kepala sampai tumit karena kaki bayi seringkali dilipat, sehingga pengukuran sulit dilakukan.

Kadangkala, dengan peralatan yang memadai, detak jantung dapat dilihat dengan USG pada minggu keenam. USG dibahas lebih detil dalam Minggu 11.

Berapa Besar Anda?
Berat badan anda mungkin bertambah beberapa pon sekarang. Jika anda mengalami mual dan tidak makan dengan bai, anda mungkin mengalami penurunan berat badan. Anda telah hamil selama 1 bulan, sehingga sudah cukup waktu untuk memperhatikan perubahan pada tubuh anda. Jika ini kehamilan pertama anda, perut anda mungkin tidak banyak berubah, atau anda mungkin memperhatikan pakaian anda sedikit sempit di sekitar pinggang. Anda mengalami penambahan berat di kaki atau tempat lainnya, seperti payudara anda.

Jika anda menjalani tes pelvis, dokter anda biasnaya dapat merasakan rahim anda dan mencatat beberapa perubahan pada ukurannya.

Bagaimana Bayi Anda Berkembang dan Bertumbuh

Ini awal dari periode embrionik (dari minggu 6 sampai minggu 10 kehamilan); atau dari minggu 4 sampai minggu 8 perkembangan janin). Periode ini adalah masa perkembangan yang sangat penting bagi bayi anda! Pada saat ini, embrio sangat rentan pada faktor-faktor yang dapat mengganggu perkembangannya. Sebagian besar cacat terjadi selama masa kritis ini.

Hasil pertumbuhan ini adalah bentuk tubuh yang memperlihatkan daerah kepala dan ekor. Pada masa ini, alur persarafan dan rongga otak awal terbentuk. Mata juga terbentuk. Calon anggota tubuh muncul. Pembuluh jantung menyatu dan jantung mulai berkontraksi. Semua ini dapat dilihat dengan USG.

Perubahan pada Anda

Heartburn.
Heartburn (pirosis) adalah rasa terbakar atau sakit yang terjadi di dada. Salah satu keluhan yang terjadi dalam kehamilan. dapat terjadi di awal kehamilan, meskipun biasanya menjadi lebih parah pada tahap kehamilan yang lebih lanjut. Biasanya disebabkan oleh meluapnya (refluks) dari lambung dan isi usus dua belas jari ke dalam kerongkongan. Ini terjadi lebih sering selama kehamilan karena dua alasan—makanan bergerak pelan melalui usus halus dan lambung ditekan oleh rahim saat rahim membesar dan bergerak naik ke perut.

Gejalanya tidak parah pada sebagian besar wanita. Makan dengan jumlah kecil, sering dan hindari beberapa posisi, seperti membungkuk atau berbaring rata. Suatu cara terjadinya pirosis adalah makan banyak, kemudian berbaring! (Ini berlaku pada semua orang, tidak hanya wanita hamil.)

Beberapa antasid memberikan rasa lega, termasuk aluminum hidroksida, magnesium trisilikat dan magnesium hidroksida (Amphojel, Gelusil, Milk of Magnesia dan Maalox). Ikuti nasihat dokter anda atau petunjuk di kemasan yang berhubungan dengan kehamilan. Jangan minum antasid berlebihan! Hindari sodium bikarbonat karena mengandung jumlah sodium yang banyak dan dapat menyebabkan retensi air.

Konstipasi
Kebiasaan usus anda akan berubah selama kehamilan. Sebagian wanita mengalami konstipasi, sering disertai dengan gerakan usus yang tidak teratur. Hemoroid juga sering terjadi (lihat Minggu 14).

Anda dapat menghindari masalah konstipasi selama kehamilan. Banyak minum air. Kelebihan juga membantu. Banyak dokter menyarankan laksatif ringan , seperti Milk of Magnesia atau jus prem, jika anda mengalami konstipasi. Makanan tertentu, seperti kulit padi dan prem, dapat meingkatkan jumlah dalam diet anda, yang membantu mengurangi konstipasi.

Jangan gunakan laksatif, selain yang disebutkan, tanpa persetujuan dokter anda. Jika konstipasi berlanjut, bahas pengobatannya dengan dokter anda. Usahakan jangan tegang jika anda mengalami konstipasi. Ketegangan dapat menyebabkan terjadinya hemoroid.

Kunjungan ke Dokter

Cissy, baru pertama kali hamil, mengalami masalah sulit tidur karena masalah lambung. Dia dan suaminya Robbie sering makan terlalu malam setelah bekerja. Kami berbicara tentang tidak terlambat makan atau berbaring setelah makan. Saya menyarankan lima atau enam kali makanan kecil per hari akan lebih baik untuknya. Saya juga menasihatinya sesekali menggunakan antasid tidak apa-apa.

Cobalah cari makanan (dan jumlah makanan) yang tidak menyebabkan pirosis, tetapi tidak berlebihan. Jika anda mengetahui malt coklat tidak menyebabkan pirosis, contohnya, jangan memakannya setiap saat makan!


Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Selama kehamilan, penyakit menular seksual (PMS) dapat membahayakan bayi anda. Sembuhkan PMS secepat mungkin.

Infeksi Herpes Simpleks Genital
Biasanya infeksi herpes selama kehamilan adalah infeksi ulang, bukan infeksi primer. Infeksi pada ibu berhubungan dengan meningkatnya risiko persalinan prematur dan berat badan lahir rendah. Kami yakin bayi dapat terinfeksi saat keluar melalui jalan lahir. Bila selaput pecah, infeksi juga dapat masuk ke dalam rahim.

Tidak ada pengobatan yang aman selama kehamilan untuk herpes genital. Jika seorang wanita mengalami infeksi herpes aktif di akhir kehamilan, maka bedah Cesar dilakukan untuk melahirkan bayi.

Monilial Vulvovaginitis
Infeksi monilial (jamur) lebih sering terjadi pada wanita hamil daripada wanita yang tidak hamil. Infeksi ini tidak mempunyai efek negatif pada kehamilan, tetapi dapat menyebabkan anda merasa tidak nyaman dan cemas.

Infeksi jamur kadang lebih sulit dikendalikan saat anda hamil. Infeksi ini membutuhkan pengobatan berulang yang sering atau lebih lama (10 sampai 14 hari daripada 3 sampai 7 hari). Pengobatan dengan krim biasanya aman digunakan selama kehamilan. Pasangan anda tidak harus diobati.

Bayi yang baru lahir dapat mengalami thrush setelah melalui jalan lahir yang terinfeksi dengan monilial vulvovaginitis. Nystatin adalah pengobatan yang efektif. Hindari penggunaan fluconazole (Diflucan); mungkin tidak aman digunakan selama kehamilan.

Trichomonal Vaginitis
Infeksi ini tidak mempunyai efek utama pada kehamilan. tetapi terjadi masalah dalam pengobatan karena beberapa dokter yakin metronidazole, pilihan obat, seharusnya tidak diminum pada trimester pertama kehamilan. Sebagian besar dokter akan meresepkan metronidazole untuk infeksi yang buruk setelah trimester pertama.

Condylomata Acuminatum
Keadaan ini biasanya disebut venereal wart. Jika anda menderita venereal wart yang luas, persalinan dengan bedah Cesar diperlukan untuk menghindari perdarahan berat.

Kutil sering membesar selama kehamilan. pada beberapa kejadian, keadaan ini memblokir vagina pada saat melahirkan. Bayi juga dapat mengalami laryngeal papilloma (tumor jinak kecil di pita suara) setelah persalinan.

Gonorrhea
Kejadian gonorrhea berisiko pada wanita dan pasangannya, dan pada bayinya melalui jalan lahir. Bayi dapat mengalami gonorrheal ophthalmia, infeksi mata yang parah. Tetes mata digunakan pada bayi baru lahir untuk mencegah masalah ini. Infeksi lainnya juga terjadi. Infeksi Gonorrhea pada ibu lebih mudah diobati dengan penisillin atau obat-obatan lainnya yang aman digunakan selama kehamilan.

Syphilis
Deteksi infeksi syphilis penting bagi anda, pasangan dan bayi anda. Untungnya, infeksi yang jarang terjadi ini juga dapat diobati. Jika anda mengalami luka terbuka pada alat kelamin anda selama kehamilan, periksakan pada dokter anda. syphilis dapat diobati dengan efektif menggunakan penisillin dan obat-obatan lainnya yang aman bagi kehamilan.

Chlamydia
Anda mungkin pernah mendengar atau membaca tentang Chlamydia. Ini penyakit menular seksual (PMS) yang biasa terjadi; antara 3 dan 5 juta orang terinfeksi setiap thaun. Mungkin sulit untuk menentukan apakah anda menderita infeksi chamydia karena anda tidak merasakan gejala. Infeksi disebabkan karena benih yang menyerbu tipe sel sehat tertentu. Infeksi dapat melalui aktivitas seksual, termasuk oral seks.

Antara 20 sampai 40% dari semua wanita seksual aktif memiliki kemungkinan terpapar chlamydia. Infeksi dapat menyebabkan masalah serius jika tidak diobati, tetapi masalah ini dapat dihindari dengan pengobatan.

Chlamydia sering terjadi pada orang muda yang mempunyai pasangan seksual lebih dari satu orang. Juga dapat terjadi pada wanita yang menderita penyakit menular seksual lainnya. Beberapa dokter yakin chlamydia terjadi lebih sering pada wanita yang menggunakan kontrasepsi oral. Metode kontrasepsi barrier, seperti diafragma dan kondom yang digunakan dengan spermisida, bisa melindungi dari infeksi ini.

Salah satu komplikasi yang paling signifikan dari Chlamydia adalah penyakit radang pelvis (pelvic inflammatory disease—PID), infeksi parah pada bagian atas organ genital, termasuk rahim, tuba Fallopi dan bahkan ovarium. Mungkin anda mengalami rasa sakit di pelvis atau mungkin tidak ada gejala sama sekali. PID dapat disebabkan karena infeksi yang tidak diobati dan menyebar luas sepanjang daerah pelvis. Chlamydia merupakan salah satu penybab utama PID. Jika infeksi PID terjadi lama dan berulang, organ reproduksi, tuba Fallopi, dan rahim mungkin rusak, dengan pembentukan adhesi. Operasi mungkin dibutuhkan untuk memperbaikinya. Jika tuba rusak, jaringan parut dapat meningkatkan risiko kehamilan ektopik atau kehamilan tuba.

Tip untuk Minggu 6

Jika anda memiliki pertanyaan antara kunjungan prenatal anda, hubungi dan tanya dokter anda atau perawat di rumah sakit. Tidak apa-apa menghubungi dokter anda; bahkan dokter anda ingin anda menghubunginya dan mendapatkan informasi medis yang tepat. Anda mungkin akan merasa lebih tenang bila pertanyaan anda dijawab.


Chlamydia dalam Kehamilan

Selama kehamilan, ibu dapat menularkan infeksi pada bayinya melalui jalan lahir dan vagina. Bayi mempunyai kemungkinan 20 sampai 50% terkena Chalmydia jika ibunya terinfeksi. Penyakit ini dapat menyebabkan infeksi mata, tetapi mudah diobati. Komplikasi dapat menjadi lebih serius bila terjadi pneumonia, yang membutuhkan rawat inap bagi bayi.

Peneliti menunjukkan bahwa infeksi chlamydia berhubungan dengan kehamilan ektopik. Suatu studi menunjukkan 70% dari wanita yang mengalami kehamilan ektopik juga menderita Chlamydia. Jika seorang wanita ingin hamil, dia dapat diskrining untuk PMS ini, sehingga dapat diobati dengan mudah.

Pemeriksaan Chlamydia
Chlamydia dapat dideteksi dengan biakan sel, tetapi seperti yang telah dibahas, lebih dari setengah orang yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala. Gejala yang muncul seperti rasa panas atau gatal di daerah genital, cairan dari vagina, rasa sakit atau sering buang air kecil, atau rasa sakit di daerah pelvis. Laki-laki juga mengalami gejala. Tes diagnosis yang cepat dapat dilakukan di kantor dokter. Mereka dapat memberikan hasil yang cepat, bahkan mungkin sebelum anda pulang ke rumah.

Chlamydia biasanya diobati dengan tetrasiklin, tetapi obat ini tidak boleh diberikan pada wnaita hamil. Selama kehamilan, eritromisin adalah obat pilihan. Setelah pengobatan, dokter anda akan melakukan biakan lainnya untu memastikan infeksi telah hilang. Jika anda peduli dengan kemungkinan infeksi chlamydia, diskusikan dengan dokter anda. Dia akan memberikan nasihat pada anda.

HIV dan AIDS
Wanita merupakan salah satu kelompok yang cepat terinfeksi human immunodeficiency virus (HIV). Sebagian besar wanita yang terinfeksi berada dalam usia produktif.

HIV merupakan agen penyebab acquired immune deficiency syndrome (AIDS). Jumlah orang terinfeksi HIV yang tepat tidak diketahui. Baru-baru ini, diperkirakan 2 juta orang di Amerika terinfeksi. Epidemi AIDS di antara wanita berkembang sampai 15% dari semua kasus yang dilaporkan.

Infeksi HIV dapat menyebabkan melemahkan sistem imun, yang disebut AIDS. Penyakit ini dapat menyebabkan orang menjadi rentan dan tidak mampu melawan bermagai macam infeksi.

Wanita berisiko tertinggi yaitu pengguna obat intravena dulu atau sekarang, dan wanita yang memiliki pasangan seksual yang menggunakan obat-obatan secara intravena atau berhubungan dengan aktivitas biseksual. Wanita dengan penyakit menular seksual, yang berikatan dengan prostitusi atau yang menerima transfusi darah sebelum skrining juga berisiko lebih tinggi. Jika anda tidak yakin dengan risiko anda, cari konseling mengenai pemeriksaan virus HIV.

Seorang wanita yang terinfeksi HIV tidak menunjukkan gejala. Terdapat periode minggu atau bulan saat tes dilakukan tidak menunjukkan adanya virus. Dalam sebagian besar kasus, antibodi dapat dideteksi 6 sampai 12 minggu setelah paparan. Pada beberapa kauss, periode laten ini dapat selama 18 bulan. Bila tes positif, seseorang mungkin tanpa gejala selama waktu yang bervariasi. Pada semua pasien dengan AIDS, terdapat 20 sampai 30 orang terinfeksi yang tidak menunjukkan gejala.

Tidak ada bukti penularan melalui kontak biasa dengan air, makanan, atau lingkungan. Tidak ada bukti virus dapat ditularkan melalui RhoGAM. (Lihat Minggu 16.) Seorang ibu dapat menularkan HIV pada bayinya sebelum lahr atau pada saat kelahirannya.

Kehamilan mungkin menyembunyikan beberapa gejala AIDS, yang membuat penyakit lebih sulit ditemukan. Karena penyakit dapat menjadi ancaman serius bagi bayi yang belum lahir, konseling dan dukungan psikologis diperlukan.

Ada beberapa berita positif bagi wanita yang menderita AIDS. Jika seorang wanita berada pada awal penyakit, dia biasanya mengalami kehamilan dan persalinan yang normal. Bayinya berisiko terinfeksi selama kehamilan, kelahiran atau menyusui. Walaupun begitu, peneliti menunjukkan bahwa risiko wanita yang terinfeksi HIV menularkan virus pada bayinya sekarang dapat dikurangi dan hampir dihilangkan. Bila dia meminum AZT selama kehamilan dan menjalani bedah Cesar, dia mengurangi risiko menularkan virus sekitar 2%!

Pemeriksaan AIDS
Pemeriksaan terdiri dari dua tes—tes ELISA dan tes Western Blot. ELISA adalah tes skrining. Jika positif, harus dikonfirmasi dnegan tes Western Blot. Kedua tes ini memerlukan tes drah untuk mengukur antibodi terhadap virus, bukan virus itu sendiri. Tidak ada tes yang diperkirakan positif sampai tes Western Blot dilakukan. Tes ini dipercaya lebih dari 99% sensitif dan spesifik.

Gizi Anda
Untuk mendapatkan nutrisi yang anda butuhkan selama kehamilan, anda harus selektif dalam memilih makanan anda. anda tidak dapat memakan apapun yang anda inginkan. Makan makanan yang tepat, dengan jumlah yang tepat, buat perencanaan. Makan makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang tinggi, khususnya zat besi, kalsium, magnesium, asam folat, dan zinc. Anda juga membutuhkan serat dan cairan untuk membnatu mengurangi masalah konstipasi.

Di bawah ini adalah tabel kelompok bebagai macam makanan dan jumlah masing-masing, yang anda butuhkan setiap hari. Cara untuk mendapatkan makanan yang sukup pada setiap kelompok makanan dibahas pada minggu selanjutnya. Periksa setiap diskusi mingguan untuk tip nutrisi bagi anda.

Anda Juga Harus Tahu

Kunjungan Pertama Anda ke Dokter
Kunjungan pertama anda pada dokter anda mungkin merupakan kunjungan terlama anda. Banyak yang harus diselesaikan. Jika anda menemui dokter anda sebelum anda hamil, mungkin anda sudah membahas beberapa kepedulian anda.

Bertanyalah dengan bebas untuk mendapatkan pendapat bagaimana orang ini akan berhubungan dengan anda dan kebutuhan anda. Faktor ini penting saat kehamilan anda berkembang. Selama kehamilan, akan ada pertukaran ide. Pertimbangkan apa dan mengapa saran dokter anda. Penting bagi anda membagikan perasaan dan pemikiran anda. Anda juga perlu mengingat bahwa dokter anda mempunyai pengalaman yang dapat berharga bagi anda selama kehamilan.

Selama kehamilan, akan ada pertukaran ide. Pertimbangkan apa dan mengapa saran dokter anda.


Apa yang Akan Terjadi?

Apa yang anda harapkan pada kunjungan pertama ini? Pertama, dokter anda akan bertanya mengenai riwayat kesehatan anda. Ini termasuk masalah kesehatan umum dan masalah lainnya yang berhubungan dengan riwayat ginekologi dan obstetrik anda. Dokter anda akan menanyakan siklus menstruasi anda dan metode KB sekarang. Jika anda pernah mengalami aborsi atau keguguran, beritahu dokter anda. Jika anda pernah dirawat di rumah sakit karena operasi atau alasan lain, ini merupakan informasi yang penting. Jika anda mempunyai rekam medis lama, bawalah juga.

Dokter anda perlu mengetahui tentang obat-obatan yang anda minum atau alergi obat anda. riwayat kesehatan keluarga anda juga poenting, seperti diabetes atau penyakit kronik lainnya. Dokter anda akan melakukan tes fisik, termasuk uji pelvis dan Pap smear. Uji ini menentukan apakah rahim anda memiliki ukuran yang memadai untuk kehamilan anda.

Tes laboratorium mungkin dilakukan pada kunjungan pertama ini atau pada kunjungan berikutnya. Jika anda mempunyai pertanyaan, tanyakan pada dokter anda. jika anda berpikir anda memiliki kehamilan “risiko tinggi”, diskusikan dengan dokter anda.

Pada sebagian besar kasus, anda akan diminta untuk kembali setiap 4 minggu selama 7 bulan pertama, kemudian setiap 2 minggu samapi bulan terkahir, lalu setiap minggu. Jika timbul masalah, anda mungkin dijadualkan untuk kunjungan yang lebih sering.

Sumber: dari sini

1 comment:

  1. Mbak, mau tanya nih.. Beli milk magnesia dimana yah? Kira2 di apotek ada ga yah? Thx :)

    ReplyDelete