Friday, July 3, 2009

Kehamilan Minggu 5: Usia janin 3 minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Janin anda belum tumbuh terlalu besar. Panjangnya sekitar 0,05 inci (1,25 mm).

Berapa Besar Anda?
Pada saat ini, masih belum tampak perubahan besar pada anda. meskipun anda menyadari anda hamil, orang lain belum memperhatikan perubahan bentuk tubuh anda.

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang
Pada awal minggu ini, lapisan yang akan menjadi jantung kelak telah berkembang. Sistem saraf pusat (otak dan urat saraf tulang belakang) dan pembentukan otot dan tulang mulai terjadi. Selama waktu ini, rangka bayi anda juga mulai terbentuk.

Perubahan pada Anda

Banyak perubahan terjadi sekarang. anda mungkin menyadari beberapa di antaranya; yang lainnya akan terbukti hanya setelah dilakukan tes.

Tes Kehamilan
Tes kehamilan menjadi lebih sensitif, yang membuat diagnosis dini terhadap kehamilan menjadi lebih umum. Tes-tes ini mendeteksi adanya human chorionic gonadotropin (HCG), hormon pada awal kehamilan. Tes kehamilan bisa menjadi positif bahkan sebelum anda terlambat datang bulan! Banyak tes yang dapat memberikan hasil positif (hamil) 10 hari setelah anda hamil. Tetapi lebih baik anda menunggu sampai anda terlambat datang bulan sebelum menanam uang dan energi emosional dalam tes kehamilan, baik dilakukan di rumah sakit, klinik, atau di rumah.

Sebagian besar tes kehamilan di rumah berkisar antara 12 sampai 30 dolar. Efektivitas alat tes itu untuk “mendiagnosis” kehamilan anda bermacam-macam. Banyak rumah sakit yang menawarkan tes kehamilan gratis, yang dapat menyimpan uang anda.

Mual dan muntah
Gejala awal kehamilan pada beberapa wanita adalah mual, dengan atau tanpa muntah. Ini sering disebut morning sickness (mual pagi), baik terjadi pada pagi hari maupun siang hari. Biasanya terjadi pagi hari dan membaik sepanjang hari saat anda beraktivitas. Gejala ini mulai sekitar minggu keenam kehamilan dan biasanya membaik di akhir trimester pertama (sekitar minggu 13).

Banyak wanita mengalami mual. Biasanya tidak perlu perhatian medis. Akan tetapi, suatu keadaan yang disebut hyperemesis gravidarum (mual dan muntah yang parah) menyebabkan muntah yang sering sehingga kehilangan nutrisi dan cairan. Wanita hamil sering diobati di rumah sakit dengan cairan intravena dan obat-obatan. Hipnotis juga berhasil untuk mengobati masalah ini.

Tidak ada pengobatan yang benar-benar berhasil untuk mual dan muntah yang normal pada kehamilan. Belakangan ini, tidak ada obat-obatan yang terbukti dapat mengobati masalah ini. Ini masa yang sangat penting dalam perkembangan janin anda. Jangan biarkan janin anda terpapar dengan obat, jamu, obat bebas atau obat lainnya untuk mengobati mual yang tidak diketahui keamanannya selama kehamilan. Diskusikan cara menanggulangi mual dengan dokter anda.

Jika morning sickness menyebabkan anda tidak masuk kerja, anda mungkin tertarik mengetahui bahwa Famili and Medical Leave Act (FMLA) menyatakan anda tidak memerlukan catatan dokter untuk memeriksa masalah tersebut. Mual dan muntah dalam kehamilan diklasifikasikan sebagai “kondisi kronik” dan kadang-kadang anda perlu keluar, tetapi anda tidak memerlukan pengobatan dokter.

Perubahan Lain yang Mungkin Anda Alami

Di awal kehamilan, anda mungkin sering buang air kecil. Ini dapat berlanjut selama sebagian besar waktu kehamian anda dan mengganggu terutama pada saat hampir melahirkan, karena rahim anda membesar dan menekan kandug kemih anda.

Anda mungkin mengalami perbuahan pada payudara anda. Perasaan gatal atau rasa sakit pada payudara itu biasa. Anda juga melihat perubahan warna menjadi gelap pada areola atau ketinggian kelenjar di sekitar puting susu. (Lihat Minggu 13 untuk informasi lebih lanjut bagaimana payudara anda dipengaruhi kehamilan).

Gejala awal lainnya adalah cepat lelah. Gejala umum ini dapat berlanjut selama kehamilan. Pastikan anda meminum vitamin prenatal anda obat-obatan lain yang diresepkan oleh dokter anda, dan cukup beristirahat. Jika anda mengalami kelelahan, hindari gula dan kafein karena dapat memperburuk masalah.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Kapan Anda Seharusnya Mengunjungi Dokter?
Salah satu pertanyaan pertama anda saat anda mengira anda hamil adalah “Kapan saya harus menemui dokter?”

Perawatan prenatal yang baik diperlukan untuk kesehatan anda dan bayi. Buat perjanjian untuk menemui dokter anda segera setelah anda yakin anda hamil. Mungkin beberapa hari setelah terlambat datang bulan.

Kehamilan dan Penggunaan KB
Jika anda menggunakan KB, beritahu dokter anda. Tidak ada metode yang 100% efektif. Kadang-kadang suatu metode dapat gagal, bahkan kontrasepsi oral. Jika anda yakin anda hamil, hentikan penggunaan pil dan temui dokter anda secepat mungkin. Jangan terlalu khawatir jika hal ini terjadi pada anda; beritahu dokter anda mengenai masalah ini.

Kehamilan juga dapat terjadi dengan penggunaan intrauterine device (IUD). Jika hal ini terjadi, segera temui dokter anda. Diskusikan apakah IUD harus dilepaskan atau dibiarkan. Dalam sebagian besar kasus, IUD dilepaskan. Jika dibiarkan, risiko keguguran akan meningkat.

Spermisida yang digunakan sendiri atau dengan kondom, spong, atau diafragma, mungkin digunakan saat kehamilan terjadi. Semua ini tidak menunjukkan bahaya pada janin anda.

Gizi Anda
Sebagaimana telah dibahas sebelumnya, anda mungkinmengalami mual dan muntah selama kehamilan. Tidak semua wanita menderita hal ini, tetapi sebagian besar wanita mengalaminya. Hormon yang sama—HCG (human chorionic gonadotropin)—yang membuat tes kehamilan di rumah berubah warna menyebabkan morning sickness. Jika anda mengalami ketidaknyaman ini, anda mungkin senang mengetahui bahwa level HCG berkurang pada akhir trimester pertama, sehingga mual dan muntah anda akan membaik. Jika anda mengalami morning sickness, cobalah beberapa saran ini.
- Makan makanan dengan jumlah kecil dan sering untuk menjaga lambung anda agar tidak terlalu penuh.
- Banyak minum air.
- Cari tahu makanan apa, bau atau situasi apa yang membuat anda mual. Hindari bila mungkin.
- Hindari kopi karena merangsang asam lambung.
- Makanan kecil dengan protein tinggi sebelum tidur dapat membantu menstabilisasi gula darah.
- Kadang makanan kecil yang mengandung karbohidrat tinggi sebelum tidur membantu.
- Minta pasangan anda membuatkan anda roti panggang pada pagi hari sebelum anda bangun; makan di tempat tidur. Atau taruh kraker atau sereal di dekat tempat tidur sehingga anda dapat memakannya sebelum anda bangun pagi hari. semua hal ini membantu menyerap asam lambung.
- Jaga kamar anda dingin pada malam hari dan sering membiarkan angin keluar. Udara yang dingin dan segar membantu anda merasa lebih baik.
- Bangun dari tempat tidur dengan perlahan.
- Jika anda meminum suplemen zat besi, minumlah satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan.
- Gigit jahe mentah atau tuangkan air panas dan minum “teh” itu sedikit demi sedikit.
- Makanan yang asin membantu beberapa wanita yang mengalami mual.
- Limun dan semangka membantu mengurangi gejalanya.

Penambahan Berat Badan Selama Kehamilan

Jumlah penambahan berat badan wanita selama kehamilan sangat bervariasi. Sebenarnya berkisar dari penurunan berat badan sampai penambahan total 50 pon atau lebih.

Kita tahu komplikasi muncul pada perubahan berat yang ekstrim ini. karena itu, sulit menetapkan satu gambaran sebagai penambahan berat badan yang “ideal” selama kehamilan. Berapa banyak penambahan berat badan anda dipengaruhi oleh berat badan anda sebelum hamil. Banyak kutipan mengatakan penambahan berat 10 ons per minggu sampai 30 minggu,. Kemudian 1 ons per minggu dari 20 sampai 40 minggu.

Para peneliti lainnya menyarankan penambahan berat badan dibagi menurut wanita dengan berat badan kurang, berat badan normal, berat badan lebih.

Rata-rata Penambahan Berat Badan Kehamilan

Tipe tubuh

Kurang

Normal

Lebih

Penambahan berat (pon)

28 sampai 40

25 sampai 35

15 sampai 25


Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai penambahan berat badan anda selama kehamilan, diskusikan dengan dokter anda. Dokter tersebut akan memberikan nasihat berapa banyak berat badan yang harus anda tambahkan selama kehamilan.

Diet selama kehamilan bukan ide yang bijaksana, tetapi tidak berarti anda tidak memperhatikan pemasukan kalori anda. anda harus! Hal itu penting bagi bayi anda agar mendapatkan nutrisi yang memadai dari makanan yang anda makan. Pilih makanan yang bergizi untuk anda dan bayi anda.

Anda Juga Harus Tahu

Kehamilan Ektopik
Seperti dijelaskan dalam Minggu 1 dan 2, pembuahan terjadi dalam tuba Fallopi. Sel telur yang telah dibuahi pergi dari tuba ke rahim, dan tertanam pada dinding rongga rahim. Kehamilan ektoik terjadi bila sel telur tertanam di luar rongga rahim, biasanya dalam tuba itu sendiri. Sembilan puluh persen kehamilan ektopik terjadi di dalam tuba (disebut kehamilan tuba). Kemungkinan implantasi lainnya yaitu ovarium, serviks, atau tempat lainnya dalam perut. Ilustrasi di bawah ini menunjukkan beberapa lokasi kehamilan ektopik yang mungkin terjadi.

Kehamilan ektopik terjadi dalam 1 dari 100 kehamilan. Kemungkinan terjadinya kehamilan ektopik meningkat dengan kerusakan tuba Fallopi karena penyakit radang pelvis (PID); karena infeksi lainnya, seperti usus buntu yang pecah; atau karena operasi perut. Jika anda pernah mengalami kehamilan ektopik sebelumnya, terdapat 12% kemungkinan untuk berulang. Penggunakan intrauterine device (IUD) juga meningkatkan kemungkinan kehamilan ektopik.

Gejala Kehamilan Ektopik
Gejalanya antara lain perdarahan vagina, rasa sakit di perut dan tanda lainnya, seperti payudara yang lembut atau mual. Meskipun begitu mungkin sulit bagi dokter anda untuk mendiagnosis kehamilan ektopik karena gejala-gejala ini juga ada pada kehamilan normal.

Mendiagnosis Kehamilan Ektopik
Untuk memeriksa kehamilan ektopik, human chorionic gonadotropin (HCG), hormon yang dihasilkan selama kehamilan, diukur. Tes itu disebut kuantitatif HCG. Level HCG meningkat pesat dalam kehamilan normal dan nilainya menjadi ganda sekitar setiap dua hari. Jika level HCG tidak meningkat semestinya, diduga terjadi kehamilan abnormal. Dalam kasus kehamilan ektopik, wanita mungkin mempunyai level HCG yang tinggi dan tanpa tanda kehamilan di dalam rahim.

Tes USG juga membantu dalam mendiagnosis kehamilan ektopik. (Kita akan membahas USG dalam Minggu 11.) Kehamilan tuba dapat terlihat di dalam tuba saat uji USG. Dokter mungkin melihat darah dalam perut dari perpecahan dan perdarahan atau massa di daerah tuba Fallopi atau ovarium.

Kemampuan kita untuk mendiagnosis kehamilan ektopik membaik dengan menggunakan laparoskopi. Pembedahan kecil dilakukan di daerah pusar dan di daerah perut bagian bawah. Dokter melihat bagian dalam perut dan organ pelvis dengan alat kecil (disebut laparaskop). Para dokter dapat melihat kehamilan ektopik bila terjadi.

Suatu usaha dilakukan untuk mendiagnosis kehamilan tuba sebelum hancur dan merusak tuba, sehingga seluruh tuba harus diangkat. Diagnosis dini juga diusahakan untuk menghindari risiko perdarahan internal karena tuba yang hancur dan berdarah.

Sebagian besar kehamilan ektopik dideteksi sekitar 6 sampai 8 minggu kehamilan. Kunci diagnosis dini terletak pada komunikasi antara anda dan dokter anda mengenai gejala dan keparahannya.

Pengobatan untuk Kehamilan Ektopik
Dengan kehamilan ektopik, tujuan dokter adalah memindahkan kehamilan untuk menjaga fertilitas. Pembedahan membutuhkan anestesi umum, laparoskopi, atau laparotomi (insisi yang lebih besar dan tanpa skop), dan pemulihan dari operasi. Pada sebagian besar kejadian, dilakukan pemindahan tuba Follopi, yang mempengaruhi fertilitas masa depan.

Pengobatan baru dan tanpa pembedahan terhadap kehamilan ektopik yang tidak pecah menggunakan obat kanker, methotrexate. Methotrexate diberikan melalui intravena di rumah sakit atau klinik. Methotrezate merupakan sitotoksik (zat yang mematikan sel); sehingga mengakhiri kehamilan. Level HCG turun setelah pengobatan ini, yang menunjukkan kehamilan telah berakhir. Gejalanya membaik.

Apa Jenis Kelamin Bayi Anda?
Anda dapat menebak jenis kelamin anak anda sebaik dokter anda—bahkan seringkali lebih baik! Seperti yang kita bahas sebelumnya, jenis kelamin bayi anda ditentukan saat sel telur dibuahi oleh sel sperma ayah bayi tersebut.

Banyak pasangan menanyakan cara untuk mendapatkan anak laki-laki atau anak perempuan sebelum mereka mencoba hamil. Dalam beberapa kasus, pemisahan sperma digunakan. Sel sperma jantan dan betina dipisah, dan inseminasi buatan menyimpan sel sperma yang telah diseleksi dalam wanita. Hal ini bukan metode yang mudah dan ini mahal. Prosedur ini mungkin dilakukan bila terdapat masalah jenis kelamin tertentu, seperti riwayat keluarga dengan hemofilia.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment

Post a Comment