Friday, July 3, 2009

Kehamilan Minggu 4: Usia janin 2 Minggu


Berapa Besar Janin Anda?

Janin anda masih kecil. Ukuran panjangnya sekitar 0,014 inci sampai 0,04 inci (0,36 mm sampai sekitar 1 mm).

Berapa Besar Anda?
Pada saat ini, kehamilan anda tidak menunjukkan apapun. Anda belum mengalami peningkatan berat badan, dan bentuk tubuh anda belum berubah.

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Perkembangan janin masih dalam tahap yang sangat awal, tetapi banyak terjadi perubahan besar! Blatosit yang terimplantasi makin dalam melekat pada dinding rahim, dan rongga amnion yang akan diisi air ketuban mulai terbentuk. Placenta, yang berperanan penting dalam menghasilkan hormon dan transportasi oksigen dan nutrisi, terbentuk. Jaringan vaskuler yang mengandung darah ibu juga terbentuk.

Lapisan Benih
Lapisan sel yang berbeda berkembang. Lapisan benih ini berkembang menjadi bagian tubuh bayi andah, seperti bermacam-macam organ. Terdapat tida lapisan benih—ektoderm, endoderm, dan mesoderm.

Ektoderm akan menjadi sistem saraf (termasuk otak), kulit, dan rambut. Endoderm berkembang menjadi dinding saluran pencernaan, hati, pankreas, dan tiroid. Mesoderm menjadi rangka, jaringan penghubung, sistem darah, sistem urogenital, dan sebagian besar otot.

Perubahan pada Anda
Anda mungkin menantikan siklus menstruasi anda sekitar akhir minggu ini. Bila tidak terjadi, mungkin hal pertama yang anda pikirkan adalah kehamilan!

Corpus Luteum
Ketika anda berovulasi, sel telur meninggalkan ovarium. Daerah di ovarium tempat sel telur berasal disebut corpus luteum. Jika anda hamil, disebut corpus luteum kehamilan. corpus luteum segera terbentuk setelah ovulasi pada saat folikel hancur dan sel telur dilepaskan. Corpus luteum seperti kantong cairan kecil di dalam ovarium. Dan mengalami perkembangan pembuluh darah yang pesat dalam persiapan untuk menghasilkan hormon, seperti progesteron, untuk mendukung kehamilan sebelum ada placenta.

Pentingnya corpus luteum sering menjadi bahan debat. Corpus luteum diyakini penting dalam minggu-minggu awal kehamilan karena menghasilkan progesteron. Placenta mengambil alih fungsi ini antara 8 dan 12 minggu kehamilan. Corpus luteum berakhir sampai sekitar bulan keenam kehamilan, saat corpus luteum menyusut, meskipun corpus luteum normal ditemukan dalam kehamilan cukup bulan. Kehamilan yang berhasil juga terjadi ketika corpus luteum dipindahkan karena kista yang hancur pada hari kedua puluh setelah siklus menstruasi atau sekitar waktu implantasi.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Selama kehamilan, hampir setiap orangtua mengkhawatirkan kesempurnaan bayi mereka. Sebagian besar orangtua mengkhawatirkan hal yang tidak perlu. Kelainan kelahiran yang utama hanya muncul sekitar 3% dari semua bayi baru lahir. Dari 3% ini, apakah penyebab kelainan diketahui? Bisakah dicegah?

Perkembangan Janin yang Abnormal
Teratologi adalah ilmu yang mempelajari perkembagnan janin yang abnormal. Penyebab atau alasan kelainan yang tepat ditemukan kurang dari setengah terhadap semua kasus. Dokter ahli kandungan dan dokter lainnya yang menyediakan perawatan untuk wanita hamil ser4ing ditanya mengenai zat-zat (teratogen) yang mungkin membahayakan. Para peneliti tidak dapat membuktikan bahaya beberapa agen yang kami yakini berbahaya. Mereka telah membuktikan bahaya dari agen-agen lainnya.

Beberapa agen menyebabkan kelainan utama jika paparan terjadi pada waktu tertentu dan kritis dalam perkembangan janin. Tetapi agen tersebut tidak berbahaya pada waktu lain. Bila janin telah menyelesaikan perkembangan utama, biasanya sebelum minggu ketiga belas, efek dari zat tertentu hanya retardasi pertumbuhan atau ukuran organ yang lebih kecil daripada kelainan struktural besar. Salah satu contoh adalah rubella. Penyakit ini dapat menyebabkan banyak kelainan anatomi, seperti malformasi jantung, jika janin terinfeksi selama kehamilan trimester pertama. Infeksi rubella yang terjadi setelah trimester pertama tidak menyebabkan akibat serius.

Respon Individu pada Paparan
Respon individu pada agen-agen tertentu dan dosis yang berbeda sangat bervariasi. Alkohol adalah yang bagus. Kadar yang tinggi mungkin tidak menyebabkan efek apapun pada beberapa janin, sementara janin lainnya mungkin dirugikan dengan kadar rendah.

Studi pada hewan memberikan banyak informasi mengenai agen-agen yang mungkin membahayakan. Informasi ini dapat membantu tetapi tidak selalu dapat diterapkan secara langsung pada manusia. Informasi lainnya berasal dari situasi dimana wanita terpapar yang tidak mengetahui mereka hamil atau zat tertentu yang dapat membahayakan. Informasi yang didapatkan dari kejadian-kejadian ini sulit diterapkan secara langsung pada kehamilan tertentu.

Penggunaan dan Penyalahgunaan Obat
Informasi mengenai efek dari obat tertentu pada kehamilan manusia berasal dari kasus-kasus paparan sebelum kehamilan telah ditemukan. “Laporan kasus” ini membantu para peneliti untuk memahami efek membahayakan yang mungkin terjadi tetapi menyebabkan kesenjangan dalam pengetahuan kita. Untuk alasan ini, sulit atau tidak mungkin membuat pernyataan yang tepat mengengai obat-obat tertentu dan efeknya. Tabel berikut ini mendaftar efek-efek yang mungkin terjadi dari obat-obatan yang legal dan ilegal.

Jika anda menggunakan obat-obatan, jujurlah pada dokter anda. tanyakan mengenai obat-obatan dan penggunaan obat. Beritahukan pada dokter anda mengenai semua obat yang anda minum dan mungkin mempengaruhi bayi anda. korban dari penggunaan obat adalah bayi anda. Masalah obat mempunyai konsekuensi yang serius sehingga dokter anda dapat memberitahukan apa yang mereka ketahui tentang penggunaan obat anda.

Tip untuk Minggu 4

Perokok sekunder dapat membahayakan wanita yang tidak merokok dan janinnya. Mintalah orang yang merokok supaya tidak merokok di sekitar anda selama kehamilan anda.


Efek dari Berbagai Macam Zat pada Perkembangan Janin

Banyak zat yang dapat mempengaruhi perkembangan awal janin. Di bawah ini adalah daftar dari obat-obatan yang biasa diresepkan dan zat kima lainnya plus beberapa penyalahguanaan obat-obatan untuk membantu anda melihat efeknya pada janin anda.

Obat-obatan yang Biasa Diresepkan dan Zat Kimia Lainnya

Obat atau zat kimia dan Efek pada Janin Anda
Androgen (hormon laki-laki):
perkembangan dua genital (tergantung pada dosis dan waktu diberikan)

Antikogulan: kelainan tulang dan tangan, retardasi pertumbuhan dalam rahim, sistem saraf pusat dan kelainan mata

Obat antitiroid (propylthiouracil, iodida, methimazole): hipotiroid, goiter pada janin

Obat-obatan kemoterapi (methotrexate, aminopterin): meningkatkan risiko keguguran

Dietylstilbestrol (DES): kelainan organ reproduktif perempuan, infertilitas laki-laki dan perempuan

Isotretinoin (Accutane): meningkatkan angka keguguran, kelainan sistem saraf, kelainan wajah, cleft palate

Lead (timbal): meningkatkan angka keguguran dan lahir mati

Lithium: penyakit jantung bawaan

Organic mercury (merkuri organik): atropi cerebral, retardasi mental, kejang, epilepsi, kebutaan

Phenytoin (Dilantin): retardasi pertumbuhan dalam rahim, retardasi mental, mikrosefali

Streptomisin: tuli, kerusakan saraf kranial

Tetrasiklin: hipoplasia enamel gigi, perubahan permanen warna gigi

Thalidomide: kelainan anggota badan yang parah

Trimethadione: bibir sumbing, cleft palate, retardasi pertumbuhan dalam rahim, keguguran

Valproic acid (asam valproic): kelainan saraf

X-ray therapy (terapi sinar X): mikrosefali, retardasi mental, leukemia

(Modifikasi dari A.C.O.G. Technical Bulletin no.84, Teratology, Februari 1985,
American College of Obstetricians and Gynecologists)

Beberapa Penyalahgunaan Obat-obatan

Obat dan Efek pada Janin Anda
Alkohol:
kelainan janin, sindrom alkohol pada janin (FAS), paparan alkohol janin (FAE), retardasi pertumbuhan dalam rahim

Barbiturat: kelainan kelahiran, gejala penarikan diri, kebiasaan makan yang buruk, serangan epilepsi

Benzodiazepine: meningkatkan kemungkinan cacat bawaan (termasuk zat peneang seperti diazepam (Valium) dan chlordiazepoxide (Librium), bersama zat-zat baru lainnya

Kafein: mengurangi berat bayi, ukuran kepala lebih kecil, masalah pernafasan, tidak ibsa tidur, lekas marah, gugup, metabolisme kalsium yang buruk, retardasi perkembagan dalam rahim, retardasi mental, mikrosefali, berbagai macam cacat utama

Kokain: keguguran, lahir mati, kelainan bawaan, kelainan bentuk yang parah pada janin, kekurangan mental jangka panjang, sindrom kematian mendadak pada bayi (SIDS)

Marijuana dan ganja: gangguan perhatian defisit (ADD), gangguan perhatian defisit hiperaktif (ADHD), masalah ingatan, gangguan kemampuan pengambilan keputusan

Nikotin: keguguran, lahir mati, gangguan saraf, berat badan lahir rendah, IQ rendah, gangguan membaca, sindrom disfungsi otak ringan (hiperaktif)

Opioid: seperti morfin, heroin, Demerol, kelainan bawaan, kelahiran prematur, retardasi pertumbuhan dalam rahim, gejala menarik diri pada bayi

Gizi Anda
Anda harus siap untuk menaikkan berar badan selama kehamilan. Hal ini penting untuk kesehatan anda dan kesehatan janin anda. Melihat berat badan anda naik mungkin sangat sulit bagi anda. Kenali sekarang bahwa tidak apa-apa meningkatkan berat badan. Anda tidak harus membiarkan diri anda lepas—anda dapat mengendalikan berat badan anda dengan makan makanan yang sehat. Tetapi anda perlu menaikkan cukup berat badan untuk memenuhi kebutuhan kehamilan anda.

Dulu, wanita tidak boleh menaikkan berat badan terlalu banyak—kadang-kadang hanya 6 sampai 7,5 kg pada seluruh kehamilan mereka! sekarang, kita tahu bahwa mengurangi penambahan berat tidak baik untuk kesehatan janin dan ibu.

Naikkan berat badan secara perlahan. Jangan biarkan diri anda lepas kendali hanya karena anda hamil. Anda mungkin makan untuk berdua, tetapi anda tidak harus makan dua kali lebih banyak!

Anda mungkin tidak dapat memakan semua yang anda inginkan selama kehamilan, kecuali anda wanita beruntung yang tidak mempunyai masalah dengan kalori. Walaupun begitu, anda harus memperhatikan makanan yang anda pilih dan makanlah makanan yang sehat dan bergizi.hindari kalori kosong (banyak gula dan lemak). Pilih buah dan sayuran segar. Hindari kafein. Kita akan membahas masalah ini pada minggu selanjutnya.

Beberapa Polutan yang Perlu Dihindari Selama Kehamilan

Timbal
Toksisitas timbal telah diketahui selama berabad-abad. Dulu, sebagian besar paparan timbal berasal dari atmosfir. Saat ini, paparan berasal dari banyak sumber, termasuk bensin, pipa air, pateri, penyimpanan batere, bahan bangunan, cat, pewarna dan pengawet kayu.

Timbal dengan mudah menyeberangi placenta ke bayi. Toksisitas dapat terjadi pada minggu kedua belas kehamilan, yang dapat mengakibatkan keracunan timbal pada bayi.

Hindari terpapar dengan timbal. Jika anda terpapar di tempat kerja, diskusikan dengan dokter anda.

Merkuri
Merkuri mempunyai riwayat yang panjang sebagai racun potensial padawanita hamil. Laporan tntang ikan yang terkontaminasi dnegan merkuri berhubungan dengan kelumpuhan otak dan mikrosefali.

PCB
Lingkungan kita telah terkontaminasi secara signifikan dengan polychlorinated biphenyl (PCB). PCB merupakan campuran dari beberapa senyawa kimia.

Sebagian besar ikan, burung, dan manusia sekarang memiliki sejumlah PCB dalam jaringan mereka. beberapa ahli menyarankan wanita hamil membatasi konsumsi ikan (untuk menghindari paparan terhadap merkuri dan PCB), khususnya bila wanita tersebut terpapar dengan PCB di tempat kerjanya.

Pestisida
Pestisida mencakup sejumlah besar agen yang digunakan untuk mengendalikan tanaman dan hewan liar. Paparan pada manusia sudah biasa karena pestisida digunakan secara luas. Beberapa agen yang perlu diperhatikan antara lain DDT, klordane, heptaklor, lindane, dan lainnya.

Anda Juga Harus Tahu

Polutan lingkungan dan kehamian
Beberapa polutan lingkungan dapat membahayakan janin. Menghindari paparan terhadap polutan ini penting bagi ibu. Dalam kotak sebelumnya memberikan informasi mengenai polutan tertentu.

Apa yang Dapat Anda Lakukan?
Informasi mengenai keamanan beberapa zat kimia dalam lingkungan kita masih kurang jelas. Tindakan teraman adalah menghindari paparan bila mungkin, baik melalui pencernaan oral atau melalui udara yang anda hirup. Tidak mungkin mengurangi semua kontak terhadap semua zat kimia yang mungkin membahayakan.

Jika anda tahu anda akan dikelilingi berbagai macam zat kimia, cuci tangan anda sebelum makan. Tidak merokok juga membantu.

Suatu fakta yang menenangkan adalah sebagian besar zat kimia yang teruji menyebabkan penyakit pada ibu sebelum kerusakan pada janin terjadi. Suatu lingkungan yang sehat bagi anda akan sehat bagi janin anda.

Tip untuk Ayah

Biasakan membaca buku tentang kehamilan dan baca bersama-sama mengenai apa yang terjadi setiap minggu dalam kehamilan anda.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment