Friday, July 3, 2009

Kehamilan Minggu 3: Usia janin: 1 minggu

Berapa besar bayi anda?

Embrio yang berkembang di dalam tubuh anda sangat kecil. Pada saat ini, embrio hanya sekelompok sel, tetapi berlipat ganda dan berkembang pesat. Embrio seukuran ujung peniti dan dapat dilihat dengan mata telanjang jika tidak berada di dalam tubuh anda. Sekelompok sel ini tidak mirip janin atau bayi. Selama minggu pertama ini, panjang embrio sekitar 0,006 inci (0,150 mm).

Berapa besar anda?
Dalam minggu ketiga kehamilan ini, anda tidak melihat perubahan. Terlalu dini! Beberapa wanita tahu mereka hamil. Ingat, anda bahkan belum terlambat datang bulan.

Bagaimana bayi anda bertumbuh dan berkembang

Banyak sekali yang terjadi, walaupun kehamlan anda masih berada di tahap paling awal. Letak ovarium bebas di pelvis anda (atau rongga peritonium). Ovarium itu juga dekat pada rahim dan tuba Fallopi. Pada saat ovulasi, ujung tuba (disebut fimbria) berada dekat ovarium. Beberapa peneliti yakin pembukaan tuba ini meliputi area pada ovarium tempat sel telur (ovum) dilepaskan pada saat ovulasi. Tempat pelepasan pada ovarium ini disebut stigma.

Selama hubungan intim, rata-rata 0,06 sampai 0,15 ons (2 sampai 5 ml) mani disimpan dalam vagina. Setiap milimeter berisi sekitar 70 juta sperma; setiap ejakulasi berisi 140 sampai 350 juta sperma. Hanya sekitar 200 sperma yang mencapai sel telur di tuba.

Pembuahan adalah penyatuan satu sel sperma dan satu sel telur.

Pembuahan Sel Telur
Pembuahan terjadi di pertengahan tuba, di sebut ampulla, bukan di dalam rahim. Sel sperma berkeliling di rongga rahim dan keluar ke tuba untuk bertemu dengan sel telur.

Ketika sel sperma dan sel telur bersatu, sel sperma harus melalui lapisan terluar sel telur, corona radiata. Kemudian sel sperma harus menembus lapisan sel telur lainnya, zona pellucida. Meskipun beberapa sel sperma mungkin menembus lapisan terluar sel telur, biasanya hanya satu sel telur yang memasuki sel telur dan membuahinya.

Setelah sel sperma menembus sel telur, kepala sel sperma melekat pada permukaannya. Selaput sel sperma dan sel telur bersatu, berada di selaput atau kantong yang sama. Sel telur bereaksi terhadap kontak ini dengan membuat perubahan di lapisan terluar sehingga tidak ada sel sperma lain yang dapat masuk.

Setelah sel sperma masuk ke dalam sel telur, ekornya hilang. Kepala sel sperma membesar dan disebut male pronuckleus (pronukleus jantan); sel telur disebut female pronuckleus (pronukleus betina). Kromosom pronukleus jantan dan betina bercampur. Ketika hal ini terjadi, sebagian kecil informasi dan karakteristik dari setiap pasangan bersatu. Informasi kromosom memberikan kita karakteristik khusus. Jumlah kromosom setiap manusia umumnya 46. Setiap orang menyediakan 23 kromosom. Bayi anda merupakan kombinasi informasi kromosom dari anda dan pasangan anda.

Perkembangan Embrio Dimulai
Sel yang berkembang ini disebut zigot. Zigot melewati tuba menuju rahim saat pembagian sel berlanjut. Sel-sel ini disebut blastomere. Saat blastomere terus membagi, sebuah sel padat terbentuk, disebut morula. Akumulasi cairan dalam morula membentuk blastosit, yang berukuran kecil.

Selama minggu berikutnya, blastosit melalui tuba ke rongga rahim (3 sampai 7 hari setelah pembuahan di dalam tuba). Blastosit terletak bebas dalam rongga rahim sambil terus bertumbuh dan berkembang. Sekitar satu minggu setelah pembuahan, blastosit melekat di rongga rahim (implantasi). Sel itu masuk ke dalam dinding rahim.

Laki-laki atau perempuan

Jenis kelamin bayi anda ditentukan pada saat pembuahan oleh jenis sel sperma (jantan atau betina) yang membuahi sel telur. Kromosom Y dari sel sperma menghasilkan laki-laki, dan kromosom X dari sel sperma menghasilkan perempuan.


Perubahan pada Anda

Beberapa wanita dapat mengetahui kapan mereka berovulasi. Mereka merasakan kram ringan atau rasa sakit, atau mereka mengalami peningkatan keluarnya lendir vagina. Kadang-kadang pada saat implantasi dari sel telur yang telah dibuahi ke dalam rongga rahim, seorang wanita mungkin mengalami sejumlah kecil perdarahan.

Terlalu dini untuk melihat perubahan pada anda. payudara anda belum membesar dan anda belum mulai “nampak.”

Olahraga

Olahraga merupakan bagian dari kehidupan yang penting bagi sebagian besar wanita. Makin kita belajar mengenai kesehatan, makin nyata keuntungan olahraga yang teratur. Olahraga yang teratur mengurangi risiko terjadinya beberapa masalah kesehatan, termasuk penyakit kardovaskuler, osteoporosis , depresi, pramenstruasi sindrom (PMS), dan obesitas.

Ada banyak jenis olahraga yang dapat dipilih sebelum, selama, dan setelah kehamilan. masing-masing menawarkan keuntungannya sendiri. Olahraga aerobik sangat populer pada wanita yang ingin menjaga bentuk tubuhnya. Olahraga pembentukan otot menjadi populer untuk menjadi kesehatan dan meningkatkan kekuatan. Banyak wanita mengkombinasikan dua olahraga ini


Olahraga aerobik

Untuk melatih kardovaskuler, olahraga aerobik adalah yang terbaik. Anda harus berolahraga minimal tiga kali seminggu dengan denyut jantung 110 sampai 120 per menit, minimal dalam 15 menit terus menerus. Denyut jantung 110 sampai 120 per menit adalah target perkiraan untuk orang dengan usia yang berbeda.

Pilihan yang baik untuk olahraga aerobik selama kehamilan:
- Jalan cepat
- Bersepeda tetap
- Berenang
- Olahraga aerobik yang khusus dirancang untuk wanita hamil

Jika anda berolahraga aerobik sebelum kehamian, and adapat meneruskan olahraga ini dengan mengurangi kecepatan. Jika anda mempunyai masalah seperti perdarahan atau persalinan prematur, anda dan dokter anda harus memilih program lain.

Suatu tindakan yang tidak bijaksana untuk memulai program olahraga aerobik yang berat atau meningkatkan latihan selama kehamilan. Jika anda belum terlibat dalam olahraga yang teratur dan berat sebelum kehamilan, berjalan dan berenang merupakan pilihan yang baik.

Target denyut jantung

Usia

(tahun)

20

25

30

35

40

45

50

target denyut jantung

jantung (denyut/menit)

120-150

117-146

114-146

111-138

108-135

105-131

102-131

max. denyut (denyut/menit)


200

195

190

185

180

175

170

(Departemen Kesehatan dan Pelayanan Masyarakat Amerika)


Sebelum anda mulai berolahraga, diskusikan dengan dokter anda. Bersama-sama anda dapat mengembangkan suatu program yang konsisten dengan keadaan anda sekarang dan kebiasaan berolahraga anda.

Jika anda belum terlibat dalam olahraga yang teratur dan berat sebelum kehamilan, berjalan dan berenang merupakan pilihan yang baik.


Kekuatan Otot

Beberapa wanita berolahraga untuk kekuatan otot. Untuk menguatkan otot, harus ada perlawanan pada otot itu. Terdapat tiga jenis kontraksi otot yang berbeda—isotonik, isometrik, dan isokinetik.

Olahraga isotonik melibatkan penyusutan otot saat tegangan dilakukan, seperti saat anda mengangkat beban.

Olahraga isometrik menyebabkan otot mengembangkan tegangan tetapi tidak merubah panjangnya, seperti saat anda menekan dinding.

Olahraga isokinetik terjadi ketika otot bergerak dengan kecepatan tetap, seperti saat anda berenang.

Otot jantung dan rangka tidak dapat dikuatkan pada saat bersamaan. Menguatkan otot rangka perlu mengangkat beban berat, tetapi anda tidak dapat mengangkat beban berat ini cukup lama untuk menguatkan otot jantung.

Olahraga angkat beban merupakan cara paling efektif meningkatkan kepadatan tulang untuk menghindari osteoporosis. Keuntungan lain dari olahraga antara lain kelenturan, koordinasi, memperbaiki suasana hati dan ketajaman perhatian. Peregangan dan pemanasan otot sebelum dan sesudah olahraga membantu anda memperbaiki kelenturan dan menghindari kecelakaan.

Haruskah Anda Berolahraga Selama Kehamilan?
Sebagai wanita hamil, anda mungkin memikirkan risiko berolahraga. Bisakah atau haruskah anda berolahraga saat anda hamil?

Wanita hamil membutuhkan kesehatan kardiovaskuler. Wanita dengan fisik yang bugar bisa lebih baik melaksanakan persalinan. Walaupun begitu, olahraga selama kehamilan tidak tanpa risiko. Risiko pada janin yang sedang berkembang antara lain:
- Meningkatkan suhu tubuh
- Mengurangi aliran darah ke rahim
- Kemungkinan terluka pada bagian perut ibu.

Anda dapat berolahraga selama kehamilan jika anda melakukannya dengan bijaksana. Hindari peningkatan suhu tubuh di atas 102F (38,9 C). Olahraga aerobik dapat meningkatkan suhu tubuh anda lebih tinggi, maka anda perlu berhati-hati. Suhu tubuh yang tinggi dapat diperburuk karena dehidrasi. Hindari olahraga aerobik yang lama, khususnya pada cuaca yang panas.

Ketika beraerobik, darah dapat dialihkan ke otot atau kulit dan jauh dari organ lainnya, seperti rahim, hati atau ginjal. Pengurangan beban kerja selama kehamilan disarakan untuk menghindari masalah-masalah potensial. Sekarang bukan waktunya untuk mencetak rekor baru atau berlatih untuk perlombaan marathon mendatang! Selama kehamilan, jaga denyut nadi anda di bawah 140 per menit.

Masalah-masalah yang mungkin terjadi

Hentikan olahraga dan konsultasikan pada dokter anda jika anda mengalami hal berikut ini:
- perdarahan atau hilangnya cairan dari vagina saat berolahraga
- sesak nafas
- pusing
- rasa sakit di bagian perut
- rasa sakit atau ketidaknyamanan lainnya

Konsultasikan pada dokter anda dan berolahraga hanya di bawah pegawasan jika anda mengalami hal berikut ini:
- detak jantung tidak beraturan
- tekanan darah tinggi
- diabetes
- penyakit tiroid
- anemia
- masalah kesehatan kronik lainnya

Konsultasikan pada dokter anda mengenai olahraga jika anda memiliki riwayat
- tiga atau lebih keguguran
- inkompeten serviks
- retardasi pertumbuhan dalam rahim
- persalinan prematur
- perdarahan abnormal lainnya selama kehamilan


Petunjuk Umum Berolahraga

Sebelum memulai program olahraga, konsultasikan dengan dokter anda mengenai masalah kesehatan sebelumnya dan masalah kehamilan sebelumnya.
- Mulailah program olahraga sebelum anda hamil.
- Mulai berolahraga secara perlahan. Diawali dengan 15 menit berolahraga, dan diselipi dengan menit istirahat.
- Periksa denyut nadi anda setiap 15 menit. Jangan samapi melebihi 140 denyut per menit. Cara mudah untuk menghitung denyut jantung anda yaitu menghitung jumlah denyut dengan merasakan denyut di leher atau pergelangan tangan anda selama 15 detik. Kalikan 4. Jika denyut nadi anda melebihi 140 denyut per menit, istirahat sampai denyut nadi anda turun sampai di bawah 90.
- Waktu yang cukup untuk pemanasan dan pendinginan.
- Kenakan pakaian yang nyaman selama berolahraga, termasuk pakaian yang cukup hangat atau cukup dingin, dan sepatu yang baik dan nyaman.
- Jangan sampai kepanasan.
- Berolahraga secara teratur
- Hindari olahraga yang berisiko, seperti menunggang kuda, atau ski air.
- Konsumsi lebih banyak kalori.
- Ketika anda hamil, hati-hati saat berdiri dan berbaring.
- Setelah bulan kehamilan keempat (16 minggu), jangan membaringkan punggung anda saat berolahraga. Hal ini dapat mengurangi aliran darah ke rahim dan placenta.
- Ketika anda selesai berolahraga, berbaring ke kiri selama 15 sampai 20 menit.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Penggunaan Aspirin
Hampir semua obat yang diminum selama kehamilan dapat mempengaruhi bayi anda. Begitu juga dengan aspirin, obat yang sering diminum untuk banyak alasan, baik diminum sendiri maupun dengan kombinasi dengan obat-obatan lainnya.

Penggunaan aspirin dapat meningkatkan perdarahan. Aspirin menyebabkan perubahan fungsi platelet; platelet penting untuk pembekuan darah. Hal ini penting untuk diketahui jika anda mengalami perdarahan selama kehamlan atau jika anda hampir melahirkan di akhir kehamilan anda. Dosis kecil aspirin mungkin diterima selama kehamilan; periksakan dengan dokter anda.

Baca label obat-obatan yang anda minum untuk melihat kandungan aspirinnya. Hindari menggunakan aspirin atau produk lainnya yang mengandung aspirin selama kehamilan kecuali anda telah membahasnya dengan dokter anda.

Jika anda membutuhkan pereda rasa sakit atau obat pengurang demam, dan anda tidak dapat meminta saran dokter, asetominofen (Tylenol) merupakan obat bebas yang dapat anda minum untuk sementara dengan kecemasan yang ringan terhadap komplikasi atau masalah pada anda atau janin anda. untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan obat bebas selama kehamilan, lihat Minggu 7.

Gizi Anda
Asam folat, atau folat, folasin, atau vitamin B9, penting untuk anda selama kehamilan. studi baru-baru ini menunjukkan mengkonsumsi asam folat selama kehamilan mencegah atau mengurangi insidens neural-tube defect (kelainan persarafan). Beberapa kelainan ini termasuk spina bifida; anencephaly, kelainan bawaan yang ditandai tidak adanya otak dan urat saraf tulang belakang; dan encephalocele, otak yang menonjol keluar melalui tulang tengkorak yang terbuka.

Tip untuk Minggu 3

Diskusikan dengan dokter anda sebelum memulai program olahraga selama kehamilan. jika anda telah berolahraga, kurangi tingkat olahraga anda tidak lebih dari 80% pada saat anda belum hamil.


Kekurangan asam folat juga dapat menyebabkan anemia pada ibu. Tambahan asam folat mungkin diperlukan pada janin kembar atau bila ibu menderita penyakit Crohn atau alkoholik.

Vitamin prenatal mengadung 0,8mg sampai 1mg asam folat dalam setiap dosis. Ini biasanya cukup untuk wanita dengan kehamilan yang normal. Para peneliti yakin spina bifida dapat dicegah bila ibu mengkonsumsi 0,4 mg asam folat per hari, muali sebelum kehamilan dan berlanjut sampai 13 minggu pertama. ini disarankan pada semua wnaita hamil. Ekskresi tubuh seorang wanita hamil empat atau lima kali jumlah normal asam folat. Karena asam folat tidak lama disimpan dalam tubuh, harus digantikan setiap hari.

Pada awal tahun 1998, pemerintah Amerika menetapkan beberapa hasil padi-padian, seperti tepung, serela sarapan pagi, dan pasta, difortifikasi dengan asam folat. Dengan memakan satu gelas sereal sarapan pagi yang difortifikasi, dengan susu, dan minum segelas jus jeruk menyediakan sekitar setengah dari kebutuhan asam folat anda untuk satu hari. Asam folat juga banyak ditemui pada bahan makanan, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, ragi brewer, kacang kedele, hasil padi-padian, dan sayuran berdaun hijau. Diet yang seimbang dapat membantu anda mencapai pemasukan asam folat anda.

Anda Juga Harus Tahu

Perdarahan selama Kehamilan
Perdarahan selama kehamilan harus diperhatikan. Dalam trimester pertama, perdarahan dapat membuat anda khawatir terhadap keadaan kesehatan janin anda dan kemungkinan keguguran. (Kita membahas keguguran pada Minggu 8).

Perdarahan selama kehamilan bukan hal luar biasa. Beberapa peneliti memperkirakan 1 dari 5 wanita hamil mengalami perdarahan selama trimester pertama. Meskipun membuat anda khawatir terhadap kemungkinan masalah, tidak semua wanita mengalami perdarahan akan keguguran.

Perdarahan pada saat implantasi bisa terjadi. Hal ini dapat terjadi ketika blastosit melekat pada dinding rahim. Pada saat ini, anda tidak mengetahui bahwa anda hamil karena anda belum terlambat datang bulan. Jika ini terjadi, anda mungkin berpikir menstruasi anda datang lebih awal.

Saat rahim anda bertumbuh, placenta dan hubungan vaskuler terbentuk. Perdarahan bisa terjadi pada saat ini. olahraga yang berat atau hubungan intim juga dapat menyebabkan beberapa perdarahan. Jika hal ini terjadi, hentikan aktivitas anda, dan periksakan pada dokter anda, yang akan memberikan nasihat pada anda.

Jika perdarahan mencemaskan dokter anda, dia mungkin menyarakan tes ultrasonografi (USG). Kadang-kadang USG dapat menunjukkan sebab perdarahan, tetapi pada bagian awal kehamilan ini, mungkin tidak ada alasan yang dapat dilihat.

Kebanyakan dokter menyarankan beristirahat, mengurangi aktivitas da menghindari hubungan intim bila terjadi perdarahan. Operasi atau obat-obatan tidak membantu dan tidak membuat perbedaan. Telepon dokter anda jika anda mengalami perdarahan lagi. Dia akan menyarankan apa yang dapat anda lakukan.

Manfaat Kehamilan
- Para penderita alergi dan asma merasa lebih baik selama kehamilan karena steroid alami yang dihasilkan selama kehamilan membantu mengurangi gejala-gejalanya.

- Kehamilan membantu mencegah kanker payudara dan kanker ovarium. Wanita usia muda pada saat pertama kali melahirkan, dan makin banyak kehamilan yang dialaminya, makin besar manfaatnya.

- Sakit kepala migrain sering hilang selama trimester kedua dan ketiga kehamilan.

- Kram menstruasi merupakan masalah sebelum kehamilan. manfaat tambahan—kram ini tidak kembali setelah bayi anda lahir!

- Endometriosis (keadaan terdapatnya jaringan serupa selaput lendir rahim di luar rongga rahim) menyebabkan sakit di pelvis (tulang pinggul), perdarahan berat dan masalah lainnya selama menstruasi pada beberapa wanita. Kehamilan dapat menghentikan pertumbuhan endometriosis.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment

Post a Comment