Saturday, July 4, 2009

Kehamilan Minggu 38: Usia Janin 36 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Pada saat ini, berat bayi anda sekitar 6,8 pon (3,1 kg). Panjang dari kepala ke bokong tidak banyak berubah; masih sekitar 14 inci (35 cm). Panjang total 21 inci (47 cm).

Berapa Besar Anda?
Banyak wanita tidak bertumbuh lebih besar selama beberapa minggu terakhir, tetapi mereka merasa sangat tidak nyaman. Jarak antara rahim dan simfisis pubis anda 14,4 sampai 15,2 inci (36 sampai 38 cm0. Dari pusar ke bagian atas rahim anda sekitar 6,4 sampai 7,2 inci (16 sampai 18 cm).

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Monitor Janin selama Sakit Persalinan
Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana dokter anda dapat mengatakan bahwa bayi anda sehat, khususnya selama sakit persalinan. Pada banyak rumah sakit, detak jantung bayi dimonitor sepanjang sakit persalinan. Pendeteksian masalah lebih awal itu penting agar dapat diatasi.

Setiap saat rahim berkontraksi selama sakit persalinan, darah yang mengandung oksigenasi berkurang alirannya dari anda ke placenta. Sebagian besar bayi dapat mengatasi tekanan ini tanpa masalah. Akan tetapi, beberapa bayi terpengaruh; ini disebut janin tertekan (fetal distress).

Pada banyak rumah sakit, detak jantung bayi dimonitor sepanjang sakit persalinan.


Ada
dua cara untuk memonitor detak jantung bayi selama sakit persalinan. Monitor janin eksternal dapat digunakan sebelum selaput anda pecah. Ikat pinggang dengan penerima diikat pada perut anda. Alat ini menggunakan prinsip yang serupa dengan USG untuk mendeteksi detak jantung bayi.

Monitor janin internal memonitor detak jantung bayi lebih teliti. Suatu elektroda dilatakkan pada kulit kepala bayi dan disampbungkan dengan kabel pada mesin yang mencatat detak jantung janin. Hanya wanita yang selaputnya telah pecah dan berdilatasi minimal 1 cm dapat dilekatkan pada monitor janin internal.

Tes Stress Kontraksi
Dalam mengevaluasi detak jantung janin, seorang dokter melihat bagian besar dari garis monitor janin, bukan hanya bagian kecil. Dokter anda juga mencari informasi lainnya. Misalnya, jika anda mengalami kontraksi, penting untuk mengetahui bagaimana bayi anda terpegaruh. Monitor janin dapat membantu menentukan ini.

Tes stress kontraksi memberikan indikasi seberapa baik toleransi bayi terhadap kontraksi dan sakit persalinan. Jika bayi tidak merespon dengan baik terhadap kontraksi, bisa menjadi tanda janin tertekan. Beberapa orang percaya tes ini lebih akurat daripada tes nonstress (dibahas dalam Minggu 34) dalam mengevaluasi kesehatan bayi. Monitor diletakkan pada perut ada untuk memonitor bayi. Anda diinfus yang mengeluarkaan sejumlah kecil hormon oksitoksin untuk membuat rahim anda berkontraksi. Tes ini memberikan indikasi seberapa baik toleransi bayi anda terhadap jontraksi dan sakit persalinan. Jika bayi tidak merespon dengan baik, bisa menjadi tanda janin tertekan.

Jika anda mempunyai masalah dengan kehamilan sebelumnya, misalnya lahir mati, atau masalah kesehatan selama kehamilan, seperti diabetes, dokter anda akan memeriksa anda selama kehamilan anda. Anda mungkin diperiksa seminggu sekali atau dua minggu sekali untuk menentukan kesehatan bayi anda dalam rahim anda.

Sampling Darah Janin
Para dokter juga dapat memeriksa darah bayi anda untuk melihat seberapa baik toleransi bayi anda terhadap tekanan sakit persalinan. sebelum tes ini dilakukan, selaput anda harus dipecahkan, dan anda harus berdilatasi minimal 2 cm.

Suatu alat diletakkan pada kulit kepala bayi untuk membuat torehan kecil di kulit. Darah bayi dikumpulkan dalam tabung atau pipet kecil, dan pH (keasaman) diperiksa. Jika bayi mempunyai masalah dengan sakit persalinan dan tertekan, kadar pH dapat menentukan ini. Tes ini mungkin berguna dalam pengambilan keputusan apakah sakit persalinan dapat dilanjutkan atau bedah Cesar perlu dilakukan.

Perubahan pada Anda

Sindrome Kesedihan Postpartum
Setelah bayi anda lahir, anda bisa merasa emosional. Bahkan anda bertanya-tanya apakah mempunyai bayi merupakan ide yang baik.ini disebut kesedihan postpartum. Banyak wanita mengalami kesedihan postpartum; kenyataannya, di atas 80% dari semua wanita mengalami “bayi blues.” Biasanya muncul antara 2 hari dan 2 minggu setelah bayi lahir. Baby blues bersifat sementara dan biasanya cepat hilang.

Banyak ahli mengatakan bahwa kesedihan postpartum itu normal. Gejalanya bervariasi:
- Cemas
- Lelah
- Lekas marah
- Kurangnya perasaan terhadap bayi
- Terlalu sensitif
- Menangis tanpa sebab
- Tidak sabar
- Kurang percaya diri
- Penghargaan diri rendah
- Gelisah


Baby blues
bersifat sementara dan biasanya cepat hilang.


Jika anda yakin anda mungkin menderita beberapa bentuk kesedihan postpartum, hubungi dokter anda. Setiap reaksi postpartum, baik ringan maupun parah. Biasanya sementara dan dapat diobati.

Bentuk teringan dari kesedihan postpartum adalah baby blues. Keadaan ini hanya berlangsung beberapa minggu, dan gejalanya tidak memburuk.

Kesedihan postpartum yang lebih serius disebut depresi postpartum. Depresi postpartum mempengaruhi sekitar 10% dari semua ibu baru. perbedaan antara baby blues dan depresi postpartum terletak pada frekuensi, intensitas, dan lama gejala.

Depresi postpartum dapat terjadi dari 2 minggu sampai 1 tahun setelah kelahiran. Seorang ibu bisa mempunyai perasaan marah, bingung, panik, dan putus asa. Dia mengalami perubahan dalam pola makan dan tiurnya. Dia takut akan melukai bayinya atau merasa seolah dia akan gila. Kegelisahan merupakan gejala utama dari depresi postpartum.

Mengatasi Kesedihan

Tidak ada pengobatan tertentu untuk bayi blues, tetapi ada beberapa cara untuk mengurangi gejalanya.

- Minta bantuan
- Beristirahat saat bayi anda tidur
- Cari ibu lain yang mengalami hal sama; berbagi perasaan dan pengalami dapat membantu anda
- Jangan berusaha menjadi sempurna
- Manjakan diri anda sendiri
- Lakukan olahraga sedang setiap hari
- Makan makanan bergizi dan banyak minum
- Keluar rumah setiap hari

Pertimbangkan menggunakan antidepresan sementara jika langkah-langkah di atas tidak berhasil. Sekitar 85% dari semua wanita yang menderita depresi postpartum membutuhkan obat sampai 1 tahun.


Sebagian besar bentuk depresi postpartum serius adalah psikosis postpartum. Wanita mengalami halusinasi, ingin bunuh diri atau berusaha mencelakakan bayinya.

Kami tidak benar-benar mengetahui apa penyebab depresi postpartum; tidak semua wanita mengalaminya. Kami yakin sensitivitas individu seorang wanita karena perubahan hormon merupakan penyebabnya, tetapi hormon bukan satu-satunya penyebab.

Bagaimana Tindakan Anda
Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Presentasi Bokong (Breech Presentation)
Seperti yang telah disebutkan, bisa saja bayi anda berada dalam presentasi bokong (sungsang) pada awal kehamilan. Akan tetapi, saat sakit persalinan mulai, hanya 3 sampai 5% dari semua bayi, tidak termasuk kehamilan kembar, terletak sungsang. Apakah tindakan anda menentukan bagaimana letak bayi anda?

Faktor tertentu membuat presentasi bokong lebih sering terjadi. Salah satu penyebab utama adalah prematuritas bayi. Mendekati akhir trimester kedua, bayi mungkin sungsang. Dengan merawat diri anda, anda dapat lebih mudah menghindari persalinan prematur. Hal ini memberikan kesempatan terbaik bagi bayi anda untuk merubah posisinya secara alami.

Faktor lain yang dapt menyebabkan presentasi bokong antara lain relaksasi rahim karena kehamilan sebelumnya dan janin kembar. Kondisi tertentu, seperti plihidramnion, hidrosefalus, dan kelainan rahim atau tumor, juga meningkatkan kemungkinan presentasi bokong.

Ada beberapa jenis berbeda dari presentasi bokong. Frank breech terjadi saat kaki bagian bawah dilipat pada pinggul dan lutut dijulurkan pada lutut. Ini merupakan tipe sungsang yang biasa ditemukan pada akhir kehamilan; kaki naik ke wajah atau kepala.

Pada presentasi bokong sempurna, salah satu atau kedua lutut dilipat, tidak dijulurkan.

Persalinan Bayi Sungsang
Beberapa kontroversi pada ahli kandungan terhadap metode terbaik melahirkan bayi sungsang. Selama beberapa tahun, persalinan sungsang dilakukan secara vagina. Kemudian, dipercaya metode teraman untuk persalinan sungsang dengan bedah Cesar, khususnya anak pertama.

Banyak dokter percaya bedah Cesar masih merupakan metode teraman untuk melahirkan bayi sungsang. Akan tetapi, beberapa dokter yakin seorang wanita dapat melahirkan bayi sungsang tanpa kesulitan jika keadaannya tepat. Biasanya terjadi pada frank breech pada janin dewasa dari seorang wanita yang mengalami persalinan normal sebelumnya. Sebagian orang percaya presentasi sungsang footling (satu kaki terjulur, satu lutut terlipat) harus dilahirkan dengan bedah Cesar.

Sebagian besar dokter yakin seorang bayi dalam posisi sungsang dapat dilahirkan lebih aman dengan bedah Cesar yang dilakukan selama sakit persalinan awal atau sebelum sakit persalinan mulai. Tanyakan dokter anda apa yang biasanya dilakukan dalam keadaan ini.

Usaha untuk membalikkan bayi dari keadaan sungsang ke posisi kepala di bawah (vertex). Ini lebih sulit dilakukan setelah air anda pecah atau saat anda mengalami sakit persalinan.

Jika bayi anda sungsang, diskusikan dengan dokter anda. Saat anda pergi ke rumah sakit, beritahu perawat dan dokter bahwa anda mengalami presentasi bokong. Jika anda menelpon dengan pertanyaan mengenai sakit persalinan dan mengalami presentasi bokong, sebutkan informasi ini pada orang yang bicara dengan anda.

Jenis Presentasi Lainnya
Presentasi yang tidak biasa lainnya adalah presentasi wajah. Kepala bayi terlalu terjulur (hyperextended) sehingga wajah masuk ke jalan lahir lebih dulu. Jenis presentasi ini sering dilahirkan dengan bedah Cesar jika tidak berubah menjadi presentasi biasa selama sakit persalinan.

Pada presentasi bahu, bahu muncul lebih dulu. Pada letak transversal, letak bayi seolah dalam ayunan di dalam pelvis. Kepala bayi pada salah satu sisi perut anda, dan bokongnya berada di sisi lain. hanya ada satu cara untuk persalinan jenis ini, yaitu bedah Cesar.

Gizi Anda
Anda mungkin tidak ingin makan banyak saat ini, tetapi penting bagi anda untuk tetap makan makanan yang sehat. Makanan kecil dapat membantu. Daripada makan yang banyak, makan makanan kecil sepanjang hari untuk menjaga tingkat energi anda dan menghindari rasa terbakar pada dada (heartburn). Anda mungkin bosan dengan makanan yang anda makan. Berikut ini merupakan makanan kecil untuk gizi yang sehat:

- Pisang, kismis, buah kering, dan mangga untuk memuaskan anda dengan memberikan zat besi, potassium dan magnesium.
- Keju string; kaya kalsium dan protein.
- Campuran buah dengan susu skim dan yogurt atau es krim untuk kalsium, vitamin, dan mineral.
- Kraker yang kaya akan serat; dioles dengan mentega kacang sebagai perasa dan protein.
- Keju lembut dan buah, dengan sedikit gula dan kayu manis, dengan susu.
- Keripik bebas garam atau tortilla dengan salsa dan kacang untuk serat dan rasa yang enak
- Irisan hummus dan pita untuk serat dan rasa yang enak.
- Tomat segar, dengan minyak zaitun dan kemangi segar; makan dengan seiris keju Parmesan untuk sajian susu dan sayur.
- Salad ayam atau tuna (dibuat dari ayam segar atau tuna dikemas dalam air) dan kraker atau tortilla untuk protein dan serat.

Tip untuk Minggu 38

Jika dokter anda menduga bayi anda sungsang, dokter anda mungkin akan menyarankan pemeriksaan USG untuk menegaskannya. Pemeriksaan ini membantu mengetahui bagaimana letak bayi dalam rahim anda.


Anda Juga Harus Tahu

Apa itu Placenta yang Tertahan?
Pada sebagian besar kasus, placenta dikeluarkan dalam 30 menit setelah kelahiran bayi anda dan merupakan bagian rutin dari persalinan. Dalam beberapa kasus, placenta tertinggal di dalam raim dan tidak dikeluarkan secara spontan. Bila ini terjadi, rahim tidak dapat berkontraksi secara memadai, menyebabkan perdarahan vaginal yang dapat menjadi parah.

Dalam kasus yang lain, placenta tidak terpisah karena masih melekat pada dinding rahim. Ini dapat menjadi keadaan yang sangat serius. Akan tetapi, komplikasi ini jarang terjadi.

Perdarahan biasa terjadi parah setelah persalinan, dan operasi mungkin diperlukan untuk menghentkannya. Suatu usaha dilakukan untuk memindahkan placenta dengan D&C (dilatasi dan kuret).

Alasan untuk kelainan placenta yang menempel banyak. Dipercaya placenta bisa melekat pada bekas bedah Cesar sebelumnya atau inisisi pada rahim sebelumnya. Placenta bisa melekat pada tempat yang telah dikerik, misalnya dengan D&C, atau pada tempat di rahim yang terinfeksi suatu kali.

Dokter anda akan memperhatikan keluarnya placenta anda sementara anda memperhatikan bayi anda. Beberapa orang ingin melihat placenta setelah kelahiran; anda bisa meminta dokter anda menunjukkannya pada anda.


Tip buat Ayah

Tanyakan pada pasangan anda mengenai barang-barang yang ingin dibawanya ke rumah sakit, seperti kaset atau CD. Diskusikan sebelumnya dan persiapkan. Jika anda berkeliling di rumah sakit atau rumah bersalin, anda bisa mengetahui hal-hal yang dapat anda lakukan untuk membantu mengendalikan lingkungan yang dimasuki bayi baru anda.

sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment

Post a Comment