Saturday, July 4, 2009

Kehamilan Minggu 39: Usia Janin 37 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?
Berat bayi anda lebih sedikit dari 7 pon (3,25 kg). Pada minggu ini, panjang dari kepala ke bokong sekitar 14,4 inci (36 cm). Total panjang bayi anda 21,5 inci (48 cm).

Berapa Besar Anda?
Ilustrasi menunjukkan tampak samping dari seorang wanita dengan rahim membesar dan bayi di dalamnya. Seperti yang dapat anda lihat, dia tampak sebesar mungkin. Anda mungkin juga begitu!

Jika anda mengukur dari simfisis pubis ke bagian atas rahim, jaraknya 14,4 sampai 16 inci (36 sampai 40 cm). Pengukuran dari pusar anda, jaraknya 6,4 sampai 8 inci (16 sampai 20 cm).

Anda hampir berada di akhir kehamilan. berat anda tidak meningkat banyak sejak saat ini. Berat badan anda sekitar 25 dan 35 pon (11,4 dan 15,9 kg) sampai persalinan.

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang
Bayi anda terus bertambah berat, bahkan sampai seminggu atau dua minggu terakhir ini. bayi anda tidak memiliki ruang yang cukup untuk bergerak dalam rahim anda. Pada saat ini, semua sistem organ berkembang dan pada tempatnya. Organ terakhir yang mengalami kematangan adalah paru-paru.

Bisakah Anda Membuat
Tali Pusar Bayi Anda Kusut?

Anda mungkin pernah diberitahu oleh teman untuk tidak mengangkat tangan anda di tas kepala atau meraih barang-barang di tempat tinggi karena dapat menyebabkan tali pusar membungkus leher bayi. Teori ini tidak benar.

Beberapa bayi mempunyai tali pusar yang kusut dan melilit di lehernya. Akan tetapi, tidak ada yang anda lakukan selama kehamilan yang dapat menyebabkan atau mencegah ini terjadi.

Tali pusar yang kusut bukan masalah yang penting dalam sakit persalinan. Menjadi masalah hanya jika tali pusar melilit dengan kuat di sekitar leher bayi atau dalam simpulnya.


Perubahan pada Anda
Pada saat ini anda merasa tidak nyaman dan sangat besar. Rahim anda memenuhi pelvis dan sebagian besar perut anda. Rahim anda mendorong yang lainnya.

Pada saat ini, anda mungkin berpikir tidak ingin hamil lagi karena anda sangat tidka nyaman. Atau anda merasa yakin keluarga anda lengkap. Pada saat ini, beberapa wanita memikirkan sterilisasi permanen, seperti pengikatan tuba.

Pengikatan Tuba setelah Persalinan?
Beberapa wanita memilih untuk menjalani pengikatan tuba saat mereka berada di rumah sakit setelah melahirkan bayi mereka. Sekarang bukan waktunya untuk mengambil keputusan menjalani pengikatan tuba jika anda belum memikirkannya dengan serius sebelumnya.

Disterilisasi setelah persalinan mempunyai beberapa keuntungan. Anda berada di rumah sakit dan tindak memerlukan rawat inal lainnya. Akan tetapi, ada kerugiaan menjalani sterilisasi pada saat ini. Pertimbangkan prosedur yang permanen dan tidak dapat kembali lagi. Jika anda menjalani pengikatan tuba dalam beberapa jam atau sehari setelah melahirkan bayi anda, kemudian anda berubah pikiran, anda bisa menyesali pengikatan tuba.

Tip untuk Minggu 39

Jangan membeli hadiah sampai bayi anda lahir. Anda mungkin perlu menukar hadiahnya jika ukuran, warna, atau jenis kelamin tidak tepat.


Jika anda mendapatkan epidural, anda dapat menggunakan epidural sebagai anestesi untuk pengikatan tuba. Jika anda tidak mendapat epidural, anda perlu dibuat tidur. Hal ini sering dilakukan pada pagi hari setelah anda melahirkan bayi anda. prosedur ini biasanya tidak memperpanjang waktu tinggal anda di rumah sakit.

Jenis prosedur yang berbeda dilakukan untuk sterilisasi permanen. Yang paling umum adalah insisi kecil di bawah pusar anda. Tuba Fallopi dapat dilihat melalui insisi ini.

Tuba dapat dipindahkan, atau sebuah cincin atau klip dapat ditempatkan pada tuba untuk menutupnya. Jenis operasi ini biasanya membutuhkan waktu 35 sampai 45 menit.

Jika anda mempunyai pemikiran kedua atau tidak yakin menjalaninya, jangan menjalani operasi ini. pertimbangkan prosedur yang permanen. Pengikatan tuba dapat dikembalikan, tetapi mahal dan membutuhkan waktu tinggal di rumah sakit yang lama—3 sampai 4 hari. Pengembalian sekitar 50% efektif, tetapi kehamilan tidak dapat dijamin.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda
Pembahasan berikut ini sebernarnya merupakan tindakan anda setelah bayi anda lahir—baik menyusui maupun tidak.

Apakah Menyusui Tepat untuk Anda dan Bayi Anda?
Keputusan anda untuk menyusui itu terletak di tangan anda. Salah satu alasan pendorong untuk menyusui adalah ikatan yang terjadi antara ibu dan bayi. Hubungan yang dekat ini dapat dimulai segera setelah bayi lahir—beberapa wanita menyusui di tempat bersalin. Ini membantu merangsang kontraksi rahim, yang dapat mencegah perdarahan.

Menyusui mendorong intimasialami bayi yang baru lahir dnegan ibunya dan ibu dengan bayinya. Kesempatan untuk menyusui mungkin waktu yang menenangkan bagi anda. dapat memberikan kesempatan untuk menghabiskan waktu yang indah bersama bayi baru anda. Akan tetapi jika tidak berhasil, anda dapat berhenti dan beralih ke susu formula.

Keuntungan Menyusui
Anda berdua mempunyai keuntungan jika anda menyusui. Air susu ibu baik untuk bayi anda karena mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan bayi anda selama beberapa bulan pertama kehidupan. Susu formula mungkin campuran yang baik antara vitamin, protein, gula, lemak, dan mineral, tetapi tidak ada yang dapat menyaingi air susu anda.

Keuntungan menyusui lainnya adalah anda memberikan perlindungan melawan infeksi (melalui antibodi) kepada bayi anda dalam air susu anda. banyak orang percaya bayi yang disusui tidak mudah terkena piek dan infeksi daripada bayi susu botol.

Menyusui juga baik untuk bayi karena bayi mungkin harus menyusu dengan penuh semangat daripada dengan susu botol. Ini mendorong pertumbuhan gigi dan rahang yang baik.

Keuntungan bagi anda antara lain mengurangi biaya bila dibandingkan membeli susu formula. Menyusui tidak menyusahkan; anda tidak harus membawa botol dan susu formula bersama anda untuk bayi. Beberapa mengatakan menyusui membuat mereka leibh mudah kembali ke bentuk semula.

Anda mungkin memperhatikan selama kehamilan, payudara anda membesar dan mungkin lembut. Ini terjadi karena meningkatnya aktivitas hormol membuat alveoli dalam payudara membesar. Air susu dalam payudara disimpan dalam kantung kecil dari alveoli ini.

Air susu pertama kali keluar biasanya 2 atau 3 hari setelah melahirkan. Air susu keluar dengan stimulasi dari isapan bayi pada payudara anda. pengisapan mengirim pesan pada otak anda untuk menghasilkan prolaktin, hormon yang merangsang produksi air susu dalam alveoli.

Belajar Menyusui
Anda mungkin ingin belajar bagaimana menyusui saat anda berada di rumah sakit. minta perawat untuk menunjukkan kepada anda beberapa cara yang mereka pelajari untuk membantu bayi anda menyusui. Tanyakan kepada mereka setiap pertanyaan yang anda miliki. Apa yang anda pelajari akan membuat perbedaan dalam menjaga bayi anda bahagia dengan menyusui.

Menyusui membutuhkan perencanaan gizi yang menyehatkan bagi anda, sama dengan yang anda ikuti selama kehamilan. Anda memerlukan minimal 500 kalori ekstra setiap hari (bandingkan dengan 300 kalori ekstra selama kehamilan). Beberapa dokter menyarankan anda meneruskan vitamin prenatal setelah kehamilan, saat anda menyusui.

Hati-hati dengan apa yang anda makan dan minum karena apa yang anda makan masuk dalam air susu anda. Makanan tertentu tidak cocok untuk anda atau bayi anda. Makanan yang pedas dan coklat yang anda makan dapat menyebabkan gangguan lambung pada bayi anda! Kafein juga dapat masuk dalam air susu anda. Alkohol yang anda minum masuk ke bayi anda melalui air susu anda, maka hati-hati mengenai konsumsi minuman alkohol anda. Makin lama anda menyusui, makin anda menyadari apa yang dapat dan tidak dapat anda makan dan minum.

Mungkin ada saat anda jauh dari bayi, tetapi anda ingin terus menyusui. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan pompa. Anda dapat memompa payudara anda dengan pompa baterei, pompa listrik, atau pompa manual. Minta saran sebelum anda meninggalkan rumah sakit.

Cari Tahu Mengenai Menyusui

Bicarakan dengan dokter anda selama kehamilan mengenai menyusui. Tanya teman mengenai pengalaman mereka dan berapa besar mereka menikmatinya. Anda juga dapat menghubungi La Leche League, organisasi yang mendorong dan mempromosikan menyusui. Organisasi ini memberikan banyuan pada wanita yang mempunyai masalah dengan menyusui. Hubungi mereka jika anda memerlukan informasi atau dukungan.


Masalah Menyusui
Masalah menyusui yang sering terjadi pada beberapa wanita adalah kemacetan air susu. Payudara menjadi bengkak dan penuh dengan air susu. Apa yang dapat anda lakukan untuk mengurangi masalah ini?

Pengobatan yang terbaik adalah mengosongkan payudara, jika mungkin, seperti yang anda lakukan saat menyusui. Beberapa wanita mandi air panas dan mengosongkan payudara mereka dalam air hangat.

Kantong es juga membantu.
Susui bayi anda dari kedua paudara setiap saat anda menyusui. Jangan menyusui hanya satu sisi.

Saat anda jauh dari bayi anda, usahakan mengeluarkan air susu untuk menjaga air susu anda mengalir dan saluran payudara terbuka. Anda akan merasa lebih nyaman.

Obat pengurang rasa sakit yang ringan, seperti asetaminofen (Tylenol), sering berguna untuk menghilangkan rasa sakit pembengkakan. Asetaminofen dianjurkan oleh American Academy of Pediatric sehingga aman digunakan saat anda menyusui.

Anda mungkin perlu menggunakan obat yang lebih kuat, seperti Tylenol dengan Kodein, obat yang perlu resep.

Hubungi dokter anda jika pembengkakan sakit. dokter anda akan memutuskan pengobatan.

Mungkin saja payudara anda terinfeksi saat menyusui. Jika anda mengira anda mengalami infeksi, hubungi dokter anda. infeksi dapat menyebabkan rasa sakit pada payudara, dan payudara menjadi merah dan bengkak. Anda mungkin mengalami perubahan warna merah pada payudara; anda juga merasa seolah anda terkena flu.

Sakit pada Puting Susu

Sebagian besar ibu yang menyusui mengalami sakit pada puting susu, khususnya pada awalnya. Anda dapat melakukan langkah-langkah ini untuk mengurangi atau menghilangkan kesakitan.

Jaga payudara anda tetap kering dan bersih

Jangan dikeringkan dengan udara—dapat menyebabkan keropeng dan membutuhkan wkatu untuk sembuh.

Pelembab adalah yang terbaik: lanolin baru, disebut Lansinoh, tidak mengadung pestisida atau alergen. Olesi daerah puting susu dengan lanolin setiap saat bayi selesai menyusui.

Kabar baik! Tidak lama—beberapa hari sampai beberapa minggu—payudara anda akan bisa terbiasa menyusui lagi.


Puting Susu yang Terbalik
Beberapa wanita mempunyai masalah dengan menyusui karena puting susu yang terbalik. Ini terjadi bila puting susu masuk ke dalam. Jika anda mengalami hal ini, anda masih bisa menyusui. Pelindung payudara dari plastik dapat dikenakan untuk membantu mengeluarkan puting susu yang terbalik. Beberapa dokter juga menyarankan untuk dipasang pada puting susu dan memutarkannya antara ibu jari dan jari telunjuk.

Menyusui dengan Implantasi Payudara Silikon
Wanita bisa menyusui dengan payudara implantasi; akan tetapi, implantasi membuat menyusui lebih sulit. Para dokter tidak setuju dengan keamanan maupun kemungkinan membahayakan pada menyusui dengan implantasi. Jika anda memikirkannya, diskusikan dengan dokter anda; minta informasi yang terbaru.

Penyakit Payudara Silikon
Penelitian terus dilakukan tentang implantasi payudara silikon dan bagaimana pengaruhnya pada wanita. Pada tahun 1995, American College of Rheumatology mengeluarkan prnyataan bahwa tidak ada risiko yang ditunjukkan antara implantasi payudara silikon dan penyakit jaringan penghubung atau penyakit rheumatik.

Beberapa laboratorium di Amerika memberikan tes diagnosis untuk skrining penyakit payudara silikon. Akan tetapi, semua tes ini tidak diakui oleh Food and Drug Administration. Periksakan pada dokter anda jika anda mengkhawatirkannya.

BH Penyokong

Beberapa wanita merasakan manfaat BH penyokong dalam beberapa minggu kehamilan terakhir. BH menyusui berguna untuk menyusui. Banyak dokter yang menyarankan untuk mengenakan BH menyusui sepanjang hari, bahkan saat anda tidur, untuk membuat anda lebih nyaman. Untuk mempersiapkan payudara anda untuk menyusui, paparkan payudara anda pada udara secara teratur. Tidak mengenakan BH sekarang dan kemudian ketika anda mengenakan pakaian biarkan puting susu anda sedikit menguat saat payudara anda bergesekan dengan pakaian anda.


Gizi Anda
Jika anda akan menyusui bayi anda, maka anda perlu memikirkan kebutuhan gizi selama anda menyusui. Anda akan disarankan untuk makan sekitar 500 kalori ekstra setiap hari selama waktu ini, ibu yang menyusui mengeluarkan 425 sampai 700 kalori ke dalam air susunya setiap hari! Kalori ekstra ini akan membantu anda mempertahankan kesehatan yang baik. Kalori ini juga harus bergizi dan sehat, seperti yang anda makan selama kehamilan.

Anda perlu minum minimal 2 liter cairan setiap hari untuk membuat susu yang cukup untuk bayi anda dan menjaga anda tetap hidrasi.


Seperti yang dibahas sebelumnya, anda harus menghindari beberapa makanan yang dapat masuk dalam air susu dan menyebabkan gangguan lambung pada bayi anda. hindari coklat, makanan yang menghasilkan gas, seperti kubis Brussel dan kembang kol, makanan pedas dan makanan yang tidak cocok dengan anda. Diskusikan keadaan ini dengan dokter anda dan dokter anak anda jika anda mempunyai pertanyaan dan kekhawatiran.

Sebagai tambahan, anda harus terus banyak minum. Anda perlu minum minimal 2 liter cairan setiap hari untuk membuat susu yang cukup untuk bayi anda dan menjaga anda tetap hidrasi. Anda akan memperlukan lebih banyak air dalam cuaca yang panas. Hindari minuman yang mengandung kafein karena kafein dapat bersifat diuretik. Meskipun kafein keluar dari aliran darah anda dalam 3 sampai 5 jam, kafein dapat tinggal dalam aliran darah bayi selama 96 jam!

Jaga konsumsi kalsium anda. Penting jika anda menyusui. Anda bisa bertanya kepada dokter anda mengenai jenis suplemen vitamin yang dapat anda minum. Beberapa ibu meminum vitamin prenatal selama mereka menyusui.

Anda Juga Harus Tahu

Penghilang Rasa Sakit Selama Sakit Melahirkan
Penghilang rasa sakit selama sakit persalinan dipertimbangkan dalam banyak cara. Saat anda meminum obat penghilang rasa skait, ingat ada dua pasien untuk dipertimbnagkan—anda dan bayi anda yang belum lahir. Baik sekali jika anda mencari tahu sebelumnya apa yang tersedia untuk mengatasi rasa sakit. Kemudian lihat bagaimana sakit persalinan anda sebelum mengambil keputusan akhir.

Bagian terpenting dari pengalaman anda dalam sakit persalinan dan kelahiran adalah persiapan anda. Ini termasuk menyadari hal-hal yang akan terjadi pada anda, dan mengapa, dan tidak menjadi takut pada rasa sakit yang anda rasakan. Anda harus mempercayakan orang yang merawat anda, termasuk staf di rumah sakit dan dokter anda.

Saat kontraksi teratur dan serviks mulai berdilatasi, kontraksi rahim mungkin tidak menyenangkan. Untuk rasa sakit pada tahap sakit persalinan awal ini, banyak rumah sakit menggunakan campuran obat analgesik narkotik, seperti meperidin (Demerol), dan obat penenang, seperti promethazin (Phenergen). Obat-obatan ini mengurangi rasa sakit dan menyebabkan kantuk. Obat juga dapat diberikan melalui infus atau dengan injeksi ke dalam otot.

Bagian terpenting dari pengalaman anda dalam sakit persalinan dan kelahiran adalah persiapan anda.


Analgesik narkotik melewati bayi anda melalui placenta dan dapat mengurangi fungsi pernafasan pada bayi baru lahir. Juga dapat mempengaruhi skor Apgar bayi anda. Obat-obatan ini tidak boleh diberikan mendekati wkatu persalinan.

Pada banyak tempat, anestesi untuk persalinan diberikan dengan injeksi obat tertentu untuk mempengaruhi daerah tubuh tertentu. Ini disebut blok, seperti pudendal block, epidural block, atau cervical block. Obat-obatan yang digunakan sejenis dengan yang digunakan untuk memblokir rasa sakit saat anda menambal gigi. Agen yang digunakan adalah xylocaine atau obat seperti xylocaine.

Kadang-kadang, diperlukan menggunakan anestesi umum untuk persalinan bayi, biasanya untuk bedah Cesar darurat. Dokter anak hadir di sana karena mungkin saja bayi akan tertidur pada saat lahir.

Apa itu Blok Epidural?
Blok epidural adalah penggunaan blok regional yang sering. Ini memberikan penenang dari rasa sakit kontraksi rahim dan persalinan. Blok epidural ini harus dilakukan oleh seseorang yang terlatih dan berpengalaman dalam jenis anestesi ini. Beberapa ahli kandung mempunyai pengalaman ini, tetapi pada sebagain besar tempat ahli anestesi harus melaksanakannya.

Blok epidural berkelanjutan dapat dimulai saat anda duduk tegak atau berbaring menyamping. Ahli anestesi mematirasakan daerah kulit di punggung bagian bawah anda di pertengahan urat saraf tulang belakang anda. Kemudian jarum dimasukkan melalui daerah kulit yang telah dimatirasakan; anestesi dilakukan di sekitar urat saraf tulang belakang tetapi tidak masuk tulang belakang. Kateter plastik diletakkan di sana.

Obat penghilang sakit epidural diberikan selama sakit persalinan dengan pompa. Ahli anestesi menggunakan pompa untuk memasukkan sejumlah kecil obat dengan interval teratur atau menurut kebutuhan. Blok epidural memberikan penghilang sakit persalinan yang sangat baik.

Masalah pada blok epidural yaitu dapat membuat tekanan darah anda turun. Tekanan darah rendah mempengaruhi aliran darah ke bayi. Untungnya, cairan infus yang menyertai blok epidural membantu mengurangi risiko hipotensi (tekanan darah rendah). Anda juga bisa mengalami masalah selama persalinan.

Penghilang Sakit Lainnya
Anestesi tulang belakang digunakan pada bedah Cesar. Dengan anestesi ini, penghilang sakit cukup bertahan lama untuk menjalani bedah Cesar. Anestesi epidural lebih sering digunakan daripada anestesi tulang belakang selama sakit persalinan.

Jenis anestesi lain yang kadang-kadang digunakan antara lain blok pudendal. Anestesi ini diberikan melalui saluran vaginal dan mengurangi rasa sakit pada jalan lahir sendiri. Anda masih merasakan kontraksi dan pengerutan dengan rasa sakit dalam rahim. Beberapa rumah sakit menggunakan blok paraservikal. Ini memberikan penghilang rasa sakit untuk servik yang berdilatasi, tetapi tidak menghilangkan rasa sakit kontraksi.

Tidak ada metode yang sempurna untuk penghilang sakit selama sakit persalinan dan kelahiran. Diskusikan kemungkinannya dnegan dokter anda dan sebutkan kekhawatiran anda. Cari tahu jenis anestesi yang tersedia dan risiko dan keuntungannya.

Komplikasi Anestesi
Ada kemungkinan komplikasi dari penggunaan anestesi. Ini termasuk meningkatnya sedasi pada bayi karena penggunaan narkotik, seperti Demerol. Bayi yang baru lahir mempunyai skor Apgar yang lebih rendah dan sesak nafas. Bayi membutuhkan obat untuk menyadarkannya atau perlu pemberian obat lainnya, seperti naloxone (Narcan), untuk menghilangkan efek dari obat pertama.

Peningkatan sedasi, pernafasan dan detak jantung yang melambat juga diamati pada bayi yang ibunya diberikan anestesi umum. Ibu biasanya tidak sadarkan diri lebih dari satu jam dan tidak dapat melihat bayinya yang baru lahir sampai kemudian.

Tidak bisa menentukan anestesi mana yang terbaik untuk anda sebelum anda menjalani sakit persalinan. Tetapi akan bermanfaat bila anda mengetahui apa yang tersedia dan jenis anestesi apa yang dapat anda terima selama sakit persalinan dan kelahiran anda.

Kontraksi Rahim Setelah Persalinan
Setelah anda melahirkan bayi anda, rahim anda menciut dari seukuran semangka menjadi seukuran bola voli. Saat ini terjadi, placenta lepas dari dinding rahim. Pada saat ini, mungkin terjadi semburan darah dari dalam rahim yang menunjukkan keluarnya placenta.

Setelah placenta dikeluarkan, anda diberikan oxytocin (Pitocin). Obat ini membnatu rahim berkontraksi dan mengerut sehingga tidak berdarah. Perdarahan berat setelah persalinan vaginal disebut postpartum hemorrhage, yang berdarah leibh dari 17 ons (500ml). Seringkali dapat dicegah dengan pemijatan rahim dan menggunakan obat-obatan untuk membantu rahim berkontraksi.

Penyebab utama seorang wanita mengalami perdarahan berat setelah kelahiran bayi ialah rahimnya tidak dapat berkontraksi, disebut rahim atonik. Dokter anda, bidan, atau perawat akan memijat rahim anda setelah persalinan. Mereka juga akan menunjukkan pada anda bagaimana caranya agar rahim anda tetap kuat dan berkontraksi. Hal ini penting sehingga anda tidak kehilangan darah lebih banyak dan menjadi anemik.

Tip buat Ayah

Siapa yang anda inginkan dalam ruang bersalin? Memiliki bayi merupakan pengalaman yang unik dan menyenangkan. Beberapa pasangan memilih intimasi dan privasi selama kelahiran. Jika anda membahas sebelumnya, anda dapat memutuskan apa yang anda berdua inginkan. Lagipula, ini kelahiran bayi anda.


Penyimpanan Darah Tali Pusar
Darah tali pusar adalah darah yang tertinggal di tali pusar dan placenta setelah darah lahir. Dulu, placenta dan tali pusar biasanya dibuang setelah persalinan. Sekarang, darah tali pusar disimpan. Penyimpanan darah tali pusar merupakan salah satu dari 10 kemajuan kedokteran yang top pada tahun 1996 oleh Harvard Helath Letter

Darah tali pusar dapat digunakan untuk mengobati kanker dan penyakit gentik yang sekarang diobati dengan transplantasi tulang sumsum. Darah tali pusar telah digunakan dengan berhasil untuk mengobati leukemia pada anak-anak, beberapa penyakit imunitas dan penyakit darah lainnya. Sekarang, penelitian dilakukan oleh Amerika dan Eropa untuk menggunakan darah tali pusar untuk terapi gen dalam sejumlah penyakit, terbaik anemia sickle cell, diabetes, dan AIDS.

Darah tali pusar mengandung sel yang sama dengan yang ditemukan di sumsum tulang. “Sel batang” ini adalah pembendung darah dan sistem imun. Sel istimewa ini tidak berkembang dalam darah tali pusar. Karena tidak berkembang, darah tali pusar tidak perlu disesuaikan dengan teliti seperti pada transplantasi sumsum tulang. Keistimewaan ini sangat penting untuk anggota keluarga dari kelompok etnik minoritas dengan tipe darah yang jarang. Kelompok ini lebih sulit menemukan donor yang sesuai.

Sebelum kelahiran bayi mereka, orangtua mengajukan permintaan bahw adarah tali pusar bayinya dikumpulkan dan “disimpan” untuk penggunaan masa depan. Darah dapat digunakan oleh anak tersebut, saudaranya atau orangtuanya. Anda juga dapat menyumbangkan darah tali pusar bayi anda tanpa biaya, sama dengan penyimpanan darah.

Darah dikumpulkan secara langsung dari tali pusar segera setelah perslainan. Tidak ada risiko atau rasa sakit pada ibu atau bayi. Darah disalurkan ke fasilitas penyimpanan untuk dibekukan dan disimpan.

Biaya penyimpanan darah tali pusar termasuk biaya pertama sekitar 1.000 solar, dengan biaya penyimpanan per tahun sekitar 100 dolar. Sejalan dengan makin banyak yang mengetahui penyimpanan darah dan penggunaannya menjadi lebih umum, harganya dapat turun. Beberapa perusahaan asuransi kesehatan membayarkan biaya ini untuk keluarga yang berisiko tinggi kanker atau penyakit genetik. Pelayanan penyimpanan darah tali pusar membebaskan biaya untuk keluarga berisiko yang tidak mampu membayarnya.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment

Post a Comment