Saturday, July 4, 2009

Kehamilan Minggu 37: Usia Janin 35 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?
Berat badan bayi anda hampir 6,5 pon (2,98 kg). Panjang dari kepala ke bokong 14 inci (35 cm). Total panjang 21 inci (47 cm).

Berapa Besar Anda?
Rahim anda berukuran sama dengan seminggu atau dua minggu lalu. Pengukuran dari simfisis pubis, bagian atas rahim sekitar 14,8 inci (37 cm). Dari pusar, 6,4 sampai 6,8 inci (16 sampai 17 cm). Penambahan berat badan total anda pada saat ini sekitar 25 sampai 35 pon (11,3 sampai 15,9 kg).

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Apakah Kepala Bayi Anda Turun pada Pelvis Anda?
Bayi anda terus bertumbuh dan bertambah berat, bahkan selama beberapa minggu terakhir ini. seperti ilustrasi pada halaman 365, kepala bayi biasanya turun dalam pelvis sekitar waktu ini. Akan tetapi, 3% dari semua kehamilan, bokong atau kaki bayi berada di pelvis lebih dulu. Ini disebut presentasi bokong, yang dibahas pada Minggu 38.

Perubahan pada Anda

Pemeriksaan Pelvis pada Kehamilan Tua
Pada minggu ini, dokter anda melakukan pemeriksaan pelvis. Pemeriksaan pelvis ini membantu dokter anda mengevaluasi kemajuan kehamilan anda. Hal pertama yang akan diamatinya adalah kebocoran cairan amniotik. Jika anda mengira anda mengalaminya, beritahu dokter anda.

Dokter anda akan memeriksa serviks anda pada pemeriksaan pelvis. Selama sakit melahirkan, serviks biasanya lebih lembut dan melebar. Proses ini disebut effacement. Dokter anda akan mengevaluasi serviks karena kelembutannya atau kekerasannya dan jumlah pelebarannya.

Sebelum awal sakit persalinan, serviks tebal dan “0% lebar.” Wanita dengan sakit persalinan aktif, serviks melebar; saat serviks setengah melebar, “50% lebar.” Segera sebelum persalinan, serviks “100% lebar” atau “melebar sempurna.”

Dilatasi (jumlah bukaan) dari serviks juga penting. Biasanya diukur dalam sentimeter. Serviks sepenuhnya terbuka bila diameter bukaan serviks 10 cm. Tujuannya 10! Sebelum sakit persalinan mulai, serviks ditutup. Atau terbuka sedikit, seperti 1 cm (0,4 inci). Tujuan sakit perslainan adalah peregangan dan pembukaan serviks sehingga bayi muat dan dapat keluar dari rahim.

Dokter anda juga mengevaluasi kepala, bokong, atau kaki bayi yang lebih dulu. (dokter anda mengacu pada “bagian presentasi.”) Ukuran tulang pelvis anda juga diperhatikan.

Kemudian station ditentukan. Station menggambarkan tingkat bagian bayi yang turun dalam jalan lahir. Jika kepala bayi berada –2 station, artinya kepala lebih tinggi di dalam anda daripada jika +2 station. Titik O adalah penunjuka tulang dalam pelvis, tempat awal dari jalan lahir.

Bayangkan jalan lahir seperti saluran dari lingkaran pelvis turun melalui pelvis dan keluar ke vagina. Bayi keluar melalui saluran ini dari rahim. Mungkin saja anda berdilatasi selama sakit perslainan tetapi bayi tidak bergerak turun melalui pelvis. Dalam kasus ini, bedah Cesar mungkin dilakukan karena kepala bayi tidak dapat melalui lingkaran pelvis.

Apa yang Dapat Diberitahu Dokter Anda Dari Pemeriksaan Pelvis?
Saat dokter anda memeriksa anda, dia menjelaskan keadaan anda dengan istilah kedokteran. Anda mungkin mendengar “2 cm, 50%, dan –2 station.” Ini berarti serviks terbuka 2 cm (sekitar 1 inci), setengah melebar (50% melebar) dan bagian presentasi (kepala, kaki, bokong bayi) –2 station.

Usahakan mengingat informasi ini. akan berguna saat anda pergi ke rumah sakit dan diperiksa oleh perawat atau dokter. Anda dapat memberitahu mereka berapa dilatasi dan pelebaran pada pemeriksaan terakhir anda sehingga mereka dapat mengetahui jika keadaan anda telah berubah.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Memiih Dokter Bayi Anda
Pada minggu ini, anda dapat memilih dokter untuk bayi anda. Anda dapat memilih seorang dokter anak. Atau anda dapat memilih dokter keluarga. Jika dokter yang merawat anda selama kehamilan merupakan dokter keluarga, dan anda ingin dia merawat bayi anda, mungkin anda tidak perlu memikirkan hal ini.

Baik untuk anda menemui dokter ini sebelum kelahiran bayi anda. Banyak dokter anak yang menerimanya. Hal ini akan memberikan anda kesempatan untuk mendiskusikan hal-hal yang penting dengan dokter baru anda. Anda dapat membicarakan mengenai sirkumsisi untuk bayi anda jika laki-laki. Anda dapat menanyakan mengenai menyusui, pemeriksaan, imunisasi, dan vaksinasi, keadaan darurat dan hal lainnya. Juga baik untuk mengetahui dokter tertentu dapat berbagi mengenai pandangan tentang anak.

Dengan memilih seseorang untuk merawat bayi anda sebelum lahir, anda mempunyai kesempatan untuk berperan dalam memutuskan siapa yang akan menangani tugas penting itu. Jika anda tidak melakukannya, dokter yang membantu persalinan anda, atau staf rumah sakit, akan memilih seseorang. Alasan lainnya untuk memilih seseorang sebelumnya adalah jika anda mengalami komplikasi.

Setelah bayi anda lahir, dokter anak akan mengunjunginya di rumah sakit dan memeriksa fisik bayi dalam 24 jam setelah lahir. Kemudian dia akan mengunjungi anda di rumah sakit, memberitahu anda bagaimana keadaan bayi dan menyusun perawatan lanjutan setelah anda meninggalkan rumah sakit.


Dengan memilih seseorang untuk merawat bayi anda sebelum lahir, anda mempunyai kesempatan untuk berperan dalam memutuskan siapa yang akan menangani tugas penting itu. Jika anda tidak melakukannya, dokter yang membantu persalinan anda, atau staf rumah sakit, akan memilih seseorang.

Gizi Anda
Anda dan pasangan anda diundang ke pesta besar. Anda telah mengikuti dengan rajin perencanaan gizi anda dan kehamilan anda hampir berakhir. Apakah anda melepaskan diri anda, dan makan dan minum apapun yang anda inginkan? Ide yang baik adalah mempertahankan kebiasaan makan anda yang baik. Anda dapat berpesta yang menyehatkan. Berikut ini beberapa saran untuk membantu anda bersenang-senang.

Makan makanan saat masih segar dan panas—pada awal pesta. Saat pesta berlanjut, makanan mungkin tidak cukup didinginkan atau dipanaskan untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Maka makanlah lebih awal atau saat piring diisi kembali.

Makan dulu sebelum pergi. Atau minum segelas besar air. Akan lebih mudah menghindari makanan berkadar lamak tinggi dan berkalori tinggi jika anda tidak sangat lapar.

Hindari alkohol. Minum jus buah dengan jahe atau soda lemon. Jika pesta liburan musim dan mereka menyajikan eggnog, minum segelas jika bebas alkohol dan telah dipasteurisasi.

Buah dan sayur mentah dapat mengenyangkan. Hindari seafood dan daging mentah dan keju lembut, seperti Brie, Camembert, dan feta. Mungkin mengandung listeriosis.

Menjauh dari meja hidangan jika anda tidak dapat menolak makanan. Akan terasa lebih baik bila duduk (jauh dari makanan), santai dan berbicara dengan teman.

Anda Juga Harus Tahu

Apakah Anda Akan Membutuhkan Enema?
Apakah anda akan membutuhkan enema saat anda tiba pada sakit persalinan dan kelahiran? Sebagian besar rumah sakit menawarkan enema pada awal sakit melahirkan, tetapi tidak selalu diperintahkan. Akan tetapi, terdapat keuntungan tertentu mendapatkan enema sebelum persalinan. Anda tidak ingin mengalami gerakan usus besar segera setelah kelahiran bayi anda karena ketidaknyamanan episiotomi. Mendapatkan enema sebelum sakit persalinan dapat mencegah ketidaknyamanan ini.

Enema sebelum sakit persalinan juga dapat membuat kelahiran bayi anda menjadi pengalami yang lebih menyenangkan. Saat kepala bayi keluar melalui jalan lahir, segala sesuatu dalam rektum dapat keluar juga. Enema mengurangi jumlah kontaminasi oleh gerakan usus besar atau feses pada saat kelahiran dan selama sakit persalinan, mencegah infeksi yang mungkin terjadi.

Tanyakan dokter anda mengenai hal ini. Katakan pada dokter anda bahwa anda ingin mengetahui keuntungan enema dan alasan pemberian enema pada awal sakit persalinan. Enema tidak dibutuhkan oleh semua dokter atau semua rumah sakit.

Apa itu Sakit Punggung Saat Melahirkan?
Beberapa wanita mengalami sakit punggung saat melahirkan. Sakit ini mengacu pada bayi yang keluar melalui jalan lahir dengan mendongak. Dengan tipe sakit persalinan ini, anda akan mengalami sakit punggung bagian belakang.

Mekanisme persalinan akan lebih baik jika bayi menunduk sehingga bayi dapat mengulurkan kepalanya saat keluar melalui jalan lahir. Jika bayi tidak dapat mengulurkan kepalanya, dagunya menempel pada dadanya. Ini dapat menyebabkan rasa sakit pada punggung bagian bawah anda selama sakit persalinan.

Tipe sakit persalinan ini juga dapat berakhir lebih lama. Dokter anda perlu memutar bayi anda sehingga bayi dapat keluar dengan kepala melihat ke bawah daripada melihat ke atas.

Bagaimana Presentasi Bayi Anda?
Kapan dokter anda dapat memberitahu anda mengeni presentasi bayi pada saat kelahiran—misalnya, apakah kepala bayi di bawah atau anda mengandung bayi sungsang? Kapan bayi akan tinggal dalam posisi itu?

Biasanya antara kehamilan minggu ke-32 dan ke-34, anda dapat merasakan kepala bayi di perut bagian bawah. Beberapa wanita dapat merasakan bagian lain dari bayi lebih awal daripada ini. tetapi kepala bayi belum cukup keras untuk dikenali sebagai kepala.

Kepala perlahan-lahan menjadi lebih keras karena kalsium. Kepala bayi anda mempunyai perasaan yang berbeda. Berbeda dengan yang dirasakan dokter anda pada sungsang. Posisi sungsang mempunyai perasaan yang lembut dan bulat.

Pada awal minggu 32 sampai 34, dokter anda dapat merasakan perut anda untuk menentukan bagaimana letak bayi di dalam anda. Posisi ini dapat berubah kapanpun selama kehamilan.

Pada kehamilan minggu ke-34 sampai ke-36, bayi biasanya masuk ke posisi yang tetap. Jika anda mempunyai posisi sungsang pada minggu 37, mungkin bayi masih dapat berbalik menajdi kepala di bawah. Tetapi makin sulit saat anda makin mendekati akhir kehamilan.

Tip untuk Minggu 37

Sekarang waktunya untuk mencari seorang dokter anak untuk bayi anda. Minta acuan, dokter anda dapat memberikan referensi. Atau tanya keluarga, teman, atau orang dalam kelas pendidikan bersalin anda untuk nama-nama dokter yang mereka suka.


Mungkin sulit untuk memberitahu lokasi yang tepat dari bagian bayi yang berbeda. Anda dapat memiliki ide yang baik berdasarkan tempat anda merasakan tendangan dan tinju. Minta dokter anda untuk menunjukkan pada rahim anda bagaimana letak bayi anda. Beberapa dokter bersedia mengambil pena dan mengambar pada perut anda untuk menunjukkan pada anda. Anda dapat menunjukkan pada pasangan anda bagaimana letak bayi anda.

Akankah Dokter Anda Menggunakan Forsep?
Penggunaan forsep—alat dari metal yang digunakan dalam persalinan bayi—telah berkurang dalam beberapa tahun belakangan karena berbagai alasan. Salah satunya karena lebih sering menggunakan persalinan Cesar untuk melahirkan bayi yang berada di atas pelvis. Bedah Cesar mungkin jauh lebih aman untuk bayi jika tidak dapat lahir sendiri.

Alasan lainnya berkurangnya penggunaan forsep karena penggunaan vakum ekstraktor. Terdapat dua jenis vakum ekstraktor. Salah satunya mempunyai lengkung plastik yang memuat kepala bayi dengan sedotan. Lainnya mempunyai lengkung metal. Dokter dapat menarik lengkung vakum untuk mengeluarkan kepala bayi. Vakum dengan mudah dilepaskan dari kepala bayi, sehingga bayi tidak dapat ditarik sekeras bila menggunakan forsep.

Tujuan setiap persalinan adalah melahirkan bayi dengan selamat. Jika menggunakan forsep memerlukan daya tarik yang besar, bedah Cesasr mungkin pilihan yang lebih baik.

Jika kemungkinan penggunaan vakum ekstraktor atau forsep menjadi perhatian anda, diskusikan dnegan dokter anda. Penting untuk membangun komunikasi yang baik dengan dokter anda sehingga anda dapat berkomunikasi sebelum dan selama sakit persalinan mengenai hal ini.

Tip buat Ayah

Biarkan pasangan anda tahu bagaimana dia dapat menghubungi anda di tempat kerja atau bila anda sedang keluar. Anda mungkin tidak mengerti betapa gugupnya pasangan anda untuk menghubungi anda saat dia membutuhkan anda. Bawa telepon seluler atau pager dengan anda. Ini dapat menenangkan pasangan anda.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment

Post a Comment