Saturday, July 4, 2009

Kehamilan Minggu 35: Usia Janin 33 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Berat bayi anda sekarang lebih dari 5,5 pon (2,5 kg). Panjang dari kepala ke bokong pada minggu kehamilan ini sektiar 13,2 inci (33 cm). Total panjangnya 20,25 inci (45 cm).

Berapa Besar Anda?
Pengukuran dari pusar, sekarang sekitar 6 inci (15 cm) sampai bagian atas rahim. Pengukuran dari simfisis pubis sekitar 14 inci (35 cm). Pada minggu ini, penambahan berat badan total antara 24 dan 29 pon (10,8 dan 13 kg).

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Berapa Besar Berat Bayi Anda?
Anda mungkin telah menanyakan dokter anda beberapa kali mengenai berapa besar bayi anda atau berapa besar berat bayi anda saat lahir. Selain pertanyaan mengenai jenis kelamin bayi, soal ini paling sering ditanya.

Peningkatan ukuran anda berhubungan dengan pertumbuhan bayi anda, placenta, dan jumlah cairan di sekeliling bayi. Semua faktor ini membuat perkiraan berat janin lebih sulit dilakukan.

Kunjungan ke Dokter

Sulit memperkirakan berat badan bayi yang belum lahir. Studi telah dilakukan pada 1) dokter, 2) ibu dan 3) USG yang digunakan untuk memperkirakan berat badan. Ketiga metode ini sama akurat (dan sama tidak akurat!) Claudia menanyakan kepada saya berapa besar berat badan bayinya saat lahir. Saya memperkirakan lebih dari 8 pon dan terkejut saat dia melahirkan bayi 6 pon, 10 ons!

Menggunakan USG untuk Memperkirakan Berat Badan Janin
USG dapat digunakan untuk memperkirakan berat badan janin, tetapi kesalahan dapat terjadi. Akurasi prediksi berat badan janin menggunakan USG bertambah baik. Membuat perkiraan yang akurat dapat bernilai.

Beberapa pengukuran yang digunakan dalam suatu formula atau program komputer untuk memperkirakan berat badan bayi. Ini termasuk diameter kepala bayi, lingkar kepala bayi, lingkar perut bayi, panjang tulang paha dari kaki bayi, dan pada beberapa kejadian, pengukuran janin lainnya.

Banyak yang merasa bahwa USG merupakan metode pilihan untuk memperkirakan berat badan janin. Tetapi walaupun dengan USG, perkiraan dapat berbeda sebesar setengah pon atau lebih (225g).

Apakah Bayi Anda Bisa Melalui Jalan Lahir?
Walaupun dengan perkiraan berat badan janin, baik oleh dokter anda maupun dengan USG, dokter anda tidak dapat mengatakan bayi anda terlalu besar bagi anda atau anda akan membutuhkan bedah Cesar. Biasanya, perlu bagi anda untuk mengalami sakit persalinan untuk dapat melihat bagaimana bayi sesuai dengan pelvis anda dan apakah terdapat ruang agar bayi dapat melalui jalan lahir.


Tes atau metode evaluasi yang terbaik untuk memperkirakan bayi anda akan lahir melalui pelvis adalah sakit persalinan itu sendiri.

Pada beberapa wanita yang berukuran rata-rata atau lebih di atas rata-rata, bayi dengan berat 6 sampai 6,5 pon (2,7 sampai 2,9 kg) tidak sesuai dengan pelvis. Pengalaman juga menunjukkan bahwa wanita yang berukuran kecil kadang-kadang dapat melahirkan bayi seberat 7,5 pon (3,4 kg) atau lebih tanpa banyak kesulitan. Tes atau metode evaluasi yang terbaik untuk memperkirakan bayi anda akan lahir melalui pelvis adalah sakit persalinan itu sendiri.

Perubahan pada Anda

Perubahan Emosional pada Kehamilan Tua
Saat persalinan makin dekat, anda dan pasangan menjadi lebih cemas terhadap kejadian yang akan datang. Anda bahkan mengalami suasana hati yang berubah-ubah, yang terjadi tanpa alasan. Anda menjadi lebih lekas marah, yang dapat menyebabkan ketegangan pada hubungan anda. Anda mungkin mengkhawatirkan hal-hal yang tidak penting. Kekhawatiran anda akan kesehatan bayi juga meningkat selama minggu kehamilan terakhir anda. termasuk juga kekhawatiran mengenai seberapa baik anda dapat menghadapi sakit persalinan dan bagaimana proses persalinan anda. Anda mungkin memikirkan apakah anda akan menjadi ibu yang baik atau dapat membesarkan bayi dengan baik.

Sementara perasaan ini melanda anda, anda makin besar dan tidak dapat melakukan kegiatan seperti biasa. Anda merasa lebih tidak nyaman dan anda tidak dapat tidur dengan baik. Semua ini dapat menyebabkan perasaan anda berubah-ubah.

Bagaimana Anda Dapat Mengatasi Perubahan Ini?
Perubahan emosional itu normal; jangan merasa seolah anda adalah “Lone Ranger.” Wanita hamil lainnya dan pasangan mereka juga mengalami kekhawatiran yang sama.

Bicarakan dengan pasangan anda mengenai kekhawatiran anda. Beritahu pasangan anda bagaimana perasaan anda dan apa yang terjadi. Anda mungkin terkejut mengetahui kekhawatiran pasangan anda terhadap anda, bayi, dan peranannya selama sakit persalinan dan kelahiran. Dengan memicarakan hal ini, pasangan anda dapat lebih mudah memahami apa yang anda alami, termasuk perubahan suasana hati dan tangisan anda.

Diskusikan masalah emosional dengan dokter anda. dokter anda dapat menenangkan hati anda bahwa apa yang anda alami adalah normal. Ambil manfaat dari kelas prenatal dan informasi yang tersedia mengenai kehamilan dan persalinan.

Perubahan emosional sering terjadi, maka bersiaplah. Tanya pasangan anda, perawat di kantor dokter dan dokter anda untuk membantu anda memahami apa yang normal dan apa yang dapat dilakukan terhadap perubahan suasana hati.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Mempersiapkan Kelahiran Bayi
Pada saat ini, anda mungkin merasa sedikit gugup memikirkan kelahiran. Anda mungkin takut anda tidak tahu kapan waktu untuk menghubungi dokter anda atau pergi ke rumah sakit. Jangan ragu untuk membicarakan tentang hal ini dengan dokter anda pada salah satu kunjungan anda. dokter anda akan memberitahu anda tanda apa yang perlu diperhatikan. Dalam kelas prenatal, anda belajar mengenali tanda sakit perslainan dan kapan anda harus menghubungi dokter anda atau pergi ke rumah skait.

Tanyakan pada dokter anda apa tanga kontraksi sakit persalinan. kontraksi sakit persalinan biasanya teratur. Lama dan kekuatannya meningkat sepanjang waktu. Anda akan mengalami ritme yang reguler sampai kontraksi sakit persalinan yang sesungguhnya. Anda perlu menghitung waktunya sehingga anda mengetahui berapa sering kontraksi terjadi dan berapa lama. (Lihat Minggu 33.) Kapan anda pergi ke rumah sakit tergantung pada kontraksi anda.

Kantong air anda pecah sebelum anda mengalami sakit perslainan. Pada sebegian besar kasus, anda akan mengalami semburan air disertai dengan kebocoran yang tetap. (Lihat Minggu 33.)

Selama beberapa minggu kehamilan terakhir, kemasi koper anda. Dengan begitu, barang-barang yang anda ingin anda bawa ke rumah sakit telah siap.

Tip untuk Minggu 35

BH untuk wanita hamil dirancang untuk memberikan sokongan ekstra pada payudara anda yang membesar. Anda akan merasa lebih nyaman mengenakannya sepanjang siang dan malam saat anda tidur.

Jika anda bisa, selidiki fasilitas rumah sakit beberapa minggu sebelumnya. Cari tahu ke mana dan apa yang dilakukan bila anda di sana.

Bicarakan dengan pasangan anda mengenai cara terbaik untuk memberitahunya jika anda mengira anda mengalami sakit persalinan. Anda bisa menghubunginya secara berkala. Pasangan anda dapat menggunakan pager jika dia sering jauh dari telepon, khususnya selama beberapa minggu kehamilan terkahir.

Tanyakan pada dokter anda apa yang harus anda lakukan bila anda mengira anda mengalami sakit persalinan. Apakah anda harus menghubungi dokter anda? Apakah anda harus pergi langsung ke rumah? Apakah anda menghubungi mesin penjawab? Dengan mengetahui apa yang perlu dilakukan, anda dapat tenang dan tidak khawatir mengenai awal sakit persalinan dan kelahiran.

Jika anda bisa, selidiki fasilitas rumah sakit beberapa minggu sebelumnya. Cari tahu ke mana dan apa yang dilakukan bila anda di sana.

Praregister di Rumah Sakit
Selama kehamilan, dokter anda telah mencatat berbagai hal yang terjadi selama kehamilan anda. salinan catatan ini biasanya di simpan pada bagian persalinan.

Akan bermanfaat dan menghemat waktu anda jika anda mendaftar di rumah sakit beberapa minggu sebelum batas tanggal anda. Anda dapat melakukan ini dnegan formulir yang anda dapatkan di kantor dokter anda atau dengan mendapatkan formulir dari rumah sakit. Lebih baik anda melakukan ini sebelum anda pergi rumah sakit dengan sakit persalinan karena pada saat itu anda akan tergesa-gesa atau memperhatikan hal lain.

Anda harus mengetahui beberapa hal tertentu yang mungkin tidak termasuk dalam daftar anda:
- Golongan darah dan Rh-faktor anda
- Kapan siklus menstruasi terakhir anda dan kapan batas tanggal anda
- Rincian kehamilan anda, antara lain komplikasi
- Nama dokter anda
- Nama dokter anak anda

Gizi Anda
Tubuh anda terus membutuhkan banyak vitamin dan mineral untuk janin anda. dan anda akan lebih membutuhkannya bila anda menyusui! Tabel berikut ini menunjukkan kebutuhan harian anda selama kehamilan dan menuyusi. Penting untuk menyadari betapa perlunya anda terus mendapatkan gizi yang baik untuk anda dan bayi anda.

Vitamin & Mineral

Selama Kehamilan

Selama menyusui

A

B2 (riboflavin)

B3 (niacin)

B6

B12

C

Kalsium

D

E

Asam folat (B9)

Zat besi

800 mcg

1,5 mg

1,6 mg

17 mg

2,2 mg

2,2 mcg

1.200 mg

10 mg

10 mg

400 mcg

30 mg

1300 mcg

1,6 mg

1,8 mg

20 mg

2,2 mg

2,6 mcg

1.200 mg

10 mcg

12 mg

400 mcg

15 mg

Anda Juga Harus Tahu

Apa itu Placenta Previa?
Pada placenta previa, placenta berada dekat serviks atau menutupi serviks. Placenta previa merupakan masalah serius karena kemungkinan perdarahan yang berat. Perdarahan dapat terjadi selama kehamilan atau selama sakit persalinan. Masalah ini tidak umum; terjadi sekitar sekali dalam setiap 170 kehamilan.

Penyebab placenta previa tidak sepenuhnya dipahami. Faktor risikonya meningkat karena bedah Cesar sebelumnya, kehamilan yang banyak dan meningkatnya usia ibu.

Gejala Placenta Previa
Gejala placenta previa yang paling utama adalah perdarahan tanpa rasa sakit dan tanpa kontraksi rahim. Biasanya tidak terjadi sampai mendekati akhir trimester kedua atau lebih lanjut saat serviks melebar, meregang, dan merobek placenta.

Perdarahan dalam placenta previa dapat terjadi tanpa peringatan dan sangat berat. Ini terjadi saat serviks mulai berdilatasi dengan awal sakit persalinan, dan darah keluar.

Placenta previa dapat dicurigai pada wanita yang mengalami perdarahan vagina selama pertengahan kehamilan akhir. Masalah tidak dapat didiagnosis dengan pemeriksaan fisik karena pemeriksaan pelvis dapat menyebabkan perdarahan lebih parah. Para dokter menggunakan USG untuk memeriksa placenta previa. USG akurat khususnya pada pertengahan kedua dari kehamilan saat rahim dan placenta membesar.

Jika anda mengalami placenta previa, dokter anda akan memberitahu kepada anda untuk tidak menjalani pemeriksaan pelvis. Ini penting untuk diingat jika anda menemui dokter lain atau saat anda pergi ke rumah sakit.

Bayi lebih cenderung berposisi bokong pada placenta previa. Karena alasan ini, dan untuk mengendalikan perdarahan, bedah Cesar biasanya dilakukan. Bedah Cesar pada placenta previa memungkinkan dokter menyelamatkan kelahiran bayi, kemudian memindahkan placenta sehingga rahim dapat berkontraksi. Perdarahan dapat dikurangi.

Tip buat Ayah

Pada kunjungan prenatal, tanyakan pada dokter mengenai peranan anda dalam persalinan. Mungkin ada sesuatu yang ingin anda lakukan, seperti memotong tali pusar atau merekam kelahiran bayi anda. lebih mudah membicarakan hal ini sebelumnya. Tidak semua ayah baru ingin berperan aktif dalam persalinan. Tidak apa-apa.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment

Post a Comment