Saturday, July 4, 2009

Kehamilan Minggu 34: Usia Janin 32 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Berat bayi anda hampir 5 pon (2,28 kg) pada saat ini. panjang dari kepala ke bokong sekitar 12,8 inci (32 cm). Panjang totalnya 19,8 inci (44 cm).

Berapa Besar Anda?
Pengukuran dari pusar anda sekitar 5,6 inci (14 cm) ke bagian atas rahim anda. Dari simfisis pubis, ukuran anda sekitar 13,6 inci (34 cm).

Tidak penting untuk menyesuaikan pengukuran anda dengan teman anda pada titik yang sama dalam kehamilan mereka. yang penting adalah anda bertumbuh dengan pantas dan rahim anda bertumbuh dan membesar dengan kecepatan yang sesuai. Ini merupakan tanda dari pertumbuhan normal pada bayi anda dalam rahim anda.

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Pemeriksaan Bayi Anda Sebelum Lahir?
Tes yang biasa dilakukan sebelum persalinan menentukan apakah janin sehat. Pemeriksaan ini dapat mendeteksi cacat berat pada janin atau tekanan janin, yang dapat menunjukkan masalah yang akan datang. Dengan USG, para dokter dapat mengamati bayi dalam rahim, begitu juga mengevaluasi otak, jantung, dan organ tubuh janin lainnya. Bersama dengan pemeriksaan USG, monitor janin dalam bentuk tes nonstress dan tes kontraksi stress dapat menunjukkan kesehatan janin atau masalah.


Profil Biofisikal

Tes komprehensif, disebut profil biofisikal, digunakan untuk menentukan janin saat masih berada dalam rahim. Tes ini membnatu menentukan kesehatan janin dan dilakukan bila terdapat keprihatinan terhadap kesehatan bayi. Juga dilakukan saat kehamilan melewati tanggal yang diharapkan.


Jumlah perubahan dan banyaknya perubahan dalam detak jantung janin berbeda, tergantung pada siapa yang melakukan tes dan definisi normal mereka.


Profil biofisik menggunakan sistem skoring. Empat tes pertama dari lima tes di bawah ini dilakukan dengan USG; dan kelima dilakukan dengan monitor janin eksternal. Skor diberikan pada setiap area. Berikut ini adalah lima area evaluasi:
- Gerakan bernafas janin
- Gerakan tubuh janin
- Kesehatan janin
- Jumlah cairan amniotik
- Reaktif detak jantung janin (tes nonstress)

Selama tes ini, para dokter mengevaluasi “nafas” janin—gerakan atau ekpansi dada janin dalam rahim. Skor ini didasarkan jumlah nafas janin yang terjadi.

Gerakan tubuh bayi dicatat. Skor norma menunjukkan gerakan tubuh yang normal. Skor abnormal berlaku bila terdapat beberapa atau tidak ada gerakan tubuh selama periode waktu yang ditentukan.

Evaluasi jumlah cairan amniotik membutuhkan pengalaman dalam pemeriksaan USG. Kehamilan normal mempunyai cairan yang memadai di sekitar bayi. Tes abnormal menunjukkan tidak adanya cairan amniotik atau berkurangnya cairan amniotik di sekitar bayi.

Monitor detak jantung janin (tes nonstress) dilakukan dengan monitor eksternal. Pemeriksaan ini mengevaluasi perubahan dalam detak jantung janin berhubungan dengan gerakan bayi. Jumlah perubahan dan banyaknya perubahan dalam detak jantung janin berbeda, tergantung pada siapa yang melakukan tes dan definisi normal mereka.

Skor normal adalah 2; skor abnormal adalah 0 untuk semua tes ini. Skor 1 dalam semua tes ini merupakan skor pertengahan. Dari lima skor ini, skor total didapat dari penambahan semua nilai. Evaluasi bisa bervariasi tergantung pada pengalaman atau peralatan yang digunakan dan keahlian orang yang melakukan tes tersebut. Makin tinggi skor, makin baik keadaan bayi. Skor yang lebih rendah menyebabkan perhatian pada kesehatan janin.

Jika skor rendah, rekomendasi dibuat untuk segera melahirkan bayi. Jika skor menenangkan hati, tes diulang mingguan atau dua kali seminggu. Jika hasilnya antara dua nilai ini, tes diulang keesokan harinya. Hal ini tergantung pada keadaan kehamilan anda dan penemuan profil biofisik. Dokter anda akan mengecaluasi semua informasi sebelum mengambil keputusan.

Profil biofisik bermanfaat untuk mengevaluasi bayi dengan IUGR, kehamilan dari ibu diabetik, kehamilan yang bayinya tidak banyak bergerak, kehamilan risiko tinggi atau kehamilan terlalu lama. Karena USG merupakan bagian penting dari profil biofisikal, maka bermanfaat dalam menemukan masalah bawaan berat dan mengevaluasi kesehatan dalam rahim.

Tip untuk Minggu 34

Secarik kertas, plester dapat menutupi pusar yang sensitif atau tidak enak dipandang (menonjol melalui pakaian anda).


Perubahan pada Anda

Akankah Bayi Anda Jatuh?
Beberapa minggu sebelum awal sakit persalinan, anda akan memperhatikan perubahan pada perut anda. saat diperiksa oleh dokter anda, pengukuran pusat anda atau simfisis pubis pada bagian atas rahim mungkin leibh kecil daripada yang anda dapatkan pada kunjungan sebelumnya. Fenomena ini terjadi karena kepala bayi memasuki jalan lahir. Hal ini juga dapat menjadi bagian dari berkurangnya cairan amniotik yang bisa terjadi tanpa pecahnya selaput atau kehilangan cairan. Perubahan ini sering disebut lightening.

Jangan khawatir bila anda tidak mengalami lightening atau jatuhnya janin. Ini tidak terjadi pada setiap wanita atau setiap kehamilan. Biasanya bayi anda jatuh selama sakit persalinan atau sebelum sakit persalinan terjadi.

Dengan ligthening, anda mengalami keuntungan dan masalah. Keuntungannya adalah lebih banyak ruang di perut bagian atas anda. Ini memberikan anda lebih banyak tuang untuk bernafas karena lebih banyak ruang untuk pengembangan paru-paru anda. Akan tetapi, dengan jatuhnya bayi, anda mengalami lebih banyak tekanan pada pelvis anda, kandung kemih, dan rektum, yang dapat membuat anda lebih tidak nyaman.

Pada beberapa kasus, dokter anda akan memeriksa anda dan memberitahu anda bahwa bayi anda “tidak berada dalam pelvis” atau “naik.” Dokter anda mengatakan bayi anda belum turun ke jalan lahir. Akan tetapi, keadaan ini dapat berubah dengan cepat.

Jika dokter anda mengatakan bayi anda “mengambang” artinya sebagian dari bayi anda terasa tinggi dalam jalan lahir. Tetapi bayi tidak pasti dalam jalan lahir pada saat ini. Bayi dapat menjauh dari jari dokter anda saat anda diperiksa.

Ketidaknyamanan yang Anda Alami
Pada saat ini dalam kehamilan mereka, beberapa wanita mengalami ketidaknyamanan saat bayi “jatuh.” Perasaan ini berhubungan dengan tekanan yang dikeluarkan bayi karena dia bergerak lebih bawah dalam jalan lahir. Beberapa wanita menggambarkan perasaan ini sebagai tekanan yang meningkat.

Jika anda mengkhawatirkannya, konsultasikan dengan dokter anda. Pasti ada alasan untuk melakukan pemeriksaan pelvis untuk melihat berapa rendah kepala bayi anda. Tetapi karena bayi berada di possi yang lebih rendah daripada yang biasa anda rasakan, bayi akan lebih menekan daripada yang anda alami selama beberapa minggu belakangan.

Perasaan lain yang berhubungan dengan meningkatnya tekanan yang terjadi sekitar minggu ini. Beberapa wanita menggambarkannya sebagai sensasi “peniti dan jarum.” Perasaan yang dialami geli, tertekan atau mati rasa dalam pelvis atau daerah pelvis karena tekanan bayi. Ini gejala yang biasa dan tidak perlu anda khawatirkan.

Perasaan ini tidak dapat dihilangkan sampai persalinan. Anda dapat berbaring menyamping untuk mengurangi tekanan pada pelvis anda dan pada saraf, pembuluh darah, dan arteri di dalam daerah pelvis. Jika masalah parah, beritahu dokter anda. Jangan mencoba untuk memindahkan atau mendorong bayi keluar. Ini dapat membahayakan anda berdua.

Memahami Sakit Persalinan
Penting untuk mengetahui apa yang terjadi bila sakit persalinan terjadi dan apa yang perlu dilakukan. Apa penyebab sakit persalinan? Mengapa ini terjadi?

Kami tidak mempunyai jawaban yang baik untuk pertanyaan ini. Faktor-faktor yang menyebabkan sakit persalinan tidak diketahui. Ada banyak teori: salah satunya yaitu hormon yang dibuat oleh ibu dan janin memicu sakit persalinan. Bisa jadi hormon yang dihasilkan janin membuat rahim berkontraksi.

Sakit persalinan adalah dilatasi (peregangan, pembesaran) serviks. Ini terjadi karena rahim, yang merupakan otot, mengerut untuk menekan isinya (bayi). Saat rahim mendorong bayi keluar, serviks meregang. Mungkin saja terasa mengerut, berkontraksi, atau kram, tetapi dalam perasaan yang paling murni, bukan sakit persalinan sampai terdapat perubahan dalam serviks.

Kontraksi Braxton-Hicks dan Sakit Persalinan Palsu
Kontraksi Braxton-Hicks adaah kontraksi tanpa rasa sakit, nonritmikal, yang dapat anda rasakan saat anda meletakkan tangan anda di perut. Kontraksi ini sering terjadi pada awal kehamilan dan terasa dengan interval yang tidak teratur. Kontraksi ini dapat meningkat dalam jumlah dan kekuatannya saat rahim dipijit. Seperti sakit persalinan palsu, kontraksi ini bukan tanda positif dari sakit persalinan sebenarnya.

Pada sebagian besar kejadian, kontraksi sakit persalinan palsu tidak teratur. Biasanya terjadi jangka pendek (kurang dari 45 detik).


Sakit persalinan palsu terjadi sebelum sakit persalinan sebenarnya mulai. Kontraksi sakit persalinan palsu dapat menyakitkan dan timbul sebagai sakit persalinan yang asli bagi anda.

Pada sebagian besar kejadian, kontraksi sakit persalinan palsu tidak teratur. Biasanya terjadi jangka pendek (kurang dari 45 detik). Ketidaknyamanan kontraksi terjadi di berbagai bagian tubuh anda, seperti paha, perut bagian bawah atau punggung. Dengan sakit eprsalinan asli, kontraksi rahim menghasilkan rasa sakit yanng dimulai pada bagian atas rahim dan menyebar ke seluruh bagian rahim, melalui punggung bagian atas ke dalam pelvis.

Sakit persalinan palsu biasanya terjadi pada kehamilan tua. Lebih sering terjadi pada wanita yang pernah hamil dan melahirkan sebelumnya. Biasanya berhenti secepat mulainya. Keadaan ini tidak membahayakan bayi anda.

Apa Itu “Berdarah”?
Seringkali menyertai pemeriksaan vagina atau dengan awal sakit persalinan dan awal kontraksi, anda berdarah sedikit. Ini dapat terjadi saat serviks meregang dan berdilatasi. Anda tidak kehilangan banyak darah. Jika ini membuat anda khawatir atau timbul banyak darah, segera hubungi dokter anda.

Bersama dengan berdarah ini, anda mengeluarkan lendir. Ini berbeda dengan pecahnya kantong air anda (pecahnya selaput). Mengeluarkan lendir ini tidak berarti anda akan segera melahirkan bayi anda atau akan mengalami sakit persalinan dalam beberapa jam kemudian. Keadaan ini tidak membahayakan bayi anda.

Berapa Lama Sakit Persalinan Akan Berakhir?
Lama tahap pertama dan kedua sakit perslainan, dari awal dilatasi serviks sampai melahirkan bayi, dapat berakhir 14 sampai 15 jam atau lebih pada kehamilan pertama. Para wanita pernah mengalami sakit persalinan yang lebih cepat daripada ini, tapi tidak diperhitungkan.

Seorang wanita yang sudah memiliki satu atau dua anak mungkin akan mengalami sakit persalinan yang lebih pendek, tetapi juga jangan diperhitungkan! Rata-rata waktu untuk sakit persalinan biasanya berkurang beberapa jam untuk persalinan kedua atau ketiga.


Rata-rata waktu untuk sakit persalinan biasanya berkurang beberapa jam untuk persalinan kedua atau ketiga.


Ada
juga wanita yang hampir tidak berhasil sampai ke rumah sakit atau mengalami satu jam sakit persalinan. Banyak wanita yang mengalami sakit persalinan 18, 20, 24 jam atau lebih lama.

Hampir tidak mungkin untuk memperkirakan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk sakit persalinan. Anda dapat menanyakan dokter anda mengenai hal ini, tetapi jawabannya hanya terkaan.

Menghitung Waktu Kontraksi
Sebagian besar wanita dilatih dalam kelas prenatal atau oleh dokter mereka mengenai bagaimana menghitung waktu kontraksi selama sakit persalinan. Untuk menghitung berapa lama suatu kontraksi berakhir, mulai menghitung waktu kontraksi mulai sampai waktu kontraksi hilang.

Juga penting untuk mengetahui berapa sering kontraksi terjadi. Banyak kebingungan mengenai hal ini. Anda dapat memilih dari dua metode:
1. Catat periode waktu dari suatu kontraksi mulai sampai waktu kontraksi berikutya mulai. Metode ini paling sering digunakan dan paling bisa dipercaya.
2. Catat periode waktu dari suatu kontraksi berakhir sampai kontraksi berikutnya mulai.

Tanyakan pada dokter anda mengenai metode yang lebih disukainya.
Bermanfaat bagi anda dan pasangan anda atau pelatih sakit persalinan untuk menghitung waktu kontraksi anda sebelum menghubungi dokter anda atau rumah skait. Dokter anda mungkin ingin mengetahui berapa sering kontraksi terjadi dan berapa lama setiap kontraksi. Dengan informasi ini, dokter anda dapat memutuskan kapan anda harus pergi ke rumah sakit.

Tiga Tahap Sakit Persalinan

Tahap satu: Tahap sakit persalinan pertama mulai dnegan kontraksi rahim dengan intensitas, lamanya, dan frekuensi yang cukup besar untuk menyebabkan penjarangan (penghapusan) dan dilatasi serviks. Tahap pertama berakhir saat serviks sepenuhnya berdilatasi (biasanya 10cm) dan cukup terbuka da memungkinkan kepala bayi keluar.

Tahap dua: Tahap sakit persalinan kedua mulai saat serviks benar-benar berdilatasi 10cm. Tahap ini berakhir dengan kelahiran bayi.

Tahap tiga: Tahap sakit persalinan ketiga mulai setelah kelahiran bayi. Berakhir dengan keluarnya placenta dan selaput yang mengelilingi janin.

Beberapa dokter menjelaskan tahap sakit persalinan keempat, mengacu pada periode waktu setelah keluarnya placenta selama rahim berkontraksi. Kontraksi rahim penting untuk mengendalikan perdarahan yang dapat terjadi setelah melahirkan bayi dan placenta.


Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Akhir kehamilan anda diawali dengan sakit persalinan. salah satu hasil sakit persalinan adalah kelahiran bayi anda.

Beberapa wanita mengkhawatirkan (atau berharap!) tindakan mereka dapat menyebabkan sakit persalinan mulai. Dongeng lama mengenai berkendaraan di jalan yang tidak rata atau berjalan lama untuk memulai sakit persalinan tidak benar. Kami mengetahui hubungan seksual dan stimulasi puting susu dapat menyebabkan sakit persalinan mulai pada beberapa kasus, tetapi tidak benar pada setiap wanita. Melakukan aktivitas harian anda (kecuali dokter anda menyarankan istirahat di tempat tidur) tidak akan menyebabkan sakit persalinan dimulai sebelum bayi anda siap dilahirkan. Dalam pembahasan minggu berikut, kita terus membahas mengenai sakit persalinan dan masalah lain sekitar peristiwa klimaks ini.

Gizi Anda

Pemeriksaan Kolesterol
Buang-buang waktu dan usaha bila anda memeriksakan kadar kolesterol selama kehamilan. Kadar kolesterol dalam darah anda meningkat selama kehamilan karena perubahan hormon. Tunggu sampai setelah anda melahirkan bayi anda atau berhenti menyusui untuk memeriksakan kolesterol anda.

Makanan Kecil Kaya Vitamin A
Bila anda mencari sesuatu untuk ngemil, anda mungkin tidak memikirkan kentang panggang, tetapi ini merupakan makanan kecil yang baik sekali! Anda mendapatkan protein, serat, kalsium, zat besi, vitamin B dan vitamin C bila anda memakan kentang. Panggang beberapa kentang, dan simpan di lemari es. Panaskan sebuah kentang saat anda lapar. Brokoli merupakan makanan lain yang penuh dengan vitamin. Tambahkan pada kentang panggang anda dan tambahkan juga yogurt tawar atau krim tanpa lemak agar menjadi makanan yang lezat!

Anda Juga Harus Tahu

Tes Nonstress
Profil biofisikal (dibahas pada bab sebelumnya) mengevaluasi kesehatan bayi anda di dalam rahim. Salah satu profil biofisikal adalah monitor janin, biasanya disebut tes nonstress.

Tes nonstress dilakukan oleh dalam kantor dokter anda atau pada bagian persalinan dari suatu rumah sakit. Sementara anda berbaring, seorang teknisi melekatka monitor janin di perut anda. setiap saat anda merasakan bayi anda bergerak anda anda menekan tombolnya untuk menandai pada secarik kertas monitor. Pada saat bersamaan, monitor mencatat detak jantung bayi.

Saat bayi bergerak, biasanya detak jantungnya naik. Para dokter menggunakan ini untuk membantu mereka mengevaluasi seberapa baik bayi bertahan hidup dalam rahim. Dokter anda akan memutuskan jika tindakan selanjutnya diperlukan.

Tip buat Ayah

Mulailah mendaftar pada suatu rumah sakit untuk menghemat waktu anda dan kesusahan saat akhirnya anda pergi ke rumah sakit untuk kelahiran bayi. Tanya pasangan anda mengetahui kantor dokter, atau tanyakan mengenai praregister pada kelas prenatal anda. Jika dokter anda atau instruktor prenatal anda tidak mengetahuinya, hubungi rumah sakit dan tanyakan.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment

Post a Comment