Saturday, July 4, 2009

Kehamilan Minggu 33: Usia Janin 31 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?
Berat badan bayi anda sekitar 4,4 pon (2 kg) pada minggu ini. Panjang dari kepala ke bokong sekitar 12 inci (30 cm) dan total panjangnya 19,4 inci (43 cm).

Berapa Besar Anda?
Pengukuran dari simfisis pubis anda sekarang sekitar 13,2 inci (33 cm) ke bagian atas rahim. Pengukuran dari pusar ke bagian atas rahim anda sekitar 5,2 inci (13 cm). Penambahan berat badan total anda antara 22 dab 28 pon (9,9 dan 12,6 kg).

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Abrupsi Placenta
Ilustrasi di atas menunjukkan abrupsi placenta, yaitu pemisahan placenta dari dinding rahim. Biasanya, placenta tidak terpisah dari rahim sampai setelah bayi lahir. Pemisahan sebelum lahir dapat menjadi masalah yang sangat serius.

Frekuensi abrupsi placenta diperkirakan sekitar 1 dalam setiap 80 persalinan. Kami tidak mempunyai statistik yang lebih tepat karena waktu pemisahannya bervariasi, merubah risiko pada janin. Jika placenta terpisah pada saat persalinan dan bayi dilahirkan tanpa insiden, ini tidak signifikan seperti placenta yang terpisah selama kehamilan.

Penyebab Abrupsi Placenta

Penyebab abrupsi placenta tidak diketahui. Keadaan tertentu menigkatkan kemungkinan terjadinya, antara lain:

- Luka fisik pada ibu, misalnya karena kecelakaan mobil
- Tali pusar yang pendek
- Perubahan ukuran rahim yang tiba-tiba (dari persalinan atau pecahnya selaput)
- Hipertensi
- Kekurangan gizi
- Kelainan (abnormalitas) rahim, seperti jaringan pada rahim yang menyebabkan placenta tidak dapat melekat dnegan sempurna
- Operasi sebelumnya pada rahim (pemindahan jaringan ikat) atau D&C pada aborsi atau keguguran

Studi menunjukkan bahwa kekurangan asam folat berperan dalam menyebabkan abrupsi placenta. Ibu yang merokok dan konsumsi alkohol juga meningkatkan kemungkinan abrupsi placenta.

Seorang wanita yang mengalami abrupsi placenta pada masa lalu meningkatkan risiko mengalaminya lagi. Angka terulangnya lagi diperkirakan setinggi 10%. Kehamilan yang disertai abrupsi placenta merupakan kehamilan risiko tinggi.


Pemisahan placenta terdiri atas pemisahan parsial (sebagian) atau total (seluruhnya) dari dinding rahim. Keadaan paling parah bila placenta terpisah seluruhnya dari dinding rahim. Janin tergantung sepenuhnya pada sirkulasi dari placenta. Dengan pemisahan, janin tidak dapat menerima darah dari tali pusar, yang melekat pada placenta.

Gejala abrupsi placenta sangat bervariasi. Mungkin terjadi perdarahan hebat dari vagina, atau anda tidak mengalami perdarahan sama sekali. Ilustrasi pada halaman 327 menunjukkan perdarahan di belakang placenta dengan pemishaan seluruhnya. tIdak ada perdarahan dari serviks dan vagina. Gejala lainnya antara lain sakit punggung bagian belakang, rahim atau perut yang lembek, dan kontraksi atau pengetatan rahim.

USG dapat membantu mendiagnosis masalah ini, meskipun tidak selalu memberikan diagnosis yang tepat. Khususnya bila placenta terletak di belakang permukaan rahim sehingga tidak dapat dilihat dengan mudah dengan pemeriksaan USG.

FREKUENSI DARI GEJALA
ABRUPSI PLACENTA

Dari berbagai gejala yang berhubungan dengan abrupsi placenta, berikut ini adalah yang paling sering terjadi.
- Perdarahan vagina terjadi sekitar 75% dari semua kasus.
- Kelembekan rahim terjadi sekitar 60%.
- Janin yang tertekan atau masalah dengan kecepatan jantung janin juga terjadi sekitar 60%.
- Pengetatan atau kontraksi dari rahim terjadi sekitar 34%.
- Persalinan prematur terjadi sekitar 20% dari kasus.
- Kematian janin terjadi sekitar 15%.


Masalah yang serius, seperti syok, dapat terjadi dengan pemisahan placenta. Syok terjadi karena cepatnya kehilangan darah dalam jumlah yang banyak. Koagulasi intravaskuler, yang menyebabkan bekuan darah yang banyak, juga dapat menjadi masalah. Faktor yang membekukan darah dapat habis, yang dapat menjadikan membuat perdarahan suatu masalah.

Bisakah Abrupsi Placenta Diobati?
Pengobatan abrupsi placenta bervariasi, berdasarkan kemampuan mendiagnosis masalah dan status ibu dan bayi. Dengan perdarahan yang berat, persalinan bayi mungkin diperlukan.

Bila perdarahan tidak berat, masalah dapat diobati dengan pendekatan yang leibh konservatif. Ini tergantung apakah janin tertekan dan jika terjadi bisa langsung membahayakan.

Abrupsi placenta merupakan salah satu masalah yang paling serius berhubungan dengan kehamilan trimester kedua dan ketiga. Jika anda mengalami gejala, segera hubungi dokter anda!

Perubahan pada Anda

Bagaimana Anda Akan Mengetahui Selaput Anda Telah Pecah?
Bagiamana anda akan mengetahui kapan air anda pecah? Biasanya tidak hanya dengan satu semburan air, dan tanpa kebocoran lebih lanjut. Seringkali terjadi semburan cairan amniotik, biasanya disertai dengan kebocoran sejumlah kecil cairan. Wanita menjelaskannya sebagai kebasahan yang tetap atau air yang turun dari kaki mereka saat mereka berdiri. Kebocoran air yang terus menerus merupakan petunjuk yang baik bahwa air anda telah pecah.

Cairan amniotik biasanya bening dan encer. Kadang dengan darah, atau berwarna kuning atau hijau.

Biasanya terjadi peningkatan cairan vagina atau buang air kecil dalam jumlah yang sedikit saat bayi anda menekan kandung kemih anda. Tetapi dokter anda dapat memberitahu anda jika air anda telah pecah. Dua tes dapat dilakukan pada cairan amniotik.

Salah satunya adalah tes nitrazin. Bila cairan amniotik diletakkan pada secarik kertas kecil, warna kertas akan berubah. Tes ini didasarkan keasaman atau pH cairan amniotik. Akan tetapi, darah juga dapat merubah warna kertas nitrazin, bahkan bila air anda tidak pecah.

Tes lainnya yang mungkin dilakukan adalah tes ferning. Cairan amniotik atau cairan dari belakang vagina diambil dnegan apusan dan diletakkan pada slide untuk pemeriksaan di bawah mikroskop. Cairan amniotik yang kering nampak seperti pakis atau cabang pohon pinus. Tes ferning sering lebih berguna dalam mendiagnosis pecahnya selaput kemudian meihat perubahan warna pada kertas nitrazin.

Kebocoran air yang terus menerus merupakan petunjuk yang baik bahwa air anda telah pecah.


Apa Yang Anda Lakukan Saat Air Anda Pecah?
Selaput anda dapat pecah kapan saja dalam kehamilan. Jangan mengira hal itu akan terjadi hanya sekitar waktu sakit persalinan.

Jika anda mengira air anda telah pecah, beritahu dokter anda. hindari hubungan seksual pada saat ini. Hubungan seksual meningkatkan kemungkinan infeksi dalam rahim anda dan pada bayi anda.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Penambahan Berat Badan Terus Berlanjut
Anda terus bertambah berat badan. Anda mungkin lebih cepat bertambah berat badan daripada pada saat lain selama kehamilan. Hal ini karena bayi anda memasuki periode peningkatan pertumbuhan. Penambahan mungkin sebanyak 8 ons (1/2 lb; 224g) atau lebih setiap minggu!

Terus makan makanan yang tepat. Rasa terbakar pada dada mungkin lebih menjadi masalah sekarang karena janin anda tidak memberikan banyak ruang pada lambung anda. Makan makanan dengan jumlah kecil beberapa kali daripada tiga kali makan makanan dalam jumlah besar, membuat anda merasa lebih nyaman.

Gizi Anda
Anda mengetahui pentingnya makan seimbang selama kehamian. Makan buah dan sayuran yang segar, produk susu, padi-padian, dan protein memberikan perkembangan yang sehat pada bayi anda. anda mungkin memikirkan makanan apa yang perlu dihindari. Beberapa makanan tidak masalah dimakan saat anda tidak hamil tetapi sekarang harus dihindari.

Bila mungkin, hindari bahan tambahan makanan. Kami tidak benar-benar mengetahui bagaimana bahan tambahan ini dapat mempengaruhi janin, tetapi jika anda dapat menghindarinya, lakukanlah. Waspada dnegan pestisida juga. Cuci bersih dan keringkan semua sayur dan buah sebelum anda memakannya atau memasaknya, bahkan jika anda tidak biasa makan kulitnya. Kontaminan dapat menempel pada tangan anda jika anda tidak mencucinya. Kupas buah atau sayur setelah anda mencucinya, jika anda biasanya memakannya seperti itu. Hal ini akan membantu membuang lebih banyak zat dari buah yang mungkin terkontaminasi.

Hindari ikan yang dapat terkontaminasi dengan PCB. Beli ikan hanya pada pasar yang terkenal atau makan ikan yang ditangkap di daerah yang bebas kontaminasi. Waspadalah dengan makanan yang anda konsumsi untuk melindungi janin anda.

Tip untuk Minggu 33

Jangan berhenti makan atau mulai mengurangi makan saat berat badan anda meningkat. Baik anda maupun bayi anda membutuhkan kalori dan zat gizi yang anda dapatkan dari makanan yang sehat.


Anda Juga Harus Tahu

Apakah Dokter Anda Akan Melakukan Episiotomi?
Episiotomi adalah insisi yang dibuat dari vagina ke rektum selama persalinan untuk menghindari perobekan saat kepala bayi melewati jalan lahir. Pembedahan ini mungkin dilakukan langsung di tengah ke rektum atau dibedah menyamping.

Tidak banyak yang dapat anda lakukan jika anda anda membutuhkan episiotomi. Beberapa orang berlatih, mengajar, dan percaya pada peregangan jalan lahir selama sakit persalinan dan pada saat persalinan untuk berusaha menghidnari episiotomi. Hal ini mungkin berhasil pada beberapa orang, tetapi tidak berhasil pada setiap wanita. Yang lainnya menyarankan episiotomi untuk menghindari peregangan vagina, kandung kemih, dan rektum. Peregangan vagina dapat mengakibatkan kehilangan kendali urin atau usus besar anda dan dapat merubah sensasi saat hubungan seksual.

Alasan episiotomi biasanya menjadi jelas pada persalinan saat kepala bayi di vagina. Episiotomi mengganti pembedahan terkendali, langsung, bersih untuk robekan yang dapat terjadi pada banyak tempat. Antara lain robek pada kandung kemih, pembuluh darah besar atau rektum. Episiotomi sembuh lebih cepat daripada robekan tidak teratur.

Tanyakan pada dokter anda mengenai kebutuhan anda akan episiotomi. Diskusikan mengapa episiotomi penting. Cari tahu apakah pembedahan dilakukan di tengah atau samping vagina. Anda juga menanyakan apakah ada yang dapat anda siapkan untuk kemungkinan episiotomi, seperti mengalami enema atau peregangan vagina. Jika vakum ekstraktor atau forseps digunakan untuk persalinan, episiotomi mungkin dilakukan sebelum alat ini diletakkan pada kepala bayi.

Penjelasan episiotomi juga termasuk penjelasan mengenai kedalaman insisi.
- Episiotomi tingkat pertama hanya memotong kulit.
- Episiotomi tingkat kedua memotong kulit dan jaringan di bawahnya.
- Episiotomi tingkat ketiga memotong kulit, jaringan dibawahnya dan sfinkter rektal, yaitu otot di sekitar anus.
- Episiotomi tingkat keempat memotong tiga lapisan tersebut dan mukosa rektal.

Setelah bayi dilahirkan, lapisan disambung dengan jahitan yang dapat menyerap dan tidak memerlukan pemotongan setelah sembuh.

Setelah bayi anda lahir, bagian yang paling menyakitkan dari seluruh pengalaman persalinan mungkin adalah episiotomi. Mungkin akan terus menyebabkan beberapa ketidaknyamanan setelah sembuh. Jangan takut untuk meminta obat pengurang sakit. anda dapat meminum obat-obatan yang aman, walaupun anda menyusui bayi anda, antara lain asetaminofen (Tylenol). Tylenol dengan Codein atau obat-obatan lainnya juga diresepkan untuk rasa sakit.

Tip buat Ayah

Apakah rumah anda aman untuk bayi anda? Hal-hal yang perlu dipertimbangkan mengenai keamanan antara lain hewa piaraan, mebel, perokok pasif, gorden atau apapun dalam rumah anda yang dapat membahayakan si kecil.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment

Post a Comment