Saturday, July 4, 2009

Kehamilan Minggu 30: Usia Janin 28 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Pada saat ini, berat bayi anda sekitar 3 pon (1,35 kg). Panjang dari kepala ke bokong sedikit lebih dari 10,8 inci (27 cm), dan panjang total 17 inci (38 cm).

Berapa Besar Anda?
Pengukuran dari pusar anda, rahim anda sekitar 4 inci (10 cm) di atasnya. Dari simfisis pubis, bagian atas rahim anda sekitar 12 inci (30 cm).

Sulit dipercaya anda tinggal 10 minggu lagi! Anda mungkin merasa seperti anda pergi keluar kamar saat rahim anda bertumbuh di bawah tulang dada anda. Akan tetapi, janin anda, placenta, dan rahim, bersama dengan cairan amniotik, akan terus bertambah besar.

Rata-rata penambahan berat badan selama kehamilan yaitu 25 sampai 35 pon (11,4 sampai 15,9 kg). Sekitar setengah dari berat ini dipusatkan pada pertumbuhan rahim, bayi dan placenta, dan volume cairan amniotik. Pertumbuhan ini kebanyakan terjadi di depan perut dan dalam pelvis anda, yang dapat diperhatikan oleh anda. Anda mungkin mengalami peningkatan ketidaknyamanan dalam pelvis dan perut anda saat kehamilan berlanjut. Pada saat ini, anda bertambah sekitar satu pon setiap minggu.


Sulit dipercaya anda tinggal 10 minggu lagi!


Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Simpul Tali Pusar
Ilustrasi pada minggu ini menunjukkan janin dan tali pusarnya. Dapatkah anda melihat simpul pada tali pusar? Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana simpul seperti ini dapat terjadi. Kami tidak yakin tali pusar bertumbuh dalam simpul.

Seorang bayi biasanya cukup aktif selama kehamilan. Kami yakin simpul ini terjadi saat bayi bergerak-gerak pada kehamilan awal. Suatu ikal terbentuk dalam tali pusar; bayi bergerak melalui ikal itu dan simpul terbentuk. Tindakan anda tidak menyebabkan atau mencegah jenis komplikasi ini, yang sangat serius. Simpul pada tali pusar tidak sering terjadi.

Perubahan pada Anda

Pecahnya Selaput
Selaput di sekeliling bayi yang mengandung air ketuban disebut kantong air. Biasanya tidak pecah sampai sebelum sakir melahitkan tiba. Saat sakit melahirkan tiba atau selama sakit melahirkan. Tetapi tidak selalu bermasalah.

Setelah air pecah, anda perlu melakukan tindakan pencegahan tertentu. Selaput kehamilan membantu melindungi bayi anda dari infeksi. Saat air pecah dan anda basah, risiko infeksi meningkat. Infeksi dapat membahayakan bayi anda. Segera hubungi dokter anda bila air anda pecah.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Mandi selama Kehamilan
Banyak wanita yang menanyakan apakah mandi pada kehamilan tua akan membahayakan bayi mereka. Sebagian dokter percaya mandi sepanjang kehamilan itu aman. Mereka akan mengingatkan anda untuk berhati-hati saat anda masuk atau keluar bathtub. Dan pastikan airnya tidak terlalu panas. Kebanyakan orang menyarankan anda untuk menghindari mandi saat hamil. Akan tetapi, jika anda berpikir air anda telah pecah, hindari bathtub.

Para wanita juga ingin tahu bagaimana mereka mengenali pecahnya kantong air mereka saat berada di dalam bathtub. Bila kantong air anda pecah, anda biasanya akan mengalami semburan air disertai dengan kebocoran pelan. Jika air anda pecah saat anda berada di dalam bathtub, anda mungkin tidak merasakan semburan air. Akan tetapi, anda mungkin akan merasakan kebocoran cairan, yang bisa berlangsung cukup lama.

Gizi Anda
Beberapa wanita menanyakan apakah teh herbal aman diminum selama kehamilan. Banyak yang telah mendengar bahwa beberapa teh herbal bermanfaat bagi wanita hamil. Banyak teh herbal yang aman digunakan; beberapa tidak. Teh herbal yang dapat anda gunakan dengan aman antara lain chamomile, dandelion, akar kahe, daun nettle, peppermint dan raspberry merah. Lihat tabel di bawah mengenai manfaatnya.

Anda tidak boleh menggunakan beberapa teh herbal saat hamil. Beberapa studi menunjukkan teh herbal yang harus dihindari antara lain cohosh biru, cohosh hitam, daun penny royal, yarrow, goldenseal, feverfew, biji psillium, mugwort, comfrey, coltsfoot, juniper, rue, tansy, cottonroot bark, sage dalam jumlah yang banyak, senna, cascara sagrada, buckthorn, fern, slippery elm, dan squaw vine.


Manfaat Teh Herbal

Chamomile membantu pencernaan

Dandelion mengatasi pembengkakan dan gangguan lambung

Akar jahe mengatasi mual dan kongesti hidung

Daun nettle kaya zat besi, kalsium dan vitamin dan mineral lain

Peppermint mengurangi sakit kembung dan menenangkan lambung

Raspberry merah mengatasi mual dan menstabilkan hormon


Anda Juga Harus Tahu

Kehamilan merupakan saat membahagiakan bagi sebagian besar wanita, dipenuhi dengan antisipasi dan kegembiraan. Kadang, masalah serius dapat terjadi. Kanker dalam kehamilan merupakan komplikasi yang serius tapi jarang terjadi.

Pembahasan ini tidak untuk menakutkan anda tetapi memberikan anda informasi. Ini bukan subyek yang menyenangkan untuk dibahas, khususnya pada saat ini. Akan tetapi, setiap wanita harus mengetahui informasi ini. Dua tujuan pembahasan ini, yaitu:
- Untuk meningkatkan kesadaran anda akan masalah serius ini
- Untuk menyediakan anda sumber daya untuk membantu anda membuat pertanyaan untuk percakapan dengan dokter anda jika anda ingin membahasnya.

Kanker sebelum Kehamilan
Jika anda tidak hamil sekarang dan anda pernah mengalami kanker pada masa lalu, beritahu dokter anda segera setelah anda mengetahui hamil. Dokter anda mungkin perlu mengambil keputusan mengeani perawatan individual bagi anda selama kehamilan.

Kanker dalam Kehamilan
Kejadian kanker kapanpun membuat stress. Bila kanker terjadi selama kehamilan, akan lebih membuat stress. Dokter anda harus memikirkan bagaimana mengobati kanker, tetapi juga harus memperhatikan janin.

Cara penanganan masalah ini tergantung kapan kanker diketahui. Keprihatinan seorang wanita meliputi sebagai berikut.
- Akankah kehamilan harus diakhiri agar kanker dapat diobati?
- Akankah obat-obatan yang digunakan membahayakan bayi?
- Akankah keganasan atau terapi yang digunakan untuk mengatasi kanker mempengaruhi bayi atau dilewatkan ke bayi?
- Apakah terapi dapat ditunda sampai setelah persalinan atau setelah berakhirnya kehamilan?


Tip untuk Minggu 30

Posisi tubuh yang baik dapat mengurangi tekanan punggung bagian belakang dan mengurangi beberapa sakit punggung. Mempertahankan posisi tubuh yang baik membutuhkan usaha, tapi berguna untuk mengurangi rasa sakit anda.


Untungnya, banyak kanker pada wanita terjadi setelah usia reproduktif, yang mengurangi kecenderungan terjadinya kanker selama kehamilan. Kanker selama kehamilan jarang terjadi dan harus diobati berdasarkan individual.

Beberapa kanker yang ditemukan selama kehamilan antara lain tumor payudara, leukemia, dan limfoma, melanoma, kanker ginekologik (kanker organ wanita, seperti serviks, rahim, dan ovarium) dan tumor tulang.

Perubahan besar mempengaruhi tubuh anda selama kehamilan. para peneliti menyarankan bahwa perubahan ini dapat mempengaruhi penemuan kanker selama kehamilan.

Beberapa orang percaya kanker dipengaruhi oleh meningkatnya kadar hormon selama kehamilan.

Meningkatnya aliran darah, dengan disertai perubahan dalam sistem limfatik, berkontribusi pada penyaluran kanker ke bagian tubuh lainnya.

Perubahan anatomi dan fisiologi kehamilan (pertumbuhan perut dan perubahan payudara) dapat menyulitkan untuk menemukan atau mendiagnosis kanker awal.

Tiga hal mengenai kanker selama kehamilan ini bisa valid pada beberapa kasus tetapi sangat tergantung pada kanker dan organ yang terlibat.

Kanker Payudara
Kanker payudara jarang terjadi pada wanita lebih muda dari 35 tahun. untungnya, ini bukan komplikasi yang biasa terjadi dalam kehamilan.

Selama kehamilan, lebih sulit menemukan kanker payudara karena perubahan pada payudara, seprti kelembutan, ukuran yang meningkat dan bahkan tonjolan. Dari semua wanita yang mengalami kanker payudara, sekitar 2% hamil pada saat diagnosis. Sebagian besar bukti menunjukkan kehamilan tidak meningkatkan kecepatan pertumbuhan atau penyebaran kanker payudara.

Pengobatan kanker payudara selama kehamilan bervariasi dan harus individual. Mungkin membutuhkan operasi, kemoterapi atau radiasi; kombinasi dari semua pengobatan ini mungkin digunakan. (Untuk informasi lebih lanjut, lihat Minggu 13.)

Kanker Pelvis
Kanker servikal dipercaya terjadi sekitar satu dalam setiap 10.000 kehamilan. Akan tetapi, sekitar 1% dari wanita yang menderita kanker serviks hamil saat didiagnosis. Kanker serviks dapat diobati, khususnya jika ditemukan dan diobati pada tahap awal.

Keganasan pada vulva, jaringan di sekeliling vagina, juga dilaporkan selama kehamilan. Tetapi hanya beberapa kasus yang terjadi.

Kanker Lain dalam Kehamilan
Penyakit Hodgkin (suatu bentuk kanker) biasanya mempengaruhi orang muda. Penyakit ini dapat dikendalikan selama waktu yang lama dengan radiasi dan kemoterapi. Penyakit ini terjadi sekitar 1 dari setiap 6.000 kehamilan. kehamilan tidak memiliki efek negatif terhadap penyakit Hodgkin.

Wanita hamil yang menderita leukemia meningkatkan kemungkinan persalian prematur. Mereka juga mengalami peningkatan dalam perdarahan setelah melahirkan. Leukemia biasanya diobati dengan kemoterapi atau terapi radiasi.

Melanoma bisa terjadi selama kehamilan. melanoma merupakan kanker berasal dari sel kulit yang menghasilkan melanin (pigmen). Melanoma yang ganas menyebar ke seluruh tubuh. kehamilan dapat menyebabkan gejala atau masalah memburuk. Melanoma dapat menyebar melalui placenta dan bayi.

Tumor tulang jarang terjadi selama kehamilan. Akan tetapi, dua jenis tumor tulang jinak ini (nonkanker) dapat mempengaruhi kehamilan dan persalinan. Tumor ini, endochondromas dan benign exostosis, dapat mengenai pelvis; tumor dapat mengganggu persalinan. Kemungkinan persalinan Cesar meningkat dengan terjadinya tumor ini.


Tip buat Ayah

Sekarang waktunya untuk memikirkan perubahan jadual kerja anda sehingga anda dapat berada di rumah lebih bnayak selama bagian kehamilan terakhir dan setelah bayi anda lahir. Hampir semua orangtua berharap mereka dapat meluangkan waktu lebih banyak di rumah. Jika anda sering bepergian, anda perlu merubah jadual anda sehingga anda dapat di rumah pada bagian terakhir dari kehamilan. Bayi lahir dengan jadualnya sendiri. Jika anda ingin hadir saat persalinan, rencanakan dulu!

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment