Saturday, July 4, 2009

Kehamilan Minggu 29: Usia Janin 27 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Pada saat ini, berat bayi anda sekitar 2,7 pon (1,25 kg). Panjang kepala sampai ke bokong yaitu 10,4 inci (26 cm). Panjang total janin adalah 16,7 inci (37 cm).

Berapa Besar Anda?
Pengukuran dari pusar anda, rahim anda sekitar 3,5 sampai 4 inci (7,6 sampai 10,2 cm) di atasnya. Rahim anda sekitar 11,5 inci (29 cm) di atas simfisis pubis. Jika anda mengunjungi dokter anda 4 minggu yang lalu, sekitar kehamilan minggu ke-25, anda mungkin sekitar 10 inci (25 cm) pada saat itu. Anda telah bertumbuh sekitar 1,5 inci (4 cm) dalam 4 minggu. Penambahan berat total anda pada minggu ini antara 19 dan 25 pon (8,55 dan 11,25 kg).

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Pertumbuhan Janin
Minggu demi minggu, kami memperhatikan perubahan pada ukuran bayi anda saat kehamilan berlanjut. Kami menggunakan berat rata-rata untuk memberikan anda gambaran mengenai berapa besar bayi anda pada saat tertentu. Akan tetapi, ini hanya rata-rata; ukuran dan berat bayi sangat bervariasi.

Karena pertumbuhan cepat selama kehamilan, bayi yang lahir secara prematur mungkin berukuran kecil. Bahkan kurang beberapa minggu dalam rahim dapat menyebabkan efek yang dramatis terhadap ukuran bayi anda. Bayi terus bertumbuh setelah minggu kehamilan ke-36, tetapi dengan kecepatan lebih lambat.

Beberapa faktor menarik mengenai berat lahir telah diketahui.
- Laki-laki lebih berat daripada perempuan.
- Berat badan lahir seorang bayi meningkat dengan meningkatnya jumlah kehamilan anda atau jumlah bayi yang anda lahirkan.

Ini merupakan pernyataan umum dan tidak berlaku pada setiap orang, tetapi dapat terjadi dalam banyak kasus. Rata-rata berat badan lahir bayi cukup bulan adalah 7 sampai 7,5 pon (3,28 kg sampai 3,4 kg).

Berapa Dewasa Bayi Anda?
Seorang bayi yang lahir antara kehamilan minggu ke-38 dan ke-42 adalah bayi cukup bulan (full-term). Sebelum minggu ke-38, masa prematur dapat terjadi pada bayi. Pada kehamilan minggu ke-42, dan setelah waktu ini, disebut postterm. Postdate merupakan istilah lebih baru yang digunakan beberapa dokter.

Bila bayi lahir sebelum akhir kehamilan, banyak orang menggunakan istilah prematur dan preterm. Terdapat perbedaan. Seorang bayi pada usia kehamilan 32 minggu tetapi mempunyai pulmoner atau fungsi paru yang dewasa pada saat lahir lebih sering disebut bayi preterm daripada bayi prematur. Prematur menggambarkan seorang bayi yang mempunyai paru-paru yang tidak dewasa saat lahir.


Hampir dua kali jumlah bayi preterm dapat hidup saat ini daripada 40 tahun yang lalu.


Bayi Prematur

Kelahiran prematur meningkatkan risiko masalah pada bayi. Juga meningkatkan risiko kematian janin. Bayi yang lahir prematur biasanya kurang dari 5,5 pon (2,5 kg).

Ilustrasi di artikel ini menunjukkan seorang bayi prematur dengan beberapa alat yang melekat pada tubuhnya untuk memonitor kecepatan jantungnya. Banyak alat lain yang dilekatkan, seperti intravena, selang, dan masker untuk memberikan oksigen.

Pada tahun 1950, angka kematian neonatal sekitar 20 per 1.000 kelahiran hidup. Saat ini, angkanya kurang dari 10 per 1.000 kelahiran hidup. Hampir dua kali jumlah bayi preterm dapat hidup saat ini daripada 40 tahun yang lalu.

Angka kematian yang berkurang terjadi terutama pada bayi yang dilahirkan selama trimester ketiga (kehamilan minggu 27 atau lebih) dengan berat badan minimal 2,2 pon (1 kg) dan tanpa cacat bawaan. Bila usia kehamilan dan berat lahir di bawah itu, angka kematian meningkat.

Metode yang lebih baik terhadap perawatan bayi prematur berkontribusi pada lebih tingginya statistik kelangsungan hidup. Saat ini, bayi yang lahir pada minggu kehamilan ke-25 dapat bertahan hidup. Akan tetapi, kelangsungan hidup jangka ama dan kualitas hidup bayi ini dilihat saat mereka tumbuh lebih tua.

Berapa angka kelangsungan hidup untuk bayi prematur? Informasi yang terbaru menunjukkan bayi yang beratnya 1,1 pon (500g) sampai 1,5 pon (700g), angka kelangsungan hidup sektiar 43%. Untuk bayi dengan berat antara 1,5 pon dan 2,2 pon (1 kg), angka kelangsungan hidup sekitar 72%. Angka ini bervariasi dari satu rumah dengan rumah sakit lainnya.

Rata-rata lama tinggal di rumah sakit untuk bayi prematur berkisar dari 125 hari untuk bayi dengan berat lahir antara 1,3 dan 1,5 pon (600 dan 700g) sampai 76 hari untuk bayi dengan berat lahir 2 sampai 2,2 pon (900g sampai 1 kg)

Pembahasan mengenai angka kelangsungan hidup harus meliputi angka frekuensi ketidakmampuan yang diderita bayi prematur. Pada kisaran berat badan lahir lebih rendah, banyak bayi yang hidup memiliki ketidakmampuan. Bayi dengan berat badan lahir lebih tinggi juga mempunyai ketidakmampuan, tetapi statistik untuk kelompok ini jauh lebih kecil.

Biasanya yang terbaik bagi bayi adalah tinggal dalam rahim selama mungkin, sehingga dapat bertumbuh dan berkembang secara penuh. Kadang-kadang, yang terbaik bagi bayi adalah dilahirkan lebih awal, seperti bila janin tidak menerima nutrisi yang memadai.

Mengetahui penyebab sakit melahirkan dan persalinan prematur mungkin sulit. Suatu usaha selalu dilakukan untuk menetukan apa penyebab sakit melahirkan preterm sebelum sakit melahirkan aktif mulai. Dengan begitu, pengobatan bisa lebi efektif. Suatu tes, disebut SalEst, dapat membantu menentukan apakah seorang wanita akan mengalami sakit melahirkan prematur. Tes mengukur kadar hormon estriol dalam saliva wanita hamil. Penelitian menunjukkan bahwa seringkali terjadi kelebihan dalam zat kimia ini beberapa minggu sebelum awal sakit melahirkan. Hasil yang positif berarti seorang wanita mempunyai kemungkinan 7 kali lebih tinggi melahirkan bayi sebelum minggu kehamilan ke-37.

Beberapa pertanyaan sulit yang harus dijawab saat sakit melahirkan prematur mulai antara lain:
- Apakah lebih baik bagi bayi untuk tinggal di dalam rahim atau dilahirkan?
- Apakah tanggal kehamilan tepat?
- Apakah ini benar-benar sakit melahirkan?

Retardasi Pertumbuhan dalam rahim
Retardasi pertumbuhan dalam rahim (intrauterine-growth retardaton, IUGR) mengacu pada janin yang tidak bertumbuh secepat yang seharusnya dalam rahim. Seorang bayi yang menderita IUGR mempunyai risiko lebih tinggi terhadap masalah serius. (Kita membahas IUGR lebih dalam dalam Minggu 31.)

Kata “retardasi” dapat menimbulkan keprihatinan seorang calon ibu. Retardasi dalam kasus ini tidak berlaku pada perkembangan atau fungsi otak bayi. Artinya pertumbuhan total dan ukuran bayi seluruhnya kecil dengan tidak sesuai; pertumbuhan dan ukuran mengalami perlambatan.

Perubahan pada Anda

Pengobatan Sakit Melahirkan Prematur
Apakah ada yang dapat dilakukan mengenai sakit melahirkan prmatur? Ya—sekarang kita mengobati sakit melahirkan prematur dalam beberapa cara yang berbeda.

Pengobatan yang sering dilakukan untuk sakit persalinan prematur adalah istirahat di tempat tidur. Seorang wanita disarankan untuk tinggal di tempat tidur dan berbaring menyamping. Tidak semua orang setuju dengan pengobatan ini, tetapi istirahat di tempat tidur seringkali berhasil untuk menghentikan kontraksi dan sakit melahirkan prematur. Jika ini terjadi pada anda, berarti anda tidak dapat bekerja atau melanjutkan aktivitas lainnya. Istirahat di tempat tidur baik dilakukan jika anda dapat mencegah persalinan prematur pada bayi anda.

Agen beta-adrenergik, juga disebut agen tokolitik, mungkin digunakan untuk menekan sakit melahirkan. Beta-adrenergik merupakan relaksan otot. Obat ini menenangkan rahim dan mengurangi kontraksi. (Rahim terdiri dari otot, yang aktif mendorong bayi keluar melalui serviks selama sakit melahirkan.) Pada saat ini, hanya ritodrin (Yutopar) yang disetujui oleh FDA untuk mengobati sakit melahirkan prematur.

Ritodrine diberikan dalam tiga bentuk yang berbeda: secara intravena, injeksi intramuskular, dan sebagai pil. Biasanya digunakan secara intravena dan membutuhkan rawat inap di rumah sakit beberapa hari.

Saat kontraksi prematur berhenti, anda dapat dialihkan ke obat oral, yang diminum setiap 2 sampai 4 jam. Ritodrin terbukti penggunaannya dalam kehamilan di atas 20 minggu dan di bawah 36 minggu kehamilan.

Efek Samping Ritodrin Pada Ibu

- Takikardia (detak jantung yang cepat)
- Hipotensi (perasaan ketakutan)
- Sakit pada dada
- Perubahan pada elektrokardiogram (catatan aktivitas elektrik jantung)
- Edema pulmoner (cairan dalam paru)
- Masalah metabolisme ibu, antara lain meningkatnya gula darah, rendahnya potassium darah dan bahkan asidosis darah, serupa dengan r
eaksi diabetik
- Sakit kepala
- Muntah
- Gemetar
- Demam
- Halusinasi

Masalah yang serupa mungkin terjadi pada bayi. Kadar gula darah yang rendah sering terlihat pada bayi setelah lahir dari ibu yang mengkonsumsi ritodrin sebelum persalinan. Detak jantung yang cepat juga umumnya terlihat pada bayi ini.


Bayi prematur (lahir pada kehamilan minggu ke-29)
ditunjukkan dengan monitor janin yang melekat padanya.

Pada beberapa kasus, pengobatan digunakan tanpa pemberian intravena terlebih dulu. Ini sering dilakukan pada wanita dengan riwayat sakit melahirkan prematur atau pada wanita dengan kehamilan kembar.

Terbutalin juga sering diberikan sebagai relaksan otot. Meskipun ditunjukkan sebagai obat yang efektif, tetapi penggunaannya tidak disetujui oleh FDA. Efek samping terbutalin serupa dengan ritodrin (lihat kotak halaman 288).

Magnesium sulfat digunakan untuk mengobati pre-eklampsia (lihat Minggu 31 untuk informasi tentang pre-eklampsia). Kami juga mengetahui bahwa magnesium sulfat juga dapat digunakan untuk membantu menghentikan sakit melahirkan. Obat ini paling sering diberikan melalui intravena dan membutuhkan rawat inap. Akan tetapi, kadang-kadang diberikan melalui oral, tanpa rawat inap. Dokter anda harus memonitor anda dengan sering jika dokter anda meresepkan magnesium sulfat.

Sedatif atau narkotik mungkin digunakan pada usaha awal untuk menghentikan sakit melahirkan. Terdiri dari injeksi morfin atau meperidin (Demerol). Ini bukan solusi jangka panjang tetapi efektif untuk menghentikan sakit melahirkan.

Keuntungan Menghentikan Sakit Melahirkan Prematur
Keuntungan menghentikan sakit melahirkan prematur antara lain mengurangi risiko masalah janin dan masalah yang berhubungan dengan persalinan prematur. Jika anda mengalami sakit melahirkan prematur, anda perlu mengunjungi dokter anda lebih sering. Dokter anda akan memonitor kehamilan anda dengan USG atau tes nonstress.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Sebagian besar pembahasan minggu ini mengenai bayi prematur dan pengobatan sakit melahirkan prematur. Jika anda didiagnosis mengalami sakit melahirkan prematur dan dokter anda menyarankan istirahat di tempat tidur dan menghentikan obat-obatan, ikuti nasihatnya!

Jika anda memikirkan instruksi dokter anda, diskusikan dengannya. Jika anda disarankan untuk tidak bekerja atau mengurangi aktivitas dan anda mengabaikannya, anda mengambil risiko dengan kesehatan anda dan bayi anda yang belum lahir. Tidak baik mengambil risiko. Jangan takut untuk meminta pendapat orang lain atau pendapat seorang perinatologis jika anda mengalami sakit melahirkan prematur.

Gizi Anda
Kami harap anda mendengarkan tubuh anda selama kehamilan anda. Anda beristirahat bila anda lelah. Anda pergi ke kamar mandi saat pertama kali anda merasakan ingin buang air kecil. Anda memperhatikan setiap ketidaknyamanan yang baru. Anda juga mendengarkan tubuh anda saat ingin makan dan minum. Bila anda merasa lapar atau haus, anda makan atau minum sesuatu. Makan makanan yang lebih kecil, lebih sering memberikan persediaan konstan terhadap zat gizi untuk janin anda.

Simpan makanan kecil di dekat anda. Kismis, buah kering dan kacang merupakan pilihan yang baik saat anda akan pergi. Kenali waktu siang atau malan saat lapar sangat menyerang anda. Bersiaplah.

Anda dapat berbeda, jika anda ingin. Makan spaghetti untuk makan pagi dan sereal untuk makan siang jika anda inginkan. Jangan memaksa diri anda memakan sesuatu yang tidak anda sukai. Selalu ada alternatif. Selama anda makan makanan yang bergizi dan memperhatikan jenis makanan yang anda makan, anda membantu diri anda dan janin anda.

Anda Juga Harus Tahu

Infeksi Streptokokus Grup-B
Infeksi Streptokokus Grup-B jarang terjadi pada orang dewasa tetapi dapat menyebabkan infeksi yang mengancam hidup pada bayi yang baru lahir. Streptokokus Grup-B sering ditularkan dari orang ke orang melalui hubungan seksual. Pada wanita, streptokokuk ini sering ditemukan dalam vagina atau rektum. Mungkin saja streptokokuk grup-B terdapat dalam sistem anda dan tidak sakit atau mengalami gejala.

Centers for Disease Control, American College of Obstetricians and Gynecologists dan American Academy of Pediatrics telah mengembangkan rekomendasi untuk mencegah infeksi ini pada bayi baru lahir. Rekomendasi pertama adalah semua wanita yang mempunyai faktor risiko streptokokus diobati. Faktor risiko antara lain:
- Bayi sebelumnya mengalami infeksi streptokokus grup B
- Sakit melahirkan prematur
- Pecahnya selaput lebih dari 18 jam
- Suhu tubuh 100,4 (38C) segera sebelum atau selama persalinan

Rekomendasi kedua adalah biakan streptokokus diambil dari daerah rektum dan vagina dari semua wanita hamil pada kehamilan minggu ke-35 sampai 37. Antibiotik, seperti penisilin atau ampisilin, diberikan selama sakit melahirkan pada pasien dengan biakan positif.

Tip buat Ayah

Setelah bayi lahir, anda dapat mengambil cuti untuk membantu di rumah dan menjadi bagian dari perkembangan awal bayi anda. Family and Medical Leave Act 1993 dapat membantu orang-ornag yang ingin mengambilcuti agar untuk merawat anggota keluarga. Jika bisa, mulai buat perencanaan dalam beberapa minggu berikutnya.


Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment

Post a Comment