Friday, July 3, 2009

Kehamilan Minggu 1 & 2: Awal kehamilan

Merupakan waktu yang menggembirakan bagi anda—memiliki bayi yang sedang tumbuh dan berkembang di dalam tubuh anda adalah pengalaman yang menakjubkan! Artikel ini akan membantu anda memahami dan menikmati kehamilan anda. Anda akan mempelajarai apa yang sedang terjadi di dalam tubuh anda dan bagaimana bayi dan bertumbuh dan berubah.

Fokus pada artikel ini adalah untuk membantu anda melihat bagaimana tindakan dan aktivitas anda mempengaruhi kesehatan dan status kesehatan anda dan bayi yang sedang berkembang. Jika anda sadar mengenai bagaimana tes tertentu pada waktu tertentu, seperti sinar X, akan mempengaruhi pertumbuhan bayi, anda boleh memutuskan tindakan lain. Jika anda memahami bagaimana mengkonsumsi obat tertentu dapat membahayakan bayi anda atau menyebabkan efek tetap, anda boleh memutuskan untuk tidak memakainya. Jika anda mengetahui diet yang buruk dapat menyebabkan rasa panas dalam perut atau mual atau mengganggu pertumbuhan bayi anda, anda boleh memilih makan makanan yang sehat. Jika anda menyadari berapa banyak tindakan anda mempengaruhi kehamilan anda, anda dapat memilih dengan bijaksana, bebaskan diri anda dari rasa khawatir dan lebih menikmati kehamilan anda.

Materi dalam artikel ini dibagi dalam minggu-minggu kehamilan. Ilustrasi membantu anda melihat dengan jelas bagaimana anda dan bayi anda berubah dan bertumbuh setiap minggu. Topik umum setiap minggu mencakup perhatian tertentu seperti berapa besar bayi anda, berapa besar anda, dan bagaimana tindakan anda mempengaruhi bayi anda.

Informasi dalam artikel ini tidak berarti menggantikan diskusi dengan dokter anda. Pastikan anda mendiskusikan semua masalah dengan dokter anda. Gunakan materi ini sebagai awal perbincangan anda. Hal ini akan membantu anda mengungkapkan perhatian atau minat anda.

Tanda dan Gejala Kehamilan

Banyak tanda dan gejala yang mengindikasikan kehamilan, tetapi sebagian besar juga menunjukkan penyebab lain. Periksakan gejala berikut ini pada dokter anda.

Tanda atau gejala kehamilan dan Kemungkinan penyebab lain

Terlambat datang bulan: perubahan berat badan berlebihan, stress, kelelahan, masalah hormonal, berhenti KB, menyusui, cemas

Mual, dengan atau tanpa muntah: gangguan perut, keracunan makanan, stress

Kelelahan: stress, depresi, pilek atau flu, anemia

Perubahan payudara : ketidakseimbangan hormonal, mulai pil KB, akan menstruasi

Keseringan buang air kecil: diabetes, infeksi saluran kencing, terlalu banyak konsumsi diuretik (seperti kopi)

Apa yang akan anda perhatikan pertama kali? Setiap wanita berbeda. Ketika anda menduga siklus menstruasi tidak tiba, mungkin tanda atau gejala pertama dari kehamilan.


Kapan waktu melahirkan bayi anda?


Awal kehamilan biasanya ditunjukkan dari awal dari siklus menstruasi terakhir anda. Artinya, untuk tujuan perhitungan dokter anda, anda hamil 2 minggu sebelum anda benar-benar hamil!

Memperkirakan Batas Tanggal Anda


Kebanyakan wanita tidak tahu tanggal pembuahan yang tepat, tetapi biasanya menyadari awal menstruasi terakhir mereka. Dari tanggal inilah kehamilan ditentukan. Batas tanggal penting dalam kehamilan karena membantu dokter anda menentukan kapan melaksanakan tes-tes atau prosedur tertentu. Juga membantu mengestimasi pertumbuhan bayi dan dapat mengindikasi apakah anda melampaui batas waktunya. Bagi sebagian besar wanita, masa subur (ovulasi) sekitar pertengahan siklus bulanan mereka, atau sekitar 2 minggu sebelum awal menstruasi berikutnya.

Kehamilan berakhir sekitar 280 hari, atau 40 minggu, dari awal menstruasi terakhir. Anda dapat menghitung batas tanggal anda dengan menghitung 280 hari dari hari pertama menstruasi terakhir anda. Atau menghitung mundur 3 bulan dari tanggal siklus terakhir anda dan ditambah 7 hari. Ini juga dapat memperkirakan tanggal persalinan. Contohnya, jika siklus terakhir anda mulai tanggal 20 Februari, batas tanggal anda 27 November.

Menghitung kehamilan dengan cara ini memberikan masa gestasi (masa menstruasi). Kebanyakan dokter dan perawat menggunakan cara ini. berbeda dengan masa ovulasi (masa pembuahan), yang 2 minggu lebih pendek dan menentukan tanggal dari tanggal pembuahan sebenarnya.

Banyak orang menghitung waktu selama kehamilan dengan minggu. Cara ini benar-benar cara termudah. Tetapi dapat membingungkan karena mulai menghitung dari kapan awal siklus anda dan anda tidak hamil sampai sekitar 2 minggu kemudian. Contohnya, jika dokter anda mengatakan anda hamil 10 minggu (dari siklus terakhir anda), pembuahan terjadi 8 minggu yang lalu.

Anda mungkin mendengar referensi pada tahap kehamilan anda dengan trimester. Trimester membagi kehamilan menjadi tiga periode, setiap periode lamanya sekitar 13 minggu. Ini membantu mengelompokkan tahap perkembangan. Contohnya,

Struktur tubuh bayi anda sebagian besar terbentuk dan sistem organnya berkembang selama trimester pertama. kebanyakan keguguran terjadi selama trimester pertama. Selama trimester ketiga, sebagian besar masalah ibu yaitu terjadinya hipertensi kehamilan atau pre-eklampsia. Anda mungkin mendengar tentang bulan Lunar, mengacu pada siklus bulan sepenuhnya, yaitu 28 hari. Karena kehamilan selama 280 hari dari awal menstruasi anda sampai batas tanggal anda, kehamilan berakhir 10 bulan lunar.

Definisi Waktu

Masa Gestasi (masa menstruasi): mulai dari hari pertama menstruasi terakhir anda, yang sebenarnya sekitar 2 minggu sebelum anda hamil. Kebanyakan dokter menggunakan masa ini untuk membahas kehamilan anda. Rata-rata lama kehamilan: 40 minggu.

Masa Ovulasi (masa pembuahan): mulai dari hari anda hamil. Rata-rata lama kehamilan: 38 minggu.

Trimester: setiap trimester berakhir sekitar 13 minggu. Ada tiga trimester dalam kehamilan.

Bulan Lunar: 28 hari. kehamilan berakhir rata-rata 10 bulan lunar.


Program 40 Minggu


Dalam artikel ini, kehamilan berdasarkan program 40 minggu. Dengan menggunakan metode ini, anda benar-benar hamil dalam minggu ketiga. Rincian kehamilan anda dibahas minggu per minggu diawali dengan Minggu 3. Batas tanggal anda di akhir minggu keempat puluh.

Pikirkan batas tanggal anda sebagai suatu tujuan—waktu yang dinantikan dan dipersiapkan.

Pembahasan tiap minguan termasuk usia sebenarnya dari pertumbuhan bayi anda. Contohnya, dalam bab Minggu 8 anda akan melihat sebagai berikut:


- Minggu 8 (usia kehamilan)


- Usia janin—6 Minggu (usia pembuahan)

Dengan cara ini, anda akan mengetahui berapa usia bayi anda yang sedang berkembang di setiap tahap kehamilan.

Penting untuk dipahami bahwa batas tanggal hanyalah estimasi, bukan tanggal yang tepat. Hanya 1 dari 20 wanita melahirkan pada batas tanggalnya. Tidak dapat dihitung dengan hari khusus (batas tanggal atau tanggal yang lebih awal). Anda dapat melihat hari-hari berlalu dan anda masih belum melahirkan. Pikirkan batas tanggal anda sebagai suatu tujuan—waktu yang dinantikan dan dipersiapkan. Akan bermanfaat bila anda mengetahui anda mengalami kemajuan. Memahami bagaimana waktu direkam selama kehamilan akan membantu.

Tidak masalah bagaimana anda menghitung waktu kehamilan anda, kehamilan akan berakhir selama kehamilan itu akan berakhir. Tetapi mujizat sedang terjadi—manusia yang hidup sedang bertumbuh dan berkembang di dalam anda! Nikmati waktu menyenangkan ini dalam hidup anda.

Siklus Menstruasi Anda


Menstruasi adalah peluruhan normal dan berkala dari darah, lendir dan sel dari ruang rahim. Interval menstruasi biasanya 28 hari, tetapi bisa sangat bervariasi dan masih dianggap normal. Lama dan jumlah lairan menstruasi juga dapat bervariasi; biasanya 4 sampai 6 hari.

Dua siklus penting sebenarnya terjadi pada saat yang sama—siklus ovarium dan siklus endometrium. Siklus ovarium menyediakan sel telur untuk pembuahan. Siklus endometrium menyediakan tempat yang cocok untuk implantasi sel telur yang sudah dibuahi di dalam rahim anda. karena perubahan endometrium diatur oleh hormon yang dibuat dalam ovarium, dua diklus ini berhubungan erat.

Siklus ovarium menghasilkan satu sel telur (ovum) untuk pembuahan. Dalam bayi perempuan yang baru lahir terdapat sekitar 2 juta sel telur. Kemudian sel telur itu berkurang sekitar 400.000 dalam gadis sebelum pubertas. Jumlah sel telur maksimum terjadi pada saat sebelum lahir. Saat janin perempuan berusia sekitar 5 bulan (4 bulan sebelum lahir), dia memiliki sekitar 6,8 juta sel telur.

Beberapa wanita (sekitar 25%) mengalami rasa sakit perut bawah atau tidak nyaman pada saat ovulasi, yang disebut mittelschmerz. Hal ini dikarenakan iritasi dari cairan atau darah dari folikel yang pecah. Ada atau tidak ada gejala ini bukan bukti ovulasi terjadi atau tidak terjadi.

Kesehatan Anda Mempengaruhi Kehamilan


Kesehatan anda yang baik merupakan salah satu faktor penting dalam kehamilan anda. nutisi yang baik, olahraga yang cukup, istirahat yang cukup dan perhatian kesehatan anda mempengaruhi kehamilan anda. Melalui artikel ini, kami menyediakan informasi mengenai obat-obatan yang boleh anda minum, tes kesehatan yang bisa anda dapatkan, obat bebas yang mungkin anda konsumsi dan hal lainnya. Informasi ini penting bagi anda agar anda sadar bahwa tindakan anda mempengaruhi kesehatan anda dan kesehatan bayi anda yang sedang berkembang.

Perawatan kesehatan yang anda terima juga dapat mempengaruhi kehamilan anda dan seberapa baik anda dapat hamil. Perawatan kesehatan yang baik juga penting untuk perkembangan dan kesehatan bayi anda.

Penyedia Kesehatan Anda


Anda mempunyai banyak pilihan untuk memilih penyedia kesehatan. Seorang ahli kandungan adalah seorang dokter spesialisasi perawatan wanita hamil, termasuk melahirkan bayi. Ahli kandungan adalah dr. (dokter yang lulus dari sekolah kedokteran terakreditasi dan telah memenuhi persyaratan ijin medis) atau D.O (dokter obat-obatan osteopati yang lulus dari sekolah obat-obatan osteopati yang terakreditasi dan telah memenuhi persyaratan ijin medis). Keduanya dilengkapi dengan pelatihan lebih lanjut setelah sekolah kedokteran (keresidenan).

Ahli kandungan spesialisasi kehamilan risiko tinggi disebut perinatologis. Beberapa wanita membutuhkan perinatologis (1 dari 10). Tanya dokter anda jika anda perlu menemui seorang spesialis, jika anda peduli dengan masalah kesehatan sebelumnya. Beberapa wanita memilih dokter keluarga. Dalam beberapa kasus, seorang ahli kandungan mungkin tidak ada karena masyarakat yang kecil atau dalam daerah terpencil. Dokter keluarga juga bekerja sebagai internis anda, obstetrik/ginekologis dan dokter anak. Banyak dokter keluarga berpengalaman dalam membantu persalinan. Jika ada masalah, dokter keluarga akan meminta anda untuk pergi ke ahli kandungan untuk perawatan prenatal anda. Juga dalam kasus bedah Cesar.

Wanita hamil kadang memilih bidan untuk perawatan mereka. Bidan yang bersertifikat adalah seorang profesional yang telah dilatih membantu persalinan kehamilan yang risiko rendah. Para bidan ini membutuhkan dokter, jika terjadi komplikasi.

Komunikasi Itu Penting


Penting untuk berkomunikasi dengan penyedia kesehatan anda. Kehamilan dan persalinan merupakan pengalaman individu. Anda perlu bertanya apapun yang ingin anda tanyakan, seperti berikut ini.


- Bagaimana dengan persalinan alami? Apakah anda percaya?


- Apakah ada rutinitas yang anda lakukan pada setiap pasien? Apakah setiap orang “mendapat” enema, monitor janin atau lainnya?


- Siapa yang menggantikan perawatan pasien bila anda pergi?


- Apakah ada dokter yang akan saya temui atau yang akan merawat saya?

Ekspresikan kepedulian anda dan bicarakan tentang apapun yang penting bagi anda. Penyedia kesehatan anda berpengalaman ratusan atau ribuan persalinan dan merapkan semua ini bagi kesehatan anda. Penyedia kesehatan anda harus mempertimbangkan apa yang terbaik untuk anda dan bayi anda, sementara dia berusaha menghargai permintaan “khusus” yang mungkin anda miliki. Jangan takut untuk bertanya; dokter anda mungkin sudah pernah mendengarnya. Mungkin permintaan itu tidak bijaksana atau berisiko bagi anda, tetapi penting untuk menanyakannya terlebih dahulu. Jika suatu permintaan dapat dilakukan, maka anda dapat merencanakannya bersama, mencegah perkembangan yang tak terduga.

Menemukan Penyedia Kesehatan yang “Tepat” Untuk Anda


Bagaimana anda menemukan seseorang “yang pas”? Jika anda sudah mempunyai seorang ahli kandungan yang anda senangi, semuanya sudah ditentukan untuk anda. Jika belum, telepon yayasan kesehatan daerah anda. Mintalah referensi untuk profesional yang menerima pasien baru yang hamil.

Surat kepercayaan tambahan yaitu sertifikat kesehatan. Tidak semua dokter yang membantu persalinan bayi memiliki sertifikat kesehatan. Ini bukan suatu persyaratan. Sertifikat kesehatan berarti dokter anda telah mengikuti ujian untuk meningkatkan mutu pelayanannya pada wanita hamil dan persalinan.

Sertifikat kesehatan diiberikan oleh American Board of Obstetrics and Gynecology, di bawah arahan American College of Obstetricians and Gynecologists. Jika dokter anda telah mendapatkan sertifikatnya, sering ditunjukkan dengan inisial F.A.C.O.G. di belakang nama dokter itu. Ini berarti dokter itu adalah Anggota dari American College of Obstetricians and Gynecologists. Yayasan kesehatan daerah itu dapat memberikan anda informasi ini.

Ada cara lain untuk menemukan penyedia kesehatan yang akan anda senangi. Tanyakan pengalaman teman anda yang baru-baru ini melahirkan. Tanyakan pendapat bidan di rumah sakit daerah anda. Media seperti Directory of Medical Spesialities atau Directory of the American Medical Association, tersedia di banyak perpustakaan Amerika. Di Kanada, terdapat Canadian Medical Directory. Dokter lainnya, seperti dokter anak atau dokter spesialis penyakit dalam, juga menyediakan referensi.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Tidak pernah terlalu dini untuk memikirkan bagaimana aktivitas dan tindakan anda dapat mempengaruhi perkembangan bayi anda. Banyak zat yang biasa anda gunakan mempunyai efek yang merugikan bagi bayi yang anda kandung. Zat-zat ini termasuk obat-obatan, tembakau, alkohol, dan kafein. Berikut ini adalah pembahasan merngenai merokok dan penggunaan alkohol.

Nicoderm dan Nicorette

Banyak studi menunjukkan efek membahayakan dari merokok selama kehamilan. Efek khusus dari Nicoderm dan Nicorette pada perkembangan janin tidak diketahui. Tetapi, jika anda hamil, para peneliti menyarankan untuk menghindari merokok.


Merokok


Merokok mempunyai efek membahayakan bagi kehamilan. Wanita hamil yang merokok 20 batang sehari (satu bungkus) menghisap asap tembakau lebih dari 11.000 kali dalam rata-rata kehamilan! Asap tembakau terdiri sari banyak zat yang membahayakan, seperti nikotin, karbon monoksida, hidrogen sianida, tar, resin, dan agen penyebab kanker (karsinogen). Zat-zat ini dapat menggangu perkembangan bayi anda secara tunggal atau bersamaan.

Tips Berhenti Merokok

- Daftar hal yang dapat anda lakukan selain merokok, khususnya aktivitas yang melibatkan tangan anda, seperti puzzle atau menjahit.

- Daftar barang yang ingin anda beli untuk diri anda atau bayi anda. Pakai uang rokok anda untuk membeli barang-barang ini.

- Kenali semua “pemicu”—apa yang menyebabkan anda ingin merokok. Buat rencana untuk menghindari atau mengatasi semua hal ini.

- Daripada merokok setelah makan, lebih baik gosok gigi anda, cuci piring, dan pergi berjalan-jalan.

- Jika anda selalu merokok saat menyetir, bersihkan mobil anda dalam dan luar dan gunakan penyegar ruangan. Bernyanyi dengan radio atau kaset. Untuk sementara naik bus.

- Banyak minum air.


Bukti ilmu pengetahuan menunjukkan merokok selama kehamilan meningkatkan risiko kematian janin atau kerusakan janin. Merokok mengganggu penyerapan vitamin B dan C dan asam folat. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan cacat pada persarafan dan meningkatkan risiko komplikasi pada wanita hamil.

Selama lebih dari 20 tahun, kami mengetahui bayi yang lahir dari ibu yang merokok mempunyai berat badan kurang dari 7 ons (200 g). Itulah sebabnya terdapat peringatan pada bungkus rokok terhadap bahaya merokok bagi wanita hamil. Berat badan yang rendah berhubungan langsung dengan jumlah rokok yang dihisap sang ibu. Efek ini tidak muncul pada bayi lainnya jika ibu tidak merokok pada kehamilan berikutnya. Terdapat hubungan langsung antara merokok dengan gangguan pertumbuhan janin.

Anak-anak yang lahir dari ibu yang merokok selama kehamilan mempunyai nilai IQ yang lebih rendah dan meningkatkan insiden gangguan membaca daripada anak-anak yang lahir dari ibu yang tidak merokok. Insiden dari sindrom disfungsi otak ringan (hiperaktivitas) juga dilaporkan lebih tinggi di antara anak-anak yang ibunya merokok selama kehamilan.

Merokok selama kehamilan meningkatkan risiko keguguran dan kematian janin atau kematian bayi segera setelah lahir. Risiko ini juga berhubungan langsung dengan jumlah rokok yang dihisap wanita hamil. Risiko meingkat sebesar 35% pada wanita yang merokok lebih dari satu bungkus sehari.

Merokok juga meningkatkan insiden komplikasi serius pada calon ibu. Contohnya, abruptio placenta, yang dibahas dalam Minggu 33. Risiko terjadi abruptio placenta meningkat hampir 25 % pada perokok moderat dan lebih dari 65 % pada perokok berat.

Placenta previa (dibahas dalam Minggu 33) juga terjadi lebih sering pada perokok. Angka kejadian meningkat 25% pada perokok moderat dan 90% pada perokok berat.

Efek membahayakan pada kesehatan umum yang disebabkan karena merokok banyak sekali dan termasuk meningkatkan risiko terhadap penyakit:


- Penyakit paru, seperti bronkitis kronik, emfisema, dan kanker.


- Penyakit kardovaskuler, termasuk penyakit jantung iskhemik, penyakit peripheral vaskuler atau arteriosklerosis.


- Kanker kandung kemih.


- Penyakit radang dinding perut.

Sebagai tambahan, perokok mempunyai angka mortalitas 30 sampai 80% lebih tinggi daripada nonperokok.

Apa yang dapat anda lakukan? Sederhana tetapi tidak mudah—berhenti merokok. Dalam keadaan yang lebih realistik, seorang wanita yang merokok selama kehamilan akan memperoleh manfaat dari mengurangi atau berhenti merokok sebelum atau selama kehamilan—dan juga bagi bayinya yang sedang berkembang. Beberapa studi menunjukkan bahwa nonperokok dan janinnya yang merupakan perokok pasif juga terpapar pada nikotin dan zat membahayakn lainnya. Mungkin kehamian dapat menjadi motivasi yang baik bagi semua orang di keluarga untuk berhenti merokok!

Penggunaan Alkohol


Penggunaan alkohol oleh wanita hamil menimbulkan risiko. Peminum moderat meningkatkan kemungkinan keguguran. Konsumsi alkohol yang berlebihan selama kehamian sering menyebabkan kelainan janin. Penggunaan alkohol kronis dalam kehamian dapat menyebabkan kelainan perkembangan janin yang disebut fetal alcohol syndrome (FAS).

FAS dicirikan dengan retardasi pertumbuhan sebelum dan setelah kelahiran, dan cacat pada anggota badan, karakteristik jantung dan wajah. Karakteristik wajah dapat diketahui—hidung menengadah dan pendek, rahang atas rata dan mata tampak “berbeda.” Anak dengan FAS juga mempunyai masalah kelakuan.

Anak-anak dengan FAS sering mengalami gangguan berbicara, gangguan fungsi motorik. Mortalitas perinatal (masa sebelum, selama dan tidak lama setelah kelahiran) yaitu 15 sampai 20%.

Sebagian besar studi menunjukkan wanita yang minum empat sampai lima gelas alkohol mempunyai kemungkinan untuk terjadinya FAS. Tetapi abnormalitas ringan berhubungan dengan dua gelas alkohol sehari (1 ons alkohol). Gangguan lebih ringan ini sebagai akibat fetal alcohol eksposure (FAE), suatu kondisi yang dapat dikarenakan alkohol yang sangat sedikit. Hal ini menuntun para peneliti untuk menyimpulkan baha tidak ada level aman terhadap konsumsi alkohol selama kehamilan. Untuk alasan ini, semua minuman alkohol di Amerika disertai label peringatan sama seperti pada kemasan rokok. Peringatan itu menyarankan wnaita untuk menghindari alkohol selama kehamilan karena kemungkinan masalah janin, termasuk paparan alkohol pada janin dan sindrom alkohol pada janin.

Mengkonsumsi obat dengan alkohol meningkatkan kemungkinan gangguan pada bayi. Analgesik, antidepresan, dan antikonvulsan menyebabkan masalah utama. Beberapa peneliti menyimpulkan ayah dengan konsumsi alkohol berat sebelum pembuahan juga menyebabkan sindrom alkohol pada janin. Konsumsi alkohol pada ayah merupakan salah satu penyebab dari intrauterine-growth retardation (retardasi pertumbuhan dalam rahim).

Sebagai peringatan, sangat berhati-hati dengan penggunaan obat bebas untuk batuk dan pilek. Banyak yang berisi alkohol—beberapa sebesar 25%!

Beberapa wanita bertanya apakah mereka bisa mimum sedikit. Banyak sekali pertentangan mengenai hal ini karena tidak diketahui level aman konsumsi alkohol selama kehamilan. Mengapa mengambil risiko? Demi kesehatan janin anda, jauhkan diri dari alkohol selama kehamilan. Tanggung jawab mencegah semua masalah ini berada di pundak anda!

Alkohol dalam masakan

Sebagian besar wanita mengetahui bahwa mereka harus menghindari alkohol selama kehamilan, tetapi bagaimana dengan resep masakan yang menggunakan alkohol? Aturan yang baik mengatakan tidak apa-apa memakan makanan yang mengandung alkohol jika dibakar atau dididihkan minimal selama 1 jam. Memasak dengan waktu yang lama menyebabkan kandungan alkohol sebagian besar keluar.


Gizi anda


Jika berat badan anda normal sebelum kehamilan, anda perlu meningkatkan pemasukan kalori selama kehamilan. selama trimester pertama (13 minggu pertama), anda harus memakan kira-kira sejumlah 2.200 kalori per hari.

Selama trimester kedua dan ketiga, anda mungkin perlu tambahan 300 kalori per hari.

Ekstra kalori memberikan energi yang dibutuhkan tubuh anda untuk anda dan janin anda. Bayi anda menggunakan energi untuk membentuk dan menyimpan protein, lemak, dan karbohidrat. Bayi anda membutuhkan energi agar tubuhnya bisa berfungsi. Kalori ekstra juga mendukung perubahan tubuh anda. Rahim anda membesar dan volume darah anda meningkat sekitar 50%.

Anda dapat memenuhi kebutuhan gizi anda dengan makan yang seimbang, diet yang bervariasi. Kualitas kalori anda juga penting. Jika suatu bahan makanan tumbuh di tanah atau di pohon (berarti segar), akan lebih baik untuk anda daripada makanan kotak atau kaleng.

Hati-hati mengenai tambahan ekstra 300 kalori pada rencana nutrisi anda—tidak berarti anda menggandakan porsi. Apel sedang dan segelas yogurt rendah lemak sejumlah 300 kalori!

Anda Juga Harus Tahu

Hepatitis dalam Kehamilan


Hepatitis adalah infeksi virus di hati. Penyakit ini merupakan salah satu infeksi paling serius yang dapat terjadi selama kehamilan. Hepatitis B bertangung jawab pada hampir setengah kasus hepatitis di Amerika yang di tularkan melalui hubungan seksual atau menggunakan jarum bekas.

Orang-orang yang berisiko terkena hepatitis B termasuk orang dengan riwayat penggunakan obat intravena, riwayat penyakit menular seksual atau terpapar dengan orang atau hasil darah yang mengandung hepatitis B. Hepatitis B dapat ditularkan pada janin dari wanita hamil.

Gejala-gejala hepatitis antara lain:


- Mual


- Gejala seperti flu


- Jaundice (kulit kuning)


- Urin gelap


- Rasa sakit di atau sekitar hati atau perut bagian atas

Hepatitis B didiagnosis dengan tes darah. Di sebagian besar daerah, wanita diperiksa hepatitis B pada awal kehamilan. Jika hasilnya positif, bayi anda menerima imun globulin (antibodi melawan hepatits). Sekarang disarankan semua bayi yang baru lahir menerima vaksin hepatitis tidak lama setelah lahir. Tanyalah dokter anak anda apakah vaksin ini tersedia di daerah anda.

Jurnal Trimester Pertama

Olahraga

Rencana saya untuk memulai atau melanjutkan program olahraga (aerobik dan kebugaran):

Jenis olahraga yang mungkin dapat saya nikmati selama kehamilan:

Di mana saya dapat menemukan waktu untuk berolahraga:

Perhatian dan pertanyaan untuk dokter pada pemeriksaan saya berikutnya.


Tabel Penambahan Berat Badan Anda Selama Kehamilan

Minggu

berat badan

setiap 4 minggu

penambahan

berat badan 4 minggu

4

8

12

16

20

24

28

32

36

40



Total penambahan berat badan kehamilan


Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment