Saturday, July 4, 2009

Kehamilan Minggu 28: Usia Janin 26 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Berat bayi anda sekitar 2,4 pon (1,1 kg). Panjang dari kepala ke bokong mendekati 10 inci (25 cm). Total panjang yaitu 15,75 inci (35 cm).

Berapa Besar Anda?
Rahim anda berada di atas pusar anda sekarang. Kadang-kadang, pertumbuhan ini sepertinya perlahan-lahan. Pada waktu lain, sepertinya terjadi dengan cepat, seolah satu malam.

Rahim anda sekitar 3,2 inci (8 cm) di atas pusar anda. Jika anda mengukur dari simfisis pubis, sekitar 11 inci (28 cm) ke bagian atas rahim. Penambahan berat anda pada saat ini antara 17 dan 24 pon (7,7 dan 10,8 kg).

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Sampai saat ini, permukaan otak janin telah muncul dengan halus. Pada minggu kehamilan ke-28, otak membentuk alur sifat dan lekukan di permukaan. Jumlah jaringan otak juga meningkat.

Alis dan bulu mata bayi anda telah muncul. Rambut di kepala bayi makin panjang. Tubuh bayi menjadi lebih tegak lurus dan lebih bulat. Bayi mulai sedikit gemuk karena meningkatnya lemak di bawah kulit. Sebelum saat ini, bayi terlihat kurus.

Berat bayi anda sekarang sekitar 2,4 pon (1.100g). Ini pertumbuhan yang menakjubkan dibandingkan dengan 11 minggu yang lalu, saat beratnya hanya sekitar 3,5 ons (100g) pada minggu kehamilan ke-17. Berat bayi anda meningkat lebih dari 10 kali dalam 11minggu! Pada 4 minggu terakhir, dari minggu kehamilan ke-24 sampai minggu ini, beratnya dua kali lipat. Bayi anda bertumbuh dengan cepat!

Perubahan pada Anda

Placenta
Placenta, yang ditunjukkan pada gambar di atas dengan janin, membawa oksigen dan zat gizi pada janin. Ini merupakan bagian penting dari kehamilan.

Placenta berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan, dan kelangsungan hidup bayi. Ilustrasi pada halaman sebelumnya menunjukkan janin terikat pada tali pusat, yang melekatkannya pada placenta.

Dua lapisan sel penting, amnion dan korion, terlibat dalam perkembangan placenta dan kantung amnion. Perkembangan dan fungsi lapisan sel itu rumit dan gambarannya di luar jangkauan buku ini. Akan tetapi, amnion adalah lapisan di sekitar air ketuban tempat janin mengambang.

Placenta mulai terbentuk dengan sel trophoblastik. Sel ini bertumbuh melalui dinding pembuluh darah ibu dan berhubungan dengan aliran darah anda tanpa darah anda atau darah janin bercampur. (Sirkulasi janin terpisah dengan sirkulasi anda.) Sel ini bertumbuh dalam pembuluh darah tanpa membuat hubungan vaskuler (atau pembukaan) antara pembuluh darah. Tetapi darah janin mengalir dalam placenta dekat dengan darah anda mengalir dalam placenta.

Kita telah mengikuti penambahan berat badan bayi anda dalam buku ini. Placenta juga bertumbuh dengan cepat. Pada kehamilan minggu ke-10, berat placenta sekitar 0,7 ons (20g). Sepuluh minggu kemudian, pada minggu ke-20, beratnya hampir 6 ons (170g). Dalam 10 minggu lagi, placenta akan meningkat sampai 15 ons (430g). Pada kehamilan penuh, 40 minggu, beratnya hampir 1,5 pon (650g)!

Pembuluh darah janin dan placenta mulai berhubungan pada perekmbangan minggu kedua atau ketiga. Selama kehamilan minggu ketiga, penonjolan (villi) pada dasar placenta menjadi terikat dengan kuat pada lapisan bawah rahim.

Villi penting selama kehamilan. ruang sekitar villi (ruang antarvillus) menjadi sarang lebah dengan pembuluh darah ibu. Villi menyerap zat gizi dan oksigen dari darah ibu; kemudian disalurkan ke janin melaluivena pusar dalam tali pusar. Hasil buangan dari bayi dibawa melalui arteri pusar ke ruang antarvillus dan disalurkan pada aliran darah ibu. Dengan cara ini, bayi membuang hasil buangannya.

Apa yang Dilakukan Placenta?
Placenta berperan dalam memindahkan oksigen dan karbondioksida ke dan dari bayi. Juga terlibat dalam gizi dan ekskresi hasil buangan dari bayi.

Sebagai tambahan fungsi ini, placenta mempunyai peranan hormon pnting. Placenta menghasilkan human chorionic gonadotropin (HCG) (dibahas dalam Minggu 5). Hormon ini ditemukan dalam aliran darah anda pada pengukuran jumlahnya dalam 10 hari setelah pembuahan. Tes kehamilan memeriksa kadar HCG untuk menentukan apakah seorang wanita hamil. Placenta juga mulai membuat hormon estrogen dan progesteron pada minggu kehamilan ke-7 atau ke-8.

Seperti Apa Placenta?
Pada kehamilan penuh, placenta normal datar dan mirip kue, bulat atau oval. Diameternya sekitar 6 sampai 8 inci (15 sampai 20 cm) dan tebalnya 0,8 sampai 1,2 inci (2 sampai 3 cm) di bagian paling tebal. Beratnya antara 17,5 dan 24 ons (500 sampai 650g).

Ukuran dan bentuk placenta sangat bervariasi. Placenta yang terlalu besar (placentamegali) dapat ditemukan bila wanita terinfeksi syphilis atau bila bayi mengalami eritoblatosis (Rh-sensitisasi dari bayi). Kadang-kadang terjadi tanpa penjelasan yang nyata. Placenta yang kecil ditemukan dalam kehamilan yang normal tetapi juga ditemukan pada retardasi pertumbuhan dalam rahim.

Bagian dari placenta yang terikat pada dinding rahim mempunyai bentuk seperti spon. Sisi janin dari placenta, bagian terdekat dengan bayi dalam kantung amnion, lembut. Dan dilindungi dengan selapun amniot dan korion.

Tip untuk Minggu 28

Meskipun persalinan masih beberapa minggu, tidak terlalu dini mulai membuat perencanaan untuk perjalanan ke rumah sakit. Ini termasuk mengetahui bagaimana menghubungi pasangan anda (simpan semua nomor teleponnya pada anda). Juga pertimbangkan apa yang akan anda lakukan jika dia tidak cukup dekat untuk membawa anda. Siapa supir yang potensial? Bagaimana anda menghubunginya?


Placenta berwarna merah atau coklat kemerahan. Kira-kira waktu kelahiran, placenta memiliki bidang kecil, yang merupakan deposit kalsium.

Dalam kehamilan kembar, mungkin terdapat lebih dari satu placenta. Atau mungkin terdapat satu placenta dengan lebih dari satu tali pusar. Biasanya pada kembar, terdapat dua kantung amnion, dengan dua tali pusar pada janin dari satu placenta.

Tali pusar, yang merupakan pelekatan dari placenta pada bayi, mengandung dua arteri pusar dan satu vena pusar, yang membawa darah ke dan dari bayi. Panjangnya sekitar 22 inci (55 cm). Tali pusar biasanya berwarna putih.

Beberapa wanita mengalami masalah berhubungan dengan placenta selama kehamilan. Salah satunya adalah abrupsi placenta (lihat Minggu 33) dan placenta previa (lihat Minggu 35). Setelah persalinan, placenta yang tertinggal kadang menjadi masalah (lihat Minggu 38).

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Mengatasi Asma Ibu
Asma merupakan penyakit pernafasan yang ditandai dengan meningkatnya respon atau sensitivitas pada stimulasi trake dan bronkus, keduanya penting untuk beranfas. Masalah dnegan asma dimanifestasi dengan kesulitan bernafas, sesak nafas, batuk dan berbunyi.

Asma datang dan pergi, dengan gejala akut yang buruk diselangi dengan periode gejala yang bebas. Penyakit ini mempengaruhi sekitar 2% dari populasi di Amerika dan Kanada. Di negara lain juga biasa terjadi.

Kunjungan ke Dokter

Leni memikirkan asmanya dan ingin tahu apa yang dapat dilakukannya agar tidak membutuhkan obat. Saya memberitahunya bahwa banyak wanita yang dapat mengatasi asmanya selama kehamilan dengan mudah. Mempertahankan hidrasi yang bagik dengan banyak minum dapat membantu banyak wanita.


Asma dapat terjadi ada usia berapapun, tetapi sekitar 50%dari semua kasus asma terjadi sebelum usia 10 thaun. 33% lainnya terjadi pada usia 40 tahun. Kehamilan sepertinya tidak menyebabkan masalah asma yang konsisten dan dapat diramalkan. Beberapa wanita hamil membaik selama kehamilan. Beberapa makin buruk.

Mengobati Serangan Asma
Sebagian besar wanita dengan asma dapat mempunyai kehamilan, sakit melahirkan, dan persalinan yang aman. Jika seorang wanita mengalami serangan asma yang parah saat tidak hamil, dia bisa mengalami serangan yang parah saat hamil.

Umumnya, pengobatan yang digunakan sebelum kehamilan dapat dilanjutkan. Ini termasuk obat-obatan yang diresepkan untuk asma sebelum atau sesudah kehamilan.

Selama kehamilan, kebutuhan oksigen meningkat sekitar 25%. Bayi anda membutuhkan oksigen untuk bertumbuh dan berkembang. Itulah sebabnya pengobatan asma penting saat anda hamil.

Pengobatan asma, seperti terbutalin dan steroid, seperti hidrokortison atau metilprednison, dapat digunakan selama kehamilan. Aminofillin atau teofillin juga dapat digunakan.

Gizi Anda
Anda mungkin menanyakan tentang jenis makanan apa yang dimakan atau yang dihilangkan dari diet anda selama kehamilan. Tabel berikut ini memberikan beberapa petunjuk.

Jenis Makanan yang Saya Makan?

Makanan yang dimakan _____________porsi per hari
Buah dan sayur yang berwarna gelap
dan kuning tua ______________________________1
Buah dan sayur dengan vitamin C
(tomat, sitrus) ______________________________2
Buah dan sayur lainnya _______________________2
Roti gandum dan sereal _______________________4
Produk susu ________________________________4
Sumber protein (daging, unggas, telur, ikan) _______2
Kacang dan buncis kering, biji-bijian dan kacang ____2

Makanan yang dimakan sedang
Kafein ________________________________200mg
Lemak ______________________________jumlah terbatas
Gula ________________________________jumlah terbatas

Makanan untuk dihindari
Makanan yang mengandung alkohol ________bahan tambahan
____________________________________makanan, jika
____________________________________
mungkin


Anda Juga Harus Tahu

Tes Tambahan
Minggu kehamilan ke-28 merupakan waktu saat banyak dokter mengulang tes darah tertentu. Pemeriksaan toleran glukosa untuk diabetes juga dilakukan pada saat ini.

Jika anda Rh-negatif, anda akan menerima injeksi RhoGAM pada saat ini dalam kehamilan anda. Injeksi ini menjaga anda dari sensitivitas jika darah bayi anda bercampur dengan darah anda. RhoGAM melindungi sampai saat melahirkan.



Bagaimana Letak Bayi?

Pada saat ini dalam kehamilan anda bisa menanyakan letak bayi anda. Apakah kepala lebih dulu? Apakah bokong lebih dulu? Apakah bayi terletak menyamping?

Sulit—biasanya tidak mungkin—pada saat ini dalam kehamilan untuk mengetahuinya dengan merasakan perut anda bagaimana letak bayi dan apakah bokong lebih dulu, kaki lebih dulu atau kepala lebih dulu. Bayi merubah posisi selama kehamilan dan terus berubah selama bulan berikutnya.

Merasakan perut untuk melihat lokasi kepala atau bagian lain tidak menyakitkan. 3 sampai 4 minggu lagi, kepala bayi akan lebih keras; saat itu akan lebih mudah bagi dokter anda untuk menentukan bagaimana letak bayi anda (disebut presentasi janin).

Tip buat Ayah

Pasangan anda telah merasakan gerakan bayi selama 2 atau 3 bulan. Sekitar waktu ini, anda mungkin dapat merasakannya juga! Letakkan tangan anda dengan lembut pada perutnya. Pasangan anda dapat memberitahu anda kapan bayi bergerak.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment

Post a Comment