Saturday, July 4, 2009

Kehamilan Minggu 27 Usia Janin: 25 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Minggu ini merupakan awal trimester ketiga. Sebagai tambahan berat dan panjang dari kepala ke bokong, kami menambahkan panjang total tubuh bayi anda dari kepala ke jari kaki. Ini akan memberikan anda ide yang lebih baik tentang berapa besar bayi anda selama bagian kehamilan terakhir ini.

Sekarang berat bayi anda lebih kecil dari 2 pon (1 kg), dan panjang dari kepala ke bokong sekitar 9,6 inci (24 cm) pada minggu ini. Panjang totalnya 15,3 inci (34 cm).

Berapa Besar Anda?
Rahim anda sekitar 2,8 inci (7 cm) di atas pusar anda. jika diukur dari simfisis pubis, lebih dari 10,5 inci (27 cm) dari simfisis pubis ke bagian atas rahim.

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Perkembangan Mata
Mata pertama kali muncul sekitar hari ke-22 dari perkembangan embrio (sekitar 5 minggu kehamilan). Pada awalnya, mata seperti sepasang lekukan dangkal di masing-masing sisi otak yang sedang berkembang. Lekukan ini terus berkembang dan akhirnya berubah menjadi saku disebut gelembung optik. Lensa dari masing-masing mata berekmbang dari ektodermis. (Kita membahas ektodermis pada Minggu 4.)

Pada awal perkembangan, amta berada di samping kepala. Kemduian bergerak ke tengah wajah antara 7 dan 10 minggu kehamilan.

Pada minggu kehamilan 8, pembuluh darah ke mata terbentuk. Selama minggu kehamilan ke-9, pupil terbentuk. Pada minggu kehamilan ke-8 atau ke-9, sambungan saraf dari mata ke otak mulai terbentuk. Saraf ini disebut saraf optik.

Kelopak mata yang menutupi mata menyatu (bersambung) pada minggu 11 sampai 12. Kelopak tetap bersatu sampai sekitar 27 sampai 28 minggu kehamilan, saat kelopak terbuka.

Retina, di belakang mata, merupakan sensitif sinar. Retina adalah bagian mata tempat sinar difokuskan. Berkembang sekitar minggu kehamilan ke-27. Lapisan ini menerima sinar dan informasi sinar, dan menyalurkannya ke otak untuk penafsiran—yang kita kenal sebagai pandangan.

Katarak Bawaan
Katarak bawaan merupakan masalah mata yang terjadi saat lahir. Sebagian besar orang percaya katarak terjadi hanya pada usia tua, tetapi itu pengertian yang salah. Katarak dapat terjadi pada bayi baru lahir! Lensa tidak transparan atau bening, tetapi lensa yang memfokuskan sinar di belakang mata itu buram. Masalah ini biasanya disebabkan karena genetik (keturunan). Akan tetapi, juga ditemukan pada anak yang lahir dari ibu yang mengalami campak Jerman (rubella) sekitar minggu kehamilan ke-6 atau ke-7.

Mikroftalmia
Masalah mata bawaan lainnya adalah mikroftalmia, yaitu ukuran keseluruhan mata terlalu kecil. Bola mata mungkin hanya dua pertiga dari ukuran normal. Kelainan ini sering terjadi dengan kelainan lainnya pada mata. Seringkali disebabkan karena infeksi ibu saat bayi sedang berkembang dalam rahim, seperti cytomegalovirus ( CMV) atau toksoplasmosis.

Perubahan pada Anda

Merasakan Gerakan Bayi Anda
Merasakan bayi anda bergerak (quickening) merupakan salah satu bagian kehamilan yang lebih berharga. Sebelum anda merasakan bayi anda bergerak, anda telah mempunyai hasil tes kehamilan yang positif dan mendengar detak jantung bayi anda di kantor dokter anda.

Merasakan kehidupan di dalam anda dapat menjadi awal ikatan dengan bayi anda. banyak wanita merasa mulai berhubungan dengan bayi dan kepribadiannya sebelum persalinan dengan merasakan gerakan bayi. Gerakan ini biasanya menenangkan hati dan suatu sensasi yang dinikmati sebagian besar wanita hamil. Pasangan anda dapat mengalami dan menikmati gerakan bayi dengan merasakan perut anda saat bayi aktif.

Gerakan bayi anda dapat berbeda intensitasnya. Dapat berkisar dari debaran, kadang digambarkan sebagai perasaan kupu-kupu atau gelembung gas pada awal kehamilan, sampai gerakan cepat atau bahkan tendakan yang menyakitkan dan tekanan saat bayi anda makin besar.

Pasangan anda dapat mengalami dan menikmati gerakan bayi dengan merasakan perut anda saat bayi aktif.


Wanita sering menanyakan berapa sering seharusnya seorang bayi bergerak. Mereka ingin mengetahui apakah bayi bergerak terlalu banyak atau tidak cukup bergerak. Ini pertanyaan yang sulit untuk dijawab karena gerakan setiap bayi yang anda kandung dapat berbeda. Biasanya lebih menenangkan hati bila bayi sering bergerak. Tetapi bukan hal luar biasa bagi seorang bayi yang diam karena tidak banyak aktivitas.

Jika anda beraktivitas, anda mungkin tidak memperhatikan bayi bergerak karena anda sedang aktif dan sibuk. Anda dapat berbaring ke samping jika bayi anda bergerak atau masih bergerak. Banyak wanita melaporkan bahwa bayi mereka lebih banyak aktif pada malam hari sehingga membuat mereka terjaga dan sulit tidur.

Jika bayi anda diam dan tidak seaktif yang normal atau yang anda harapkan, diskusikan dengan dokter anda. anda dapat selalu mengunjungi dokter anda untuk mendnegarkan detak jantung bayi jika bayi tidak bergerak seperti pola umumnya. Pada sebagian besar kejadian, tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan.

Pada saat ini, kelopak bayi anda terbuka. Bayi anda mulai membuka dan menutup matanya saat masih di dalam rahim anda.

Kunjungan ke Dokter

Jane bertanya pada saya mengapa dia mengalami “rasa sakit yang tajam dan menikam” di bawah tulang dadanya. Saya memberitahunya bahwa hal ini normal pada beberapa wanita. Saya menyarankan hal terbaik yang dapat dilakukannya adalah berbaring ke samping untuk mengurangi tekanan di daerah yang sakit. jika dia merasakan tekanan di bawah tulang dada kanannya, misalnya, dia harus berbaring ke sebelah kirinya.


Sakit di Bawah Tulang Dada Anda

Beberapa wanita mengeluh sakit di bahwa tulang dada mereka dan di perut bagian bawah mereka saat bayi mereka bergerak. Jenis rasa sakit ini bukan masalah luar biasa, tetapi dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada anda. gerakan bayi meningkat sehingga anda akan merasakannya setiap hari, dan gerakan itu makin kuat dan keras. Pada saat yang bersamaan, rahim anda makin besar dan makin menekan seluruh organ anda. Rahim anda yang bertumbuh dan membesar menekan usus halus, kandung kemih, dan rektum.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Banyak wanita yang menanyakan tentang bekerja di depan layar komputer. Tidak ada yang mengatakan bahwa bekerja di depan layar komputer dapat membahayakan bayi anda yang belum lahir.

Jika anda bekerja di depan komputer (atau mesin tik), pertimbngkan cara anda duduk dan berapa lama anda duduk. Duduk di kursi yang memberikan sandaran yang baik untuk punggung dan kaki anda. jangan membungkuk atau menyilangkan kaki anda saat duduk. Pastikan untuk berdiri dan berjalan-jalan minimal setiap 15 menit—anda perlu menjaga sirkulasi yang baik pada kaki anda.

Kelas Prenatal
Kapan sebaiknya anda memikirkan untuk mengikuti kelas prenatal? Walaupun baru permulaan trimester ketiga, tidak terlalu awal memikirkannya dan mendaftar pada kelas ini sekarang. Suatu ide yang baik untuk mendaftarkan diri di kelas itu sehingga anda dapat mengikutinya sebelum kehamilan anda berakhir. Dengan melakukan ini, anda akan mempunyai waktu mempraktikkan apa yang anda pelajari. Anda seharusnya tidak mulai mengikuti kelas saat anda melahirkan!

Mengapa Anda Sebaiknya Mengikuti Kelas Prenatal?
Selama kehamilan, anda mungkin mempelajari apa yang akan terjadi pada saat persalinan dengan berbicara pada dokter anda dan dengan menanyakan pertanyaan. Anda juga mempelajari apa yang akan terjadi dari bahan bacaan yang diberikan oleh dokter anda, dari buku lainnya, seperti Your Pregnancy: Every Woman’s Guide, Your Pregnancy Questions & Answers atau Your Pregnancy after 30 atau dari pamflet. Kelas bersalin menawarkan cara lain untuk mempelajari bagian kehamilan yang penting ini. Kelas bersalin ini akan membantu anda mempersiapkan sakit bersalin dan melahirkan.

Siapa Pergi Ke Kelas Prenatal?
Kelas biasanya diadakan untuk kelompok kecil wanita hamil dan pasangan mereka atau pelatih persalinan. Ini merupakan cara terbaik untuk belajar. Anda juga dapat berinteraksi dengan pasangan lain dan saling bertanya. Anda akan menemukan wanita lain memikirkan banyak hal yang sama dengan anda, seperti mengatasi sakit melahirkan. Setidaknya anda mengetahui bahwa anda bukan satu-satunya orang yang memikirkan apa yang akan terjadi.

Kelas prenatal bukan untuk wanita hamil pertama kali. Jika anda mempunyai pasangan yang baru, jika anda melahirkan anda sudah beberapa tahun yang lalu, jika anda mempunyai pertanyaan atau jika anda ingin meninjau apa yang akan terjadi, kelas prenatal dapat membantu anda.

Kelas ini mengurangi kekhawatiran anda anda pasangan anda mengenai sakit melahirkan dan persalinan. Dan mereka akan membantu anda lebih menikmati kelahirkan bayi anda.


Tip untuk Minggu 27

Kelas pendidikan bersalin tidak hanya untuk pasangan. Kelas ini juga menawarkan untuk ibu tunggal atau untuk wanita hamil yang pasangannya tidak dapat datang ke kelas. Tanyakan dokter anda mengenai kelas untuk anda.


Di Mana Anda Mengikuti Kelas?

Kelas bersalin juga ditawarkan pada banyak tempat. Sebagian besar rumah sakit yang membantu persalinan menawarkan kelas prenatal, sering diajar oleh perawat bersalin atau oleh seorang bidan. Jenis kelas lainnya mempunyai tingkatan yang berbeda. Artinya perjanjian waktunya atau kedalaman subyek berbeda pada setiap kelas. Tanyakan dokter anda atau perawat dokter anda mengenai kelas yang mereka sarankan. Mereka dapat membantu anda memutuskan jenis kelas mana yang terbaik untuk anda.

Apa Yang Akan Anda Pelajari?
Kelas dimaksudkan untuk memberitahu anda dan pasangan anda atau pelatih bersalin anda mengenai kehamilan, apa yang terjadi di rumah sakit dan apa yang terjadi selama skait melahirkan dan persalinan. Beberapa pasangan menemukan kelas sebagai kesempatan yang baik untuk membuat pasangannya lebih terlibat dan membantunya merasa lebih nyaman dengan kehamilan. Kegiatan ini akan memberikan pasangan anda kesempatan untuk berperan lebih aktif pada saat sakit melahirkan dan persalinan, seperti juga selama kehamilan.


Alasan Lain Mengikuti Kelas Prenatal

Dengan mengikuti kelas secara teratur, biasanya sekali seminggu selama 4 sampai 6 minggu, anda dapat belajar mengenai banyak hal yang penting bagi anda. kelas seringkali mencakup banyak hal, antara lain:

- Apakah anda akan membutuhkan episiotomi?
- Apakah anda memerlukan enema?
- Kapan monitor janin diperlukan?
- Apa yang terjadi saat anda sampai di rumah sakit?
- Apakah anestesi epidural atau jenis anestesi lainnya tepat untuk anda?

Ini pertanyaan yang penting. Diskusikan dengan dokter anda jika kelas pendidikan bersalin anda tidak dapat menjawabnya.


Tempat Duduk Pengaman Bayi

Tidak terlalu dini untuk memikirkan tentang sistem pengaman bayi dan anak. Beberapa orang percaya mereka dapat mengendong bayi mereka dengan selama dalam suatu kecelakaan. Yang lain berkata anak mereka tetap tidak mau duduk pada tempat duduk pengaman.

Dalam suatu kecelakaan, anak yang tidak diamankan bisa terlempar. Kekuatan tabrakan dapat menyebabkan anak terlempar dari tangan dewasa! Salah satu studi menunjukkan lebih dari 30 kematian setahun terjadi pada bayi yang tidak diamankan pulang ke rumah dari rumah sakit setelah kelahiran. Dalam hampir semua kasus, jika bayi berada dalam sistem pengaman bayi, dia akan selamat dari kecelakaan.

Mulailah mengajarkan keselamatan pada anak anda. Jika anda selalau menempatkan anak anda dalam sistem pengaman dalam mobil, maka akan terbiasa. Anda dapat meningkatkan penerimaan anak anda terhadap pengaman jika anda juga mengenakan sabuk pengaman!

Banyak negara bagian mempunyai peraturan pengaman bayi sekarang. Hubungi departemen kepolisian anda untuk informasi lebih lanjut.

Banyak rumah sakit menyediakan sistem pengaman bayi untuk membawa bayi anda dari rumah sakit. Jika anda menginginkan informasi tambahan, seorang dokter anak atau American Academy of Pediactrics dapat memberikan daftar sistem pengaman anak dan bayi. Banyak majalah yang menuliskan tentang hal ini. periksa perpustakaan daerah anda.

Gizi Anda
Beberapa vitamin penting yang anda butuhkan selama kehamilan antara lain vitamin A, vitamin B, dan vitamin E. Mari kita periksa setiap vitamin dan bagaimana peranannya pada anda selama kehamilan.

Vitamin A—vitamin ini penting untuk tubuh manusia. Untungnya, kekurangan vitamin A pada Amerika Utara bukan hal biasa. Apa yang menjadi perhatian sekarang adalah kelebihan penggunaan vitamin sebelum pembuahan dan pada awal kehamilan. (Pembahasan ini hanya pada bnetuk retinol vitamin A, biasanya berasal dari minyak ikan. Bentuk beta karoten, dipercaya aman.)

RDA (recommended dietary allowance) adalah 2.700IU (international units) untuk seorang wanita usia produktif. Dosis maksimum adalah 5.000IU. kehamilan tidak merubah kebutuhan ini. Anda bisa mendapat vitamin A dari makanan yang anda makan, sehingga suplementasi selama kehamilan tidka dianjurkan.

Vitamin B—vitamin B penting bagi anda dalam kehamilan termasuk B6, B9 (asam folat), dan B12. Vitamin ini mempengaruhi perkembangan saraf bayi anda dan pembentukan sel darah. Jika anda tidak mengkonsumsi cukup B12 selama kehamilan, anda dapat mengalami anemia. Sumber makanan yang mengandung vitamin B antara lain susu, telur, tempe, miso, pisang, kentang, collard hijau, alpukat, dan beras coklat.

Vitamin E—Vitamin ini penting selama kehamilan karena membantu memetabolisme lemak dan membant membangun otot dan sel darah merah. Anda biasanya bisa mendapat vitamin ini jika anda makan daging. Vegetarian dan wanita hamil yang tidak dapat makan daging sulit mendapatkan cukup vitamin E. Makanan yang kaya vitamin E antara lain minyak zaitun, biji gandum, bayam dan buah kering, anda dapat memeriksakannya pada dokter anda atau membaca label pada vitamin prenatal anda untuk melihat apakah menyediakan vitamin E 100% berdasarkan RDA.

Hati-hati dengan setiap zat yang anda konsumsi selama kehamilan. Jika anda mempunyai pertanyaan, diskusikan dengan dokter anda.


Piranti Lunak Olahraga

Anda tidak perlu berhenti berolahraga? Sekarang tersedia piranti lunak yang dapat anda masukkan ke dalam komputer anda untuk membantu anda menjaga tubuh. Programnya, StretchWare, tersedia dari Shelter Publication dan dapat menuntun anda melalui kegiatan yang berbeda. Anda dapat menggerakkan tangan anda, bahu, punggung bagian bawah, kaki atau leher—setiap hari dengan cepat dan mudah.


Anda Juga Harus Tahu

Sistemik Lupus Eritematosus (SLE)
Beberapa wanita mempunyai keadaan sebelum kehamilan yang membuat mereka harus mengkonsumsi obat seumur hidup mereka. Mereka sering menanyakan tentang efek obat pada janin mereka. Salah satu kondisi itu adalah sistemik lupus eritematosus (SLE).

Banyak wanita muda mengalami lupus dan meminum steroid untuk mengatasi masalahnya. Mereka ingin tahu apakah obat yang mereka minum dapat membahaykan bayi mereka. Apakah mereka dapat terus meminum steroid selama kehamilan?

Lupus adalah gangguan otoimun dari penyebab yang tidak diketahui dan banyak terjadi pada wanita muda atau setengah baya. (Wanita lebih sering menderita lupus daripada laki-laki—sekitar sembilan wanita pada setiap laki-laki.) Orang yang menderita lupus mempunyai antibodi yang banyak dalam aliran darah mereka. Antibodi ini disalurkan ke jaringan tubuh wanita itu sendiri, sehingga menyebabkan masalah.

Diagnosis SLE dilakukan dengan tes darah, yang mencari antobodi yang diduga. Tes darah dilakukan untuk lupus adalah tes antibodi lupus dan tes antibodi antinuklir.

Antibodi dapat disalurkan ke berbagai organ dalam tubuh dan akhirnya merusak organ. Organ yang terpengaruhi antara lain persendan, kulit, ginjal, otot, paru-paru, otak, dan sistem saraf pusat. Sebagian besar gejala umum lupus adalah sakit pada persendian, yang sering keliru dengan arthritis. Gejala lainya antara lain lesi, ruam atau sakit pada kulit, demam, dan hipertensi.

Kami tidak mempunyai pengobatan untuk lupus. Sistemik lupus eritematosus umumnya tidak terpengaruh oleh kehamilan. Akan tetapi, keguguran, persalinan prematur, dan komplikasi sekitar persalinan meningkat tipis pada wanita dengan lupus. Jika ginjal terpengaruh dan terjadi kerusakan ginjal, and harus berhati-hati dengan masalah ginjal selama kehamilan.

Steroid, kependekan dari kortikosteroid, umumnya diresepkan untuk mengobati lupus. Obat primer yang digunakan adalah prednison. Biasanya diresepkan berdasarkan harian. Tidak perlu mengkonsumsi prednison setiap hari, kecuali komplikasi lupus terjadi selama kehamilan.


Tip buat Ayah

Tawarkan untuk melakukan pekerjaan sehari-hari yang lebih sulit dilakukan pasangan anda sekarang. membersihkan bak mandi atau toilet dapat menjadi pertolongan yang besar. Anda dapat menambah keselamatannya dengan menjauhkan barang-barang di tempat tinggi atau sulit dijangkau.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment