Saturday, July 4, 2009

Kehamilan Minggu 26: Usia Janin 24 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Berat bayi anda sekarang hampir 2 pon (910 g). Pada minggu ini, panjang dari kepala ke bokong sekitar 9,2 inci (23 cm). Lihat ilustrasi pada halaman 259. Bayi anda mulai bertambah gemuk.

Berapa Besar Anda?
Pengukuran rahim anda sekitar 2,5 inci (6 cm) di atas pusar anda atau hampir 10,5 inci (26 cm) dari simfisis pubis. Selama pertengahan kehamilan kedua ini, anda akan bertumbuh sekitar 0,4 inci (1 cm) setiap minggu. Jika anda mengikuti perencanaan makanan yang bergizi dan seimbang, total penambahan anda mungkin antara 16 dan 22 pon (7,2 sampai 9,9 kg).

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Sekarang anda telah mendengar denyut jantung bayi anda pada beberapa kali kunjungan. Mendengarkan denyut jantung bayi anda yang sedang berkembang menenangkan hati.

Aritmia Jantung
Saat mendengarkan denyut jantung bayi anda selama kehamilan, anda mungkin terkejut mendengar denyut yang hilang. Denyut jantung yang tidak teratur disebut aritmia. Ini ditandai dengan denyut nadi yang reguler dan kadang-kadang menghilang. Aritmia pada janin bukan hal luar biasa.

Banyak penyebab aritmia pada janin. Aritmia terjadi saat jantung bertumbuh dan berkembang. Saat jantung dewasa, aritmia sering hilang. Aritmia dapat terjadi pada janin dari wanita hamil yang menderita lupus.

Pada minggu ini, berat bayi anda sekitar 2 pon (910g). Janin mulai gemuk.

Jika aritmia ditemukan sebelum sakit melahirkan dan persalinan, anda membutuhkan monitor kecepatan denyut jantung janin selama sakit melahirkan. (Lihat Minggu 34 dan 38.)

Bila aritmia dideteksi selama sakit melahirkan, diperlukan seorang dokter anak pada saat persalinan. Dokter itu akan memastikan bayi anda sehat dan dirawat dengan tepat jika timbul masalah.

Perubahan pada Anda
Anda makin besar saat rahim anda, placenta, dan bayi anda tumbuh makin besar. Ketidaknyamanan seperti sakit puinggung, tekanan pada pelvis anda, kram kaki, dan sakit kepala terjadi lebih sering.

Waktu berlalu dengan cepat. Anda menjdekati akhir trimester kedua. Dua pertiga dari kehamilan sudah anda lewati. Tidak lama lagi bayi anda lahir.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Monitor Rahim di Rumah
Monitor rahim di rumah digunakan untuk mengidentifikasi wanita dengan perslainan prematur. Keadaan yang berhubungan dengan persalinan prematur antara lain persalinan prematur sebelumnya, infeksi, pecah selaput prematur, hipertensi pada kehamilan, dan janin kembar.

Monitor rahim di rumah menggabungkan catatan kontraksi rahim dengan hubungan telepon harian dengan dokter. Catatan kontraksi ditransmisi dari rumah seorang wanita hamil dengan telepon ke pusat tempat kontraksi dapat dievaluasi. Terimakasih untuk komputer pribadi, dokter anda dapat meninjau catatan tersebut di rumahnya.

Biaya untuk monitoring rumah bervariasi tetapi berkisar antara 80 dan 100 dolar per hari; beberapa perusahaan asuransi menanggungnya. Biaya monitoring rumah dapat dikurangi jika persalinan prematur dicegah—sehingga menabung ribuan dokar dalam perawatan bayi prematur (kadang-kadang lebih dari 100.000 dolar).

Tidak setiap orang setuju bahwa monitoring rumah bermanfaat atau cost-effective. Sulit untuk mengidentifikasi semua pasien yang membutuhkan jenis monitoring ini. Kebutuhan monitoring rahim di rumah berdasarkan kebutuhan individu. Diskusikan pilihan ini dengan dokter anda jika anda pernah mengalami persalinan prematur di masa lalu atau mempunyai faktor risiko lain untuk mengalami persalinan prematur.

Gizi Anda
Anda berada di minggu terakhir trimester kedua. Pada saat ini, anda mungkin lebih sulit mengatasi perencanaan makanan daripada pada kehamilan lebih awal. Anda mungkin bosan dengan makanan yang anda makan. Bayi anda makin bsar, dan anda tampaknya tidak bisa makan banyak. Rasa terbakar atau gangguan pencernaan mungkin juga menjadi masalah sekarang.

Jangan menyerah untuk mendapatkan gizi yang baik! Penting untuk terus memperhatikan apa yang anda makan. Jadilah cermat sehingga anda terus memberikan bayi anda gizi yang terbaik yang dibutuhkannya sebelum lahir.

Setiap hari, usahakan untuk makan satu porsi sayuran hijau, makanan atau jus yang kaya vitamin C, dan satu porsi yang kaya vitamin A (banyak makanan berwarna kuning, seprti ubi rambat, wortel, dan belewah, merupakan sumber vitamin A). Ingat untuk menjaga pemasukan cairan anda.

Perencanaan Makanan yang Seimbang

Roti, sereal, nasi, pasta, dan padi- padian, 6 sampai 11 porsi—1 iris roti, ½ bun, ½ muffin Inggris atau bagel, ½ gelas pasta masak, nasi atau sereal panas, 4 kraker, ¾ gelas sereal masak.

Buah, 2 sampai 4 porsi—1/4 gelas buah kering, ½ gelas buah segar, kaleng atau masak. ¾ gelas jus

Sayuran, 3 sampai 5 porsi—½ gelas sayuran masak, 1 gelas sayuran salad berdaun, ¾ gelas jus.

Sumber protein, 2 sampai 3 porsi—2 sampai 3 ons unggas masak, daging atau ikan, 1 geas kacang masak, ¼ gelas biji-bijian atau kacang, ½ gelas tahu, 2 telur

Produk susu, 4 porsi—1 gelas susu (jenis apapun), 1 gelas yogurt, 1½ ons keju, 1½ gelas keju lembut, 1½ gelas yogurt beku atau es krim.

Lemak, minyak, dan gula—batasi pemasukan produk makanan ini dan pusatkan pada makanan yang bergizi dan sehat.


Anda Juga Harus Tahu

Serangan Epilepsi
Riwayat serangan epilepsi—sebelum kehamilan, selama kehamilan sebelumnya atau selama kehamilan ini—informasi ini harus anda bagikan dengan dokter anda.

Serangan epilepsi dapat dan biasanya terjadi tanpa peringatan. Serangan epilepsi mengindikasi kondisi abnormal berhubungan dengan sistem saraf, khususnya otak. Selama serangan, seseorang sering kehilangan kendali tubuh. Masalah ini dipersulit karena berhubungan dengan keamanan bayi.

Para dokter menjelaskan jenis serangan yang berbeda. Serangan yang menyebabkan seluruh tubuh disebut grand mal (serangan besar). Serangan besar dimulai dengan hilangnya kesadaran tiba-tiba; orang tersebut biasanya jatuh ke lantai. Tangan dan kaki sering bergerak-gerak, dan kadang orang tersebut kehilangan kendali usus pada waktu yang bersamaan. Serangan terjadi selama beberapa menit, setelah serangan berlalu, terjadi kekacauan mental, sakit kepala, dan kantuk.

Jenis serangan yang lain ialah serangan kecil (petit mal). Jenis serangan ini juga terjadi tanpa peringatan. Serangan tidak lama dan melibatkan gerakan tangan atau kaki yang minimal. Bisanyanya meyebabkan kehilangan kesadaran yang terjadi hanya beberapa detik. Jenis serangan lainnya juga dapat terjadi.

Jika anda belum pernah mengalami serangan, pusing yang terjadi sebentar biasanya bukan serangan. Serangan biasanya didiagnosis oleh seseorang yang mengamati serangan dan memperhatikan gejala-gejala yang disebutkan sebelumnya. Elektroensefalogram (EEG) mungkin diperlukan untuk mendiagnosis suatu serangan. (Lihat Minggu 31 untuk pembahasan mengenai serangan berhubungan dengan eklampsia.)

Obat untuk Mengendalikan Serangan
Jika anda meminum obat untuk mengendalikan atau mencegah serangan, bagikan informasi penting ini dengan dokter anda pada awal kehamilan. Obat dapat diberikan selama kehamilan untuk mengendalikan serangan, tetapi beberapa obat lebih aman daripada obat lainnya.

Tip untuk Minggu 26

Berbaringlah ke samping (samping kiri yang terbaik) saat anda beristirahat memberikan sirkulasi yang terbaik bagi bayi anda. Anda tidak mengalami pembengkakan yang parah jika anda berbaring ke sebelah kiri selama hari itu.


Misalnya, Dilantin dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi, antara lain gangguan pada wajah, mikrosefali (kepala kecil), dan tertundanya perkembangan. Obat-obatan lain yang digunakan selama kehamilan untuk pencegahan serangan. Salah satu yang lebih umum adalah phemobarbital, tetapi keamanannya perlu diperhatikan.

Serangan selama kehamilan atau di waktu lain membutuhkan pembahasan serius dengan dokter anda dan meningkatkan monitor selama kehamilan. jika anda mempunyai pertanyaan atau perhatian tentang riwayat kemungkinan serangan, bicarakan dengan dokter anda.

Tip buat Ayah

Sekarang, pasangan anda mungkin merasa tidak menarik. Ajak dia pergi makan malam atau nonton! Katakan bahwa dia cantik. Ambil fotonya sebagai pengingat betapa cantiknya dia sekarang.


Jurnal Trimester Ketiga

1. Pertanyaan untuk ditanyakan pada kunjungan ke dokter berikutnya:

2. Peralatan bayi (tempat duduk, tempat tidur bayi, popok):

3. Apa yang perlu dikemas untuk ke rumah sakit:

4.Nama dan nomor telepon pengganti jika pasangan saya tidak ada saat saya akan melahirkan:

5. Nama bayi:
- Jika Perempuan
- Jika Laki-laki

6. Catatan:




Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment