Friday, July 3, 2009

Kehamilan Minggu 25: Usia Janin 23 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Sekarang berat bayi anda sekitar 1,5 pon (700 g), dan panjang dari kepala ke bokong sekitar 8,8 inci (22 cm). Ini merupakan panjang dan berat rata-rata dan bervariasi dari satu bayi dengan bayi lainnya dan dari satu kehamilan dengan lainnya.

Berapa Besar Anda?
Lihat ilustrasi di samping. Pada kehamilan minggu ini, rahim anda sedikit bertumbuh. Bila anda melihatnya dari samping, anda terlihat makin besar.

Pengukuran dari simfisis pubis pada atas rahim anda sekitar 10 inci (25 cm). Jika anda menemui dokter anda saat kehamilan anda berusia 20 atau 21 minggu, anda mungkin bertumbuh sekitar 1,5 inci (4 cm). Pada saat ini, rahim anda sebesar bola kaki.

Rahim bagian atas sekitar pertengahan antara pusar anda dan bagian bawah tulang dada.

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Kelangsungan Hidup Bayi Prematur
Sulit dipercaya, tetapi jika bayi anda dilahirkan pada saat ini, akan mempunyai kesempatan bertahan hidup. Beberapa penemuan terbesar dalam kedokteran adlaah perawatan bayi prematur. Tidak ada yang ingin melahirkan bayi begitu awal, tetapi dengan metode perawatan baru, seperti ventilator, monitor, dan pengobatan, seorang bayi mempunyai kesempatan untuk hidup.

Berat bayi kurang dari 2 pon dan sangat kecil. Bayi sulit hidup bila dilahirkan pada saat ini. Bayi itu akan tinggal beberapa bulan di rumah sakit, dengan risiko infeksi dan kemungkinan komplikasi lainnya.

Perbandingan ukuran rahim pada minggu kehamilan ke-25 (usia janin—23 minggu). Rahim dapat diraba sekitar 2 inci (5 cm) di atas pusar anda.

Laki-laki atau Perempuan?
Salah satu pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh para calon orangtua adalah, “Apa jenis kelamin anda kami?” Amniocentesis dapat menunjukkan jenis kealmin bayi dengan studi kromosom. Pemeriksaan USG juga dapat digunakan untuk menentukan jenis kelamin bayi, tetapi mungkin tidak akurat. Jangan terlalu percaya pada hasil USG mengenai jenis kelamin tertentu. Bagi banyak orang, tidak mengetahuinya merupakan bagian menyenangkan dari mengandung seorang bayi.

Beberapa orang percaya kecepatan denyut jantung dapat mengindikasikan jenis kealminnya. Kecepatan jantung normal pada seorang bayi berkisar dari 120 sampai 160 detak per menit. Beberapa orang percaya denyut jantung yang cepat mengindikasikan seorang perempuan dan denyut jantung yang lambat mengindikasikan seorang laki-laki. Sayangnya, tidak ada bukti ilmiah mengenai ini. jangan menekan dokter anda untuk menerka berdasarkan metode ini karena hanya sebuah terkaan.

Sumber yang lebih dapat dipercaya mungkin seorang ibu, ibu mertua, atau seseorang yang dapat melihat anda dan memberitahu bagaimana cara menentukan anda mengandung anak laki-laki atau perempuan. Meskipun, kami mengatakan hal ini dengan yakin, banyak orang percaya itu benar. Beberapa orang menegaskan bahwa mereka tidak pernah salah menerka atau memprediksi jenis kelamin seorang bayi sebelum lahir. Sekali lagi, tidak ada dasar ilmiah untuk hal ini.

Dokter anda lebih tertarik pada kesehatan anda dan bayi anda. dokter anda akan memastikan anda dan bayi anda, baik laki-laki maupun perempuan, berkembang dengan kehamilan yang aman dan anda menjalani kehamilan, sakit melahirkan, dan persalinan dengan kesehatan yang baik.

Perubahan pada Anda

Gatal pada Perut
Saat rahim anda bertumbuh dan memenuhi pelvis anda, kulit dan otot perut anda meregang. Gatal adalah konsekuensi yang alami. Gunakan lotion untuk mengurangi gatal. Usahakan untuk tidak menggaruk dan melukai kulit anda—karena dapat memperburuknya!

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Jatuh dan Luka karena Jatuh
Jatuh paling sering menyebabkan luka ringan selama kehamilan. Untungnya, jatuh biasanya tanpa luka serius pada bayi atau ibu. Rahim dilindungi dengan baik dalam perut di bagian dalam tulang pelvis. Bayi dilindungi dari luka dengan cairan amniotik yang mengelilinginya. Rahim dan dinding perut anda juga memberikan perlindungan.

Jika Anda Jatuh
Jika anda jatuh, hubungi dokter anda; dokter anda ingin memeriksa anda. anda akan merasa tenang bila anda dimonitor dan denyut jantung bayi anda diperiksa. Gerakan bayi setelah jatuh dapat ditenangkan.

Luka ringan pada perut diobati dengan cara biasa, seperti anda belum hamil. Akan tetapi, hindari sinar X jika mungkin.

Pemeriksaan USG mungkin penting dilakukan setelah jatuh. Hal ini tergantung pada keparahan gejala dan luka anda.

Tip untuk Minggu 25

Kehamilan dapat menjadi waktu komunikasi dan pertumbuhan pribadi dengan pasangan anda. dengarkan bila dia berbicara. Biarkan dia tahu bahwa dia adalah sumber penting terhadap dukungan emosional bagi anda.


Cara Mencegah Jatuh

Ingat keseimbangan dan mobilitas anda berubah saat anda bertambah besar selama kehamilan. Hati-hati selama musim dingin saat tempat parkir penuh dan trotoar basah atau licin. Banyak wanita hamil juga jatuh di tangga. Selalu gunakan susuran tangga.

Perlambat langkah anda; anda tidak mampu berjalan secepat sebelum hamil. Dengan perubahan pada keseimbangan anda, ditambah pusing yang anda alami, penting menjadi waspada untuk mencegah jatuh.

Tanda-tanda yang Harus Diperhatikan Setelah Jatuh

Beberapa tanda dapat memperingatkan anda pada suatu masalah setelah jatuh:
- Perdarahan
- Keluar cairan yang banyak dari vagina, mengindikasikan pecahnya selaput
- Sakit perut yang hebat

Abrupsi placenta (dibahas dalam Minggu 33) merupakan salah satu peristiwa yang paling serius yang dapat terjadi karena jatuh atau luka. Pada abrupsi placenta, palcenta secara prematur terpisah dari rahim. Luka lain yang signifikan adalah patah tulang atau luka yang membuat anda tidak dapat bergerak. (Lihat pembahasan di bawah.)


Mengobati Patah Tulang

Kadang-kadang jatuh atau kecelakaan dapat menyebabkan patah tulang, yang membutuhkan sinar-X dan operasi. Pengobatan tidak dapat ditunda sampai setelah melahirkan; masalah harus segera ditangani. Jika anda mengalami hal ini, hubungi ahli kandungan anda sebelum tes atau perawatan apapun dilakukan.

Jika sinar-X dibutuhkan, pelvis dan perut anda harus ditameng. Jika tidak dapat ditameng, keperluan sinar-X harus dipertimbangkan risikonya terhadap bayi.

Anestesi atau obat penghilang sakit mungkin diperlukan pada retak ringan yang membutuhkan pengaturan dan penjepitan. Yang terbaik bagi anda dan bayi anda adalah menghindari anestes umum jika mungkin. Anda mungkin membutuhkan obat penghilang sakit, tetapi minimumkan penggunaannya.

Jika anestesi umum dilakukan untuk memperbaiki retak, bayi anda harus dimonitor dengan teliti. Anda mungkin tidak memiliki banyak pilihan dalam masalah ini. Dokter ahli bedah dan ahli kandungan akan bekerja sama untuk memberikan perawatan terbaik untuk anda dan bayi anda.

Gizi Anda
Kehamilan meningkatkan kebutuhan anda akan vitamin dan mineral. Sangat baik jika anda dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan ini melalui makan yang anda makan. Akan tetapi, secara realitis, kami tahu hal itu sulit bagi sebagian besar wanita. Itulah sebabnya dokter anda memberikan resep vitamin prenatal untuk anda—untuk membantu anda memenuhi kebutuhan nutrisi.

Beberapa wanita membutuhkan bantuan ekstra selama kehamilan—suplemen sering diresepkan untuk mereka. Wanita hamil ini antara lain para remaja (tubuhnya masih bertumbuh), wanita yang kekurangan berat badan berat, wanita yang dietnya buruk sebelum pembuahan dan wanita yang melahirkan bayi kembar sebelumnya. Para wanita yang merokok atau peminum berat membutuhkan suplemen, begitu juga dengan wanita yang mempunyai masalah kesehatan kronis, yang mengkonsumsi obat-obatan tertentu dan yang mempunyai masalah mencerna susu sapi, gandum dan makanan esensial lainnya. Pada beberapa kasus, vegetarian juga membutuhkan suplemen.


Perhatian: Jangan mengkonsumsi suplemen tanpa persetujuan dan ijin dokter anda!


Dokter anda akan mendiskusikan situasinya dengan anda. Jika anda membutuhkan lebih dari satu vitamin prenatal, dokter anda akan memberikan anda nasihat. Perhatian: Jangan mengkonsumsi suplemen tanpa persetujuan dan ijin dokter anda! (Lihat Gizi Anda dalam Minggu 27.)

Anda Juga Harus Tahu

Penyakit Tiroid
Masalah tiroid dan penyakit tiroid dapat mempengaruhi kehamilan anda. Hormon tiroid dibuat dalam kelenjar tiroid; hormon ini mempengaruhi seluruh tubuh anda dan penting dalam metabolisme anda.

Kadar hormon tiroid bisa tinggi atau rendah. Kadar tiroid yang tinggi menyebabkan suatu kondisi yang disebut hipertiroidi; kadarnya yang rendah menyebabkan hipotiroidi. Wanita yang mempunyai riwayat keguguran atau persalinan prematu atau yang mempunyai masalah sekitar waktu melahirkan mempunyai masalah dengan kadar hormon tiroid mereka.

Gejala penyakit tiroid mungkin tertutup dengan kehamilan. Atau anda memperhatikan perubahan selama kehamilan yang menyebabkan anda dan dokter anda menduga tiroid tidak berfungsi dengan benar. Perubahan ini antara lain pembesaran tiroid, perubahan denyut nadi, kemerahan pada telapak tangan dan panas, telapak tangan lembab. Karena kadar tiroid dapat berubah selama kehamilan (karena kehamilan), dokter anda harus berhati-hati menafsirkan hasil laboratorium mengenai hormon ini saat anda hamil.

Tiroid diperiksa secara priomer dnegan tes darah (panel tiroid), yang mengukur jumlah hormon tiroid yang dihasilkan. Tes ini juga mengukur kadar hormon lainnya, thyroid-stimulating hormone (TSH), yang dibuat di otak. Tes lainnya, studi sinar-X terhadap tiroid (scan radioaktif iodium), sebaiknya tidak dilakukan selama kehamilan.

Jika anda mengalami hipotiroidi, pengganti tiroid (tiroksin) diresepkan. Ini dipercaya aman selama kehamilan. dokter anda akan memeriksa kadarnya selama kehamilan dengan tes darah untuk memastikan anda menerima cukup hormon.

Jika anda mengalami hipertiroidi, obat propylthiouracil digunakan untuk pengobatan. Obat ini tidak melewati placenta ke bayi. Dokter anda akan meresepkan jumlah yang terendah untuk mengurangi risiko pada bayi anda. Pemeriksaan darah selama kehamilan diperlukan untuk memonitor jumlah obat yang dibutuhkan. Iodida merupakan obat lain yang digunakan pada hipertiroidi. Hindari penggunaan iodida selama kehamilan karena efeknya membahayakan janin.

Setelah persalinan, bayi anda perlu diperiksa dan diperhatikan tanda-tanda masalah tiroid yang berhubungan dengan obat yang diresepkan selama kehamilan. Jika anda mempunyai riwayat masalah dengan tiroid anda, jika anda meminum obat sekarang atau jika anda diberikan obat pada masa lalu untuk tiroid anda, beritahu dokter anda. Diskusikan pengobatan selama kehamilan.

Tip buat Ayah

Tawarkan untuk pergi berbelanja. Hal ini mungkin bukan pekerjaan yang baik untuk beberapa pria, tetapi telepon seluler dapat membuat pria menjadi pembelanja yang lebih baik. Jika anda tidak pergi berbelanja sendirian, pergi dengan pasangan anda untuk mengankat dan membawa barang belanjaannya.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment