Friday, July 3, 2009

Kehamilan Minggu 24: Usia Janin 22 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Pada minggu ini, berat bayi anda sekitar 1,2 pon (540 g). panjang dari kepala ke bokong sekitar 8,4 inci (21 cm).

Berapa Besar Anda?
Rahim anda sekarang sekitar 1,5 sampai 2 inci (3,8 sampai 5,1 cm) di atas pusar. Hampir 10 inci (24 cm) di atas simfisis pubis.

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Bayi anda bertambah gemuk. Wajah dan tubuhnya makin mirip dengan bayi pada waktu lahir. Meskipun beratnya sedikit di atas 1 pon pada saat ini, bayi anda masih kecil.

Peranan Kantung Amnion dan Cairan Ketuban
Pada hari kedua belas setelah pembuahan, kantung amnion mulai terbentuk. Bayi bertumbuh dan berkembang dalam cairan amniotik di dalam kantung amnion.

Air ketuban mempunyai beberapa fungsi:
- Menyediakan lingkungan sehingga bayi dapat bergerak dengan mudah.
- Melindungi janin dari luka.
- Cairan amniotik mengatur suhu untuk bayi.
- Menyediakan cara untuk menilai kesehatan da kematangan bayi.

Cairan amniotik meningkat dengan cepat dari volume rata-rata 1,5 ons (50 ml) pada kehamilan minggu ke-12 menjadi 12 ons (400 ml) pada pertengahan kehamilan. Pada minggu kehamilan ke-24, volume cairan amniotik terus meningkat sampai batas tanggal anda mendekat.

Janin tidak mempunyai banyak ruang untuk bergerak dalam rahim pada minggu ke-24. Saat minggu bertambah, ruangan makin sempit! Pada minggu kehamilan ke-36 sampai 38 cairan maksimum sekitar 2 pint (1 liter).

Komposisi cairan amniotik berubah selama kehamilan. selama pertengahan kehamilan pertama, cairan amniotik serupa dengan plasma ibu (cairan dalam darah tnapa sel darah), kecuali memiliki kandungan protein yang lebih rendah. Saat kehamilan berlanjut, urin janin memberikan kontribusi yang penting pada jumlah cairan amniotik. Cairan amniotik juga mengandung sel darah janin yang tua, rambut lanugo, dan vernix.

Janin menelan cairan amniotik selama hampir sepanjang kehamilan. Jika janin tidak dapat menelan cairan amniotik, anda mengalami kondisi kelebihan cairan amniotik, yang disebut hidramnion atau polihidramnion. Kalau bayi menelan tapi tidak membuangnya (misalnya, jika ginjal bayi kurang), volume cairan amniotik di sekeliling janin mungkin sangat sedikit. Ini disebut oligohidramnion.

Cairan amniotik penting. Cairan itu menyediakan bayi tempat untuk bergerak dan bertumbuh. Jika jumlah cairan amniotik tidak memadai, bayi biasanya kurang bertumbuh.

Perubahan pada Anda

Masalah Nasal
Beberapa wanita mengeluhkan sesak pada hidung mereka atau hidung sering berdarah selama kehamilan. Beberapa peneliti yakin gejala ini terjadi karena perubahan sirkulasi berhubungan dengan perubahan hormon selama kehamilan. Hal ini dapat menyebabkan selaput lendir hidung anda dan jalan hidung anda membengkak dan lebih mudah berdarah.

Jangan mencoba sembarang obat, seperti dekongestan atau semprot hidung. Banyak yang merupakan kombinasi beberapa obat dan tidak disarankan untuk kehamilan.

Penggunaan alat pelembab udara dapat membantu, khususnya musim dingin saat penghangat mengeringkan udara. Beberapa wanita merasa leibh baik dengan meningkatkan pemasukan cairan mereka dan menggunakan minyak lembut, seperti jelly ter. Anda harus menunggu sampai bayi anda lahir untuk dapat bernafas secara normal melalui hidung anda lagi.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Apa yang Dapat Didengar Bayi Anda
Bisakah janin mendengar suara ketika dia berada dalam rahim? Dari berbagai studi, kami mengetahui suara dapat menembus cairan amniotik dan mencapai telinga bayi anda yang sedang berkembang.

Jika anda bekerja di tempat yang berisik, anda perlu meminta tepat yang lebih hening selama kehamilan anda. Dari data dalam beberapa studi, suara yang keras yang lama dan cepat, ledakan suara yang kuat, dapat merusak pendengaran sebelum dan setelah lahir.

Tidak apa-apa memaparkan janin anda pada suara yang keras, seperti konser, sesekali. Tetapi jika anda terus terpapar pada suara yang sangat keras sehingga anda harus berteriak, bisa membahayakan bayi anda.

Gizi Anda
Banyak wanita hamil yang menanyakan tentang makan di luar. Beberapa ingin tahu apakah mereka dapat makan makanan tertentu, seperti makanan Meksiko, Vietnam, Thailand, atau Yunani. Mereka yakin makanan yang pedas dapat membahayakan bayi. Tidak apa-apa makan di luar, tetapi anda harus menemukan makanan tertenu yang tidak cocok untuk anda.

Jenis makanan yang terbaik untuk dimakan di restoran adalah makanan yang cocok untuk anda seperti di rumah. Ikan, sayur segar, dan salad biasanya merupakan pilihan yang baik. Restoran yang menyediakan makanan pedas atau masakan yang tidak biasa dapat membuat gangguan lambung atau usus. Anda mungkin memperhatikan peningkatan berat badan dari retensi air setelah makan di sebuah restoran.

Jenis makanan yang terbaik untuk dimakan di restoran adalah makanan yang cocok untuk anda seperti di rumah.


Selama kehamilan, hindari restoran yang menyediakan makanan yang tinggi kadar garamnya, makanan dengan sodium tinggi atau makanan dengan kalori atau lemak tinggi, seperti kuah daging, makanan goreng, junk food, dan kue-kue yang banyak. Sulit untuk mengendalikan pemasukan kalori anda pada restoran tertentu.

Tantangan lain dari makan di luar adalah mempertahankan diet sehat saat anda bekerja. Mungkin diperlukan untuk pergi ke makan siang bisnis atau bepergian untuk perusahan anda. Selektiflah. Jika anda dapat memilih menu, cari makanan yang sehat atau rendah lemak. Anda bisa meminta penyajiannya—misalnya direbus daripada digoreng. Pada perjalanan bisnis, bawa beberapa makanan anda sendiri. Pilih makanan yang awet, seperti buah dan sayuran yang tidak memerlukan pendingin.

Anda Juga Harus Tahu

Inkompeten Serviks
Inkompeten serviks mengacu pada dilatasi prematur serviks tanpa rasa sakit, yang biasanya mengakibatkan persalinan prematur. Hal ini bisa menjadi masalah yang penting selama kehamilan.

Dilatasi atau pengerutan serviks tidak diperhatikan oleh wanita sampai bayi dilahirkan; seringkali terjadi tanpa peringatan. Diagnosis biasanya dilakukan setelah satu atau lebih persalinan bayi prematur tanpa rasa sakit sebelum melahirkan.

Penyebab inkompeten serviks biasanya tidak diketahui. Beberapa peneliti kesehatan yakin hal itu terjadi karena trauma serviks sebelumnya, seperti dilatasi dan kuret (D&C) karena aborsi atau keguguran. Juga terjadi setelah operasi serviks.

Biasanya serviks tidak berdilatasi seperti ini sebelum minggu kehamilan ke-16. Sebelum waktu ini, hasil pembuahan tidak cukup berat untuk menyebabkan serviks membesar.

Kehamilan yang hilang karena inkompeten serviks berbeda dengan keguguran. Keguguran selama trimester pertama itu biasa. Inkompeten serviks merupakan komplikasi yang relatif jarang terjadi pada awal kehamilan.

Pengobatan untuk inkompeten serviks biasanya operasi. Serviks yang lemah diperkuat dengan benang bedah yang dijahit menutupi serviks.

Jika ini kehamilan pertama anda, tidak ada cara yang dapat anda ketahui apakah anda mengalami inkompeten serviks.

Tip untuk Minggu 24

Makan dan makan berlebihan sebelum tidur pada makam hari adalah dua penyebab utama pirosis. Makan lima atau enam kali porsi kecil, bergizi per hari daripada tiga kali porsi besat membuat anda merasa lebih baik.


Jika anda mempunyai masalah pada masa lalu atau pernah mengalami persalinan prematur dan diberitahu bahwa anda mungkin mengalami inkompeten serviks, bagikan infomasi ini pada dokter anda.

Tip buat Ayah

Sekarang waktu yang baik untuk mencari kelas prenatal di tempat anda. Temukan berapa banyak kelasnya, kapan dan di mana tempat pendaftaran dan biayanya. Anda dapat mengambil kelas di rumah sakit atau rumah bersalin yang telah anda rencanakan untuk persalinan nanti. Usahakan untuk menyelesaikan kelas minimal 1 bulan sebelum bayi lahir.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment

Post a Comment