Friday, July 3, 2009

Kehamilan Minggu 22: Usia Janin 20 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Sekarang berat bayi anda sekitar 12,25 ons (350 g). Panjang dari kepala ke bokong sekitar 7,6 inci (19 cm). Pada minggu kehamilan ke-22 (usia janin—20 minggu), kelopak dan alis bayi anda telah terbentuk. Kuku jari tangan telah tumbuh dan sekarang menutupi ujung jari.

Berapa Besar Anda?
Sekarang rahim anda sekitar 0,8 inci (2cm) di atas pusar anda atau hampir 9 inci (22cm) dari simfisis pubis. Anda dapat merasakan “hamil dengan nyaman.” Perut anda tidak terlalu besar dan tidak terlalu mengganggu gerak anda. Anda masih bisa membungkuk dan duduk dengan nyaman. Berjalan juga tidak sulit. Morning sickness sudah hilang, dan anda merasa cukup baik. Hamil menjadi menyenangkan sekarang!

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Bayi anda terus bertumbuh; tubuhnya makin besar setiap hari. Kelopak dan alis mata bayi anda telah berkembang. Kuku jari juga terlihat.

Fungsi Hati
Sistem organ bayi anda menjadi terspesialisasi untuk fungsi tertentu. Khususnya hati. Fungsi hati janin berbeda dengan orang dewasa. Enzim (kimiawi) dibuat oleh hati seorang dewasa, penting untuk berbagai fungsi tubuh. Pada janin, enzim ini ada, tetapi kadarnya lebih rendah daripada setelah lahir.

Fungsi hati yang penting adalah pemecahan dan penanganan bilirubin. Bilirubin dihasilkan dari perombakan sel darah merah. Masa hidup sel darah merah janin lebih pendek daripada sel darah merah orang dewasa. Oleh karena itu, janin menghasilkan lebih banyak bilirubin daripada orang dewasa.

Hati janin mempunyai kapasitas yang terbatas untuk mengubah bilirubin, lalu memindahkannya dari aliran darah janin. Bilirubin dari darah janin melewati placenta ke darah anda. Hati anda membantu membuang bilirubin janin. Jika bayi lahir prematur, bayi kesulitan memproses bilirubin karena hatinya belum matang untuk membuang bilirubin dari aliran darah.

Bayi yang baru lahir dengan bilirubin yang tinggi menyebabkan jaundice. Bayi dengan jaundice mempunyai kulit dan mata yang berwarna kuning. Jaundice biasanya diobati dengan fototerapi. Fototerapi menggunakan sinar yang menembus kulit dan menghancurkan bilirubin.

Jaundice pada bayi yang baru lahir disebabkan oleh transisi dari bulirubin yang ditangani oleh sistem tubuh ibu menjadi ditangani oleh bayi sendiri. Hati bayi tidak dapat mengatasinya. Jaundice lebih sering terjadi pada bayi yang belum cukup umur saat hati tidak siap untuk mengambil alih fungsi ini.

Perubahan pada Anda

Fibronectin Janin
Dalam beberapa kasus, ketidaknyamanan normal pada kehamilan, seperti sakit perut bagian bawah, sakit punggung, tekanan pelvis, kontraksi rahim (dengan atau tanpa rasa sakit), kram, dan perubahan pada sekresi vagina dapat dibingungkan dengan persalinan prematur. Sampai sekarang, kami belum mempunyai metode yang dapat dipercaya untuk menetukan seorang wanita benar-benar berisiko melahirkan bayi prematur. Pemeriksaan yang tersedia sekarang dapat membantu para dokter menentukan hal ini.

Firbonectin janin (fetal fibronectin, fFN) adalah protein yang ditemukan dalam kantung amnion dan selaput janin. Akan tetapi, setelah minggu 22, fFN ini tidak ditemukan secara normal sampai sekitar minggu 38.

Bila seorang wanita hamil mengalami sekresi servikal-vaginal setelah minggu 22, mengindikasikan meningkatnya risiko persalinan prematur. Jika tidak ada, risiko prematur rendah, dan wanita mungkin tidak akan melahirkan dalam 2 minggu berikutnya.

Tes dilakukan seperti Pap smear. Apusan sekresi vagina diambil dari bagian atas vagina, di belakang serviks. Kemudian dikirim ke laboratorium, dan hasilnya didapat dalam 24 jam.

Anemia dalam Kehamilan
Anemia biasa terjadi selama kehamilan. Jika anda menderita anemia, pengobatan penting bagi anda dan bayi anda. Jika anda anemi, anda tidak akan merasa sehat selama kehamilan. Anda akan mudah lelah. Anda mengalami pusing.

Apa itu Anemia?
Terdapat keseimbangan dalam tubuh anda antara produksi sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh dan penghancuran sel darah merah ini. Anemia adalah keadaan jumlah sel darah merah yang rendah. Jika anda anemi, anda mempunyai jumlah sel darah merah yang tidak memadai.

Selama kehamilan, jumlah sel darah merah dalam aliran darah anda meningkat. Jumlah plasma (cairan darah) juga meningkat tetapi lebih tinggi. Dokter anda melihat perubahan ini dalam tubuh anda dengan membaca hematokrit. Hematokrit adalah pengukuran persentase sel darah merah. Kadar hemoglobin anda juga diperiksa. Jika anda anemi, hematokrit anda lebih rendah daripada 37 dan hemoglobin anda di bawah 12.

Penentuan hematokrit biasanya dilakukan pada kunjungan prematal pertama, bersama dengan pemeriksaan laboratorium lainnya. Mungkin akan diulang sekali atau dua kali selama kehamilan. Pemeriksaan ini akan lebih sering dilakukan jika anda anemi.

Selalu anda darah yang hilang saat melahirkan. Jika anda anemi saat akan melahirkan, anda berisiko lebih tinggi terhadap kebutuhan transfusi darah setelah bayi anda lahir. Ikuti nasihat dokter anda mengenai diet dan suplemen jika anda menderita anemia.

Faktor Penyebab Kekurangan Zat Besi

Walaupun telah mengkonsumsi suplemen zat besi, beberapa wanita mengalami kekurangan zat besi selama kehamilan. Beberapa faktor yang menyebabkan seorang wanita cenderung mengalami kondisi ini dalam kehamilan:

- Kegagalan untuk meminum zat besi atau kegagalan untuk meminum viatamin prenatal yang mengandung zat besi
- Pendarahan selama kehamilan
- Janin kembar
- Operasi sebelumnya pada perut atau bagian dari usus kecil (sulit menyerap jumlah zat besi yang memadai sebelum kehamilan)
- Penggunaan antasid yang mengurangi penyerapan zat besi
- Kebiasaan makan yang buruk


Anemia Kekurangan Zat Besi

Tipe anemia yang paling seirng terjadi dalam kehamilan adalah anemia kekurangan zat besi. Selama kehamilan, bayi anda menggunakan simpanan zat besi dalam tubuh anda, jika anda mengalami anemia kekurangan zat besi, tubuh anda tidak mempunyai cukup zat besi untuk membuat sel darah merah karena bayi telah menggunakan zat besi anda untuk sel darahnya sendiri.

Sebagian besar vitamin prenatal mengandung zat besi, tetapi juga tersedia sebagai suplemen. Jika anda tidak bisa meminum viatamin prenatal, anda perlu diberikan 300 sampai 350mg fero sulfat atau fero glukonat 2 atau 3 kali sehari. Zat besi merupakan suplemen yang paling penting untuk diminum. Zat besi dibutuhkan dalam hampir semua kehamilan.

Tujuan mengobati anemia kekurangan zat besi adalah untuk meningkatkan jumlah zat besi yang anda konsumsi. Zat besi sulit diserap melalui saluran pencernaan dan harus diminum secara teratur setiap hari. Zat besi dapat diberikan dengan injeksi, tetapi menimbulkan rasa sakit dan dapat membuat cacat pada kulit.

Efek samping dari mengkonsumsi suplemen zat besi antara lain mual dan muntah, dengan gangguan lambung. Jika ini terjadi, anda harus menurunkan dosisnya. Mengkonsumsi zat besi juga dapat menyebabkan konstipasi.

Jika anda tidak meminum suplemen zat besi secara oral, peningkatan zat besi dari makanan, seperti hati atau bayam, dapat mencegah anemia. Tanyakan dokter anda mengenai informasi jenis makanan yang harus anda makan.

Anemia Sickle-Cell
Bagi wanita yang berkulit gelap atau keturunan Mediterania atau Afrika, anemia sickle-cell dapat menyebabkan masalah yang signifikan selama kehamilan. anemia terjadi pada kasus ini karena sumsum tulang yang menghasilkan sel darah merah ini, tidak dapat menggantikan sel darah merah secepat penghancurannya. Pada anemia sickle cell, sel darah merah yang dihasilkan juga tidak normal, yang dapat menyebabkan rasa sakit yang parah.

Anda mungkin membawa sifat keturunan anemia sickle cell tanpa mengalami penyakit. Anda dapat mewariskan sifat atau penyakit itu pada bayi anda, beritahu dokter anda mengenai riwayat pnyakit keluarga anda.

Tes darah dengan mudah mendeteksi sifat sickle cell. Anemia sickle cell dapat didiagnosis dalam janin dengan amniocentesis (dibahas dalam Minggu 16) atau chorionic villus sampling (dibahas dalam Minggu 10).

Wanita dengan sifat sickle cell cenderung menderita pyelonefritis (lihat minggu 18) dan bakter dalam urin selama kehamilan. Mereka juga rentan mengalami anemia sickle cell selama kehamilan.

Wanita dengan anemia sickle cell mengalami episode rasa sakit yang berulang (krisis sickle) sepanjang hidup mereka. Rasa sakit pada perut atau anggota badan disebabkan oleh blokade pembuluh darah oleh sel darah merah yang abnormal. Episode rasa sakit ini dapat parah dan membutuhkan rawat inap untuk pengobatannya dengan cairan dan obat penghilang sakit.

Hidroksurea telah terbukti efektif sebagai pengobatan, tetapi penggunaannya mempunyai beberapa risiko. Karena kami tidak memiliki data penelitian efek jangka panjang, wanita hamil dianjurkan tidak menggunakannya.

Risiko pada wnaita hamil dengan penyakit sickle cell antara lain rasa sakit karena sickle, infeksi dan bahkan gagal jantung bawaan. Risiko pada janin antara lain tingginya insiden keguguran dan lahir mati, diperkirakan 50%. Walaupun risikonya lebih besar, banyak wanita dengan anemia sickle cell mengalami kehamilan yang berhasil.

Thalassemia
Salah satu tipe anemia yang jarang ditemui adalah thalassemia, yang sering terjadi pada masyarakat Mediterania. Penyakit ini ditandai dengan kurangnya poduksi protein sederhana yang membuat sel darah merah, dan menyebabkan anemia. Jika anda mempunyai riwayat keluarga dengan thalassemia atau mengetahui anda menderita thalassemia, diskusikan dengan dokter anda.

Walaupun risikonya lebih besar, banyak wanita dengan anemia sickle cell mengalami kehamilan yang berhasil.


Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Bila Anda Merasa “Tidak Sehat”
- Mungkin saja anda mengalami diare selama kehamilan, begitu juga infeksi virus, seperti flu. - Masalah ini dapat menambah perhatian anda.
- Apa yang dapat saya lakukan bila saya merasa sakit?
- Obat atau pengobatan apa yang dapat diterima?
- Jika saya sakit, apakah saya masih mengkonsumsi vitamin prenatal saya?
- Jika saya sakit dan tidak bisa makan seperti biasa, apa yang harus saya lakukan?

Jika anda sakit selama kehamilan, jangan ragu untuk menghubungi dokter anda. Minta nasihat dokter anda. Dokter anda akan menasihatkan mengenai obat apa yang dapat anda minum untuk membantu anda merasa lebih baik. Bahkan bila hanya pilek atau flu, dokter anda ingin tahu kapan anda merasa sakit. Jika pemeriksaan lelbih lanjut diperlukan, dokter anda akan menyarankannya pada anda.

Apakah ada yang dapat anda lakukan sendiri? Ya. Jika anda mengalami diare atau infeksi virus, tingkatkan pemasukan cairan anda. Minum banyak air, jus, dan cairan bening lainnya, seperti sup. Makanan lunak membantu anda merasa sedikit lebih baik.

Tidak mengkonsumsi makanan reguler anda selama beberapa hari tidak membahayakan anda atau bayi anda, tetapi anda perlu banyak minum. Makanan padat mungkin sulit dicerna dan dapat membuat diare makin parah. Produk susu juga memperburuk diare.

Jika diare berlanjut lebih dari 24 jam, hubungi dokter anda. Tanyakan obat diare apa yang dapat anda minum selama kehamilan.

Tip untuk Minggu 22

Banyak minum (air yang terbaik) sepanjang kehamilan anda untuk membantu tubuh anda mengikuti peningkatan volume darah anda. Anda akan mengetahui anda cukup minum bila urin anda tampak hampir seperti air jernih.


Jangan minum obat tanpa konsultasi dulu dengan dokter anda. Biasanya penyakit virus seperti diare merupakan masalah jangka pendek dan tidak akan lebih dari beberapa hari. Anda harus beristirahat dari pekerjaan atau beristirahat di tempat tidur sampai anda merasa lebih baik.

Gizi Anda
Anda perlu banyak minum air dan cairan lain selama kehamilan. Cairan membantu tubuh anda memproses zat gizi, membangun sel baru, menjaga volume darah anda dan mengatur suhu tubuh. Anda akan merasa lebih baik selama kehamilan anda jika anda meminum banyak air daripada yang biasa anda lakukan.

Studi menunjukkan bahwa setiap pembakaran 15 kalori tubuh anda memerlukan sekitar 1 sendok makan air. Jika anda membakar 2.000 kalori setiap hari, anda perlu minum sekitar 2 liter air! Karena kalori anda mingkat selama kehamilan, maka anda memerlukan air. Enam sampai delapan gelas setiap hari merupakan target yang baik. Anda bisa memenuhi kebutuhan minimal 2 liter per hari dengan meminum air atau cairan lainnya sepanjang hari. Jika anda mengurangi konsumsi cairan pda sore hari, anda tidak akan sering ke kamar mandi pada malam hari.

Beberapa masalah yang biasa dialami wanita selama kehamilan dapat dikurangi dengan minum air.


Beberapa wanita menanyakan apakah mereka bisa minum minuman lain selain air. Air merupakan sumber cairan terbaik; tetapi, sumber cairan lain juga dapat memenuhi kebutuhan anda. anda bisa minum susu, jus sayuran, jus buah, dan teh herbal. Makan sayur dan buah, produk susu lainnya, daging dan padi-padian juga membantu anda memenuhi target konsumsi cairan anda. Hindari teh, kopi, dan cola—karena mengandung sodium dan kafein, yang bersifat diuretik, yang artinya akan meningkatkan kebutuhan air anda.

Beberapa masalah yang biasa dialami wanita selama kehamilan dapat dikurangi dengan minum air. Sakit kepala, kram rahim, infeksi kandung kemih akan berkurang bila anda minum banyak air.

Periksa urin anda untuk melihat apakah anda cukup minum. Jika berwarna kuning muda, anda cukup mendapat cairan. Urin yang berwarna kuning tua menandakan anda harus meningkatkan pemasukan cairan. Jangan menunggu sampai anda haus untuk minum. Pada saat anda haus, anda sudah kehilangan minimal 1% dari cairan tubuh anda.

Anda Juga Harus Tahu

Apendiksitis
Apendiksitis dapat terjadi kapan saja, bahkan selama kehamilan. Kehamilan dapat membuat diagnosis sulit dilakukan karena beberapa gejala biasa terjadi dalam kehamilan normal, seperti mual dan muntah. Diagnosis juga sulit karena rahim membesar, apendiks bergerak ke atas dan ke sebelah luar, maka rasa sakit dan kelembutan berada di tempat lain daripada normal. Lihat ilustrasi di bawah.

Pengobatan untuk apendiksitis adalah segera operasi. Ini merupakan operasi perut yang besar, dengan 3 smapai 4 inci insisi, dan membutuhkan beberapa hari di rumah skait. Laparoskopi, dengan insisi kecil, digunakan pada beberapa keadaan, tetapi laparoskopi lebih sulit dilakukan pada waktu hamil karena pembesaran rahim.

Komplikasi serius dapat terjadi bila infeksi apendiks pecah. Sebagian besar dokter yakin lebih baik mengoperasi dan memindahkan apendiks “normal” daripada berisiko infeksi pada rongga perut bila infeksi apendiks pecah. Antibiotik digunakan; banyak antibiotik aman digunakan selama kehamilan.

Tip buat Ayah

Saat anda mengendarai mobil dengan pasangan anda, tanyakan apakah anda bisa membantunya. Anda bisa menawarkan untuk membantunya masuk dan keluar mobil. Anda bisa menukar mobil (bila anda mempunyai lebih dari satu), jika dia merasa lebih nyaman dengan mobil yang lain. Tanyakan apakah dia perlu bantuan untuk mengatur sabuk pengamannya atau tempat duduk. Usahakan membuat kendaraan mudah dan dapat dicapai olehnya.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment

Post a Comment