Friday, July 3, 2009

Kehamilan Minggu 21: Usia Janin 19 Minggu


Berapa Besar Bayi Anda?

Bayi anda makin besar pada minggu pertama dari trimester kedua ini. sekarang beratnya sekitar 10,5 ons (300 g), dan panjang dari kepala ke bokong sekitar 7,2 inci (18 cm). Kira-kira seukuran pisang besar.

Berapa Besar Anda?
Anda dapat merasakan rahim anda sekitar setengah inci (1 cm) di atas pusar anda. Di kantor dokter anda, pengukuran rahim anda hampir 8,5 inci (21 cm) dari simfisis pubis. Penambahan berat anda antara 10 dan 15 pon (4,5 dan 6,3 kg).

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang?

Perumbuhan bayi anda melambat. Akan tetapi, bayi terus bertumbuh dan berkembang. Sistem organ yang berbeda dalam bayi mengalami kematangan.

Sistem Pencernaan Janin
Sistem pencernaan janin berfungsi secara sederhana. Pada minggu kehamilan kesebelas, usus halus mulai berkontraksi dan mengendur, yang mendorong zat melaluinya. Usus halus mampu melepaskan gula dari dalam masuk ke tubuh bayi.

Pada minggu kehamilan 21, perkembangan sistem pencernaan memungkinkan janin untuk menelan cairan amniotik. Setelah menelan cairan amniotik, janin menyerap sejumlah air dan melewatkan zat yang tidak diserap sejauh usus besar.

Janin Menelan
Seperti yang disebutkan di atas, janin menelan sebelum dia lahir. Dengan menggunakan USG, anda dapat mengamati janin menelan pada tahap kehamilan yang berbeda. Kita tidak melihat bayi menelan air ketuban sebelum minggu 21.

Mengapa bayi dalam rahim menelan? Para peneliti percaya menelan cairan amniotik dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan sistem pencernaan janin. Hal ini memungkinkan sistem pencernaan berfungsi setelah lahir.

Dengan menggunakan USG, anda dapat mengamati janin menelan pada tahap kehamilan yang berbeda.

Studi telah menentukan berapa banyak cairan yang ditelan janin dan melalui sistem pencernaan. Bukti mengindikasi bayi cukup bulan menelan sejumlah besar cairan amniotik, sebanyak 17 ons (500 ml) cairan amniotik dalam 24 jam.

Cairan amniotik yang ditelan oleh bayi menyumbnagkan sejumlah kecil pada kebutuhan kalorinya. Para peneliti percaya air ketuban menyumbangkan zat gizi esensial untuk perkembangan bayi.

Meconium
Selama kehamilan, anda mungkin mendengar meconium dan bertanya-tanya apa artinya. Meconium adalah sisa penelanan air ketuban yang tidak dicerna dalam sistem pencernaan janin. Meconium adalah zat yang berwarna hijau kehitaman atau coklat muda yang dibuang bayi anda dari usus besarnya beberapa hari atau minggu sebelum kelahiran, pada saat sakit melahirkan atau setelah lahir.

Perjalanan meconium masuk ke dalam air ketuban dapat disebabkan karena tekanan pada janin. Meconium yang terlihat pada saat sakit melahirkan bisa menjadi indikasi janin yang tertekan.

Jika bayi mengalami gerakan usus sebelum lahir dan meconium terdapat dalam air ketuban, jenin dapat menelan air tersebut. Jika bayi menghirup meconium masuk ke paru-paru, dapat terjadi pneumonia atau pnemonitis. Untuk alasan ini, jika meconium terlihat pada saat kelahiran, suatu usaha dilakukan untuk memindahkan meconium dari mulut dan tenggorokkan bayi dengan alat sedot kecil.

Perubahan pada Anda

Sebagai tambahan pada janin anda, bagian tubuh anda lainnya terus berubah dan bertumbuh. Anda mengalami pembengkakan pada kaki anda, khususnya pada sore hari. Jika anda anda terlalu lama berdiri, pembengkakan yang anda alami akan berkurang jika anda beristirahat sebentar selama hari itu.

Darah Beku pada Kaki
Komplikasi serius pada kehamilan adalah darah beku pada kaki atau paha. Gejala dari masalah pembengkakan kaki disertai rasa sakit dan kemerahan atau rasa panas di daerah yang terpengaruh.

Masalah ini disebut antara lain, trombosis vena, penyakit tromboembolus, tromboflebitis dan trombosis vena dalam. Masalah ini tidak terbatas pada kehamilan, tetapi saat kehamilan lebih sering terjadi. Hal ini disebabkan melambatnya aliran darah di kaki karena tekanan rahim dan perubahan dalam darah dan mekanisme pembekuan darah.

Penyebab pembekuan darah yang sering terjadi pada kaki selama kehamilan karena berkurangnya aliran darah, juga disebut stasis. Jika anda mengalami bekuan darah sebelumnya—di kaki anda atau bagian tubuh lainny—beritahu dokter anda pada awal kehamilan. Dokter anda perlu mengetahui informasi penting ini.

Tip untuk Minggu 21

Cara yang tepat untuk menambahkan kalsium pada diet anda adalah memasak nasi dan oatmeal dengan susu skim daripada dengan air.


Trombosis Vena Dalam

Trombosis superfisial dan trombosis vena dalam pada kaki merupakan kondisi yang berbeda. Pembekuan darah pada vena superfisial kaki tidak serius. Kondisi ini biasanya terjadi dekat permukaan kulit sehingga dapat terasa pada permukaan. Tipe bekuan darah ini diobati dengan penghilang sakit ringan seperti asetaminofen (Tylenol), mengangkat kaki, mendukung kaki dengan plester Ace atau stocking pendukung dan kadang-kadang dengan panas. Jika keadaannya tidak cepat membaik, trombosis vena dalam harus diperhatikan.

Trombosis vena dalam merupakan masalah yang lebih serius; memerlukan prosedur diagnostik dan pengobatan. Gejala trombosis vena dalam pada kaki sangat bervariasi, tergantung pada lokasi bekuan dan seberapa parahnya. Serangan trombosis vena dalam dapat cepat, dengan rasa sakit yang parah dan pembengkakan pada kaki dan paha.

Dengan trombosis vena dalam, kaki kadang-kadang terlihat pucat dan dingin, tetapi biasanya bagian kaki lembut, panas, dan bengkak. Seringkali kulit di atasnya berwarna merah.

Penekanan pada betis atau kaki mungkin sangat sakit, begitu juga dengan berjalan. Jika anda mengalami trombosis vena dalam, berbaring dan lipat jari kaki anda sampai lutut. Jika bagian belakang kaki terasa lembut, merupakan indikasi positif dari masalah ini (tanda Homan). (Jenis rasa sakit ini juga terjadi pada otot yang tegang atau memar.) Periksakan pada dokter anda jika ini terjadi.

Studi diagnostik tentang trombosis vena dalam dapat berbeda pada wanita hamil dengan wanita tidak hamil. Pada wanita tidak hamil, sinar-X disertai dengan injeksi bahan pewarna pada vena kaki untuk mencari bekuan darah. Tes ini biasanya tidak dilakukan pada wanita hamil karena paparan radiasi dan zat warna. USG digunakan untuk mendiagnosis masalah ini pada wanita hamil. Sebagian besar pusat kesehatan menawarkan ini, tetapi tes tidka tersedia di setiap tempat.

Pengobatan trombosis vena dalam biasnaya terdiri atas rawat inap dan terapi heparin. Heparin (pencegah darah beku) harus diberikan intravena; tidak dapat diminum seperti pil. Perlakuan ini aman selama kehamlan dan tidak melewati janin. Seorang wanita perlu mengkonsumsi kalium ekstra selama kehamilan jika dia menerima heparin. Saat pemberian heparin, wanita harus tinggal di tempat tidur. Kaki perlu diangkat dan dihangatkan. Obat penghilang sakit yang ringan juga diresepkan.

Waktu pemulihan, termasuk rawat inap, mungkin 7 sampai 10 hari. setelah waktu ini, wanita itu terus mendapat heparin sampai persalinan. Selama kehamilan, ia akan terus mendapat pencegah darah beku sampai beberapa minggu, tergantung keparahannya.

Jika wanita mengalami bekuan darah pada suatu kehamilan, dia cenderung akan membutuhkan heparin pada kehamilan berikutnya. Jika begitu, heparin dapat diberikan dengan intravena kateter atau injeksi harian yang dapat dilakukan wanita itu sendiri dibawah pengawasan dokternya.

Pengobatan lain yang digunakan untuk mengobati trombosis vena dalam adalah warfarin, obat oral. Warfarin (Coumdin) tidak diberikan selama kehamilan karena dapat melewati placenta dan dapat membahayakan bayi. Warfarin biasanya diberikan pada wanita setelah kehamilan untuk mencegah bekuan darah. Dapat digunakan selama beberapa minggu atau beberapa bulan, tergantung keparahan.

Bahaya terbesar dari trombosis vena dalam adalah embolus pulmoner, yaitu pecahan darah beku dari kaki masuk ke paru-paru. Ini jarang terjadi selama kehamilan dan dilaporkan hanya 1 dalam setiap 3.000 sampai 7.000 kelahiran. Meskipun merupakan komplikasi yang serius selama kehamilan, ini dapat dicegah dengan pengobatan yang memadai.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Anda

Keamanan USG
Banyak wanita menanyakan keamanan pemeriksaan USG. Sebagian besar peneliti medis setuju bahwa pemeriksaan USG tidak memberikan risiko signifikan pada anda atau bayi anda. Para peneliti telah lama mencari masalah potensial tanpa menemukan bukti bahwa tes itu membahayakan.

USG merupakan alat yang sangat berharga dalam mendiagnosis masalah dan menjawab banyak pertanyaan selama kehamilan. Informasi pemeriksaan USG dapat menenangkan dokter anda dan wanita hamil.

Jika dokter anda menganjurkan USG bagi anda dan anda tertarik, diskusikan dengannya. Dokter anda memiliki alasan penting untuk melakukan pemeriksaan USG. Hal itu dapat mempengaruhi kesehatan janin anda.

Gizi Anda
Beberapa wanita mengalami ngidam selama kehamilan. Ngidam merupakan tanda kehamilan nonspesifik. Ngidam makanan tertentu bisa menjadi baik dan buruk. Jika makanan yang anda idamkan bergizi dan menyehatkan, makan dalam porsi sedang, jangan makan makanan yang tidak baik untuk anda. Jika anda mengidamkan makanan yang tinggi kadar lemak dan gula atau berisi kalori kosong, hati-hati. Makanlah sedikit, tetapi jangan lepas kendali. Coba makan makanan yang lain, seperti buah segar atau keju.

Kami tidak memahami semua alasan seorang wanita yang mengidamkan suatu makanan saat hamil. Kami percaya perubahan hormon dan emosional yang terjadi dalam kehamilan ikut berperan.

Berlawanan dengan mengidamkan makanan adalah keengganan makan. Beberapa makanan yang anda makan tanpa masalah sebelum hamil dapat membuat lambung anda sakit sekarang. Ini hal biasa. Sekali lagi, kami percaya hormon dalam kehamilan terlibat. Dalam kasus ini, hormon mempengaruhi saluran gastrointestinal, yang dapat mempengaruhi reaksi anda pada beberapa makanan.

Makanan Apa yang Biasa Diidamkan Wanita?

Penelitian belakangan ini mengindikasikan tiga macam yang sering diidamkan wnaita hamil.
- 33% mengidamkan coklat.
- 20% mengidamkan makanan manis.
- 19% mengidamkan buah dan jus sitrus.


Anda Juga Harus Tahu

Apakah Anda Akan Mengalami Varicose Vein?
Varicose vein, juga disebut varicositis atau varises, terjadi pada sebagian besar wanita hamil. Faktor keturunan dapat menjadikan varises lebih parah karena kehamilan, meningkatnya usia dan tekanan karena berdiri terlalu lama.

Varises adalah pembuluh darah yang dipenuhi darah. Biasanya terjadi pada kaki tetapi juga terdapat di vulva. Perubahan aliran darah dan tekanan dari rahim memperburuk varises, yang menyebabkan ketidaknyaman.

Pada sebagian besar kejadian, varises lebih dapat terlihat dan lebih sakit saat kehamilan berlanjut. Dengan meningkatnya berat (terutama jika anda terlalu lama berdiri), varises akan makin parah.

Gejalanya bermacam-macam. Pada beberapa wnaita, gejala utamanya adalah tanda biru keunguan di kaki dengan sedikit atau tanpa rasa sakit, kecuali mungkin pada malam hari. Wanita lainnya mempunyai tonjolan vena yang perlu ditinggikan pada malam hari.

Pada kehamilan, pembengkakan vena mungkin berkurang, tetapi varises tidak hilang.

Mengobati Varises

Berikut ini beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah vena membengkak parah.

- Kenakan kaus kaki pendukung kesehatan; banyak jenis yang tersedia. Minta rekomendasi dokter anda.
- Kenakan pakaian yang tidak menghambat sirkulasi pada lutut atau paha.
- Istirahatkan kaki anda. Bersandarlah atau tingginya kaki anda bila mungkin. Ini membantu vena lebih cepat kosong.
- Kenakan sepatu yang rata bila anda bisa.
- Jangan menyilangkan kaki anda. ini mengurangi sirkulai dan dapat memperburuk masalah.


Metode yang berbagai macam, antara lain pengobatan laser, injeksi, dan operasi, dapat mengurangi vena ini; operasi ini disebut vein stripping. Biasanya tidak dilakukan operasi varises selama kehamilan, meskipun pengobatan ini dipertimbangkan bila anda tidak hamil.

Tip buat Ayah

Tidak terlalu cepat untuk memikirkan nama bayi. Kadang-kadang pasangan mempunyai ide yang sangat berbeda mengenai nama anak mereka. Banyak buku yang dapat membantu anda. Apakah anda ingin menghargai sahabat dekat atau kerabat dengan menggunakan nama mereka? Apa masalah yang dapat terjadi bila anda memilih nama yang sulit diucapkan atau sulit dieja? Apa nama panggilannya? Mulailah memikirkannya sekarang, walaupun anda tidak akan memiih nama sampai setelah anda bertemu dengan bayi anda.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment