Friday, July 3, 2009

Kehamilan Minggu 20: Usia Janin 18 Minggu


Berapa Besar Bayi Anda?

Pada saat ini, panjang dari kepala ke bokong adalah 5,6 sampai 6,4 inci (14 sampai 16 cm). Berat bayi anda sekitar 9 ons (260 g).

Berapa Besar Anda?
Selamat—20 minggu menandakan pertengahan dan anda telah menjalani setengah dari waktu kehamilan anda! ingat, seluruh kehamilan adalah 40 minggu dari awal menstruasi terakhir anda jika kehamilan anda cukup bulan.

Rahim anda mungkin sudah berada pada pusar anda. dokter anda telah melihat pertumbuhan dan pembesaran rahim anda. Pertumbuhan pada saat ini mungkin tidak teratur tetapi biasanya menjadi lebih teratur setelah minggu kedua puluh.

Mengukur Pertumbuhan Rahim Anda
Rahim anda diukur untuk menjaga pertumbuhan bayi anda. Dokter mungkin menggunakan alat pengukur atau dengan jari.

Dokter anda memerlukan titik referensi untuk mengukur pertumbuhan anda. Beberapa dokter mengukur dari pusar anda. Banyak yang mengukur dari simfisis pubis. Simfisis pubis merupakan tempat tulang pubis bertemu di pertengahan perut bagian bawah anda. tulang ini berada tepatdi atas uretra anda (tempat urin keluar), 6 sampai 10 inci (15,2 sampai 25,4 cm) di bawah pusar, tergantung berapa tinggi anda. dapat terasa 1 atau 2 inci (2,5 smpai 5 cm) di bawah batas rambut pubis anda.

Pengukuran dilakukan dari simfisis pubis ke atas rahim. Setelah 20 minggu kehamilan, anda bertumbuh sekitar 0,4 inci (1 cm) setiap minggu. Jika anda 8 inci (20 cm) pada 20 minggu, kunjungan anda selanjutnya, ukuran anda sekitar 9,6 inci (24 cm).

Jika ukuran anda 11,2 inci (28cm) pada saat ini, anda memerlukan pemeriksaan lebih lanjut dengan USG untuk menentukan apakah anda mengandung bayi kembar atau apakah batas tanggal anda benar. Jika pengukuran anda 6 inci (15 sampai 16cm) pada saat ini, anda perlu diperiksa leibh lanjut dengan USG. Batas tanggal anda mungkin salah atau bermasalah dengan retardasi pertumbuhan dalam rahim atau masalah lain.

Pengukuran berbeda di antara wanita dan pada seorang wanita sering berbeda antara kehamilan yang satu dengan kehamilan yang lainnya.


Tidak setiap dokter melakukan pengukuran dengan cara yang sama, dan tidak setiap wanita mempunyai ukuran yang sama. Ukuran bayi bervariasi. Jika teman-teman anda bertanya, “Berapa pengukuran anda?” Jangan khawatir jika pengukuran mereka berbeda. Pengukuran berbeda di antara wanita dan pada seorang wanita sering berbeda antara kehamilan yang satu dengan kehamilan yang lainnya.

Jika anda menemui dokter yang berbeda, pengukuran anda mungkin berbeda. Hal ini tidak mengindikasikan suatu masalah atau seseorang yang salah mengukur. Pengukuran setiap orang bisa sedikit berbeda.

Memiliki pengukuran dari orang yang sama secara teratur dapat membantu mengikuti pertumbuhan bayi anda. Perubahan pengukuran dapat menjadi tanda kesehatan janin dan pertumbuhan janin. Jika janin tidak normal, pengukuran itu dapat menjadi tanda peringatan. Jika anda tertarik dengan ukuran dan pertumbuhan kehamilan anda, tanyakan dokter anda mengenai hal itu.

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Kulit Bayi Anda
Kulit yang menutupi bayi anda mulai bertumbuh dari dua lapisan. Lapisan ini adalah epidermis, yang berada di permukaan, dan dermis, yang merupakan lapisan leibh dalam. Pada waktu kehamilan ini, epidermis terdiri dari empat lapisan. Salah satu lapisan ini terdiri atas epidermis terluar, yang membentuk permukaan ujung jari, telapak tangan, dan telapak kaki. Semua ini ditentukan secara genetik.

Dermis terletak di bawah epidermis. Dermis membentuk proyeksi yang mendorong masuk ke dalam epidermis. Setiap proyeksi mengandung pembuluh darah kecil (kapiler) atau saraf. Lapisan yang lebih dalam juga mengandung sejumlah lemak.

Saat bayi lahir, kulitnya ditutupi oleh zat putih yang terlihat seperti lem. Disebut vernix, disekresikan oleh kelenjar dalam kulit pada minggu kehamilan kedua puluh. Vernix melindungi kulit janin anda dari air ketuban.

Rambut tumbuh pada sekitar 10 sampai 14 minggu kehamilan. Rambut tumbuh dari epidermis; ujung rambut (papillae rambut) masuk ke dalam dermis. Rambut pertama kali terlihat pada janin di atas bibir dan alis. Biasanya terbuka pada saat lahir dan digantikan oleh rambut yang lebih tebal dari folikel baru.

Gambar USG
Pemeriksaan USG pada wanita hamil sekitar 20 minggu kehamilan. USG sering lebih mudah dimengerti saat dilakukan. Gambar yang anda lihat seperti gambar yang bergerak.

Jika anda melihat lebih dekat pada ilustrasi, anda dapat memahaminya. Baca label dan coba visualisasikan bayi di dalam rahim. Gambar USG seperti melihat pada bagian suatu obyek. Gambar yang anda lihat adalah 2 dimensi.

USG yang dilakukan pada titik kehamilan ini membantu untuk menentukan batas tanggal anda. Jika USG dilakukan sangat awal atau sangat akhir (dua bulan pertama atau terakhir), akurasi tanggal kehamilan tidak bagus.

Kunjungan ke Dokter

Saat Margaret menjalani USG, dia kecewa karena tidak terlihat seperti bayi baginya. Jika anda menjalani pemeriksaan USG dan tidak melihat segalanya atau tidak tidak masuk akal, jangan merasa sedih. Gambar ini sulit ditafsirkan kecuali anda menjalani pelatihan ekstensif dan berepngalaman. Margaret ditenangkan untuk melihat detak jantung dan melihat gerakan bayinya.


Jika terdapat dua atau lebih janin, biasanya dapat dilihat. Pada banyak kasus, masalah janin juga dapat terlihat pada saat ini.

Percutaneous Umbilical Blood Sampling (pemeriksaan darah pusar perkutan)
Percutaneous umbilical blood sampling (PUBS), juga disebut cordocentesis, merupakan tes yang dilakukan pada janin saat masih berkembang dalam rahim anda. Keuntungan tes ini adalah hasil dapat tersedia dalam beberapa hari. Kerugiannya adalah berisiko keguguran lebih tinggi daripada amniocentesis.

Dipandu dengan USG, jarum halus dimasukkan melalui perut ibu ke dalam vena kecil pada tali pusar. Contoh darah bayi yang sedikit diambil untuk analisis. PUBS mendeteksi kelainan darah, infeksi dan ketidasesuaian Rh-.

Darah bayi dapat diperiksa sebelum lahir, dan bayi dapat diberikan transfusi darah, jika diperlukan. Prosedur ini dapat membantu mencegah ancaman anemia yang dapat terjadi bila ibu mempunyai Rh-negatif dan antibodi yang menghancurkan darah bayi.

Perubahan pada Anda

Peregangan Otot Perut
Otot perut anda diregang dan didorong saat bayi anda bertumbuh. Otot melekat pada bagian bawah tulang rusuk anda dan turun secara vertikal ke pelvis anda. otot ini terpisah di garis tengah. Otot ini disebut otot rektus; saat terpisah, disebut diastasis recti.

Anda akan memperhatikan pemisahan tersebut pada saat anda berbaring dan anda mengangkat kepala anda, mengencangkan otot perut anda. Akan terlihat seperti ada tonjolan di pertengahan perut anda. anda bahkan bisa merasakan ujung otot di sisi lain tonjolan. Ini tidak sakit dan tidak membahayakan anda atau bayi anda. Apa yang anda rasakan pada celah antara otot adalah rahim. Anda akan merasakan gerakan bayi lebih mudah di sini.

Jika ini bayi pertama anda, anda sama sekali tidak memperhatikan pemisahan tersebut. Dengan setiap kehamilan, pemisahan lebih sering terlihat. Olahraga dapat memperkuat otot ini, tetapi anda masih mempunyai tonjolan atau celah.

Pada kehamilan lebih lanjut, otot ini mempererat dan menutup celah. Pemisahan ini tidak dapat dilihat, tetapi masih ada. Korset mungkin tidak membantu menghilangkan tonjolan atau celah.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Hubungan Seksual
Kehamilan dapat menjadi saat yang penting untuk makin dekat dengan pasangan anda. Saat anda makin membesar, hubungan seksual menjadi sulit karena ketidaknyamanan pada anda. Dengan sedikit imajinasi dan posisi yang berbeda (anda tidak berbaring dan pasangan anda tidak berada langsung di atas anda), anda dapat terus menikmati hubungan seksual selama bagian kehamilan anda ini.

Jika anda merasakan tekanan dari pasangan anda—baik kepeduliannya mengenai keamanan hubungan seksual maupun permintaan untuk hubungan seksual yang sering—diskusikan secara terbuka dengannya. Jangan takut untuk mengajak pasangan anda mengunjungi dokter dengan anda untuk mendiskusikan hal ini.

Jika anda mempunyai masalah dengan kontraksi, perdarahan atau komplikasi, anda dan pasangan anda sebaiknya berbicara dengan dokter anda. Anda dapat memutuskan bersama apakah anda dapat meneruskan hubungan seksual selama kehamilan anda.

Tip untuk Minggu 20

Pemeriksaan USG dilakukan pada saat ini dapat menentukan jenis kelamin bayi anda, tetapi bayi harus bekerja sama. Jenis kelamin diketahui dengan melihat organ genitalnya. Walaupun jenis kelamin terlihat jelas, operator USG bisa melakukan kesalahan mengenai jenis kelamin bayi.


Gizi Anda

Banyak wanita menggunakan pemanis buatan untuk mengurangi kalori. Aspartam dan sakarin merupakan dua pemanis buatan yang biasa ditambahkan pada makanan dan minuman. Aspartam (dengan merek dagang Nutrasweet dan Equal) merupakan pemanis buatan yang paling populer. Pemanis ini digunakan dalam banyak makanan dan minuman untuk mengurangi kandungan kalori. Pemanis ini merupakan kombinasi fenilalanin dan asam aspartat, dua asam amino.

Terdapat kontroversi terhadap keamanan aspartam. Kami menganjurkan anda untuk mengganti makanan yang tidak mengandung pemanis. Pada saat ini, kami tidak yakin tentang keamanannya untuk wanita hamil dan janin. Jika anda menderita fenilketonuria, anda harus mengikuti diet rendah fenilalanin atau bayi anda mungkin akan terpengaruh. Fenilalanin dalam aspartam menyumbangkan fenilalanin dalam makanan.

Sakarin merupakan pemanis buatan lainnya yang banyak digunakan dalam makanan dan minuman. Meskipun tidak digunakan sebanyak masa lalu, tetapi masih ada dalam banyak makanan, minuman dan lainnya. Center for Science in the Poublic Interest melaporkan pemeriksaan sakarin tidka mengindikasikan aman digunakan selama kehamilan. Lebih baik anda menghindari penggunaan produk ini selama kehamilan.

Jangan gunakan pemanis buatan atau bahan tambahan makanan selama kehamilan, jika anda dapat menghindarinya. Yang terbaik adalah mengurangi zat apapun yang tidak benar-benar anda butuhkan dari makanan yang anda makan dan minuman yang anda minum. Lakukan untuk kebaikan bayi anda.

Anda Juga Harus Tahu

Mendengarkan Detak Jantung Bayi Anda
Anda dapat mendengarkan detak jantung bayi anda dengan stetoskop pada minggu 20. Sebelum para dokter menggunakan alat yang memungkinkan mereka mendengar detak jantung dan USG untuk melihat jantung berdetak, stetoskop dapat membantu mendengarkan detak jantung bayi. Biasanya ini terjadi setelah wanita hamil merasakan gerakan.

Jika anda tidak dapat mendengarkan detak jantung bayi anda dengan stetoskop, jangan khawatir. Tidak selalu mudah bagi seorang dokter yang melakukannya secara teratur!


Suara yang anda dengar melalui stetoskop mungkin berbeda dengan yang anda gunakan untuk mendengarkan di kantor dokter. Suaranya tidak keras. Jika anda tidak pernah mendengarkan melalui stetoskop, awalnya akan sulit. Makin mudah didengar saat bayi makin besar dan suaranya makin keras.

Jika anda tidak dapat mendengarkan detak jantung bayi anda dengan stetoskop, jangan khawatir. Tidak selalu mudah bagi seorang dokter yang melakukannya secara teratur!

Jika anda mendengar suara mendesir (detak jantung bayi), anda harus membedakannya dengan suara berdetak (detak jantung ibu). Jantung bayi berdetak dengan cepat, biasanya 120 sampai 160 detakan setiap manit. Detak jantung atau denyut nadi anda lebih lambat, berkisar antara 60 dan 80 detakan setiap menit. Jangan takut bertanya pada dokter anda untuk membantu anda membedakan suaranya.

Tip buat Ayah

Sekitar 20 minggu kehamilan, pasangan anda menjalani pemeriksaan USG. Cobalah untuk hadir pada pemeriksaan ini. minta pasangan anda untuk mempertimbangkan jadual anda saat membuat perjanjian pemeriksaan USG.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment