Friday, July 3, 2009

Kehamilan Minggu 19: Usia Janin 17 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Panjang dari kepala ke bokong janin adalah 5,2 sampai 6 inci (13 sampai 15 cm) pada minggu ini. Berat badan bayi anda sekitar 7 ons (200 g). Menakjubkan, berat bayi anda akan meningkat lebih dari 15 kali antara sekarang dan persalinan!

Berapa Besar Anda?
Anda dapat merasakan rahim anda sekitar 0,5 inci (1,3 cm) di bawah pusar anda. Total penambahan berat badan anda pada saat ini antara 8 dan 14 pon (3,6 dan 6,3 kg). Pada berat badan ini, hanya sekitar 7 ons (200 g) adalah bayi anda! Berat placenta sekitar 6 ons (170 g); berat air ketuban 11 ons (320 g). Berat rahim 11 ons (320 g). Berat payudara anda meningkat sekitar 6,3 ons (180 g).

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang?

Sistem Saraf Bayi Anda
Awal sistem saraf bayi anda (otak dan struktur lainnya, seperti urat saraf tulang belakang) pada minggu 4 saat lapisan saraf mulai berkembang. Pada minggu keenam, bagian utama dari sistem saraf pusat terbentuk. Bagian ini terdiri atas otak depan, otak tengah, otak belakang, dan urat saraf belakang. Dalam minggu 7, otak depan terbagi menjadi dua hemisfer yang akan menjadi dua hemisfer otak.

Hidrosefalus
Pengaturan dan perkembangan otak berlanjut. Cairan cerebrospinal, yang bersirkulasi antara otak dan tulang belakang, dibentuk oleh koroid pleksus. Cairan harus dapat mengalir tanpa pembatasan. Jika pembukaan diblokir dan airan dibatasi karena suatu alasan, dapat menyebabkan hidrosefalus (air dalam otak).

Hidrosefalus menyebabkan pembesaran kepala. Ini terjadi sekitar 1 dalam 2.000 bayi, bertanggung jawab sekitar 12% dari semua cacat janin parah yang ditemukan pada saat lahir.

Hidrosefalus sering berhubungan dengan spina bifida dan terjadi sekitar 33% dari kasus itu. Juga berhubungan dengan meningomyelocele dan omphalocele (hernia pada tulang belakang dan pusar). Antara 15 dan 45 ons cairan (500 sampai 1.500 ml) dapat terakumulasi, tetapi lebih banyak daripada itu dapat ditemukan. Jaringan otak ditekan oleh cairan ini.

USG merupakan jalan terbaik untuk mendiagnosis masalah. Hidrosefalus biasanya dapat dilihat dengan USG pada 19 minggu kehamilan. Kadang-kadang, ditemukan dengan pemeriksaan rutin dan “perasaan” rahim anda.

Dulu, tidak ada yang dapat dilakukan dengan hidrosefalus sampai setelah kelahiran. Saat ini, terapi intrauterin—pengobatan saat janin masih berada di rahim—dapat dilakukan pada beberapa kasus.

Terdapat dua metode pengobatan hidrosefalus dalam rahim. Dalam satu metode, jarum dimasukkan ke dalam perut ibu ke daerah otak bayi tempat cairan berkumpul. Beberapa cairan dipindahkan untuk mengurangi tekanan pada otak bayi. Pada metode lainnya, saluran plastik kecil ditempatkan ke dalam tempat cairan berkumpul dalam otak bayi. Saluran ini ditinggalkan di tempat untuk mengeringkan cairan secara terus menerus.

Hidrosefalus merupakan masalah berisiko tinggi. Prosedur ini memerlukan seorang spesialis dan berpengalaman dalam teknik terakhir. Hal ini membutuhkan konsultasi dengan perinatologis spesialis dalam kehamilan risiko tinggi.

Perubahan pada Anda

Perasaan Pusing
Perasaan pusing selama kehamilan merupakan gejala yang umum, sering kali disebabkan oleh hipotensi (tekanan darah rendah). Biasanya tidak terjadi sampai trimester kedua tetapi dapat terjadi lebih awal.

Terdapat dua alasan umum terjadinya hipotensi selama kehamilan. pertama disebabkan oleh pembesaran rahim mengakibatkan tekanan pada aorta dan vena cava anda. ini disebut hipotensi telentang (supine hypotension) dan terjadi saat anda berbaring. Anda dapat menguranginya atau mencegahnya dengan tidur atau berbaring telentang.

Penyebab kedua hipotensi ini adalah bangkit terlalu cepat dari posisi duduk, berlutut, atau jongkok. Ini disebut hipotensi postural (postural hypotension). Tekanan darah anda jatuh saat anda bangkit terlalu cepat karena darah meninggalkan otak karena gravitasi. Masalah ini dapat disembuhkan dengan bangkit perlahan dari posisi duduk atau berbaring.

Jika anda mengalami anemi, anda merasa pusing, pingsan, atau anda cepat lelah. Darah anda diperiksa secara rutin selama kehamilan. dokter anda akan memberitahu jika anda menderita anemi. (Lihat Minggu 22 untuk informasi lebih lanjut mengenai anemia.)

Tekanan darah anda turun saat anda bangkit terlalu cepat karena darah meninggalkan otak karena gravitasi.


Kehamilan juga mempengaruhi kadar gula darah anda. Gula darah tinggi (hiperglikemia) atau gula darah rendah (hipoglikemia) dapat membuat anda merasa pusing atau pingsan. Banyak dokter secara rutin memeriksa wanita hamil untuk masalah dengan gula darah selama kehamilan, khususnya jika mereka mempunyai riwayat keluarga dengan diabetes atau masalah dengan pusing. Sebagian besar wanita dapat menghindari atau memperbaiki masalah dengan makan dengan seimbang, tidak mengabaikan makan dan tidak pergi terlalu lama tanpa makan. Bawa seiris buah atau beberapa biskuit untuk meningkatkan gula darah dengan cepat saat anda membutuhkannya.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Tanda Peringatan selama Kehamilan
Banyak wanita gugup karena mereka tidak tahu bila sesuatu yang penting atau serius terjadi selama kehamilan. Sebagian besar wanita mengalami beberapa masalah selama kehamilan. Jika anda tertarik, baca daftar berikut ini tentang gejala-gejala terpenting yang perlu disadari. Hubungi dokter anda jika anda mengalaminya:

- Perdarahan pada vagina
- Pembengkakan parah pada wajah atau jari
- Sakit punggung yang parah
- Kehilangan cairan dari vagina, biasanya semburan cairan, tetapi kadang tetesan atau basah yang terus menerus
- Perubahan besar pada gerakan bayi atau kurang gerak
- Demam tinggi (lebih dari 101.6 F; 38,7 C) atau kedinginan
- Muntah berat atau tidak mempu menyimpan makanan atau cairan
- Pandangan kabur
- Sakit saat buang air kecil
- Sakit kepala berat
- Luka atau kecelakaan, seperti jatuh atau kecelakaan mobil, yang menyebabkan anda memikirkan kesehatan bayi anda

Suatu cara untuk mengetahui dokter anda adalah menanyakan pendapatnya mengenai perhatian anda. Saat anda menanyakannya, jangan malu untuk bertanya apapun. Dokter anda akan mengetahui masalahnya sementara mereka dapat lebih mudah mengatasinya.

Jika masalah parah, anda mungkin diajukan pada perinatologis, atau ahli kandungan yang telah menjalani pelatihan tambahan dua tahun atau lebih. Spesialis ini berpengalaman merawat kehamilan risiko tinggi.

Anda mungkin tidak mengalami kehamilan risiko tinggi pada awal kehamilan. akan tetapi, jika terjadi masalah pada anda (seperti persalinan prematur) atau pada bayi anda (sepeti spina bifida), anda mungkin diajukan pada perinatologis untuk konsultasi dan perawatan selama kehamilan anda. Anda mungkin dapat kembali lagi pada dokter biasa anda untuk persalinan.

Jika anda menemui perinatologis, anda mungkin harus melahirkan di rumah sakit tertentu. Biasanya karena rumah sakit ini mempunyai fasilitas tertentu atau dapat melakukan tes tertentu untuk anda atau bayi anda.

Gizi Anda
Kalsium penting untuk anda dan janin anda. anda perlu menjaga tulang anda agar tetap sehat. Bayi anda perlu mengembangkan tulang dan gigi yang sehat. Tubuh anda menyimpan kalsium pada kehamilan lebih tua untuk persiapan menyusui.

Produk susu merupakan sumber kalsium yang baik. Juga mengandung vitamin D yang membantu penyerapan kalsium. Susu, keju, yogurt, dan es krim merupakan sumber kalsium yang biasa kita kenal. Makanan lain yang mengandung kalsium antara lain brokoli, bok choy, collards, bayam, sardin, kacang garbanzo (kacang panjang), biji sesame, almond, kacang kering masak, tahu, dan trout. Beberapa makanan yang difortifikasi sekarang seperti jus jeruk dan beberapa roti.

Anda dapat meningkatkan kalsium dalam diet anda dengan cara lain juga. Tambahkan susu bubuk tanpa lemak pada masakan, seperti sup, kentang bubuk, dan roti daging. Buat shake buah dengan buah segar dan susu; tambahkan satu sendok es susu atau es krim. Masak nasi dan oatmeal dengan susu skim atau rendah lemak.

Beberapa makanan mengganggu penyerapan kalsium tubuh anda. garam, teh, kopi, protein dan roti tanpa ragi mengurangi jumlah kalsium yang diserap.

Jika anda perlu memperhatikan kalori anda, pilih sumber kalsium dengan bijaksana. Banyak produk tanpa lemak dan rendah lemak yang tersedia. Jika dokter anda memutuskan anda membutuhkan kalsium, suplementasi, kalsium karbonat dengan magnesium (untuk membantu penyerapan kalsium) merupakan pilihan yang baik. Hindari suplemen yang berasal dari tulang binatang, tiram atau dolomit karena mengandung timbal.

Tip untuk Minggu 19

Ikan dapat menjadi pilihan makanan yang menyehatkan selama kehamilan, tetapi jangan makan ikan hiu, ikan todak, atau tuna (segar atau beku) lebih dari seminggu sekali.


Anda Juga Harus Tahu

Alergi selama Kehamilan
Kadang alergi memburuk selama kehamilan. Untuk mengatasi masalah ini, minum banyak air. Jika anda mempunyai alergi terhadap obat, jangan mengira aman untuk diminum. Tanyakan pada dokter anda mengenai obat anda, baik yang diresepkan maupun yang tidak diresepkan. Ini juga berlaku untuk semprot hidung. Beberapa jenis obat alergi tidak dianjurkan. Banyak obat alergi merupakan kombinasi dari beberapa obat, antara lain aspirin, yang tidak boleh anda minum selama kehamilan.

Beberapa wanita memperhatikan alergi mereka membaik selama kehamilan. Hal-hal tertentu yang membuat mereka alergi tidak lagi menjadi masalah.

Tip buat Ayah

Bila mungkin, ambil cuti atau ijin lainnya untuk meluangkan waktu bersama pasangan anda. Bersama, fokuskan pada perencanaan kehamilan dan persiapan untuk kelahiran bayi anda.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment