Friday, July 3, 2009

Kehamilan Minggu 18: Usia Janin 16 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Panjang dari kepala ke bokong janin anda adalah 5 sampai 5,6 inci (12,5 sampai 14 cm) pada minggu ini. Berat janin anda sekitar 5,25 ons (150 g). Bayi anda terus bertumbuh. Pada minggu ini, panjang dari kepala ke bokong sekitar 5 inci (12,5 cm). Terlihat lebih seperti manusia sekarang.

Berapa Besar Anda?
Anda dapat merasakan janin anda tepat di bawah pusar anda. Jika anda menggunakan jari anda, sekitar dua jari (1 inci) di bawah pusar anda. Rahim anda sebesar semangka atau sedikit lebih besar.

Penambahan berat total anda seharusnya 10 sampai 13 pon (4,5 sampai 5,8 kg). Akan tetapi, hal ini sangat bervariasi. Jika anda menambah berat lebih dari ini, diskusikan dengan dokter anda. anda mungkin perlu menemui ahli gizi. Anda masih memiliki lebih dari setengah waktu kehamilan lagi, dan anda akan menambah berat lebih lagi.

Penambahan berat lebih daripada yang direkomendasikan dapat membuat kehamilan dan persalinan lebih sulit. Ekstra pon sulit dikurangi di kemudian hari.

Berdiet selama kehamilan bukan ide yang bijaksana, tetapi tidak berarti anda tidak harus memperhatikan apa yang anda makan. Anda harus! Pilih makanan yang bergizi bagi anda dan janin anda.

Berdiet selama kehamilan bukan ide yang bijaksana, tetapi tidak berarti anda tidak harus memperhatikan apa yang anda makan.


Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Bayi anda terus bertumbuh dan berkembang, tetapi sekarang angka pertumbuhan yang cepat sedikit melambat. Bayi anda seperti manusia sekarang.

Perkembangan Jantung dan Sistem Sirkulasi
Pada minggu ketiga perkembangan janin, dua saluran bersatu membantuk jantung. Jantung mulai berkontraksi pada hari 22 perkembangan atau sekitar awal minggu kehamilan kelima. Detak jantung dapat dilihat pada minggu kehamilan 5 dan 6 selama pemeriksaan USG.

Saluran jantung terbagi atas dua tonjolan. Tonjolan ini berkembang menjadi bilik, disebut ventrikel (kiri dan kanan) dan atrium (kiri dan kanan). Pembagian ini terjadi atara minggu 6 dan 7. Selama minggu 7, jaringan atrium kiri dan kanan bertumbuh, dan pembukaan antara atrium disebut foramen ovale terbentuk. Pembukaan ini memungkinkan darah lewat dari satu atrium ke atrium lainnya, menuju paru-paru. Pada saat lahir, pembukaan ini tertutup.

Katup jantung berkembang pada saat yang sama dengan bilik. Katup ini mengisi dan mengosongkan jantung. Bunyi dan desiran jantung disebabkan darah yang melewati katup ini.

Bayi anda mendapat oksigen dari anda. darah dari bayi anda mengalir ke placenta melalui tali pusar. Dalam placenta, oksigen dan zat gizi dialirkan dari darah anda ke darah janin. Meskipun sirkulasi darah anda dan bayi anda dekat, tetapi tidak ada hubungan langsung. Sistem sirkulasi ini benar-benar terpisah.

Pada saat lahir, bayi anda harus berubah dengan cepat dari tergantung seluruhnya pada anda untuk kebutuhan oksigennya menjadi tergantung pada jantung dan paru-parunya sendiri. Foramen ovale tertutup. Darah menuju ventrikel kanan, atrium kiri dan paru-paru untuk oksigenasi pertama kali. Benar-benar perubahan yang menakjubkan.

Pada minggu kehamilan 18, USG dapat mendeteksi beberapa kelainan jantung. Ini dapat bermanfaat dalam mengidentifikasi masalah seperti Down syndrome. Ahli USG dapat melihat kelainan jantung spesifik. Jika terdapat kelainan yang diduga, pemeriksaan USG lebih jauh dapat diminta untuk mengikuti perkembangan bayi karena kemajuan kehamilan.

Perubahan pada Anda

Apakah Punggung Anda Sakit?
Hampir setiap wanita hamil mengalami sakit punggung. Anda mungkin sudah mengalaminya atau akan mengalaminya saat anda makin besar. Beberapa wanita mengalami sakit punggung yang parah karena olahraga yang berlebihan, berjalan, membungkuk, mengangkat beban atau berdiri. Umumnya, para wanita mengalami sakit punggung ringan daripada parah. Beberapa wanita perlu perawatan kusus untuk bangun dari tempat tidur atau berdiri dari duduk. Pada kasus yang parah, beberapa wanita sulit berjalan.

Perubahan pada persendian dapat merubah postur anda dan menyebabkan tidak nyaman di punggung bagian bawah. Ini terjadi pada kehamilan lebih tua.

Pertumbuhan rahim anda membuat pusat gravitasi anda maju, di atas kaki anda, yang dapat mempengaruhi persendian di sekitar pelvis. Semua persendian anda melemah. Peningkatan hormon merupakan penyebab potensial; akan tetapi, rasa sakit juga merupakan insikasi dari masalah yang lebih serius, seperti pyelonefritis atau batu ginjal. Periksakan dengan dokter anda jika sakit punggung merupakan masalah kronis bagi anda.

Apa yang dapat anda lakukan untuk mencegah atau mengurangi rasa sakit anda? Cobalah beberapa tip di bawah ini sedini mungkin pada kehamilan anda, dan dapat berguna saat kehamilan anda berlanjut.
- Perhatikan diet dan penambahan berat anda.
- Teruskan berolahraga menurut pentujuk selama kehamilan.
- Biasakan berbaring menyamping waktu tidur.
- Usahakan dalam sehari berbaring selama 30 menit.
- Jika anda mempunyai anak-anak lain, ikut tidur siang bersama mereka.
- Tidak apa-apa minum asetaminofen (Tylenol) untuk sakit punggung.
- Kompres bagian yang sakit.
- Jika rasa sakit tetap atau lebih parah, beritahu dokter anda.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Olahraga dalam Trimester Kedua
Setiap orang pernah mendengar wanita yang terus berolahraga berat atau melakukan aktivitas berat sampai hari persalinan tanpa masalah. Banyak kisah tentang atlet Olimpiade yang hamil pada saat mereka memenangkan medali emas dalam pertandingan Olimpiade. Tipe pelatihan dan tekanan fisik ini bukan ide yang baik untuk sebagian besar wanita.

Saat rahim anda bertumbuh dan perut anda makin besar, keseimbangan anda terpengaruh. Anda mungkin merasa janggal. Ini bukan waktunya untuk olahraga seperti basket, atau olahraga yang dapat menyebabkan anda mudah jatuh atau terbentur di perut.

Wanita hamil dapat berpartisipasi dengan aman dalam olahraga dan aktivitas lain selama kehamilan mereka. Ini merupakan sikap yang berbeda dari yang terjadi 20, 30, dan 40 tahun yang lalu. Beristirahat di tempat tidur dan mengurangi aktivitas lebih umum kemudian. Sekarang, kami yakin olahraga dan aktivitas dapat bermanfaat bagi anda dan janin anda.

Kunjungan ke Dokter

Tina datang ke kantor setelah seharian di toko grosir, tempat dia menjadi pramuniaga. Dia memberitahu saya bahwa dia sering mengalami sakit punggung dan dia ingin tahu apa yang dapat dilakukan. Saya memberithaunya bahwa skait punggung seringkali dapat ditolong dengan kompres air hangat, istirahat, dan analgesik, seperti asetaminofen (Tylenol). Korset khusus wanita hamil yang terseida dapat membantu. Menjaga berat badan di bawah kendali dan berolahraga juga membantu. Pada kasus yang parah, terapi fisik atau konsultasi dengan ahli bedah tulang mungkin diperlukan.


Diskusikan aktivitas tertentu anda dengan dokter anda. Jika kehamilan anda berisiko tingi atau jika anda pernah mengalami beberapa keguguran, Penting bagi anda untuk mendiskusikan olahraga dengan dokter anda sebelum memulai aktivitas. Sekarang bukan waktunya untuk melatih olahraga tertentu atau meningkatkan aktivitas. Kenyataannya, ini waktu yang baik untuk mengurangi jumlah atau intesitas olahraga yang anda lakukan. Dengarkan tubuh anda. Tubuh anda akan memberitahu anda kapan waktunya untuk memperlambat.

Bagaimana dengan aktivitas anda sekarang atau yang ingin anda mulai? Berikut ini merupakan pembahasan berbagai aktivitas dan bagaimana pengaruhnya pada anda dalam trimenster kedua dan ketiga. (Lihat Minggu 3 untuk informasi tentang olahraga sebelum kehamilan dan di awal kehamilan.)

Berenang
Berenang baik untuk anda saat anda hamil. Daya apung air dapat membuat rileks. Jika anda bisa berenang, berenanglah selama kehamilan. Jika anda tidak bisa berenang dan terlibat dengan olahraga air (berolaraga di ujung yang dangkal di kolam renang), anda dapat melanjutkannya selama kehamilan. Olahraga ini dapat anda mulai kapanpun selama kehamilan, jika anda tidak berlebihan melakukannya.

Wanita hamil dapat berpartisipasi dengan aman dalam olahraga dan aktivitas lain selama kehamilan mereka.


Bersepeda

Sekarang bukan waktunya untuk belajar bersepeda. Jika anda merasa nyaman bersepeda dan mempunyai tempat yang aman untuk bersepeda, anda dapat menikmati olahraga ini dengan pasangan atau keluarga anda.

Keseimbangan anda akan berubah saat tubuh anda berubah. Hal ini dapat membuat naik dan turun sepeda menjadi sulit. Jatuh dari sepeda dapat melukai anda atau bayi anda.

Sepeda stasioner baik untuk cuaca yang buruk dan untuk kehamilan tua. Banyak dokter yang menyarankan anda mengendarai sepeda stasioner untuk menghindari bahaya jatuh dalam 2 atau 3 bulan kehamilan terakhir.

Berjalan
Berjalan merupakan olahraga yang diperlukan selama kehamilan. Merupakan waktu yang baik untuk berbincang antara anda dan pasangan. Bahkan pada saat cuaca buruk, anda dapat berjalan di tempat seperti shopping mal tertutup. Berjalan dua mil dengan langkah yang baik cukup memadai. Saat kehamilan anda makin tua, anda perlu mengurangi kecepatan dan jarak. Olahraga ini dapat anda mulai kapanpun selama kehamilan, jika anda tidak berlebihan melakukannya.

Tip untuk Minggu 18

Selama olahraga, kebutuhan oksigen anda meningkat. Tubuh anda lebih berat dan keseimbangan anda berubah. Anda juga lebih cepat lelah. Ingatlah hal ini saat anda menentukan program olahraga anda.


Jogging

Banyak wanita melanjutkan berjogging selama kehamilan. Jogging dapat dilakukan selama kehamilan, tetapi diskusikan terlebih dahulu dengan dokter anda. Jika kehamilan anda berisiko tinggi, jogging mungkin bukan ide yang baik.

Kehamilan bukan waktunya untuk meningkatkan jarak mil atau berlatih untuk perlombaan. Kenakan pakaian yang nyaman dan sepatu dengan bantalan yang baik. Gunakan waktu yang banyak untuk pendinginan.

Selama kehamilan, anda perlu memperlambat dan mengurangi jarak lari anda. Bahkan anda perlu merubahnya menjadi berjalan. Jika anda mengalami rasa skait, kontraksi, perdarahan atau gejala lainnya selama atau sesudah jogging, segera hubungi dokter anda.

Aktivitas Olahraga Lainnya
- Tenis dan golf aman untuk dilanjutkan dalam trimester kedua dan ketiga tetapi mungkin memberikan olahraga yang sebenarnya.

- Menunggang kuda tidak disarankan selama kehamilan pada waktu kapanpun.

- Hindari ski air saat anda hamil.

- Bowling tidak apa-apa, meskipun jumlah olahraga yang anda dapatkan berbeda. Hati-hati pada kehamilan tua; sakit punggung dapat terjadi. Keseimbangan anda berubah sehingga bowling menjadi sulit bagi anda.

- Diskusikan dengan dokter anda mengenai ski salju. Sekali lagi, pada kehamilan tua, keseimbangan anda berubah secara signifikan. Jatuh dapat membahayakan anda dan bayi anda. Sebagian besar dokter setuju ski pada pertengahan trimester kedua bukan ide yang baik. Beberapa dokter mengijinkan ski pada awal kehamilan, tetapi jika tidak ada komplikasi dengan kehamilan ini atau sebelumnya.

- Mengendarai mobil traktor atau sepeda motor tidak dianjurkan. Beberapa dokter mengijinkan bila tidak berat. Akan tetapi, sebagian besar yakin risikonya terlalu besar, khususnya jika anda mempunyai maslaah selama kehamilan ini atau sebelumnya.

Gizi Anda
Zat besi penting untuk anda saat anda hamil. Anda memerlukan sekitar 30mg per hari untuk memenuhi kebutuhan kehamilan yang meningkat, berhubungan dengan meningkatnya volume darah anda. Selama kehamilan, bayi anda mengambil simpanan zat besi anda untuk membuat simpanannya sendiri untuk beberapa bulan kehidupan pertama. Hal ini untuk melindungi bayi dari kekurangan zat besi jika anda menyusui.

Cara mudah untuk memeriksanya adalah melihat bagian dalam kelopak mata bawah. Jika anda mendapat cukup zat besi, warnanya merah muda tua.


Sebagian besar vitamin prenatal mengandung cukup zat besi untuk memenuhi kebutuhan anda. Jika anda harus mengkonsumsi suplemen zat besi, minum pil besi anda dengan segelas jus jeruk untuk meningkatkan penyerapannya. Hindari minum susu, kopi, teh bila anda minum suplemen zat besi atau makan makanan yang kaya zat besi. Semua ini mencegah tubuh untuk menyerap zat besi yang dibutuhkan.

Jika anda merasa lelah, sulit berkonsentrasi, sakit kepala, pusing atau gangguan pencernaan, atau jika anda mudah sakit, anda mungkin mengalami kekurangan zat besi. Cara mudah untuk memeriksanya adalah melihat bagian dalam kelopak mata bawah. Jika anda mendapat cukup zat besi, warnanya merah muda tua. Bagian bawah kuku anda juga merah muda.

Hanya 10 sampai 15% dari zat besi yang anda konsumsi yang diserap oleh tubuh. Tubuh anda menyimpan dengan efisien, tetapi anda perlu makan makanan yang kaya zat besi secara teratur untuk menjaga simpanannya. Makanan yang kaya zat besi antara lain ayam, daging merah, jeroan (hati, jantung, ginjal), kuning telur, buah kering, bayam, sayuran hijau dan tahu. Gabungan makanan yang mengandung vitamin C dan zat besi memastikan penyerapan zat besi yang lebih baik oleh tubuh. Salad bayam dengan jeruk merupakan contoh yang baik.

Vitamin prenatal anda mengandung sekitar 60mg zat besi. Jika anda makan makanan yang seimbang dan meminum vitamin prenatal anda setiap hari, anda tidak perlu tambahan zat besi. Diskusikan dengan dokter anda jika anda mempunyai pertanyaan.

Anda Juga Harus Tahu

Infeksi Kandung Kemih
Salah satu masalah yang sering terjadi selama kehamilan adalah sering buang air kecil. Infeksi saluran kencing (ISK) dapat menyebabkan anda lebih sering kencing saat hamil. ISK merupakan masalah yang umum terjadi pada kandung kemih atau ginjal anda selama kehamilan. Saat rahim bertambah besar, rahim anda berada tepat di atas kadung kemih dan pada uteter, saluran dari ginjal ke kandung kemih. Ini memblokir aliran urin. Nama lain infeksi saluran kecing adalah infeksi kandung kemih dan sistitis.

Gejala infeksi saluran kandung kemih antara lain rasa skait saat buang air kecil, khususnya pada akhir buang air kecil, perasaan ingin buang air kecil dan sering buang air kecil. Infeksi saluran kencing yang parah dapat menyebabkan darah pada urin.

Dokter anda akan melakukan urinalisis dan biakan urin pada kunjungan prenatal pertama anda. dokter anda akan memeriksa urin anda pada waktu lain selama kehamilan dan bila gejala yang mengganggu timbul.

Anda dapat mencegah infeksi dengan tidak menahan kencing anda. kosongkan kandung kemih anda segera setelah anda merasa ingin buang air kecil. Jangan menunda ke kamar kecil; dapat menyebabkan infeksi saluran kencing. Banyak minum; jus cranberry dapat membantu anda menghindari infeksi. Bagi beberapa orang, akan membantu bila mengosongkan kandung kemih setelah berhubungan intim.

Temui dokter anda jika anda menduga mengalami infeksi kandung kemih. Infeksi ini harus diobati. Beberapa antibiotik aman digunakan selama kehamilan untuk masalah ini. jika tidak diobati, infeksi saluran kencing dpaat memburuk. Bahkan dapat menyebabkan pyelonefritis, infeksi ginjal serius (lihat berikut ini).

Infeksi saluran kencing selama kehamilan mungkin merupakan penyebab persalinan prematur atau bayi dengan berat badan lahir rendah. Jika anda menduga anda mengalami infeksi, beritahu dokter anda, jika anda didiagnosis mengalami ISK, minum semua antibiotik yang diresepkan untuk anda.

Pyelonefritis
Masalah yang lebih serius disebabkan karena infeksi kandung kemih adalah pyelonefritis (infeksi ginjal). Jenis infeksi ini terjadi 1 sampai 2% dari semua wanita hamil. Ginjal kanan paling sering terinfeksi.

Gejalanya antara lain sering buang air kecil, rasa panas saat buang air kecil, sering merasa ingin buang air keci, demam tinggi, dingin, dan sakit punggung. Pyelonefritis membutuhkan rawat inap dan pengobatan dengan antibiotik intravena.

Jika anda mengalami pyelonefritis atau infeksi kandung kemih yang berulang selama kehamilan, anda harus minum antibiotik selama kehamilan untuk mencegah reinfeksi.

Batu ginjal
Masalah lain yang melibatkan ginjal dan kandung kemih adalah batu ginjal (atau renal calculi). Ini terjadi sekitar 1 dalam 1.500 kehamilan. batu ginjal menyebabkan rasa sakit yang parah pada punggung atau perut bagian bawah. Juga menyebabkan darah dalam urin.

Batu ginjal selama kehamilan biasanya dapat diobati dengan obat penghilang sakit dan minum banyak air. Dengan cara ini, batu akan keluar tanpa operasi atau lithotripsy (prosedur USG).

Tip buat Ayah

Tawarkan pergi berjalan-jalan: Antar ke dry cleaning dan jemput bila telah selesai. Berhentilah di dekat bank. bawa mobilnya ke pencucian mobil. Kembalikan buku perpustakaannya atau menyewa video.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment