Friday, July 3, 2009

Kehamilan Minggu 17: Usia Janin 15 Minggu


Berapa Besar Bayi Anda?

Panjang dari kepala ke bokong bayi anda adalah 4,4 sampai 4,8 inci (110 sampai 120 mm: 11 atau 12 cm). Berat janin berlipat ganda dalam 2 minggu dan sekitar 3,5 ons (100 g). Pada minggu ini, bayi anda seukuran telapak tangan anda. Kuku jari tangan bayi anda terbentuk sempurna. Bayi mulai mengumpulkan sedikit lemak.

Berapa Besar Anda?
Rahim anda berukuran 1,5 sampai 2 inci (3,8 sampai 5 cm) di bawah pusar anda. Anda lebih menunjukkan sekrang dan memiliki bengkak yang nyata di perut bagian bawah anda. Pada saat ini, mengenakan pakaian hamil merupakan suatu keharusan demi kenyamanan. Saat pasangan anda memeluk anda, dia akan merasakan perbedaan di perut bagian bawah anda.

Anggota tubuh anda tetap berubah. Total penambahan berat 5 sampai 10 pon (2,25 sampai 4,5 kg) dalam kehamilan anda normal.

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Perbedaan besar terjadi. Lemak mulai terbentuk selama minggu ini dan minggu berikutnya. Juga disebut jaringan adiposa, lemak penting untuk produksi pana dan metabolisme tubuh.

Pada 17 minggu perkembangan, air sekitar 3 ons (89 g) dan lemak 0,018 ons (0,5 g) dari tubuh bayi anda. Pada bayi cukup bulan, lemak terdapat sekitar 5,25 pon (2,4 kg) dari total rata-rata 7,7 pon (3,5 kg).

Anda telah merasakan bayi anda bergerak, atau anda akan segera merasakan. Anda tidak akan merasakannya setiap hari. Saat kehamilan berkembang, gerakan menjadi makin kuat dan makin sering.

Perubahan pada Anda
Merasakan gerakan bayi anda dapat meyakinkan anda bahwa kehamilan anda berjalan baik. Hal ini benar terutama bila anda mengalami masalah.

Saat kehamilan anda berlanjut, bagian atas rahim menjadi hampir berbentuk seperti bola. Panjang rahim meningkat dengan cepat (ke atas perut anda) daripada melebar, maka rahim menjadi lebih oval daripada bulat. Rahim memenuhi pelvis dan mulai tumbuh ke dalam perut anda. Usus anda terdorong ke atas dan ke samping. Rahim hampir mencapai hati anda. Rahim tidak melayang, tetapi melekat pada satu tempat.

Saat anda berdiri, rahim anda menyentuh dinding perut anda di depan. Anda dapat merasakannya dnegan mudah pada posisi ini. saat anda berbaring, rahim dapat jatuh pada tulang belakang dan pembuluh darah anda (vena cava dan aorta).

Ligamen di sekitarnya terlekat pada masing-masing sisi rahim bagian atas dan sisi dinding pelvis. Selama kehamilan dan pertumbuhan rahim, ligamen ini diregang dan ditarik. Ligamen menjadi lebih panjang dan lebih tebal. Gerakan anda dapat meregang dan menarik ligamen ini, menyebabkan rasa sakit atau tidak nyaman yang disebut rasa sakit ligamen dekitar. Ini bukan tanda suatu masalah; tapi mengindikasikan rahim anda bertumbuh. Rasa sakit dapat terjadi pada satu pinggang atau kedua pinggang, atau mungkin lebih parah pada satu pinggang. Rasa sakit ini tidak membahayakan anda atau bayi anda.

Jika anda mengalami rasa sakit, anda akan merasa leibh biak jika anda berbaring dan beristirahat. Beritahu dokter anda mengenai rasa sakit ini bila makin parah atau gejala lain timbul. Tanda peringatan terhadap masalah yang serius antara lain perdarahan dari vagina, kehilangan cairan dari vagina atau rasa sakit yang parah.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Meningkatnya cairan vagina
Selama kehamilan, meningkatnya cairan vagina, atau sekresi vagina, disebut leukorrhea (keputihan), itu normal. Cairan ini biasnaya putih atau kuning dan agak kental. Ini bukan infeksi. Kami yakin ini disebabkan karena meningkatnya aliran darah ke kulit dan otot sekitar vagina, yang menyebabkan warna lembayung atau biru pada vagina. Kejadian ini, dapat dilihat oleh dokter anda di awal kehamilan, disebut tanda Chadwick.

Anda mungkin perlu mengenakan pembalut bila anda mengalami pengeluaran cairan yang banyak. Hindari penggunaan pantyhose dan pakaian dalam nilon; pilih pakaian dalam katun.

Infeksi vagina dapat terjadi selama kehamilan. Cairan yang mengikuti infeksi ini sering berbau, berwarna kuning atau hijau, dan menyebabkan iritasi atau gatal di sekitar atau di dalam vagina. Jika anda mengalami gejala-gejala ini, hubungi dokter anda. Banyak krem dan antibiotik yang mengobati infeksi vagina aman digunakan selama kehamilan.

Menggunakan Douche selama Kehamilan
Sebagian besar dokter setuju anda tidak melakukan douche selama kehamilan.

Menggunakan douch dapat menyebabkan anda berdarah atau masalah yang lebih serius, seperti embolus udara. Embolus udara terjadi saat udara masuk ke dalam aliran darah dari tekanan douche. Ini jarang terjadi, tetapi dapat menyebabkan masalah serius pada anda.


Sebagian besar dokter setuju anda tidak melakukan douche selama kehamilan.


Gizi Anda

Beberapa wanita memilih untuk makan makanan vegetarian karena alasan pribadi atau agama. Beberapa wanita merasa mual dengan daging waktu hamil. Apakah aman makan makanan vegetarian saat hamil? Bisa, jika anda memperhatikan jenis makanan dan kombinasi makanan yang anda makan.

Jika anda mengurangi makanan daging dari diet anda, anda perlu makan cukup kalori untuk memenuhi kebutuhan energi anda. jenis kalori yang baik, seperti buah dan sayuran segar. Hindari kalori kosong yang mempunyai nilai gizi kecil atau tidak ada sama sekali. Anda perlu makan sumber protein yang berbeda untuk menyediakan energi untuk anda dan janin anda.

Penting bagi anda untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang anda butuhkan. Jika anda memakan berbagaia macam padi-padian, kacang dan buncis kering, buah dan biji gandum kering, anda dapat memenuhi kebutuhan tubuh anda akan zat besi, zinc, dan mineral lainnya.

Jika anda tidak memakan daging karena membuat anda sakit selama kehamilan, minta dokter anda untuk merekomendasikan anda pada ahli gizi. Anda mungkin memerlukan perencanaan makanan yang baik. Jika anga menjadi vegetarian karena kemauan anda dan sudah cukup lama, anda akan tahu bagaimana mendapatkan zat gizi yang anda butuhkan. Akan tetapi, jika amda mempunyai pertanyaan, diskusikan dengan dokter anda.

Tip untuk Minggu 17

Jika anda mengalami kram kaki selama kehamian, jangan berdiri terlalu lama. Bersandarlah sesering mungkin. Olahraga peregangan yang hati-hati dapat membantu. Anda juga dapat mengompres daerah kram anda, tetapi jangan gunakan lebih dari 15 menit.


Anda Juga Harus Tahu

Tes Quad-Screen
Tes quad-screen dapat membantu dokter anda menentukan apakah anda mengandung bayi dengan Down syndrome. Tes darah ini dapat juga membantu mendeteksi masalah lain dalam kehamilan anda, seperti gangguan persarafan.

Tes quad-screen sama dengan triple-screen, dengan pengukuran keempat: inhibin-A level anda. pengukuran keempat ini meningkatkan sensitivitas tes triple screen standard 20% dalam menentukan apakah janin mengalami Down syndrome.

Tes quad-screen dapat mengidentifikasi 79% dari janin dengan Down syndrome. Dan mempunyai hasil false-positif 5%.

Tip buat Ayah

Tawarkan pasangan anda untuk mengurangi tegangan, pijit kepala, punggung atau kaki.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment