Friday, July 3, 2009

Kehamilan Minggu 16: Usia Janin 14 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Panjang dari kepala ke bokong bayi anda pada minggu ini adalah 4,3 sampai 4,6 inci (108 sampai 116 mm). Beratnya sekitar 2,8 ons (80 g). Pada minggu ini, rambut lanugo tipis menutupi tubuh dan kepala bayi.

Berapa Besar Anda?
Saat bayi anda bertumbuh, rahim dan placenta juga bertumbuh. Enam minggu yang lalu, berat rahim anda sekitar 5 ons (140 g). sekarang, beratnya sekitar 8,75 ons (250 g). jumlah air ketuban di sekeliling bayi juga meningkat. Sekarang cairannya sekitar 7,5 ons (250 ml). Anda dapat merasakan rahim anda dengan mudah sekitar 3 inci (7,6 cm) di bawah pusar anda.

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Rambut lanugo tipis menutupi kepala bayi. Tali pusar menempel di perut; pelekatan ini bergerak lebih bawah pada tubuh janin.

Kuku jari terbentuk sempurna. Kaki lebih panjang daripada tangan. Rangan dan kaki bergerak. Anda dapat melihat gerakan ini saat pemeriksaan USG. Anda juga dapat merasakan gerakan bayi anda pada saat ini dalam kehamilan anda.

Banyak wanita menggambarkan gerakan ini sebagai “gelembung gas” atau “denyut.” Seringkali, anda telah melihatnya beberapa hari yang lalu, tetpai anda tidak menyadari apa yang anda rasakan. Lalu, terjadi pada anda: Anda merasakan bayi bergerak di dalam anda!

Perubahan pada Anda

Tes Triple-Screen
Sekarang tersedia tes yang dilakukan di luar pemeriksaan alfa-fetoprotein untuk menentukan Down syndrome. Dengan tes triple-screen, kadar alfa-fetoprotein diperiksa, bersama dengan jumlah human choionic gonadotropin (HCG: hormon kehamilan) dan estiol tanpa konjugasi (bentuk estrogen yang dihasilkan placenta).

Kadar dari ketiga zat kimia dalam darah anda ini dapat mengindikasikan Down syndrome. Bagi ibu yang lebih tua, angka deteksi dari masalah lebih dari 60%, dengan angka false-negatif hampir 25%.

Jika anda mendapatkan hasil abnormal dengan tes triple-screen, USG dan amniocentesis disarankan. Kadar alfa-fetoprotein yang meningkat dapat mengindikasikan meningkatnya risiko gangguan saraf (seperti spina bifida). HCG dan estriol normal dalam kasus ini.

Ingat: Tes darah ini digunakan untuk menemukan masalah yang mungkin ada. Semuanya tes skrining. Tes diagnostik biasanya akan dilakukan untuk menegaskan diagnosis.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Amniocentesis
Jika diperlukan, tes amniocentesis biasanya dilakukan untuk evaluasi prenatal sekitar 16 sampai 18 minggu kehamilan. pada sat ini, rahim anda cukup melebar dan cukup cairan di sekeliling bayi sehingga tes dapat dilakukan. Menjalani prosedur pada sat ini memberikan wanita cukup waktu untuk mengambil keputusan mengenai mengakhiri kehamilan, jika itu yang diinginkannya.

Dengan amniocentesis, USG digunakan untuk menemukan kantung cairan dimana janin dan placenta tidak berada di tempatnya. Bagian perut di atas rahim dibersihkan. Kulit dimatirasakan dan jarum ditempatkan melalui dinding perut masuk ke rahim. Cairan diambil dari rongga amnion (daerah di sekeliling bayi) dengan jarum. Sekitar 1 ons (30 ml) air ketuban diperlukan untuk melakukan berbagai tes.

Sel janin yang mengambang dalam air ketuban dalam tumbuh dalam biakan. Sel ini digunakan untuk mengidentifikasi kelainan janin. Kami tahu lebih dari 400 kelainan dapat lahir pada seorang anak—amniocentesis mengidentifikasi sekitar 40 (10%), antara lain:
- Masalah kromosom, khususnya Down syndrome
- Jenis kelamin janin, jika masalah jenis kelamin spesifik seperti hemofilia harus diidentifikasi
- Penyakit rangka, seperti osteogenesis imperfecta
- Penyakit sistem saraf pusat, seperti eritoblastosis fetalis
- Gangguan metabolisme bawaan (masalah kimiawi atau kekurangan enzim), seperti sistinuria atau penyakit urin-sirup maple


Quickening

Jika anda belum merasakan gerakan bayi anda, jangan khawatir. Gerakan janin, juga disebut quickening, biasanya dirasakan antara minggu 16 dan 20 kehamilan. waktunya berbeda pada setiap wanita. Juga dapat berbeda pada satu kehamilan dengan kehamilan yang lain. Seorang bayi dapat lebih aktif daripada yang lainnya dan bergerak lebih sering. Ukuran bayi atau jumlah janin juga mempengaruhi apa yang anda rasakan.


Risiko dari amniocentesis antara lain luka pada janin, placenta atau tali pusar; infeksi; keguguran atau persalinan prematur. Penggunaan USG untuk memandu jarum membantu menghindari komplikasi tetapi tidak mengurangi semua risiko. Dapat terjadi perdarahan dari janin pada ibu, yang dapat menjadi masalah karena darah janin dan ibu terpisah dan mungkin tipenya berbeda. Khususnya risiko pada seorang ibu dengan Rh-negatif yang mengandung bayi Rh-positif (lihat Anda Juga Harus Tahu, berikut). Tipe perdarahan ini dapat menyebabkan isoimunisasi. Wanita dengan Rh-negatif harus menerima RhoGAM pada waktu amniocentesis untuk mencegah isoimunisasi.

Janin lolos dari komplikasi amniocentesis diperkirakan kurang dari 3%. Prosedur ini harus dilakukan oleh seseorang yang berpengalaman.

Tip untuk Minggu 16

Beberapa makanan yang biasanya anda suka dapat membuat lambung anda sakit selama keahmilan. Anda perlu menggantinya dengan makanan bergizi lainnya yang dapat dicerna lebih baik.


Gizi Anda

Kabar baik—wanita hamil sebaiknya sering makan makanan kecil, khususnya selama trimester kedua! Anda sebaiknya makan makanan kecil tiga atau empat kali sehari, sebagai tambahan pada makanan reguler anda. Walaupun begitu ada beberapa syarat. Pertama, makan kecil harus bergizi. Kedua, makanan harus lebih kecil sehingga anda dapat memakan makanan kecil itu. Satu tujuan bergizi dalam kehamilan adalah cukup makan sehingga zat gizi penting selalu tersedia untuk penggunaan tubuh anda.

Biasanya anda menginginkan makan kecil yang cepat dan mudah. Anda perlu merencanakan dan berusaha agar makanan bergizi tersedia untuk makanan kecil. Siapkan terlebih dahulu. Potong sayuran segar untuk digunakan dalam salad dan untuk dikunyah dengan makanan rendah kalori. Simpan beberapa telur rebus. Mentega kacang (rendah kalori atau reguler), pretzel dan popcorn tawar merupakan pilihan bagus. Keju rendah lemak dan keju lembut memberikan kalsium. Jus buah dapat menggantikan soda. Jika jus mengandung gula yang lebih banyak daripada yang anda butuhkan, tambahkan air. Teh herbal juga menyehatkan.

Anda Juga Harus Tahu

Sensitivitas Rh-
Tes laboratorium yang telah anda lakukan menentukan golongan darah dan Rh-faktor. Anda mungkin sudah mengetahui informasi ini sekarang. golongan darah anda (seperti O, A, B, AB) dan Rh-faktor itu penting. Dulu, wanita dengan Rh-negatif yang mengandung bayi Rh-positif mengalami komplikasi kehamian, yang mengakibatkan bayi yang sangat sakit.

Darah anda terpisah dari darah bayi anda. Jika anda Rh-positif, anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini. jika anda Rh-negatif anda perlu mengetahui hal ini.

Jika anda Rh-negatif dan bayi anda Rh-positif atau jika anda mendapat transfusi darah atau menerima hasil darah, terdapat risiko anda menjadi Rh-sensitif atau isoimunisasi. Isoimunisasi berarti anda membuat antobodi yang bersirkulasi dalam sistem anda, yang tidak membahayakan anda tetapi dapat menyerang darah janin anda yang Rh-positif. (Jika bayi anda Rh-negatif, tidak masalah.) antobodi anda melewati placenta dan menyerang darah bayi anda. Ini dapat menyebabkan penyakit darah pada janin atau bayi yang baru lahir. Hal ini dapat memyebabkan bayi anda mengalami anemi saat masih berada dalam rahim dan bisa menjadi masalah serius.

Untungnya, reaksi ini dapat dicegah. Penggunaan Rh-imunoglobulin (RhoGAM) mengurangi banyak masalah. Ini diberikan pada kehamilan 28 minggu untuk mencegah sensitisasi sebelum kelahiran. Beberapa wanita sekarang peka. Jika anda Rh-negatif dan hamil, injeksi RhoGAM harus menjadi bagian dari kehamilan anda. RhoGAM meruapkan hasil yang diekstraksikan dari darah manusia. Jika anda mempunyai alasan relijius, etika, atau probadi untuk tidak menggunkaan darah atau hasil darah, konsultasikan dengan dokter anda atau pendeta anda.

RhoGAM juga diberikan pada anda dalam 72 jam setelah melahirkan, jika bayi anda Rh-positif. Jika bayi anda Rh-negatif, anda tidak memerlukan RhoGAM setelah melahirkan dan anda tidak perlu disuntik selama kehamilan. Tetapi lebih baik tidak mengambil risiko dan jalani injeksi RhoGAM selama kehamilan.

Jika anda mengalami kehamilan ektopik dan Rh-negatif, anda harus menerima RhoGAm. Ini juga dilakukan pada keguguran dan aborsi. Jika amniocentesis dilakukan selama kehamilan dan anda Rh-negatif, anda harus menerima RhoGAM.

Tip buat Ayah

Apakah anda belum menceritakannya pada orang lain? Apakah anda peduli dengan kesehatan pasangan anda atau bayi anda? Apakah anda bertanya-tanya mengenai peran anda dalam persalinan? Apakah anda khawatir mengenai menjadi ayah yang baik? Bagikan pikiran anda dengan pasangan anda. Anda tidak akan membebaninya. Sebenarnya, dia akan lega mengetahui bahwa dia tidak sendiri merasakan perubahan hidup ini.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment

Post a Comment