Friday, July 3, 2009

Kehamilan Minggu 13: Usia Janin 11 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Janin anda tumbuh dengan cepat! Panjang dari kepala ke bokong adalah 2,6 sampai 3,1 inch (65 sampai 78 mm), dan bertanya antara 0,5 dan 0,7 ons (13 sampai 20 g). seukuran buah persik.

Berapa Besar Anda?
Rahim anda bertumbuh sedikit. Anda mungkin merasakannya di bagian atas tulang pubis anda, bagian terbawah dari perut anda, sekitar 4 inch (10cm) di bawah pusar anda. Pada minggu 12 sampai 13, rahim anda memenuhi pelvis dan mulai tumbuh ke atas dalam perut anda. rasanya seperti bola yang lembut.

Anda mungkin mengalami penambahan berat sekarang. Jika morning sickness menjadi masalah dan anda sulit makan, penambahan berat badan anda mungkin tidak banyak. Bila anda merasa lebih baik dan bayi anda dengan cepat bertambah berat, anda akan mengalami penambahan berat badan.

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Pertumbuhan janin sangat menyolok dari sekarang sampai sekitar 24 minggu kehamilan. Panjang bayi anda berlipat ganda sejak minggu ketujuh. Perubahan dalam berat janin juga sangat besar selama 8 sampai 10 minggu kehamilan terakhir.

Satu perubahan menarik adalah relatif melambatnya pertumbuhan kepala bayi anda dibandingkan anggota tubuh lainnya. Pada minggu 13, kepala sekitar setengah dari panjang dari kepala ke bokong. Pada minggu 21, kepala sekita sepertiga dari tubuh bayi. Pada saat lahir, kepala bayi anda hanya seperempat dari ukuran tubuhnya. Pertumbuhan tubuh janin cepat sedangkan pertumbuhan kepala janin melambat.

Wajah bayi anda mulai lebih mirip manusia. Mata, di sisi kepala, bergerak lebih dekat pada wajah. Telinga mulai berada di posisi normalnya pada sisi wajah. Genital eksternal sudah cukup berekmbang sehingga laki-laki dapat dibedakan dengan perempuan bila diperiksa di luar rahim.

Usus halus mulai berkembang dalam tali pusar di luar tubuh janin. Pada saat ini, usus berada di dalam rongga perut. Jika hal ini tidka terjadi dan usus halus tetap tinggal di luar perut janin saat lahir, keadaan ini disebut omfalokel. Kejadiaan ini jarang (terjadi 1 dari 10.000 kelahiran). Keadaan ini biasanya dapat diperbaiki dengan operasi, dan bayi akan sehat setelah itu.

Perubahan pada Anda

Anda kehilangan pinggang sekarang! Pakaian sempit. Waktunya untuk mengenakan pakaian longgar.

Payudara Anda

Perubahan pada Payudara Anda
Anda mungkin memperhatikan payudara anda berubah. (Lihat gambar.) Kelenjar susu (mammary gland), nama lain untuk payudara, berasal dari bahasa Latin untuk payudara—mamma.

Payudara anda mengandung kelenjar, jaringan penghubung untuk memberikan dukungan dan jaringan lemak untuk memberikan perlindungan. Kantung yang menghasilkan susu berhubungan dengan saluran yang menuju puting.

Sebelum kehamilan, rata-rata beratnya sekitar 7 ons (200 g). Selama kehamilan, ukuran dan berat payudara meningkat. Mendekati akhir kehamilan, berat masing-masing payudara 14 sampai 28 ons (400 sampai 800 g.) Selama menyusui, masing-masing payudara seberat 28 ons (800 g) atau lebih!

Ukuran dan bentuk payudara wnaita sangat bervariasi. Jaringan payudara biasanya berada di bawah lengan. Kelenjar yang membangun payudara mempunyai slauran dalam putting. Setiap puting mengandung ujung saraf, serat otor, kelenjar minyak, kelenjar keringat, dan sekitar 20 saluran susu.

Puting dikelilingi oleh areola, daerah yang melingkar dan berwarna, sebelum hamil, areola biasanya berwarna merah muda. Kemudian berubah menjadi coklat atau merah kecoklatan dan membesar selama kehamilan dan menyusui. Areola yang menghitam bertindak sebagai tanda visual untuk bayi yang menyusui.

Payudara mengalami banyak perubahan selama kehamilan. dalam minggu awal, gejala kehamilan umumnya, adlaah rasa gatal atau sakit pada payudara. Setelah sekitar 8 minggu kehamilan, payudara anda membesar dan membengkak karena kelenjar dan saluran di dalam payudara bertumbuh dan berkembang. Sementara payudara anda berubah selama kehamilan, anda mungkin juga memperhatikan vena yang muncul tepat di bawah kulit.

Selama trimester kedua, cairan berwarna kekuning-kuningan yang disebut kolostrum mulai terbentuk. Kadang dapat terlihat dari puting dengan pijitan lembut. Jika payudara anda bertumbuh, anda mungkin melihat stretch mark pada payudara anda sama dengan yang ada di perut anda.

Kelenjar susu mulai berkembang dalam usia embrio 6 minggu. Pada saat kelahiran, saluran susu muncul. Setelah lahir, payudara bayi yang baru lahir mungkin membengkak dan bahkan mengeluarkan sejumlah kecil susu. Hal ini terjadi baik pada bayi laki-laki maupun bayi perempuan dan disebabkan oleh sekresi estrogen.

Memeriksa Tonjolan Payudara
Memeriksa tonjolan payudara itu penting, selama kehamilan atau waktu lain. Penting bagi anda untuk mempelajari bagaimana melakukan pemeriksaan payudara sendiri dan melakukan ini secara teratur (biasanya setelah siklus menstruasi). Sembilan dari 10 tonjolan payudara ditemukan oleh wanita yang memeriksa sendiri.

Dokter anda akan melakukan pemeriksaan payudara dengan interval yang teratur, biasanya saat anda menjalani tes tahunan Pap smear. Jika anda menjalani tes setiap tahun dan bebas tonjolan, dapat meyakinkan anda tidak terjadinya tonjolan sebelum memulai kehamilan.

Penemuan tonjolan payudara dapat menunda kehamilan karena perubahan pada payudara anda. Karena akan lebih sulit merasakan tonjolan. Pembesaran payudara selama kehamilan dan menyusui dapat menyembunyikan tonjolan atau massa dalam jaringan payudara.

Periksa payudara anda selama kehamilan seperti yang anda lakukan saat anda tidak hamil. Lakukan 4 atau 5 minggu—hari pertama dari setiap bulan adalah waktu yang baik untuk melakukannya.

Tes untuk Tonjolan pada Payudara
Tes rutin untuk pemeriksaan tonjolan payudara adalah pemeriksaan oleh anda sendiri atau dokter anda. Tes lainnya antara lain pemeriksaan sinar-X, yang disebut mammogram dan pemeriksaan USG payudara.

Jika tonjolan ditemukan, diperlukan tes USG payudara atau mammogram. Karena mammogram menggunakan sinar-X, kehamlian anda harus dilindungi selama proseduru, biasanya dengan memberikan perisai pada perut anda dengan pelindung timah.

Tidak ditunjukkan bahwa kehamilan mempercepat pertumbuhan tonjolan pada payudara. Tetapi kami mengetahui bahwa sulit menemukan tonjolan pada payudara karena perubahan payudara.

Pengobatan selama Kehamilan
Seringkali tonjolan pada payudara dapat dikeringkan atau dikeluarkan. Cairan dikeluarkan dari kista dikirim ke laboratorium untuk pemeriksaan yang dapat memastikan tidak adanya sel abnormal dalam cairan. Jika tonjolan atau kista tidak dapat dikeluarkan dengan jarum, biopsi kista atau tonjolan diperlukan. Jika cairan jernih, tandanya bagus. Cairan berdarah perlu lebih diperhartikan dan harus dipelajari di bawah mikroskop dalam laboratorium.

Jika pemeriksaan tonjolan mengindikasikan kanker payudara, pengobatan dapat dimulai selama kehamilan. Komplikasi pengobatan selama kehamilan menimbulkan risiko pada janin yang berhubungan dnegan kemoterapi, radiasi, atau obat-obatan, seperti anestesi atau penghilang sakit untuk biopsi. Jika tonjolan berbahaya, terapi radiasi dan kemoterapi harus dipertimbangkan, dengan kehamilan.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Bekerja selama Kehamilan
Saat ini, banyak wanita yang bekerja di luar rumah, dan melanjutkan bekerja selama kehamilan. suatu hal yang biasa bagi para atasan dan pasien menanyakan dokter mengenai kerja dan kehamilan.
“Apakah aman bekerja saat saya hamil?”
“Bisakah saya bekerja selama saya hamil?”
“Apakah saya membahayakan bayi saya jika bekerja?”

Lebih dari setengah wanita bekerja atau mencari pekerjaan. Di Amerika, lebih dari 1 juta bayi lahir dari wanita yang bekerja selama kehamilan. Wanita-wanita ini memahami keselamatan dan kesehatan kerja.

Risiko Bila Anda Bekerja selama Kehamilan
Sulit mengetahui risiko yang tepat terhadap pekerjaan tertentu. Pada kebanyakan kasus, kami tidak mempiki informasi yang cukup untuk mengetahui semua zat spesifik yang dapat membahayakan janin.

Tujuannya adalah meminimalkan risiko terhadap ibu dan bayi sementara wanita masih dapat bekerja. Seorang wanita yang normal dnegan pekerjaan yang normal dapat bekerja sepanjang kehamilannya. akan tetapi, dia perlu memodifikasi beberapa pekerjaannya. Contohnya, dia perlu mengurangi waktu berdiri. Studi menunjukkan bahwa wanita yang berdiri di posisi yang sama untuk waktu yang lama cenderung melahirkan bayi prematur dan bayi dengan berat badan lahir rendah.

Diskusikan dengan dokter anda dan atasan anda. Jika terdapat masalah, seperti persalinan prematur atau perdarahan, dengarkan dokter anda. Jika beristirahat di rumah yang disarankan, ikuti nasihat dokter anda. saat kehamilan anda berekmbang, anda harus bekerja lebih sedikit atau kerja yang lebih ringan. Jadilah fleksibel. Tidak akan membantu anda atau bayi anda jika anda memaksakan diri dan dapat membuat komplikasi kehamilan memburuk.

Gizi Anda
Kafein adalah stimulan sistem saraf pusat yang banyak ditemukan dalam makanan dan minuman, antara lain kopi, the, minuman cola dan coklat. Penelitian menunjukkan anda akan menjadi lebih sensitif pada kafein selama kehamilan. Stimulan ini juga ditemukan dalam beberapa obat-obatan, seperti obat diet dan obat sakit kepala. Selama lebih dari 20 tahun, Food and Drug Administration (FDA) menganjurkan wanita hamil untuk menghindari kafein. Oleh karena, tidak ada manfaat bagi anda atau bayi anda yang belum lahir terhadap penggunaannya.

4 gelas kopi (800 mg kafein) per hari berhubungan dengan kurangnya berat badan saat lahir dan ukuran kepala yang lebih kecil pada bayi yang baru lahir. Beberapa peneliti juga percaya adanya hubungan antara penggunaan kafein dan keguguran, stillbirth dan persalinan prematur.

Kurangi kafein atau hindari kafein dari diet anda. Kafein dapat melewati placenta pada bayi. Juga dapat mempengaruhi metabolisme kalsium anda dan bayi anda. jika anda gelisah, bayi anda akan menderita efek yang sama. Meningkatkan konsumsi kafein dapat meningkatkan kemungkinan masalah pernafasan pada bayi yang baru lahir. Kafein dapat masuk ke dalam air susu, yang dapat menyebabkan iritabilita dan kegelisahan pada bayi yang menyusui. Bayi memetabolisme kafein lebih lambat daripada orang dewasa dan kafein dapat mengumpul dalam tubuh bayi.

Tip untuk Minggu 13

Saat mengurangi kafein selama kehamilan, bacalah label. Lebih dari 200 makanan, minuman, dan obat-obatan bebas mengandung kafein!


Efek kafein pada anda selama kehamilan antara lain iritabilita, sakit kepala, gangguan lambung, susah tidur, dan gugup. Merokok dapat menambah efek stimulan kafein.

Peringatan Kafein Baru

Kadar kafein tinggi dalam wanita hamil—400 mg per hari, sama dengan empat gelas the, soda, atau kopi—dapat mempengaruhi sistem pernafasan janin. Suatu studi menunjukkan paparan ini sebelum lahir berhubungan dengan sudden infant death syndrome (SIDS).


Kurangi jumlah kafein yang anda konsumsi. Baca label obat-obatan bebas yang mengandung kafein. Banyak ahli setuju bahwa sampai dengan dua gelas (bukan mug) kopi reguler atau ekivalen setiap hari tidak apa-apa. Kurang dari 200mg per hari. Akan tetapi, suatu ide yang bagus bila mengurangi kafein semampu anda dari diet. Hal itu lebih sehat untuk bayi anda dan anda juga akan merasa lebih baik. Daftar berikut ini adalah jumlah kafein dalam sumber yang berbeda:
Kopi, 5 ons—dari 60 sampai 140 mg
Teh, 5 ons—dari 30 sampai 65 mg
Coklat, permen, 1 ons—6mg
Soft drink, 12 ons—dari 35 sampai 55 mg
Pil penghilang rasa sakit, dosis standard—40 mg
Obat alergi dan pilek, dosis standard—25 mg

Anda Juga Harus Tahu

Penyakit Lyme
Penyakit Lyme adalah infeksi yang ditularkan pada manusia oleh kutu. Terdapat beberapa tahap kesakitan. Sekitar 80% dari orang yang digigit, terdapat luka kulit dengan penampakan khusus, disebut bull’s eye. Gejalanya seperti penyakit flu. Setelah 4 sampai 6 minggu, gejala menjadi lebih serius.

Pada awal kesakitan, tes darah tidak dapat mendiagnosis penyakit Lyme. Tes darah selanjutnya dapat memberikan diagnosis.

Penyakit Lyme dapat melalui placenta. Pada saat ini, kami tidak mengetahui bahayanya pada bayi. Para peneliti sedang mempelajarinya.

Pengobatan untuk penyakit Lyme membutuhkan terapi antibiotik yang lama dan kadang terapi antibiotik intravena. Banyak obat-obatan yang digunakan untuk mengobati penyakit Lyme aman digunakan selama kehamilan.

Hindari paparan penyakit Lyme, bila mungkin. Hindari daerah yang diketahui memiliki kutu, khususnya daerah berkayu. Jika anda tidak dapat menghindari daerah ini, kenakan kemeja lengan panjang, celana panjang, topi atau syal, kaus kaki dan sepatu boot atau sepatu tertutup. Periksa rambut anda saat anda masuk; kutu sering melekat di sana. Juga periksa pakaian anda untuk memastikan tidka ada kutu yang tinggal di lipatan, baju atau saku.

Tip buat Ayah

Tanyakan dokter mengenai olahraga yang dapat anda lakukan bersama secara teratur selama kehamilan, seperti berjalan, berenang, atau bermain golf atau tenis.


Jurnal Trimester Kedua

Topik untuk didiskusikan pada kunjungan ke dokter berikutnya:

Tujuan saya untuk trimester kedua (merubah kebiasaan ayau berolahraga secara rutin):

Masalah untuk didiskusikan dengan pasangan saya (perawatan anak, disiplin, ASI atau botol):

Kepedulian saya mengenai kehamilan, rsa sakit melahirkan, bayi, menjadi orangtua:

Ide jurnal lainnya:

Tulis surat untuk anak anda.

Rekam impian anda.

Tulis mengenai masa depan anda, setelah bayi anda lahir.

Tulis mengenai saat ini: tubuh anda, tempat tinggal anda, orang yang membantu anda—gunakan semua perasaan anda.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment