Friday, July 3, 2009

Kehamilan Minggu 12: Usia Janin 10 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Berat bayi anda antara 0,3 dan 0,5 ons (8 sampai 14 g), dan panjang kepala sampai bokong hampir 2,5 inch (61 mm). Seperti yang dapat anda lihat pada halaman 143, ukuran bayi anda hampir dua kali lipat dalam 3 minggu terakhir! Panjang bayi dapat diukur lebih baik pada saat ini daripada berat janin.

Berapa Besar Anda?

Pada akhir minggu 12, rahim anda terlalu besar untuk tinggal dalam pelvis anda. anda mungkin merasakannya di tulang pubis anda (simfisis pubis). Rahim anda berkembang luar biasa saat anda hamil. Selama kehamilan, rahim bertumbuh ke atas mengisi pelvis dan perut, dan kembali ke ukuran semula dalam beberapa minggu setelah melahirkan.

Sebelum kehamilan, rahim anda hampir solid. Kapasitasnya sekitar 0,3 ons (10 ml) atau kurang. Rahim berubah selama kehamilan menjadi dinding yang tipis, mengandung banyak otot untuk menjaga janin, placenta, dan air ketuban. Kapasitas rahim meningkat 500 sampai 1.000 kali selama kehamilan! berat rahim juga berubah. Saat bayi anda lahir, rahim anda hampir 40 ons (1.100 g) dibandingkan 2,5 ons (70 g) sebelum hamil.

Dinding rahim bertumbuh selama beberapa bulan pertama kehamilan karena stimulasi hormonal oleh estrogen dan progesteron. Kemudian dalam kehamian anda, pertumbuhan bayi dan placenta melebarkan dan menipiskan dinding rahim.

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang
Bayi anda bertumbuh dengan cepat. Panjangnya berlipat ganda dalam 3 minggu terakhir. Beberapa struktur dalam bayi terbentuk setelah minggu ini dalam kehamilan. Akan tetapi, struktur yang telah terbentuk terus bertumbuh dan berkembang. Pada kunjungan 12 minggu anda (atau mendekati), anda bisa mendengar detak jantung bayi anda! detak jantungnya dapat didengar dengan doppler, mesin pendengar spesial (bukan stetoskop). Alat itu membesarkan suara detak jantung bayi anda sehingga anda dapat mendengarnya.

Sekarang sistem rangka memusatkan pada pembentukan tulang (osifikasi) pada sebagian besar tulang. Jari tangan dan kaki telah terpisah, dan kuku berkembang. Rambut mulai tampak di tubuh. Genital eksternal mulai menunjukkan perbedaan antara laki-laki dan perempuan.

Sistem pencernaan (usus halus) mampu menghasilkan kontraksi yang mendorong makanan melalui usus besar. Juga dapat mengabsorbsi glukosa (gula).

Pada dasar otak bayi anda, kelenjar pituitari mulai membuat hormon. Hormon adalah zat kimia yang dibuat dalam satu bagian dari tubuh, tetapi digunakan pada bagian tubuh lainnya.

Hal lain juga terjadi. Sistem saraf janin berkembang lebih jauh. Bayi anda bergerak dalam rahim anda, tetapi anda belum merasakannya. Janin bisa mengedipkan mata, membuka mulut dan menggerakkan jari tangan atau kakinya.

Jumlah cairang amniotik meningkat. Total volume sekarang sekitar 1,5 ons (50ml). Pada saat ini, cairannya sama dengan plasma ibu (bagian nonseluluer dari darah anda), kecuali mengandung sedikit sekali protein.

Perubahan pada Anda

Anda mulai merasa lebih baik daripada sebelumnya. Pada saat ini, morning sickness mulai membaik. Anda belum terlalu besar dan mungkin maish cukup nyaman.

Jika ini kehamilan pertama, anda mungkin masih mengenakan pakaian biasa. Jika kehamilan ini bukan yang pertama, anda mulai menampakkan perubahan lebih awal dan merasa lebih nyaman dengan pakaian yang longgar, seperti pakaian hamil.

Anda mulai makin besar di beberapa bagian tubuh selain rahim anda. Payudara anda mungkin membesar. Kadang terasa sakit. Anda juga mengalami penambahan berat di bagian pinggul, kaki dan pinggang.

Kulit Anda

Perubahan Kulit
Kulit anda berubah selama kehamilan. Pada sebagian besar wanita, kuli di sepanjang bagian tengah perut lebih gelap atau berwarna coklat kehitaman. Garis vertikal ini sebut linea nigra.

Kadang-kadang, flek berwarna coklat dengan ukuran yang bervariasi muncul di wajah dan leher dan disebut kloasma atau topeng kehamilan. Kloasma ini hilang atau memudar setelah melahirkan. Kontrasepsi oral dapat menyebabkan perubahan pigmentasi serupa.

Jaring-jaring vaskuler (disebut telangiectasias atau angioma) merupakan pelebaran pembuluh darah kecil di kulit. Keadaan ini berkembang sekitar 65% pada wanita kulit putih dan % pada wanita kulit hitam.

Keadaan yang sama adalah kemerahan di telapak tangan, disebut palmar eritema. Keadaan ini terjadi 65% pada wanita kulit dan 35% pada wanita kulit hitam.

Jaring-jaring waskuler dan palmar eritema sering terjadi bersama, gejala-gejalanya sementara dan segera hilang setelah melahirkan. Terjadinya keadaan ini disebabkan oleh tingginya kadar estrogen selama kehamilan.

Stretch Mark
Stretch mark, disebut striae distensae, sering terjadi, dan dengan tingkat berbeda, selama kehamilan. Stretch mark dapat muncul lebih awal atau belakangan dalam kehamilan anda, biasanya pada perut, payudara, dan pinggul atau bokong. Setelah kehamilan, stretch mark memudar menjadi warna yang sama dengan kulit anda, tetapi tidak akan hilang.

Banyak wanita ingin tahu apa yang dapat mereka lakukan dengan stretch mark ini. beberapa pengobatan belakangan ini banyak membantu. Penggunaan Retin-A atau Renova, kombinasi dnegan asam glikolat, cukup efektif. Untuk mendapatkan Retin-A dan Renova diperlukan resep; anda bisa mendapatkan asam glikolat dari ahli dermatologi anda. Cellex-C, dengan asam glikolat, juga memperbaiki penampakan stretch mark. Pengobatan yang paling efektif adalah pengobatan laser, tetapi snagat mahal. Pengobatan ini sering dilakukan dengan kombinasi metode pengobatan yang disebutkan di atas. Semua pengobatan ini dilakukan setelah melahirkan.

Jika anda menggunakan krim steroid, seperti hidrokortison atau topicort, untuk mengobati stretch mark selama kehamilan, anda mengabsorbsi beberapa steroid ke dalam sistem anda. zat itu kemudian masuk ke janin anda. Jangan gunakan krim steroid selama kehamilan tanpa pemeriksaan dokter terlebih dulu!

Skin tag dan Tahi lalat
Kehamilan dapat membuat skin tag dan tahi lalat berubah dan bertumbuh. Skin tag adalah tanda kecil di kulit yang muncul pertama kali atau bertambah besar selama kehamilan. Tahi lalat bisa muncul pertama kali selama kehamilan, atau tahi lalat yang ada bertambah besar dan menghitam. Jika tahi lalat berubah, harus diperiksa. Jika anda melihat perubahan apapun, tunjukkan pada dokter anda!

Accutane
Beberapa wnaita memperlihatkan perbaikan pada jerawat mereka selama kehamilan. tetapi ini tidak terjadi pada semua orang.

Accutane (isotretinoin) biasanya diresepkan untuk pengobatan jerawat. Jangan menggunakan Accutane selama kehamilan! Penggunaan selama trimester pertama, Accutane dapat meningkatkan terjadinya keguguran dan cacat pada janin.

Jika anda hamil atau mengira anda hamil, hentikan penggunaan Accutane. Gunakan KB yang dapat dipercaya untuk menghindari kehamilan jika anda menggunakannya.

Retin-A
Retin-A (tretinoin), keliru dengan Accutane (isotretinoin), adalah krem atau lotion yang digunakan untuk mengobati jerawat dan menghilangkan keriput di wajah. Jika anda hamil, hentikan penggunaan Retin-A. kami tidka emngetahui banyak data mengenai keamanannya selama kehailan. Kami tahu segala jenis pengobatan yang anda gunakan—baik secara internal, inhalasi, injeksi, atau topikal (dioleskan di kulit)—masuk ke aliran darah. Segala zat di dalam aliran darah anda dapat masuk ke janin.

Beberapa pengobatan yang digunakan calon ibu dapat terkonsentrasi dalam bayi anda, tubuh anda dapat mengatasinya, tetpai tubuh bayi anda tidak mampu. Jika beberapa zat masuk dalam tubuh bayi, dapat menimbulkan efek yang berarti dalam perkembangannya. Di masa datang, kita akan tahu lebih banyak mengenai efeknya pada janin. Pada saat ini, yang terbaik adalah menghindari penggunaan Retin-A demi bayi anda.

Krim dan Salep Steroid
Masalah kulit mungkin muncul selama kehamilan yang membutuhkan pengobatan dengan krim atau salep. Pengobatan ini termasuk steroid. Sebelum anda menggunakan segala jenis ini, tanyakan pada dokter Anda.

Gatal

Gatal (pruritus gravidarum) adalah gejala yang biasa terjadi selama kehamilan. Tidak ada benjol atau luka di kulit; hanya gatal. Hampir 20% dari semua wanita hamil menderita gatal, biasanya minggu-minggu terakhir kehamilan, tetapi bisa terjadi kapan saja. Gangguan ini bisa terjadi pada setiap kehamian dan dapat hilang bila anda menggunakan kontrasepsi oral. Keadaan ini tidka menimbulkan risiko bagi anda atau janin anda.

Pengobatan untuk gatal-gatal ini mengandung antihistamin atau lotion pendingin yang mengandung menthol atau camphor. Seringkali tidka dibutuhkan pengobatan.


Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Luka Fisik selama Kehamilan
Trauma (luka fisik) terjadi sekitar 6 sampai 7% dari semua kehamilan. Kecelakaan yang melibatkan kendaraan bermotor sekitar 66% dari semua kasus; jatuh dan penyerangan sebanyak 34%. Lebih dari 90% adalah luka ringan.

Jika anda mengalami trauma selama kehamilan, anda dapat dirawat oleh obat darurat pribadi, ahli bedah trauma, ahli bedah umum, dan dokter kandungan anda. sebagian besar ahli menganjurkan pengamatan wanita hamil selama beberapa jam setelah kecelakaan. Hal ini memberikan waktu yang memadai untuk memonitor bayi. Monitor yang lebih lama lagi mungkin diperlukan dalam kecelakaan yang lebih serius.

Gizi Anda
Beberapa wanita salah mengerti konsep meningkatkan pemasukan kalori selama kehamilan. Mereka mengira dapat makan apa yang mereka inginkan. Jangan terjebak! Ini tidak sehat untuk anda dan bayi anda jika berat badan anda naik terlalu banyak selama kehamilan. Hal ini menyebabkan kehamilan anda lebih tidak nyaman, dan persalinan mungkin lebih sulit. Selain itu akan sulit menurunkan berat badan setelah kehamilan. Setelah bayi lahir, sebagian besar wanita ingin kembali ke pakaian “normal” dan berpenampilan seperti sebelum hamil. Penambahan berat badan ekstra dapat mengganggu pencapaian tujuan ini.

Tip untuk Minggu 12

Jika anda mengalami diare yang tidak sembuh dalam 24 jam, atau jika berulang, hubungi dokter anda. Anda dapat minum Milk of Magnesium selama 24 jam untuk membantu mengatasi masalah, tetapi jangan mengobati sendiri lebih lama daripada waktu ini.


Junk Food

Apakah junk food merupakan jenis makanan anda? Apakah anda memakannya beberapa kali sehari? Kehamilan adalah waktu untuk menghentikan kebiasaan itu! Sekarang anda hamil, kebiasaan diet anda mempengaruhi seseorang selain diri anda—janin anda. Jika anda biasa melupakan sarapan pagi, mengambil sesuatu “dari mesin” untuk makan siang, lalu makan malam di restoran fast-food, hal ini tidak membantu kehamilan anda.

Apa dan kapan anda makan menjadi lebih penting saat anda memahami bagaimana tindakan anda mempengaruhi bayi anda. Nutrisi yang memadai memerlukan perencanaan, tetapi anda dapat melakukannya. Jika anda bekerja, bawa makanan yang sehat untuk makan siang dan makanan kecil. Jauhkan dari fast food dan junk food.

Makanan Kecil Malam
Makanan kecil yang bergizi untuk malam hari menguntungkan beberapa wanita. Akan tetapi, bagi beberapa wanita, memakan makanan kecil pada malan hari tidak diperlukan. Jika anda biasa memakan es krim atau kue-kue sebelum tidur, anda akan mengalami kelebihan penambahan berat badan selama kehamilan. Makanan pada malam hari juga dapat menyebabkan anda lebih tertekan jika anda mengalami rasa panas di dada atau mual dan muntah.

Lemak dan Manis
Anda perlu waspada dengan makanan berlemak dan manis, kecuali anda kekurangan berat badan dan perlu menambah berat. Makanan ini berkalori tinggi dan nilai gizinya rendah. Makan makanan ini bersama makanan lain. Daripada memilih makanan dengan nilai gizi rendah, seperti keripik kentang atau biskuit, pilihlah buah-buahan, keju atau roti dengan selai kacang, anda akan kenyang dan kebutuhan gizi anda terpenuhi! Beberapa makanan berlemak dan manis yang dapat anda pilih, dan ukuran penyajiannya, antara lain:
- Gula atau madu—1 sendok makan
- Minyak—1 sendok makan
- Margarin atau mentega—1 ulasan
- Selai atau jelly—1 sendok makan
- Bumbu salad—1 sendok makan

Anda Juga Harus Tahu

Penyakit Kelima
Penyakit kelima, juga disebut parvo virus B19, adalah penyakit kelima yang digambarkan dengan ruam tertentu. Penyakit ini merupakan infeksi yang menular melalui udara. Penyakit kelima mudah menjalar melalui kelompok, seperti ruang kelas atau pusat perawatan.

Ruam yang terjadi seperti kulit kemerahan yang disebabkan tamparan. Kemerahan ini hilang dan kambuh dan berakhir dari 2 sampai 34 hari. Tidak ada pengobatan.

Virus ini penting selama kehamilan karena akan mengganggu produksi sela daraha merah dalam wanita dan janin. Jika anda yakin terpapar dengan penyakit kelima selama kehamilan, hubungi dokter anda. Tes darah dapat menentukan ada tidaknya virus dalam tubuh anda. Jika tubuh anda tidak terdapat virus ini, dokter anda dapat memonitor anda untuk mendeteksi masalah janin. Beberapa masalah janin dapat terjadi sebelum bayi lahir.

Tip buat Ayah

Pada kunjungan dokter kali ini, anda dapat mendengar detak jantung bayi. Jika anda tidak dapat mendengarnya di sana, titipkan tape recorder atau Dictaphone pada pasangan anda sehingga dia dapat merekam detak jantung untuk anda dengarkan.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment

Post a Comment