Friday, July 3, 2009

Kehamilan Minggu 14: Usia Janin 12 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Panjang dari kepala ke bokong adalah 3,2 sampai 4,1 inci (80 sampai 93 mm). Ukuran bayi anda sebesar kepalan tinju anda dan beratnya hampir 1 ons (25 g).

Berapa Besar Anda?
Pakaian hamil “harus” dipakai sekarang. Beberapa wanita mencoba tidak mengancingkan celana mereka atau menggunakan plester karet atau peniti untuk meningkatkan ikat pinggang mereka. Yang lainnya mengenakan pakaian orangtua mereka, tetapi ini biasanya hanya membantu sementara waktu saja. Anda makin membesar. Anda akan lebih menikmati kehamilan anda dan merasa lebih nyaman dengan pakaian yang nyaman dan memberikan anda ruang untuk bertumbuh.

Bagaimana tubuh anda merespon pertumbuhan ini dipengaruhi oleh kehamilan terdahulu dan kemudian perubahan yang dialami tubuh anda. Kulit dan otot anda merenggang untuk menyesuaikan dengan rahim, placenta, dan bayi anda, dan berubah secara permanen. Kulit dan otot lebih cepat menyesuaikan diri dengan rahim dan bayi anda. Berarti anda menampakkan kehamilan anda dan merasa lebih besar.

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Pada minggu ini telinga bayi anda bergerak dari leher ke samping kepala. Mata bergerak perlahan ke depan wajah dari samping kepala. Leher makin panjang, dan dagu tidak lagi menempel pada dada.

Perkembangan seksual berlanjut. Akan makin mudah menentukan laki-laki dan wanita dengan melihat genital eksternal, yang lebih berkembang.

Perubahan pada Anda

Apakah Anda Menderita Hemoroid (Wasir)?
Hemoroid, dilatasi pembeluh darah di sekitar atau di dalam anus, merupakan masalah yang biasa terjadi selama kehamilan. Hemoroid ini disebabkan meningkatkan aliran darah di daerah sekiar rahim dan pelvis karena berat rahim, menyebabkan kongesti atau blokade sirkulasi. Hemoroid bisa memburuk di akhir kehamilan. Juga dapat membeuruk pda kehamlan yang berhasil.

Pengobatan hemoroid antara lain menghindari konstipasi dengan makan jumlah serat yang cukup dan minum banyak air. Anda dapat menghindari hemoroid dengan alat pelembut. Pertimbangan lainnya dengan sitz bath atau obat-obatan supositoria. Anda dapat membeli semua ini tanpa resep. Hemoroid jarnag diobati selama kehamilan dengan operasi.

Setelah kehamilan, hemoroid biasanya membaik, tetapi tidak hilang seluruhnya. Anda dapat menggunakan metode pengobatan yang disebutkan di atas bila kehamilan telah usai.

Jika hemoroid sangat mengganggu, diskusikan dengan dokter anda. Dokter anda akan mengetahui metode pengobatan apa yang terbaik untuk anda.

Mengurangi Ketidaknyamanan Hemoroid

Jika hemoroid menjadi masalah, cobalah saran berikut untuk menguranginya.

- Istirahat minimal 1 jam setiap hari dengan kaki dan pinggul diangkat.

- Berbaring dengan kaki diangkat dan lutut sedikit membungkuk (posisi Sims) saat tidur malam hari.

- Makan serat yang cukup dan minum banyak air.

- Mandi air hangat (bukan panas) untuk mengurangi rasa sakit.

- Obat-obatan supositoria, yang dapat dibeli tanpa resep, dapat membantu.

- Letakkan bungkusan es atau kapas dengan bedak cair, di daerah yang sakit.

- Jangan duduk terlalu lama.


Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Sinar-X, CT Scan dan MRI selama Kehamilan
Beberapa wanita peduli dengan tes yang menggunakan radiasi selama kehamilan. Apakah membahayakan bayinya? Bisakah anda menjalaninya pada waktu hamil?

Tidak diketahui kadar radiasi yang aman untuk janin. Bahaya pada bayi anda antara lain meningkatnya risiko mutasi dan risiko kanker di kemudian hari. Beberapa dokter yakin jumlah sinar-X yang aman selama kehamilan adalah tidak menjalani sama sekali.

Para peneliti menjadi makin sadar pada petensi bahaya radiasi pada janin. Saat ini, mereka percaya janin berada pada risiko terbesar antara 8 dan 15 minggu kehamian (antara usia janin 6 minggu dan 13 minggu.)

Masalah, seperti pneumonia atau apendiksitis, dapat terjadi pada wanita hmail dan memerlukan sinar X untuk diagnosis yang memadai dan pengobatan. Diskusikan kebutuhan sinar X dengan dokter anda. Merupakan tanggung jawab anda untuk memberitahu dokter anda dan orang lain yang terlibat dalam perawatan kesehatan anda bahwa anda hamil atau mungkin hamil sebelum anda menjalani tes kesehatan. Akan lebih mudah menanyakan mengenai keamanan dan risiko sebelum tes dilakukan.

Jika anda menjalani tes sinar X atau serangkaian sinar X, lalu mengetahui bahwa anda hamil, tanyakan pada dokter anda mengenai kemungkinan risikonya terhadap bayi anda. Dokter anda akan memberikan saran pada anda.

Computerized tomographic scan, juga disebut CT scan, merupakan bentuk spesialisasi sinar X. teknik ini menggabungkan sinar X dengan analisis komputer. Banyak peneliti percaya jumlah radiasi yang diterima janin dari CT scan jauh lebih rendah daripada yang diterima dari sinar X biasa. Akan tetapi, tes ini harus dilakukan dengan waspada sampai kita mengetahui lebih banyak mengetahui efeknya bahkan jumlah radiasi yang kecil ini terhadap janin.

Magnetic resonance imaging, juga disebut MRI, merupakan salah satu alat yang banyak digunakan saat ini. Pada saat ini, tidak ada efek membahayakan dalam kehamilan yang dilaporkan dari penggunaan MRI. Akan tetapi, yang terbaik adalah menghindari MRI selama trimester pertama kehamilan.

Perawatan Gigi
Jangan menghindari dokter gigi anda atau mengabaikan gigi anda selama anda hamil. Kunjungi dokter gigi anda minimal sekali selama kehamilan. Beritahu dokter gigi anda bahwa anda hamil. Jika anda membutuhkan perawatan gigi, tunda sampai setelah 12 minggu pertama, jika memungkinkan. Anda tidak dapat menunggu jika anda mengalami infeki. Infeksi yang tidak diobati dapat membahayakan anda dan bayi anda.

Antibiotik atau obat penghilang rasa sakit mungkin diperlukan. Jika anda memerlukan obat, konsultasikan dengan dokter anda sebelumnya. Hati-hati dnegan anestesi selama kehamilan. hindari anestesi umum. Jika anestesi umum diperlukan, pastikan ahli anestesi yang berpengalaman dan mengetahui anda hamil menanganinya.

Keadaan Darurat pada Gigi

Keadaan darurat pada gigi dapat terjadi, antara lain masalah akar gigi, pencabutan gigi, lubang besar, abses gigi atau masalah yang disebabkan kecelakaan atau terluka. Keadaan darurat ini dapat terjadi selama kehamilan. Masalah gigi yang serius harus diobati. Masalah yang tidak diobati dapat menjadi lebih serius daripada risiko yang mungkin anda alami dengan pengobatan.

Sinar X pada gigi kadang diperlukan dan dapat dilakukan selama kehamilan. perut anda harus ditamengi dengan pelindung timah sebelum sinar X dilakukan. Jika mungkin, tunggu sampai setelah trimester pertama berakhir.

Hindari anestesi gas atau umum untuk prosedur perawatan gigi selama kehamilan. Anestesi lokal tidak apa-apa dan begitu juga dengan antibiotik dan obat-obatan penghilang sakit. Pastikan konsultasi dengan dokter anda sebelum meminum obat-obatan apapun.

Tip untuk Minggu 14

Jika anda harus menjalani perawatan gigi atau tes diagnostik, beriktahu dokter anda bahwa anda hamil sehingga mereka dapat memberikan perawata ekstra untuk anda. Diskusi dengan dokter atau dokter gigi anda dapat membantu pengambilan keputusan.


Gizi Anda

Kelebihan berat badan saat hamil mulai menjadi masalah khusus pada anda. Dokter anda mungkin menyarankan ana untuk menambah berat lebih kecil daripada rata-rata 25 sampai 35 pon untuk wanita dengan berat badan normal. Anda dapat memilih makanan dengan kalori lebih rendah dan rendah lemak untuk dimakan. Kunjungan pada ahli gizi mungkin perlu untuk membantu anda mengembangkan rencana makanan yang sehat. Anda akan diberi saran untuk tidak berdiet selama kehamilan.

Berat ekstra dapat menyebabkan masalah. Termasuk diabetes kehamilan atau tekanan darah tinggi. Sakit punggung, varises dan kelelahan juga lebih mengganggu. Jika penambahan berat badan anda terlalu banyaks elama kehamilan—di luar jumlah berat badan yang dianjurkan dokter anda—anda mempunyai kemungkinan lebih besar untuk melahirkan dengan bedah Cesar.

Jika anda kelebihan berat badan, dokter anda perlu memeriksa anda lebih sering selama kehamilan. USG mungkin diperlukan untuk membantu menentukan batas tanggal anda karena sulit menentukan posisi dan ukuran janin. Lapisan minyak ekstra pada perut membuat pemeriksaan manual menjadi sulit. Dokter anda mungkin menyarankan tes diabetes kehamilan. tes diagnosis lainnya juga diperlukan saat batas tanggal anda makin dekat.

Kunjungan ke Dokter

Sally menghubungi kantor karena dia mengalami perdarahan gusi. Dia yakin ada sesuatu yang salah dengan giginya. Saya memberitahunya bahwa gusi wanita hamil dapat berubah selama kehamilan. gusi dapat dipengaruhi hormon kehamilan dan menjadi sensitif dan mudah berdarah. Saya menyarankan Sally untuk membersihkan giginya secara teratur dan menggunakan obat kumur juga baik untuk dilakukan.


Anda Juga Harus Tahu

Ajak Orang Lain ke Kunjungan Dokter Anda
Ajak pasangan anda ke dokter bersama anda. Baik bagi pasangan anda dan dokter untuk bertemu sebelum persalinan. Mungkin ibu anda atau calon nenek lainnya akan senang ikut dengan anda untuk mendengarkan detak jantung cucu mereka. Atau anda ingin membawa tape recorder dan merekam detak jantungnya agar didengar orang lain. Segala hal berubah sejak ibu anda mengandung anda; banyak calon nenek menikmati jenis kunjungan ini.

Lebih baik anda menunggu sampai anda mendnegar sendiri detak jantung bayi anda sebelum anda membawa orang lain. Anda tidak selalu mendengarnya untuk pertama kali dan ini dapat mengecewakan.

Membawa Anak-anak ke Kunjungan Dokter
Beberapa wanita membawa anak-anak mereka ke kantor dokternya. Sebagian besar staf kantor tidak keberatan jika anda sesekali membawa anak-anak anda. Mereka mengerti tidak selalu mungkin menemukan seseorang untuk menjaga anak-anak anda. Akan tetapi, jika anda mempunyai masalah atau mempunyai banyak hal untuk didiskusikan dengan dokter anda, jangan membawa anak-anak anda.

Jika anak sakit, cacar air atau pilek, tinggalkan di rumah. Jangan menulari orang lain di ruang tunggu.

Beberapa wanita suka membawa satu anak bergantian ke kunjungan jika mereka mempunyai lebih dari satu anak. Ini membuat hal yang khusus bagi anda dan mereka. Anak-anak yang menangis atau mengeluh dapat menciptakan situasi yang sulit, maka tanyakan dokter anda kapan waktu yang baik untuk membawa anggota keluarga bersama anda sebelum anda datang bersama mereka.

Tip buat Ayah

Jika anda keluar kota, telepon dia minimal satu hari setiap hari.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment