Friday, July 3, 2009

Kehamilan Minggu 11: Usia Janin: 9 Minggu

Berapa Besar Bayi Anda?

Pada minggu ini, panjang dari kepala sampai bokong bayi anda adalah 1,75 sampai 2,4 inci (44 sampai 60 mm). Berat janin sekitar 0,3 ons (8 g). Bayi anda sebesar jeruk besar dan kuku jari mulai tampak.

Berapa Besar Anda?
Sementara perubahan besar terjadi pada bayi anda, perubahan mungkin terjadi lebih lambat pada anda. Anda hampir berada di akhir trimester pertama; rahim anda berekmbang bersama janin di dalamnya. Hampir cukup besar untuk mengisi pelvis anda dan mungkin terasa di perut bagian bawah anda, di atas pertengahan tulang pubis anda.

Anda belum merasakan gerakan bayi anda. Jika anda berpikir anda merasakan gerakan bayi anda pada saat ini, anda memiliki gas atau mengalami kehamilan yang lebih jauh daripada yang anda pikirkan.

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Pertumbuhan janin cepat sekarang. panjang dari kepala sampai bokong berlipat ganda dalam tiga minggu berikutnya. Kepala hampir setengah dari seluruh panjang bayi. Kepala membesar (membuka atau maju dari tulang belakang), dagu muncul dari dada, dan leher terbentuk dan memanjang. Kuku jari tampak.

Genital eksternal mulai menunjukkan perbedaan. Perkembangan janin menuju laki-laki atau perempuan selesai dalam tiga minggu lagi. Jika keguguran terjadi pada saat ini, mungkin dapat dibedakan laki-laki atau perempuan.

Semua embrio memulai kehidupan tampak sama, sejauh penampilan luarnya diperhatikan. Perkembangan embrio menjadi laki-laki atau perempuan ditentukan oleh informasi genetik yang terdapat di dalam embrio.

Perubahan pada Anda
Beberapa wanita memperhatikan perubahan pada rambut, kuku jari tangan atau kuku jari kaki mereka selama kehamilan. Ini tidak terjadi pada semua orang, tetapi jika terjadi pada anda, jangan khawatir. Beberapa wanita beruntung memperhatikan peningkatakan pertumbuhan rambut dan kuku selama kehamilan. Yang lainnya mengalami kerontokan rambut selama masa ini.

Beberapa dokter yakin perubahan ini terjadi selama kehamilan karena meningkatnya sirkulasi di dalam tubuh anda. Yang lainnya mengatakan perubahan hormon yang terjadi pada anda. Sedangkan dokter lainnya menjelaskan perbedaan ini dengan perubhaan dalam “fase” siklus pertumbuhan dari rambut atau kuku. Perbedaan ini jarang terjadi permanen. Hanya sedikit atau tidak ada yang dapat anda lakukan mengenai hal ini.

Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Bepergian Selama Kehamilan
Wanita hamil seringkali menanyakan tentang bepergian selama kehamilan dapat melukai bayi mereka. Jika kehamilan anda tidak mengalami komplikasi dan anda tidak berisiko tinggi, bepergian biasanya dapat diterima. Tanyakan dokter anda mengenai perjalanan yang ingin anda lakuan sebelum menetapkan rencana atau membeli tiket.

Baik bepergian dengan mobil, bus, kereta api, atau pesawat, lebih baik anda bangun dan berjalan minimal setiap 2 jam. Keinginan ke kamar mandi yang teratur mungkin memenuhi kebutuhan ini.

Risiko terbesar dari perjalanan selama kehamilan adalah perkembangan komplikasi sementara anda jauh dari orang yang mengetahui kesehatan dan riwayat kehamilan anda. Jika anda memutuskan bepergian, jadilah bijaksana. Jangan berlebihan. Tenang-tenang saja!

Anda mungkin perlu mengingat hal ini jika anda ingin bepergian selama masa hamil.
- Hindari penerbangan yang sangat tinggi (penerbangan luar negeri yang nonstop) karena kadar oksigen lebih rendah di tempat yang lebih tinggi. Hal ini akan meningkatkan detak jantung anda, begitu juga dengan bayi anda; bayi anda juga mendapat oksigen yang kurang.
- Jika anda mengalami masalah pembengkakan, kenakan pakaian dan sepatu yang longgar. (Ini nasihat yang baik untuk setiap pelancong.) Hindari kaus kaki, kaus kaki setinggi lutut atau stocking, dan ikat pinggang.
- Anda dapat memesan makanan khusus, seperti rendah sodium atau vegetarian, jika anda ingin menghindari beberapa makanan yang dapat menyebabkan masalah.
- Banyak minum air untuk mencegah dehidrasi.
- Bangun dan bergerak di sekitar anda saat berada di peberbangan. Usahakan berjalan minimal 10 menit setiap jam. Kadang-kadang hanya berdiri membantu sirkulasi anda.
- Usahakan mendapat tempat duduk di lorong, dekat ke kamar mandi. Jika anda harus sering ke kamar mandi, akan lebih mudah jika anda tidak harus melewati orang-orang.
- Hati-hati dengan alat sinar-X di bandara.

Keamanan Mobil selama Kehamilan
Banyak wanita memikirkan mengemudi dan menggunakan sabuk pengaman dan pengaman bahu selama kehamilan. Mengenakan pengaman secara dramatis mengurangi insiden terluka dalam kecelakaan. Lebih dari 50.000 kematian dan 2 juta luka-luka berhubungan langsung dengan kecelakaan mobil setiap tahun. Mengenakan sabuk pengaman dan pengaman bahu dapat mengurangi kejadian ini. Tidak ada alasan untuk tidak mengemudi saat hamil, jika kehamilan anda normal dan anda merasa sehat.

Cara yang tepat mengenakan sabuk pengaman

Letakkan sabuk pengaman di bawah perut anda dan menyilang paha bagian atas anda. Sebaiknya dipasang senyaman mungkin. Tali pengaman bahu juga dipasang senyaman mungkin. Atur posisi anda sehingga tali menyilang bahu anda tanpa mengganggu leher anda. Letakkan posisi tali pengaman bahu di antara payudara anda. Jangan melepaskan tali pengaman bahu anda. Jika perjalanan jauh, atur sabuk pengaman senyaman mungkin.


Beberapa wanita percaya menggunakan sabuk pengaman dapat membahayakan kehamilan mereka. Berikut ini beberapa alasan (dan jawaban kami) tentang tidak menggunakan sabuk pengaman dan tali pengaman bahu dalam kehamilan.

“Menggunakan sabuk pengaman akan melukai bayi saya.” Tidak ada bukti bahwa menggunakan sabuk pengaman akan meningkatkan kemungkinan luka pada janin atau rahim. Kemungkinan untuk selamat dengan sabuk pengaman lebih baik daripada tidak mengenakan. Keselamatan anda penting untuk bayi anda yang belum lahir.

“Saya tidak ingin terperangkap di mobil saya jika terbakar.” Beberapa kecelakaan mobil mengakibatkan kebakaran. Walaupun terjadi kebakaran, anda bisa melepaskan sabuk pengaman dan keluar jika anda sadar. Pelemparan dari mobil terjadi 25% dari semua kecelakaan mobil. Sabuk pengaman mencegah hal ini.

“Saya pengemudi yang baik.” Mengemudi dengan baik dapat membantu, tetapi tidak mencegah kecelakaan.

“Saya tidak perlu mengenakan sabuk pengalam; saya hanya pergi ke tempat yang dekat.” Sebagian besar kecelakaan terjadi dalam 25 mil dari rumah.

Beberapa studi telah dilakukan pada wanita hamil yang menggunakan sabuk pengaman. Dalam salah satu studi di California, hanya 14% dari semua wanita hamil menggunakan sabuk pengaman dibandingkan 30% dari wanita yang tidak hamil. Kami tahu sistem sabuk pengaman aman digunakan selama kehamilan, maka kenakan untuk anda dan bayi anda.

Gizi Anda
Makanan karbohidrat memberikan sumber energi primer untuk janin anda. Makanan ini juga memastikan tubuh anda menggunakan protein dengan efisien. Makanan dari kelompok ini hampir dapat ditukarkan, maka akan mudah mendapatkan semua penyajian yang anda butuhkan. Beberapa makanan karbohidrat yang dapat anda pilih, dan ukuran penyajiannya, antara lain:
- Tortilla—1 ukuran besar
- Pasta, sereal atau nasi, matang—1/2
- Sereal, siap makan—1 ons
- Bagel—1/2
- Roti—1 iris
- Roti kadet—1 medium

Anda Juga Harus Tahu

USG dalam Kehamilan
Pada saat itu, anda mungkin perlu membahas USG dengan dokter anda. Atau anda sudah menjalani tes USG. USG merupakan salah satu metode yang sangat bernilai untuk mengevaluasi kehamilan. Meskipun para dokter, rumah sakit, dan perusahaan asuransi (ya, mereka juga terlibat) tidak setuju bila USG harus dilakukan setiap wanita hamil. Tes terbukti bermanfaat dalam memperbaiki hasil kehamilan. ini merupakan tes nonivasif, dan tidak ada risiko yang berhubungan dengan ini.

USG menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi yang dibuat dengan menerapkan arus bolak-balik ke sebuah transduser. Minyak pelicin diusapkan di kulit untuk meningkatkan kontak dnegan transduser. Transduser digerakkan di perut bagian atas rahim. Gelombang suara diproyeksikan dari transduser melalui perut, ke pelvis. Gelombang suara bergema pada jaringan yang dihubungan dengan transduser. Refleksi gelombang suara dapat dibandingkan dengan “radar” yang digunakan oleh pesawat atau kapal.

Jaringan tubuh yang berbeda merefleksikan sinyal ultrasound yang berbeda dan kita dapat membedakannya. Gerakan dapat dibedakan, sehingga kita dapat mendeteksi gerakan bayi atau bagian tubuh bayi, seperti jantung. Dengan USG, jantung janin dapat dilihat pada usia kehamilan 5 atau 6 minggu.

USG

Dokter anda dapat menggunakan USG dalam banyak cara yang berhubungan dengan kehamilan anda:

- Membantu identifikasi awal kehamilan

- Menunjukkan ukuran dan angka pertumbuhan embrio atau janin

- Mengidentifikasi adanya dua atau lebih janin

- Mengukur kepala, perut atau tulang paha untuk menentukan tahap kehamilan

- Mengidentifikasi janin dengan Down sindrom

- Mengidentifikasi kelainan janin, seperti hidrosefalus dan mikrosefali

- Mengidentifikasi kelainan organ internal, seperti ginjal atau kandung kemih

- Mengukur jumlah cairan amniotik, untuk menentukan kesehatan janin

- Mengidentifikasi lokasi, ukuran, dan kematangan plasenta

- Mengidentifikasi kelainan placenta

- Mengidentifikasi kelainan rahim atau tumor

- Membedakan antara keguguran, kehamilan ektopik dan kehamilan normal

- Berhubungan dengan tes lainnya, seperti amniocentesis, percutaneous blood-cord sampling (PUBS) dan chorionic villus sampling (CVS), untuk memilih tempat yang aman untuk melakukan masing-masing tes.


USG dapat mendeteksi kelainan gerakan janin. Gerakan tubuh dan anggota tubuh bayi anda dapat dilihat pada 4 minggu pertumbuhan embrio (kehamilan minggu keenam)

Anda mungkin diminta banyak minum sebelum tes USG. Jika anda menjalani tes USG selama kehamilan sebelumnya, salah satu hal utama yang anda mungkin ingat adalah betapa tidak nyamannya anda dnegan kandung kemih yang penuh!

Kandung kemih berada di depan rahim anda. Bila kandung kemih anda kosong, rahim anda lebih sulit dilihat karena berada jauh di dalam tulang pelvis. Tulang mengganggu sinyal USG dan membuat gambar sulit disajikan. Dengan kandung kemih yang penuh, rahim anda keluar dari pelvis dan dapat dilihat lebih mudah. Kandung kemih bertindak sebagai jendela untuk melihat rahim dan janin di dalamnya.

Terdapat USG 3 dimensi yang tersedia di beberapa daerah yag memberikan gambar janin dalam rahim yang rinci dan jelas. Bentuknya sangat jelas hampir seperti gambar. Bagi wanita hamil, tesnya hampir sama. Perbedaannya adalah piranti lunak komputer “menerjemahkan” gambar ke bentuk 3 dimensi. USG ini dilakukan bila diduga terdapat kelainan janin dan dokter ingin melihat lebih dekat.

USG pemeriksaan vaginal, juga disebut transvaginal ultrasound, dapat dilakukan di awal kehamilan untuk melihat bayi dan plasenta dengan lebih baik. Pemeriksaan di tempatkan di dalam vagina, dan kehamilan ditinjau dari sudut ini. Anda tidak perlu mengisi kandung kemih anda untuk tes satu ini!

Beberapa pasangan meminta USG untuk menentukan jenis kelamin bayi mereka. Jika bayi berada dalam posis yang baik dan cukup usia untuk perkembangan genital dan dapat dilihat dengan jelas, penentuan mungkin dapat dilakukan. Akan tetapi, banyak dokter merasa alasan ini saja bukan alasan yang baik untuk melakukan tes USG. Diskusikan dengan dokter anda. pahami USG merupakan sebuah tes dapat dan tes kadang-kadang salah.

Tip untuk Minggu 11

Anda dapat mengambil “gambar” bayi anda sebelum lahir dari tes USG. Beberapa fasilitas bahkan dapat merekamnya untuk anda. tanyakan mengenai hal ini sebelum menjalani tes. Anda mungkin disarankan untuk membawa videotape baru.

Sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment