Monday, May 4, 2009

TUMBUH KEMBANG BAYI BULAN KE-12

SENANG MEMBUANG Atau MELEMPAR BENDA
Sementara itu, perkembangan bahasanya semakin baik. Ia mulai mengerti arti,
"Tidak!"

PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR
* Berdirinya semakin stabil dan sudah dapat tanpa berpegangan.
* Dapat berjalan beberapa langkah meski masih butuh penopang untuk keseimbangan tubuhnya. Bantu bayi dengan memegangi kedua atau salah satu tangannya.
* Dapat bergerak dari posisi duduk ke berdiri dengan cara berlutut; satu kakinya ditarik dan diangkat sampai akhirnya dapat berdiri.

PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS
* Kegemarannya memasukkan dan mengeluarkan objek dari/ke dalam wadah masih terus berlangsung.
* Mengambil objek yang kecil (sebesar buah kismis) masih dengan menjimpit (dengan menggunakan jempol dan jari telunjuk).
* Dapat memegang krayon dan mengarahkannya pada kertas, namun belum membuat suatu coretan.

PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSI
* Kesadaran akan lingkungan sekitar semakin bertambah. Hal ini merupakan pertanda baik. Ia dapat mengenali orang baru yang dijumpai. Begitu pula dengan permainan atau barang-barang di sekitarnya.
* Takut pada orang asing dan takut berpisah dari ibu juga masih ditemui di usia ini.
* Ada juga rasa takut lain, seperti takut ketika dicuci rambutnya, takut pada suara keras, takut pada sesuatu yang tiba-tiba bergerak, dan lainnya. Namun rasa takut ini biasanya akan hilang dalam beberapa bulan ke depan.
* Bayi menolak perhatian dari orang lain dengan cara rewel atau menangis (terutama bila ada ibu di dekatnya).
* Jika memegang suatu objek ia akan mengulurkannya kepada orang yang ada didekatnya. Bukan untuk memberikan melainkan hanya memperlihatkan pada orang tersebut.

PERKEMBANGAN KOGNITIF
* Memperlihatkan pemahaman akan kata yang familiar. Contoh, "Ambil boneka beruangnya, Sayang!" Meski tidak langsung memberi respons dengan mengambil, bayi akan memerhatikan objek yang dimaksud. Hal ini menandakan ia mengerti "boneka beruang" yang dimaksudkan.
* Memerhatikan arah gerak suatu objek yang dilemparkannya dan memerhatikan dampak yang ditimbulkan dari objek yang dilempar tersebut. Ini merupakan permainan yang menarik baginya.
* Sudah mengerti akan perkataan "tidak". Ia akan berhenti melakukan sesuatu atau terdiam ketika mendengar kata "tidak".
* Memberi respons pada permintaan-permintaan sederhana. Umpamanya, "Ayo ke sini, Sayang." Maka ia pun memberi respons dengan mendekat.

PERKEMBANGAN BAHASA

* Seperti di usia sebelumnya, ia dapat mengucapkan beberapa kata sederhana seperti, "mama", "papa", "dada". Orangtua dapat menstimulasi dengan sering mengajaknya bicara. Ia akan belajar menirukan ucapan kata-kata sederhana.
* Tampak berusaha berkomunikasi dengan memainkan intonasi suara dan pola melodi sehingga terdengar seperti kalimat. Suara-suara itu diarahkan pada orang yang berbicara padanya.

PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN
* Gerakannya dalam mengunyah dan menggigit makanan semakin baik.
* Pola tidurnya mulai teratur. Tidur malamnya sekitar 12-14 jam dan bangun pada pagi hari. Namun, bayi masih mudah lelah, karena itu majukan makan siangnya sekitar pukul 11.00 agar ia bisa tidur siang sekitar 1-4 jam.
* Mulai menolak makan. Perilaku ini umumnya berlanjut di usia berikutnya.

PERTUMBUHAN

Berat badan sekitar 7,8-10,2 kg, panjang badan 69,6-76,1 cm, dan lingkar kepala 43,5-49,5 cm. Sebagai patokan, berat badan di usia 1 tahun adalah 3 kali berat lahir, dan panjang badan 1,5 kali panjang lahir.


Dedeh Kurniasih.
Narasumber:
dr. Rini Sekartini Sp.A(K).,
dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta. 
Ikatan Dokter Anak Indonesia cabang DKI Jakarta

No comments:

Post a Comment